
ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORI KINESTETIK DENGAN SELF ASSESMENT
Koneksi matematis adalah interrelasi antara situasi, masalah, dan ide-ide matematis dan menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh dalam menyelesaikan masalah yang satu dengan masalah lainnya. Kemampuan koneksi matematis siswa dipengaruhi oleh gaya belajar siswa. Penerapan model pembelajaran VAK (visual, auditori dan kinestetik) mampu meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Self assessment membantu mengembangkan kemampuan siswa untuk memeriksa dan berpikir kritis mengenai proses pembelajaran yang siswa jalani. Buku ini disusun untuk menganalisis kualitas pembelajaran VAK dengan self assessment terhadap kemampuan koneksi matematis dan menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan gaya belajar pada model pembelajaran VAK dengan self assessment. Penelitian ini menggunakan jenis mixed method dengan desain concurent embedded. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 9 Semarang. Pengambilan data gaya belajar menggunakan kuesioner, pengambilan data kemampuan koneksi matematis menggunakan tes dan pengambilan data self assessment menggunakan lembar penilaian. Kualitas pembelajaran secara kualitatif dinilai dari tahap perencanaan, pelakasanaan, dan penilaian. Hasil tes kemampuan koneksi matematis dianalisis secara kuantitatif dengan uji rata-rata, uji kutantasan, uji beda rata-rata, dan uji proporsi beda rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran VAK berkualitas baik secara kualitatif dan kuantitatif. Siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan koneksi matematis yang paling tinggi, siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan koneksi matematis sedang, dan siswa dengan gaya belajar auditori memiliki kemampuan koneksi matematis paling rendah.
- ISBN 13 : 623970542X
- ISBN 10 : 9786239705428
- Judul : ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORI KINESTETIK DENGAN SELF ASSESMENT
- Pengarang : Salisatul Apipah, M.Pd, M.Pd, M.Pd, M.Pd, M.Pd, M.Pd,
- Kategori : Education
- Penerbit : Penerbit Tahta Media Group
- Bahasa : id
- Google Book : https://play.google.com/store/books/details?id=L8E0EAAAQBAJ&source=gbs_api
-
Ketersediaan :
“Pembelajaran matematika model quantum teaching Dengan modalitas visual, auditori, dan kinestetik Berbantuan software autocad”. Journal of Educational Research and Evaluation, 2 (1): 37-41. Arifin, Z. 2013. Evaluasi Pembelajaran.