Sebanyak 185 item atau buku ditemukan

Zakat dalam Islam : Menelisik Aspek Historis, Sosiologis dan Yuridis

Zakat merupakan salah satu ibadah mahdah, di sisi lain juga merupakan ibadah sosial, yang harus di tunaikan ketika memenuhi rukun dan syaratnya, jenis harta yang dizakati terus berkembang dari masa kemasa. Dalam fikih klasik, objek zakat terbatas hanya lima jenis saja yakni zakat emas dan perak, perniagaan, pertanian, peternakan dan rikaz, sedangkan di era sekarang jenis zakat semakin luas, seperti zakat profesi, perusahaan, surat-surat berharga, peradangan mata uang, hewan ternak yang diperdagangkan, Aksesoris rumah tangga yang bernilai mahal, hasil dari sarang walet dan hasil dari perkebunan kelapa sawit. Oleh karena itu, buku ini menjelaskan tentang zakat dalam Islam dari masa klasik sampai kontemporer dan menjelaskan bagaimana pandangan ulama terhadapa jenis harta diluar dari lima jenis tersebut.

Zakat merupakan salah satu ibadah mahdah, di sisi lain juga merupakan ibadah sosial, yang harus di tunaikan ketika memenuhi rukun dan syaratnya, jenis harta yang dizakati terus berkembang dari masa kemasa.

Manajemen Penjualan

Buku Manajemen Penjualan ini merangkum penelitian manajemen penjualan terbaru dan praktik terbaik dari organisasi penjualan terkemuka. Dengan gaya yang menarik dan sederhana, buku ini memberikan gambaran umum mengenai dunia manajemen penjualan. Dari pengembangan pola pikir dan perencanaan tenaga penjualan hingga hal-hal yang bersifat lebih strategis seperti pengembangan saluran distribusi. Selain itu ruang lingkup pembahasan juga meliputi konteks penjualan perseorangan, penjualan retail hingga penjualan B2B (Business-to-Business). Bagi praktisi manajemen penjualan, buku ini sangat relevan dan patut dimiliki demi suksesnya dalam mengelola penjualan. Sementara bagi akademisi, buku ini dapat menjadi referensi dalam menambah wacana keilmuan.

7.5 RITEL ELEKTRONIK (E-RETAILING) Perkembangan perdagangan online, e-commerce, e-retail yang pesat menjadi sebuah fenomena baru ... 7.5.1 STRATEGI PEMASARAN E-RETAILING Istilah pemasaran digital pertama kali digunakan pada 1990-an, ...

105 Permainan untuk Meningkatkan Kecerdasan & Kreativitas Buah Hati

Bermain dengan anak adalah hal yang sangat menyenangkan. Tak peduli betapa sibuk atau lelahnya Anda, saat pulang ke rumah dan anak mengajak bermain, pasti kebahagian langsung melingkupi diri Anda. Namun, sayangnya kita suka kehabisan akal, permainan apa lagi yang bisa dikerjakan bersama. Tak heran, jika akhirnya orangtua malah mengajak anak untuk bermain di mal atau tempat bermain umum. Lama-kelamaaan yang timbul adalah kebosanan. Melalui buku terbitan dari TransMedia Pustaka ini, Anda tak perlu takut kehilangan akal untuk mengajak anak bermain. Buku ini memberikan berbagai solusi menarik untuk mengajak anak meningkatkan kreativitas dan kecerdasan. Tidak itu saja, seluruh permainan dapat menstimulasi organ motorik buah hati Anda. Apalagi peralatan permainan pun dapat diperoleh dari benda-benda di sekitar kita. Permainan yang disajikan di antaranya: - sangat asyik bernyanyi,- sangat asyik bermain bola,- sangat asyik bermain air,- sangat asyik bermain tebak-tebakan,- sangat asyik berkemah bersama,- sangat asyik berolahraga,- bermain dengan cat air dan kertas,- membuat buku cerita sendiri.

Bermain dengan anak adalah hal yang sangat menyenangkan.

Saduran - Si Pai Bengal

KARYA SASTRA pada hakikatnya mengandung nilainilai kemanusiaan yang dapat diinterprestasikan oleh masing-masing individu untuk menjalani kehidupan. Cara menikmati sebuah karya sastra tentulah melalui apresiasi terhadap karya-karya tersebut. Proses apresiasi inilah sebenarnya hakikat dari membaca karya sastra. Apresiasi karya sastra merupakan bagian dari upaya melengkapi asupan gizi untuk batin seseorang. Dalam ranah pendidikan, apresiasi karya sastra mengambil peranan yang semestinya tak sedikit dalam upaya mencapai tujuan pendidikan nasional. Hal ini sejalan dengan tujuan mendasar dari pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, yaitu meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi, bertukar-pikiran, menyampaikan pendapat, berperilaku nasionalis dan bersikap demokratis. Tujuan ini kemudian diturunkan dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar pembelajaran bahasa Indonesia, diantaranya adalah pembelajaran sastra. Sebagaimana kita ketahui, pendidikan formal di Indonesia merangkum apresiasi sastra dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia memiliki peranan kunci dalam upaya mencapai apa yang disebut sebagai tujuan pendidikan nasional. UU Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pertanyaannya, Mengapa sastra? Apa pentingnya apresiasi karya sastra untuk mencapai tujuan pendidikan nasional kita? Sekali lagi, karya sastra pada hakikatnya mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan, keluhuran budi, pertentangan nilai dan tradisi, demokratisasi, serta pembangunan pola pikir dan argumentasi. Karya sastra melakukan kesemua hal tersebut dengan cara yang tidak menggurui. Hal ini sejalan dengan kecenderungan afeksi manusia yang membutuhkan tuntunan dengan cara yang implisit dan bernuansa menghibur. Berdasar paparan di atas, maka selayaknyalah para pelajar mulai dari tingkat paling bawah hingga menengah (Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas) mendapat akses yang baik terhadap karya-karya sastra. Hal ini juga seiring dengan peningkatan minat baca untuk kalangan anak dan pemuda di Indonesia. Permasalahan yang kerap muncul dalam pengenalan karya sastra terhadap pembaca muda dan pemula adalah adanya jurang kemampuan pembacaaan dengan keberadaan karya sastra, terutama sastra klasik. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya karya sastra klasik adalah konsumsi orang-orang dewasa. Kesenjangan itu terutama menyangkut aspek bahasa, kerumitan plot, serta kompleksitas tema dan muatan dalam setiap karya. Ironisnya, dalam kesenjangan ini, para pelajar kita pada tingkat dasar maupun menengah diharapkan memahami sejarah dan melakukan apresiasi terhadap karya sastra Indoonesia, terutama yang telah digariskan dalam kurikulum. Adanya jurang ini perlu dijembatani. Upaya penyaduran karya sastra klasik merupakan salah satu upaya mendekatkan pembaca muda dan pemula terhadap karya sastra, sebuah jembatan untuk mencintai karya bangsa sendiri dan menumbuhkembangkan budaya membaca sejak dini. Upaya penyaduran bukanlah upaya reduksi terhadap kebesaran karya-karya klasik tersebut, namun lebih pada upaya pengenalan awal untuk pembaca muda dan pemula melalui penyederhanaan baik dari segi plot, bahasa, namun tak mengurangi amanat atau pesan dari setiap karya. Diharapkan upaya ini memberikan rasa ingin tahu para peserta didik untuk lebih mengenal lagi dan meningkatkan apresiasi terhadap karya satra, terutama karya sastra klasik. Upaya penyaduran karya sastra Indonesia untuk tingkat konsumsi anak-anak dan pembaca muda semestinya bisa menjadi salah satu tradisi dalam jagat perbukuan kita. Pada banyak negara lain di dunia, upaya penyaduran karya-karya klasik untuk dapat diapresiasi oleh anak-anak telah menjadi tradisi. Upaya untuk mendekatkan sastra berkualitas kepada anak-anak usia sekolah dasar, telah dimulai sejak dini. Tom Sawyer karya Mark Twain, Oliver Twist karya Charles Dickens, Gulliver’s Travel karya Jonathan Swift, kisah klasik Jepang, adalah beberapa contoh yang bisa dikemukakan. Karya-karya itu telah diceritakan kembali dengan bahasa yang lebih mudah terima dan dipahami oleh peserta didik di tingkat sekolah dasar dan menengah. Saat ini, kita pun dibanjiri oleh karya-karya serupa ini, sedangkan sastra klasik Indonesia belumlah banyak melakukan upaya yang sama. Paparan di atas adalah hal yang melatarbelakangi Penerbit Balai Pustaka mengupayakan penerbitan bukubuku saduran karya klasik Indonesia. Penerbit Balai Pustaka sangat menyadari mendesak dan perlunya segera upaya penyaduran karya-karya sastra klasik Indonesia. Tidak sekadar untuk memenuhi kebutuhan bahan bacaan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia secara formal, tapi juga diharapkan bisa dikonsumsi secara luas sebagai bahan bacaan untuk anak dan remaja. Ringkasnya, harapan dari penerbitan seri-seri saduran karya sastra klasik Indonesia ini merupakan bagian dari langkah awal untuk menghasilkan generasi bangsa yang memiliki karakteristik: a) gemar membaca, b) mengenal tradisi,etnik, kebudayaan sendiri dengan baik, c) terbiasa berbeda pendapat, d) menghargai perbedaan, e) mulai mengenal ruh dan budaya suku-suku bangsa lain di Indonesia, tidak sekadar secara kognitif menghapal nyanyian, pakaian, tari dan kesenian belaka, tetapi juga tradisi dan kearifan lokalnya. Harapan ini tentu bukanlah sesuatu yang tak mungkin kita capai. Setiap harapan membutuhkan langkah-langkah realisasi. Demikianlah, jika tidak dimulai dari sekarang dan oleh kita, siapa dan kapan lagi kita menghargai karya sastra negeri sendiri. Selamat membaca!

KARYA SASTRA pada hakikatnya mengandung nilainilai kemanusiaan yang dapat diinterprestasikan oleh masing-masing individu untuk menjalani kehidupan.

Akuntabilitas Ideal Bungan Rampai Gagasan Seorang Akuntan Holistik

Buku Akuntabilitas Ideal: Bunga Rampai Gagasan Seorang Akuntan Holistik ini adalah kumpulan gagasan berwujud artikel yang penulis kirimkan ke media masa dan yang sebagian besarnya dimuat , di mana penulis selalu berusaha untuk melakukan inisiasi dan memprovokasi pengembangan akuntansi di Indonesia dengan berbagai paradigma (multiparadigma) di mulai dari sendiri dan lingkungan yang terkecil. Semua wilayah kehidupan manusia ternyata tidak terlepas dari permasalahan akuntansi baik urusan duniawi apalagi urusan akhirat. Karena ujung dari kehidupan ini adalah pertanggungjawaban (akuntabilitas).

Karena ujung dari kehidupan ini adalah pertanggungjawaban (akuntabilitas). Buku Akuntabilitas Ideal Bungan Rampai Gagasan Seorang Akuntan Holistik ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

A to Z Bimbingan dan Konseling Karier Konsep, Teori, dan Aplikasinya

Karier bukan sekedar pekerjaan atau jabatan seseorang, melainkan suatu pekerjaan atau jabatan yang benar-benar sesuai dengan potensi diri sehingga membuat seseorang senang melakukannya, kemudian mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan prestasinya, mengembangkan potensi dirinya, lingkungannya, serta sarana dan prasarana yang diperlukan. Untuk itu, bimbingan karier perlu diberikan kepada siswa untuk mengetahui potensi-potensi yang dimilikinya sehingga siswa terarah dalam menentukan pekerjaan, jabatan, atau kariernya di masa depan. Buku ini menjelaskan secara rinci landasan teori dalam bimbingan karier, model-model pendidikan karier, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap karier, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, buku ini juga mempermudah pembaca karena dilengkapi dengan contoh program bimbingan karier; tujuan program bimbingan karier; pelaksanaan bimbingan karier di sekolah; dan sarana pelaksanaan bimbingan karier. Dengan demikian, buku ini berguna dan sangat diperlukan bagi guru (konselor), kepala sekolah, pengawas sekolah, mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan lainnya untuk mengarahkan siswa.

Proses adalah sistem arteri dalam organisasi dan jaringan pasokan antar-organisasi. ... besar alat dan pendekatan yang berasal dari beragam disiplin ilmu, termasuk Teknik Industri, Manajemen Operasi, Manajemen Mutu, Manajemen Sumber ...

STATISTIKA DESKRIPTIF & KONSEP PELUANG Aplikasi R-Stat

Dalam penyelesaian perkuliahan, statistika berperan penting membantu mahasiswa. Namun demikian, banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam memahami statistika karena berbagai faktor. Salah satunya adalah keterbatasan sumber dan kesempatan untuk lebih mendalami materi-materi statistika. Dalam kesempatan tatap muka di kelas, materi statistika yang disampaikan pada mahasiswa sedemikian padat, sehingga mahasiswa kekurangan waktu untuk berlatih agar lebih menguasai materi-materi statistika. Buku ini disajikan sebagai salah satu sarana yang memungkinkan mahasiswa lebih mendalami materi-materi statistika. Materi dalam buku yang merupakan seri pertama ini tersusun dari 8 bab yang memaparkan tentang statistika deskriptif hingga konsep peluang. Dalam buku ini juga disampaikan penjelasan terkait penggunaan software R-Stat yang sangat berguna terutama dalam penyelesaian analisis data terkait big data yang akan dihadapi pembaca dalam dunia kerja. Penekanan dari buku ini adalah pada pendalaman materi dan latihan soal-soal.

Dalam penyelesaian perkuliahan, statistika berperan penting membantu mahasiswa.