Surat Kabar Guru Belajar spesial ini merupakan hasil kerjasama dengan Yayasan Lari Nusantara dalam program NusantaRun 8. Berisi tentang praktik baik perubahan pembelajaran setelah mengikuti program #TerusBelajar Sekolah Merdeka Belajar. Surat Kabar Guru Belajar spesial ini terdiri dari empat edisi berbeda yang berasal dari 5 daerah di Jawa Timur.
Siti Afida Namun, guru belum terbiasa menyampaikan permasalahan pembelajaran kepada kepala sekolah. Saya bertanya kepada teman kepala sekolah dan mempelajari ulang pendekatan coaching yang pernah Mereka menganggap hal seperti itu sangat ...
Pendidikan merupakan wadah berlangsungnya proses pendidikan atau belajar mengajar yang dilakukan dengan tujuan untuk mengubah tingkah laku individu menuju kearah yang lebih baik. Pendidikan adalah wacana dalam melakukan proses pemberian knowledge kepada peserta didik baik secara formal atau non formal, untuk menghasilkan siswa yang berprestasi dan berkualitas, dibutuhkan suatu kinerja guru. Kinerja adalah sebagai penyelesaian suatu unit misi yang berkaitan dengan hasil. Untuk tercapainya hasil tersebut membutuhkan sistem kinerja yang teroganisir, dalam keorganisasian ketua merupakan kepala utama yang dapat mengontrol kinerja setiap anggota-anggotanya. Maka hadirnya buku ini akan membahas tentang peran seorang mudir dalam meningkatkan kinerja gurunya.
... proses pembelajaran, meliputi penilaian, pengembangan guru, layanan yang prima dalam pembelajaran dan pembangunan ... fungsi dan perannya mmenjadi sangat strategis, sangat beralasan apabila pengawasan profesional ditujukan kepada ...
Dalam Treasury Diagnostic Toolkit, terdapat 2 (dua) model terkait dalam Pencairan Anggaran, yaitu: (1) sentralisasi manajemen pembayaran dan (2) desentralisasi manajemen pembayaran. Sentralisasi pembayaran melalui Treasury memungkinkan dilakukannya pengecekan oleh Treasury untuk memastikan bahwa pembayaran yang dilakukan telah sesuai dengan alokasi anggaran (budget appropriations). Konsolidasi rekening Satker ke dalam TSA di bawah kendali treasury, memungkinkan manajemen kas yang efisien dan menghindarkan suatu situasi di mana di satu sisi terdapat banyak idle cash di rekening Satker dan di sisi lain rekening BUN mengalami deficit. Struktur organisasi yang diperlukan dalam rangka sentralisasi pelaksanaan pencairan anggaran terdiri dari main treasury office di kantor pusat, second tier treasury offices di tingkat propinsi dan (kemungkinan) third tier offices yang berada di setiap kabupaten/district. K/L memproses transaksi pembayaran mereka di central level treasury office, sedangkan Satker memproses transaksi pembayarannya di kantor treasury propinsi/kabupaten terdekat. Satker mengirimkan transaksi pengeluarannya kepada kantor treasury terdekat untuk pemrosesan pembayarannya. Treasury akan mengirimkan transaksi pengeluaran yang telah disetujui kepada kantor cabang Central Bank terdekat di mana TSA berada, untuk melakukan pembayaran kepada vendor.
Struktur organisasi yang diperlukan dalam rangka sentralisasi pelaksanaan pencairan anggaran terdiri dari main treasury office di kantor pusat, second tier treasury offices di tingkat propinsi dan (kemungkinan) third tier offices yang ...
Buku ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan panduan dalam menyusun media bimbingan dan konseling guna menunjang proses kegiatan layanan bimbingan konseling. Media bimbingan dan konseling merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan bimbingan dan konseling yang merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan seorang siswa atau konseli untuk memahami, membimbing, dan mengambil keputusan tentang masalah yang dihadapi.
Buku ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan panduan dalam menyusun media bimbingan dan konseling guna menunjang proses kegiatan layanan bimbingan konseling.
Diantara kelompok reformis moderat salah satunya adalah Persatuan Umat Islam ( PUI ) . Pembaharuan dalam Islam atau gerakan modem Islam merupakan jawaban yang ditujukan techadap krisis yang dihadapi umat Islam pada masaaya , kemudian ...
Tujuan buku metodologi penelitian ini untuk membantu mahasiswa mendalami mata kuliah metodologi penelitian, suatu kenyataan mahasiswa enggan dan kurang berminat untuk membaca buku teks dalam proses pembelajaran, oleh karena itu penulis tertarik untuk membuat buku ini, dalam proses penyusunan buku, dengan merangkum beberapa konsep, pengertian dari literatur literatur buku teks yang dibaca, buku ini dititik beratkan pada pengumpulan dari beberapa konsep pada tiap tiap sub bab materi bahasan metodologi penelitian, sehingga dimaksudkan para mahasiswa dapat membandingkan, mengevaluasi dan akhirnya dapat mengumpulkan secara instrinsik sesuai dengan kemampuannya, sehingga apabila ada keraguan akan berusaha membaca kembali pada sumber aslinya yang dirujuk. Secara realitas banyak penelitian menunjukkan bahwa dengan meningkatnya kegiatan pengajar akan diikuti menurunnya kreatifitas mahasiswa, harapan penulis mahasiswa mampu memahami proses belajar mengajar ini. Persoalannya adalah menggeser kegiatan yang berpusat pada mahasiswa maksudnya mahasiswa sendiri harus berperan aktif.
Tujuan buku metodologi penelitian ini untuk membantu mahasiswa mendalami mata kuliah metodologi penelitian, suatu kenyataan mahasiswa enggan dan kurang berminat untuk membaca buku teks dalam proses pembelajaran, oleh karena itu penulis ...
Gelas tanpa air, maka akan kosong. Air tanpa gelas akan tumpah. Keselarasan keduanyalah baru mudah digunakan oleh peminum. Begitulah sebenar jadinya, bahwa syari’at tanpa hakikat maka akan kosong lompong dimata Tuhan (rugi telak), tetapi hakikat tidak bersyari’at maka akan sesat dalam pandangan banyak manusia. Ingatlah bahwa Tuhan sendiri sudah menyatakannya melalui hadis Rasulullah SAW bahwa: عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَفَعَهُ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ اللَّهَ لَا يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ وَأَمْوَالِكُمْ وَلَكِنْ إِنَّمَا يَنْظُرُ إِلَى قُلُوبِكُمْ وَ أَعْمَالِكُمْ Dari Abu Hurairah RA, dan ia meriwayatkannya sampai kepada Nabi SAW, beliau bersabda: Sesungguhnya Allah tidak memandang kepada bentuk-bentuk rupa kalian dan harta-harta kalian, tetapi Dia hanya memandang kepada hati kalian dan amal perbuatan kalian." (Shahih: Muslim). Dari sini jelas terang bahwa Tuhan hanya melihat kepada perbuatan hati yang di dalam (hakikat/ruh) kemudian yang diwujudkan dalam perbuatan (أَعْمَالِكُمْ). Tetapi untuk selamat dari pandangan manusia, maka wajiblah kita memegang erat-erat syari’at (ilmu zahir) itu. Sehingga dari sini jelaslah bahwa tidak sempurna jika dipisahkan antara syari’at dan hakikat tersebut.
Untuk memahami cara membacanya, eloklah datangi kepada guru-guru hakikat atau ulama-ulama tasawuf yang mereka sudah mendengarkan pula dari pada guruguru hakikat secara langsung atau di zaman penuh kemajuan ini, sudah pula tersedia ...