Sebanyak 62 item atau buku ditemukan

Ekonomi Moneter (Teori dan Kebijakan)

Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai ekonomi moneter, baik konsep, teori, maupun kebijakan. Kehadiran buku ini menambah daftar buku-buku ekonomi moneter yang ada sebelumnya, diharapkan buku ini dapat memberikan tambahan ilmu dan pengetahuan kepada para pembaca. Buku ini disusun dalam bentuk book chapter yang terdiri atas sebelas bab, dan diberi judul Ekonomi Moneter (Teori dan Kebijakan). Karya ini, tentunya masih belum sempurna dan terdapat banyak kekurangan, sehingga kami sangat mengharapkan saran dan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya selanjutnya.

(2000). Sistem Moneter Islam. Jakarta: Gema Insani. Dahlan, Ahmad. (2008). Keuangan Publik Islam : Teori dan Praktik. Yogyakarta: Grafindo Litera Media. Gilarso, T. (2004). Pengantar Ilmu Ekonomi Makro. Yogyakarta: Kanisius.

Runtuhnya Kapitalisme

Ketika gonjang-ganjing finansial dan ekonomi mengancam, para pemimpin dunia hanya punya satu solusi: menjadi penyokong setia kebijakan-kebijakan neoliberal yang terbukti demikian ganas selama lebih dari 25 tahun. Dengan memanipulasi statistik, mereka mengilusi publik mengenai "kesuksesan" semu dan membalikkan perhatian kita dengan isu "perang melawan terorisme". Akan tetapi, sekarang strategi ini tak lagi mampu menyembunyikan ketidakmampuan kapitalisme untuk bertahan: mereproduksi diri dan memaksimalkan profit, baik untuk menghadirkan tingkatan minimum keamanan ekonomi yang bisa diterima bagi mayoritas penduduk dunia, maupun untuk membalikkan krisis finansial. Rendahnya pertumbuhan, kurangnya pembagian keuntungan, krisis deposit keuangan, dan kebangkrutan usaha yang tak disangka-sangka adalah kenyataan kusam saat ini. Ketika kenyataan tersebut mulai terlihat di mata publik, keraguan yang lebih besar terhadap keberlanjutan tatanan ekonomi yang sekian lama diterima begitu saja semakin membesar. Jadi, bisakah kapitalisme -- sistem mahakorup ini -- bertahan? [Mizan, Bisnis, Indonesia]

Ketika gonjang-ganjing finansial dan ekonomi mengancam, para pemimpin dunia hanya punya satu solusi: menjadi penyokong setia kebijakan-kebijakan neoliberal yang terbukti demikian ganas selama lebih dari 25 tahun.

Hukum Acara Pidana

Suatu Orientasi Wewenang Pengadilan Untuk Mengadili

Penyusunan buku hukum acara pidana ini merupakan mata pelajaran wajib yang sangat penting bagi fakultas hukum, dan dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa serta peminat masalah hukum lainnya sehingga guna memenuhi kebutuhan tersebut buku ini kami susun dalam bahasa yang sederhana, mudah dimengerti maksud dan isinya.

Penyusunan buku hukum acara pidana ini merupakan mata pelajaran wajib yang sangat penting bagi fakultas hukum, dan dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa serta peminat masalah hukum lainnya sehingga guna memenuhi kebutuhan tersebut ...

KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI

Teori dan Metode Pengembangan

Pendidikan Anak Usia Dini memegang peranan yang sangat penting dalam masa Golden Age, olehnya para guru maupun orang tua yang memiliki Anak Usia Dini diharapkan untuk dapat menguasai dasar-dasar perkembangan anak karena setiap proses perkembangan anak berpengaruh terhadap perkembangan anak selanjutnya. Salah satu Aspek yang dikembangankan dalam Pendidikan Anak Usia Dini adalah Aspek Sosial Emosional salah satunya yang terkait didalamnya adalah Keterampilan Sosial Anak. Hal ini menjadi penting karena dengan pengembangan keterampilan sosial, anak belajar bersosialisasi dan bekerjasama dengan orang lain. Selain itu, anak juga belajar untuk mengembangkan rasa empati dan nilai-nilai kemanusiaan terhadap teman, orang tua, guru bahkan orang-orang yang ditemuinya. Buku ini memuat kebutuhan para guru, orang tua bahkan masyarakat yang peduli mengenai Perkembangan Anak usia Dini, khususnya mengenai keterampilan sosial. Banyak hal yang dibahas di dalam buku ini, mulai dari perkembangan anak, keterampilan sosial anak hingga metode yang dapat digunakan oleh para guru, orang tua atau masyarakat dalam rangka pengembangan keterampilan sosial anak. Akhir kata kiranya buku ini dapat diterima baik oleh para guru, orang tua dan masyarakat dan lebih menambah wawasan guna pengembangan keterampilan Sosial Anak Usia Dini.

Akhir kata kiranya buku ini dapat diterima baik oleh para guru, orang tua dan masyarakat dan lebih menambah wawasan guna pengembangan keterampilan Sosial Anak Usia Dini.

Kewirausahaan

Pandemi Covid-19 menjadi teror maha mengerikan bagi masyarakat Indonesia. Bukan hanya menyerang sektor kesehatan, melainkan juga mengganggu aktivitas masyarakat, hingga roda ekonomi menjadi berjalan lamban. Tak sedikit pegawai yang terpaksa menerima kebijakan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dari perusahaan. Pandemi telah menimbulkan tantangan besar bagi sektor ketenagakerjaan di Indonesia, karena PHK secara besar-besaran mengakibatkan peningkatan jumlah pengangguran secara signifikan. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu untuk menumbuhkan dan menguatkan jiwa bagi masyarakat khususnya generasi muda millennial untuk berwirausaha. Melalui penguatan pemikiran serta tindakan kewirausahaan yang semakin masif, masyarakat dapat hidup mandiri dan bertahan, bukan hanya disaat pandemi melanda namun juga pasca pandemi. Melalui buku ini, diharapkan mampu muncul calon-calon wirausahawan millennial yang bukan hanya berdikari, namun mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat secara luas. Pembahasan mengenai tinjauan teoritis kewirausahaan, identifikasi peluang usaha baru, sumber pembiayaan usaha, analisa kelayakan usaha, strategi pemasaran melalui marketing mix, analisa pesaing, hingga penentuan lokasi dan layout usaha yang dipaparkan dalam buku ini dapat menjadi pedoman bagi masyarakat dalam berwirausaha. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan contoh nyata yang dapat menjadikan buku ini mudah untuk dimengerti.

Pembahasan mengenai tinjauan teoritis kewirausahaan, identifikasi peluang usaha baru, sumber pembiayaan usaha, analisa kelayakan usaha, strategi pemasaran melalui marketing mix, analisa pesaing, hingga penentuan lokasi dan layout usaha yang ...

Menyusun RPP Kurikulum 2013 (Strategi Peningkatan Keterampilan Guru SMP Menyusun RPP Melalui In House Training)

Buku ini merupakan hasil riset yang bertajuk “Peningkatan Kemampuan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui In House Training Bagi Guru SMP di Wilayah Binaan Tahun 2018”. Penulis memanjatkan segala puji kepada Tuhan Yang Mahakuasa, karena atas limpahan rahmat dan nikmat-Nya, akhirnya buku hasil riset ini dapat diselesaikan. Buku hasil penelitian tindakan sekolah ini berangkat dari penelitian bertajuk “Peningkatan Kemampuan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Melalui In House Training Bagi Guru SMP di Wilayah Binaan Tahun 2018” yang dilaksanakan dalam rangka mengembangkan kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Hal ini sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Penertiban Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, yang mewajibkan tenaga pendidik menyusun perangkat pembelajaran. Tujuan penelitian yang termuat dalam buku ini untuk meningkatkan kemampuan menyusun RPP melalui kegiatan In House Training bagi guru pada SMP di wilayah binaan tahun 2018. Penelitian dilaksanakan terhadap guru PKn SMP wilayah binaan dengan mengambil tempat pertemuan di SMP Negeri 1 Kaloran. Waktu penelitian pada semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Sumber datanya berasal dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Dalam pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, tes dan observasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan melakukan dua tindakan dalam dua siklus. Hasil kegiatan guru dianalisis menggunakan analisis deskriptif komparatif yang dilanjutkan dengan refleksi, sedangkan aktivitas dalam kegiatan dianalisis dengan deskriptif kualitatif yang dilanjutkan dengan refleksi.

Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis Paikem. Semarang:Rasail Media Group. Khaeruddin .2007. KTSP Konsep dan Implementasinya di Madrasah. Semarang:Pilar Media. Kusmianto.1997. Panduan Pembinaan Guru Oleh Pengawas. Jakarta.

Evolusi guru dan sekolah abad 21

Evolusi Guru dan Sekolah di Abad 21 memberikan gambaran situasi abad 21 yang berdampak secara tidak langsung pada anak didik. Sedihnya, para guru banyak yang tidak menyadari tentang perubahan ini dan tidak segera mengubah cara mengajarnya. Bahkan, sering juga saya jumpai guru-guru muda yang terpengaruh cara mengajar lama yang tidak sesuai dengan perkembangan zaman. Pihak sekolah pun masih memandang sekolah dengan cara lama. Buku ini dibuat seperti perjalanan karena proses evolusi berlangsung bertahap, bukan seperti sulap. Dan dalam perjalanannya, akan terasa bahwa evolusi sudah tak terelakkan, yang harus segera dilakukan jika tidak ingin ketinggalan zaman.

Evolusi Guru dan Sekolah di Abad 21 memberikan gambaran situasi abad 21 yang berdampak secara tidak langsung pada anak didik.