
Pembelajaran IPS di SD/MI
- ISBN 13 : 9786026581358
- Judul : Pembelajaran IPS di SD/MI
- Pengarang :
- Penerbit : Garudhawaca
- Bahasa : Indonesia
- Tahun : 2018
- Halaman : 344
-
Ketersediaan :
010521 |
Tersedia di Library of UI BBC
|
Pengembangan Materi dan Metodologi Pembelajaran IPS Penulis : Ibu Ni'mah; Ibu Alfi; Lathif, dkk Ukuran : 14 x 21 cm Terbit : Juni 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Buku ini merupakan kumpulan dari makalah para mahasiswa program studi magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang dikumpulkan mulai awal mata kuliah Pengembangan Materi dan Metodologi Pembelajaran IPS. Secara garis besar, buku ini berisi tentang konsep dasar IPS kemdian juga dilengkapi dengan analisis terhadap kurikulum beserta contoh penerapannya dalam dunia pendidikan di Indonesia. Buku ini juga menyajikan cara penyusunan perencanaan sekaligus strategi pembelajaran IPS hingga model-model evaluasinya. Dengan harapaan, setelah membaca buku ini para pembaca memiliki pengetahuan mengenai pengembangan materi IPS tingkat SD/MI. Tambaha terakhir, buku ini tentu tidak sempurna, oleh karena itu segala kritik dan saran akan ditampung dan diterima dengan baik serta dijadikan sumber perbaikan agar buku ini dapat terus dibenahi. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys
Pengembangan Materi dan Metodologi Pembelajaran IPS Penulis : Ibu Ni'mah; Ibu Alfi; Lathif, dkk Ukuran : 14 x 21 cm Terbit : Juni 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Buku ini merupakan kumpulan dari makalah para mahasiswa program studi ...
Penulis berharap dapat memberikan manfaat bagi para pembacanya terutama bagi para akademisi dalam bidang pendidikan di Sekolah Dasar. Buku ini dibuat dengan tujuan dapat memberikan pemahaman bagi pembaca untuk melestarikan budaya bangsa yang terkenal dengan keanekaragamannya terutama permainan tradisional yang merupakan budaya turun temurun yang diwarisakan oleh nenek moyang.
Perbedaan yang paling terlihat ialah penggunaan bahasa daerah dalam pengucapan syair permainan tradisionalnya (khususnya bagi permainan tradisional yang menggunakan nyanyian. Bahasa daerah tidak dapat digantikan dengan bahasa lain, ...
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model pengembangan karakter toleran efektif dapat meningkatkan kesadaran bertoleransi siswa. Para guru pada umumnya memiliki kompetensi untuk bisa menyampaikan pembelajaran IPS menggunakan model pengembangan karakter toleran ini. Hal ini dibuktikan oleh kenaikan prestasi hasil belajar siswa dan suasana kelas yang kondusif menyenangkan bagi siswa selama pembelajaran berlangsung. Suasana kelas yang kondusif mencerminkan bahwa perangkat pembelajaran dapat diterapkan oleh guru dengan baik dan pembelajaran menggunakan model yang dikembangkan ini menjadi lebih menarik. Keunggulan model ini adalah pada tujuan pembelajaran, di mana aspek afektif menjadi target utama, aspek kognitif dan aspek psikomotor menjadi faktor pendukung
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model pengembangan karakter toleran efektif dapat meningkatkan kesadaran bertoleransi siswa.
Proses pembelajaran pendidikan IPS di jenjang persekolahan selama ini, sebagian besar, masih bersifat konvensional, belum banyak yang melakukan pembelajaran dengan menerapkan model-model pembelajaran yang bersifat kontekstual. Model pembelajaran kontekstual ditandai dengan adanya orientasi pada kebutuhan dan minat anak, memperhatikan masalah-masalah sosial, lebih mengedepankan keterampilan berpikir dari pada ingatan atau hafalan, keterampilan inkuiri atau menyelidiki, meneliti dan menyelesaikan masalah, pembelajaran kooperatif, serta pembelajaran yang berbasis pemanfaatan lingkungan alam sekitar atau sains teknologi dan masyarakat. Guru masih banyak menggunakan model pembelajaran konvensional, kurang mengikutsertakan peserta didik dalam proses pembelajaran. Guru tidak mengembangkan berbagai pendekatan modern yang mampu mengembangkan wawasan berpikir dan penyelesaian masalah yang memungkinkan peserta didik dapat belajar lebih aktif, giat, dan menyenangkan. Atas dasar itulah penulis dalam buku ini berusaha menyajikan model-model pembelajaran IPS di Sekolah Dasar yang dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan bagi para guru, mulai dari model pembelajaran simulasi, pendekatan berbasis masalah, model pembelajaran kooperatif, pendekatan pembelajaran kontekstual, model inkuiri, sampai model pembelajaran terpadu. Semuanya disajikan secara detail berikut contoh dan implementasinya. Oleh karena itu, buku ini sangat penting dan bermanfaat bagi para guru, mahasiswa, serta para pemerhati dan praktisi pendidikan, terutama pendidikan di jenjang Sekolah Dasar. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)
Proses pembelajaran pendidikan IPS di jenjang persekolahan selama ini, sebagian besar, masih bersifat konvensional, belum banyak yang melakukan pembelajaran dengan menerapkan model-model pembelajaran yang bersifat kontekstual.
Pembelajaran IPS: Model Cari Jodoh dengan Kartu Kwartet (Carjotet) adalah buku yang disusun oleh Suharni, S.Pd yaitu seorang guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Buku ini berisi tentang model pembelajaran Mencari Jodoh dengan Kartu Kwartet yang merupakan pengembangan dari model pembelajaran Make a Match. Dikembangkan dengan konsep yang mudah dipahami untuk melatih dan memaksimalkan berpikir kritis juga penguatan karakter saling menghargai. Buku Pembelajaran IPS: Model Cari Jodoh dengan Kartu Kwartet (Carjotet) diterbitkan karena akhir-akhir ini pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sering kali dianggap pelajaran yang membosankan. Melalui buku ini, penulis mencoba menghapus semua anggapan itu sehingga mata pelajaran IPS menjadi lebih menarik, aktif, kreatif, juga menyenangkan.
Pembelajaran IPS: Model Cari Jodoh dengan Kartu Kwartet (Carjotet) adalah buku yang disusun oleh Suharni, S.Pd yaitu seorang guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Sasaran penulisan buku ini terutama ditujukan bagi mahasiswa pada Program Studi (Jurusan) PGSD/PGMI; tidak menutup kemungkinan bagi para guru SD/MI di seluruh nusantara yang menaruh harapan besar dalam rangka optimalisasi peran pendidik (guru) untuk selalu mengasah dan memperbaharui pengetahuan serta kecakapan keilmuan. Buku ini juga diperuntukkan bagi para peneliti pemula, pemerhati pendidikan IPS, juga para pemerhati sosial dan budayawan di negeri ini. Secara ringkas, buku ini membahas mengenai berbagai bab dengan cakupan materi sebagai berikut. 1) Prawacana 2) Perspektif Pembelajaran IPS di SD/MI 3) Manusia dan Lingkungan 4) Individu, Kelompok, dan Kelembagaan 5) Perubahan dan Konflik Sosial 6) Dinamika Kebudayaan 7) Ruang dan Waktu dalam Sejarah 8) Kenampakan Muka Bumi 9) Perekonomian dan Perilaku Ekonomi 10) Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Pendidikan 11) Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS 12) Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran IPS SD/MI 13) Model – Media Interaktif dalam Pembelajaran IPS SD/MI.
sosial diajarkan sebagai pendidikan kewarganegaraan (citizienship
transmmision), studi sosial diajarkan sebagai ilmu sosial, dan studi sosial yang
diajarkan sebagai reflective inquiry. Adapun definisi yang diajukannya sebagai
berikut.
005774 |
Tersedia di Library of UI BBC
|
005773 |
Tersedia di Library of UI BBC
|