Sebanyak 1 item atau buku ditemukan

MENGEMBANGKAN BUKU TEKS PELAJARAN MEMBACA BERBASIS PENDEKATAN PROSES UNTUK SD

Kurikulum 2013 yang berlaku saat ini menggunakan pembelajaran tematik-integratif. Hal yang membedakan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum 2006 adalah adanya buku guru dan buku siswa. Pentingnya buku guru dan buku siswa dalam pembelajaran tidak diimbangi dengan kualitas materi, misalnya pada materi pembelajaran Bahasa Indonesia pada keterampilan membaca. Materi membaca yang ada pada buku siswa masih kurang dan belum menerapkan pendekatan proses pada kompetensi membaca, khususnya untuk pembelajaran kelas tinggi. Hal ini dikuatkan dari hasil wawancara terhadap beberapa guru kelas IV SD Negeri di UPTD Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga. Wawancara tersebut mengidentifikasi adanya kebutuhan guru terhadap buku teks pelajaran membaca berbasis pendekatan proses yang dapat digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran membaca. Buku ini akan menjabarkan bagaimana cara mengembangkan buku teks pelajaran membaca berbasis pendekatan proses pada Tema 9 Makananku Sehat dan Bergizi di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri UPTD Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga. Buku teks pelajaran tersebut digunakan sebagai pelengkap buku guru dan buku siswa untuk memperkaya materi kurikulum 2013.

Kurikulum 2013 yang berlaku saat ini menggunakan pembelajaran tematik-integratif.