Sebanyak 38355 item atau buku ditemukan

Model Pembelajaran Bengkel Peran

Kegiatan pengajaran sastra di perguruan tinggi harus kreatif seperti halnya menyelenggarakan kegiatan ziarah sastra, wisata sastra, kemping sastra, dan atau bengkel sastra dengan tujuan agar peserta didik mampu benar-benar memahami, menghayati, dan mencipta sastra. Dalam pelaksanaannya sastrawan juga dapat dilibatkan untuk berbagai pengalaman dan pengetahuan tentang mengapresiasi sastra, mencipta sastra, dan mementaskan sastra.

Kegiatan pengajaran sastra di perguruan tinggi harus kreatif seperti halnya menyelenggarakan kegiatan ziarah sastra, wisata sastra, kemping sastra, dan atau bengkel sastra dengan tujuan agar peserta didik mampu benar-benar memahami, ...

ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORI KINESTETIK DENGAN SELF ASSESMENT

Koneksi matematis adalah interrelasi antara situasi, masalah, dan ide-ide matematis dan menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh dalam menyelesaikan masalah yang satu dengan masalah lainnya. Kemampuan koneksi matematis siswa dipengaruhi oleh gaya belajar siswa. Penerapan model pembelajaran VAK (visual, auditori dan kinestetik) mampu meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Self assessment membantu mengembangkan kemampuan siswa untuk memeriksa dan berpikir kritis mengenai proses pembelajaran yang siswa jalani. Buku ini disusun untuk menganalisis kualitas pembelajaran VAK dengan self assessment terhadap kemampuan koneksi matematis dan menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan gaya belajar pada model pembelajaran VAK dengan self assessment. Penelitian ini menggunakan jenis mixed method dengan desain concurent embedded. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 9 Semarang. Pengambilan data gaya belajar menggunakan kuesioner, pengambilan data kemampuan koneksi matematis menggunakan tes dan pengambilan data self assessment menggunakan lembar penilaian. Kualitas pembelajaran secara kualitatif dinilai dari tahap perencanaan, pelakasanaan, dan penilaian. Hasil tes kemampuan koneksi matematis dianalisis secara kuantitatif dengan uji rata-rata, uji kutantasan, uji beda rata-rata, dan uji proporsi beda rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran VAK berkualitas baik secara kualitatif dan kuantitatif. Siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan koneksi matematis yang paling tinggi, siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan koneksi matematis sedang, dan siswa dengan gaya belajar auditori memiliki kemampuan koneksi matematis paling rendah.

“Pembelajaran matematika model quantum teaching Dengan modalitas visual, auditori, dan kinestetik Berbantuan software autocad”. Journal of Educational Research and Evaluation, 2 (1): 37-41. Arifin, Z. 2013. Evaluasi Pembelajaran.

MODEL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI KITAB NEGARAKRETAGAMA

Buku panduan ini disusun dalam rangka memenuhi salah satu kebutuhan peserta didik tentang sumber pembelajaran sejarah yang berasal peninggalan karya sastra masa Kerajaan Majapahit. Buku panduan ini disusun untuk memenuhi kualifikasi mata pelajaran sejarah Indonesia yang diajarkan di kelas X dengan kompetensi dasar “Menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan, dan budaya pada masa kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini”.

Buku panduan ini disusun dalam rangka memenuhi salah satu kebutuhan peserta didik tentang sumber pembelajaran sejarah yang berasal peninggalan karya sastra masa Kerajaan Majapahit.

Pengembangan Model Pembelajaran Purana Berbasis Pemahaman Diri Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual

Sebuah model pembelajaran yang menarik, inovatif dan produktif diperlukan sebagai acuan dalam pengajaran Purana dan signifikansinya pada peserta didik. Ini bertujuan mendapatkan model pembelajaran konseptual yang memenuhi syarat validitas dan dapat diterapkan secara efektif dalam dunia pembelajaran Agama Hindu.

Sebuah model pembelajaran yang menarik, inovatif dan produktif diperlukan sebagai acuan dalam pengajaran Purana dan signifikansinya pada peserta didik.

Model pembelajaran inovatif dalam pengembangan hard skill dan soft skill matematis

Buku ini merupakan kumpulan hasil penelitian dari beberapa penulis yang mempunyai tema pengembangan kemampuan berpikir matematis (hard skill matematis) dan soft skill matematis yang sangat bermanfaat dalam pembelajaran matematika.

Buku ini merupakan kumpulan hasil penelitian dari beberapa penulis yang mempunyai tema pengembangan kemampuan berpikir matematis (hard skill matematis) dan soft skill matematis yang sangat bermanfaat dalam pembelajaran matematika.

Implementasi Praktis Sport Education Model

Buku ini ditujukan untuk menambah referensi dan kebaharuan yang dapat membantu peneliti, guru, mahasiswa, dan pembaca yang akan melakukan penelitian dan pengajaran yang berhubungan dengan pembelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan sport education cabang olahraga bola basket

Buku ini ditujukan untuk menambah referensi dan kebaharuan yang dapat membantu peneliti, guru, mahasiswa, dan pembaca yang akan melakukan penelitian dan pengajaran yang berhubungan dengan pembelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan ...

PEMBELAJARAN IPS

Model Cari Jodoh dengan Kartu Kwartet (Carjotet)

Pembelajaran IPS: Model Cari Jodoh dengan Kartu Kwartet (Carjotet) adalah buku yang disusun oleh Suharni, S.Pd yaitu seorang guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Buku ini berisi tentang model pembelajaran Mencari Jodoh dengan Kartu Kwartet yang merupakan pengembangan dari model pembelajaran Make a Match. Dikembangkan dengan konsep yang mudah dipahami untuk melatih dan memaksimalkan berpikir kritis juga penguatan karakter saling menghargai. Buku Pembelajaran IPS: Model Cari Jodoh dengan Kartu Kwartet (Carjotet) diterbitkan karena akhir-akhir ini pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sering kali dianggap pelajaran yang membosankan. Melalui buku ini, penulis mencoba menghapus semua anggapan itu sehingga mata pelajaran IPS menjadi lebih menarik, aktif, kreatif, juga menyenangkan.

Pembelajaran IPS: Model Cari Jodoh dengan Kartu Kwartet (Carjotet) adalah buku yang disusun oleh Suharni, S.Pd yaitu seorang guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).