Sebanyak 38251 item atau buku ditemukan

GORESAN PENA GURU PRESTASI

Guru Prestasi harus terus berkarya? Memang benar. Untuk menjadi guru prestasi harus banyak menulis, melakukan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dan yang paling utama adalah guru prestasi harus mampu membawa anak didiknya berprestasi. Buku ini berisi berbagai goresan pena penulis menuju guru prestasi dan setelah menjadi guru prestasi. Ada beberapa tulisan dihasilkan setelah penulis menjadi kepala sekolah. Dengan demikian, tulisan ini berisi hal-hal yang berhubungan dengan guru, pembelajaran, ujian nasional, sekolah, dan hal lain yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Buku ini dapat membantu para guru yang ingin meningkatkan kompetensinya. Tulisan dalam buku ini juga dapat membantu kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas sekolah yang dipimpinnya. Akhirnya, dapat penulis katakan bahwa buku ini sangat dibutuhkan oleh guru dan kepala sekolah.

Perencanaan diawali dari analisis permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran. Permasalahan dapat berupa materi bidang studi, misalnya bagaimana menjelaskan suatu konsep kepada peserta didik, permasalahan dapat pula berupa pedagogi ...

Manajemen Sumber Daya Insani di Lembaga Pendidikan Optimalisasi Supervisi untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru

Dalam buku ini penulis menggunakan istilah Manajemen Sumber Daya Insani (MSDI) walau pada dasar konsepnya tidak terdapat perbedaan dengan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), hanya saja di buku ini penulis berupaya menggali kon- sep-konsep Islam. Topik sumber daya insani merupakan kajian sentral manajemen, tentu tanpa mengabaikan tema lainnya. Tanpa adanya sumber daya insani bermutu dapat dipastikan organisasi tidak dapat bergerak dan sangat sulit mencapai tujuan organisasi.

Berbeda dengan permasalahan guru, Kimbal Wiles menyampaikan hal yang diharapkan guru dari atasannya. Hal ini penting mendapat perhatian. Masalah-masalah yang dihadapi guru dalam tingkat satuan pendidikan mulai dari SD/Mis, SMP/MTs, ...

Buku Panduan Guru Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Untuk SMA/MA Kelas XII

Buku Panduan Guru Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Islam untuk Kelas XII secara khusus ditulis untuk guru-guru Biologi di madrasah aliyah; meskipun tidak menutup kemungkinan untuk dipergunakan oleh guru Biologi pada sekolah umum jenjang SMA kelas XII. Tujuan utama ditulisnya buku ini adalah untuk memberikan panduan bagi guru Biologi MA dalam merencanakan kegiatan pembelajaran Biologi yang bernuansa Islam. Hal ini dikarenakan pembelajaran Biologi yang berlangsung di MA selama ini masih bersifat umum, belum mencirikan karakteristik keislamannya. Buku panduan ini terdiri atas dua bagian utama, yaitu petunjuk umum dan petunjuk khusus. Petunjuk umum meliputi gambaran secara keseluruhan isi buku, landasan pengembangan buku, cakupan materi Biologi kelas XII, strategi, proses, serta media pembelajaran secara umum. Pada petunjuk khusus, guru dapat menemukan secara detail terkait komponen-komponen perencanaan penyusunan proses pembelajaran Biologi yang bernuansa Islam. Komponen-komponen tersebut meliputi uraian Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan Pembelajaran, Tahap-Tahap Pembelajaran, serta Evaluasi Pembelajaran. Seluruh komponen tersebut disusun inklusif antara ilmu umum biologi dengan ilmu agama Islam. Buku Panduan Guru Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Untuk SMA/MA Kelas XII ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Akal pikiran yang digunakan sebagai upaya memahami permasalahan atau fenomena alam tersebut dimulai dari kegiatan menyusun rancangan penelitian untuk mengungkap permasalahan tertentu (dalam hal ini misalnya yaitu permasalahan tentang ...

Guru di 20\′′20 [Menemukan Asa Baru di Masa Pandemi]

Panggilan hidup menjadi guru itu pilihan. Unik sekaligus menantang. Unik, bisa mengenali dan memahami berbagai karakteristik peserta didik. Menantang, membutuhkan berbagai elemen supaya tujuan pembelajaran tercapai sehingga peserta didik memiliki kompetensi life skill unggulan. Bagaimana memadukannya? Di tengah pandemi covid-19, keduanya bisa terejawantah. Masa pandemi ini harus disikapi dengan baik sehingga pemenuhan hak belajar dan psikologis rasa ingin tahu peserta didik harus dipenuhi. Guru harus memberikan pelayanan pendidikan yang prima, yaitu dengan tulus dan ikhlas. Di dalam proses pembelajaran oleh guru dan peserta didik, terbentuk pengalaman moral serta nilai-nilai kehidupan keduanya. Memang benar, muara pembelajaran adalah meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik secara maksimal. Nilai-nilai kehidupan serta kemampuan maksimal (kognitif, afektif, psikomotorik) peserta didik akan bersifat permanen dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari jika dibantu oleh peran guru. Untuk mencapai cita-cita mulia itu, guru dituntut untuk memberikan pelayanan secara tulus dan ikhlas. Gaya mendidik yang melekat pada setiap guru akan berdampak bagi anak-anak seperti yang dilakukan dan dialami penulis. Menjadi guru harus berorientasi demi kemajuan bangsa melalui peserta didik. Dengan demikian, pelayanan pendidikan dengan tulus dan ikhlas harus menjadi ciri yang menonjol bagi sosok guru. Bagaimana jadinya ketika terjadi masa pandemik? Dengan berbagai kisah, penulis memberikan pelayanan pendidikan secara tulus dan ikhlas dan membukukannya. Penulis berhasil mendidik mereka untuk menemukan kemampuan maksimal dalam diri peserta didik. Kelak, mereka menjadi anak-anak yang membanggakan orang tua. Buku sederhana ini tidak hanya menceritakan kisah perjalanan penulis memberikan pendidikan dengan tulus dan ikhlas, tetapi juga akan memotivasi Anda khususnya pelaku pendidikan yang terlibat langsung. Buku ini hadir untuk menemani para guru, secara khusus, supaya tetap menggalakkan semangat pengabdian bagi generasi Indonesia kelak. Buku ini sebenarnya biasa. Jika Anda merasakan membaca dan mengalami dampaknya, menjadi amat luar biasa. Temukan saja. Salam literasi.

permasalahan yang terjadi sehingga adikku dikeluarkan dari sekolah pada masa pandemi ini? Setelah mendengar paparan Uda, tahulah kondisinya. Ternyata, kesalahan yang terjadi berasal dari adikku. Niat untuk mengikuti dan mengerjakan ...

INOVASI PEMBELAJARAN “PENINGKATAN KUALITAS GURU”

Buku ini merupakan simbol semangat intelektual dalam mengakaji ilmu pendidikan khususnya tentang inovasi pembelajaran peningkatan kualitas guru yang terbit pada tahun 2022. Kontributor dari buku ini adalah para peneliti dan dosen dari berbagai kampus di Indonesia. Mereka memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda. Penulisan buku ini dilandasi atas pentingnya update penelitian terbaru tentang kajian ilmu pendidikan dengan tema tentang Inovasi Pembelajaran Peningkatan Kualitas Guru yang menjadi isu dan problematika saat ini.

Dari uraian di atas dapat dikemukakan, bahwa yang mendorong perlunya dilaksanakan inovasi pendidikan adalah permasalahan atau kelemahan yang ada dalam sistem pendidikan itu sendiri dan faktor permasalahan yang terdapat dari luar sistem ...

Guru Is The Best

Kesejalanan – kemajuan – keserasian pendidikan, sangat ditentukan oleh tanggung jawab guru di sekolah. Karena guru merupakan pejuang terdepan pendidikan yang berhubungan langsung dengan peserta didik di lapangan. Secara mendasar, konsep cerdas selalu dikaitkan dengan kinerja guru. Para guru lebih berkontribusi dan dianggap memiliki saluran wewenang paling besar untuk mencerdaskan peserta didik. Sebab itu, secara pribadi maupun institusi hendaknya para guru mau meng-upgrade, meng-update, dan meng-up keilmuan sebagai upaya meningkatkan profesionalitas keguruan. Tidak ada kata yang bisa membuat kita berubah saat tidak menemukan alasan perubahan dengan hanya menanti tanpa berusaha. Tanpa niat kita sendiri, maka kita hanya akan merasakan ketertinggalan dan tidak berdaya mencegahnya. Sebab itu, memulai dan melatih diri jauh lebih penting daripada merasa cukup dengan kondisi sekarang Guru Is The Best ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan permasalahan dalam kajian. 2. Siswa diberi permasalahan sebagai penjajakan pemahaman. 3. Siswa diberikan instruksi-instruksi singkat dan permasalahan sebagai contoh yang dapat disimulasikan. 4.

Modul Profesionalisasi Guru PAUD

Buku Materi Ajar (BMA) PAUDP17116 Profesionalisasi Guru PAUD ini mendiskusikan ciri-ciri dan status profesi PAUD; kode etik profesi guru; ciri-ciri professional pendidik PAUD; tela’ah permasalahan dan upaya pengembangan profesi anak usia dini; konsep dan jenis-jenis kompetensi guru pendidik PAUD; menata lingkungan belajar dan keterampilan fisik AUD; peningkatkan keterrampilan sosial dan komunikasi AUD; pembangunan konsep diri positif dan memberikan bimbingan pada AUD; keterampilan alam meningkatkan keterlibatan keluarga dan mengelola program.

Permasalahan guru yaitu salah satu masalah pendidikan yang harus mendapatkan perhatian besar. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Peran seorang guru yaitu baik sebagai pendidik, model, pengajar, ...

SKGB 003: DISIPLIN POSITIF

Kesadaran & Disiplin Kita seringkali terlalu cepat menuntut kedisiplinan, tapi terlalu lambat menumbuhkan kesadaran pada anak. Sadar atau tidak, kita sebagai pendidik seringkali banyak dan sering menuntut anak-anak untuk berdisiplin. Hari pertama masuk kelas, kita sudah berharap anak- anak tahu dan paham peraturan. Karena itu kita menuntut mereka untuk berperilaku sesuai aturan.Kita menuntut anak-anak seolah anak adalah robot yang sekali diberi instruksi akan langsung jalan. Kita seringkali abai dan tidak sabar membangun kesadaran anak-anak tentang pentingnya berdisiplin. Anak-anak itu manusia sebagaimana juga kita yang butuh waktu untuk belajar mengembangkan suatu perilaku. Kita, anak-anak maupun pendidik, belajar bila apa yang dipelajari relevan dengan kebutuhan dan kehidupan kita. Kita belajar bisa merasa berdaya untuk melakukan tindakan. Kisah-kisah guru pada Surat Kabar Edisi Ketiga ini menceritakan berbagai upaya menumbuhkan kedisiplinan dari kesadaran dalam diri anak. Disiplin bukan karena patuh pada perintah, takut kena hukuman atau mengejar ganjaran. Disiplin yang tumbuh dari kesadaran anak-anak kita. Itulah Disiplin Positif. Dengan disiplin positif, anak-anak akan lebih mencintai belajar, lebih tangguh menghadapi kesulitan, keterampilan berpikirnya berkembang hingga bisa mencapai prestasi akademik lebih baik. Lebih jauh lagi, disiplin positif mendukung terbentuknya interaksi dan budaya sekolah yang positif. Semoga kisah-kisah pada edisi kali ini dapat memicu kesadaran kita untuk membangun kesadaran anak-anak sejak dini. Mari belajar bersama!

Selain dalam membuat kesepakatan bersama di dalam dan di luar kelas, disiplin positif ini juga sangat membantu saya dalam menyelesaikan beberapa permasalahan antar peserta didik seperti : rebutan mainan, bertengkar akibat ada yang usil ...

Surat Kabar Guru Belajar Edisi Khusus: #TerusBelajar Daerah Ponorogo

Surat Kabar Guru Belajar spesial ini merupakan hasil kerjasama dengan Yayasan Lari Nusantara dalam program NusantaRun 8. Berisi tentang praktik baik perubahan pembelajaran setelah mengikuti program #TerusBelajar Sekolah Merdeka Belajar. Surat Kabar Guru Belajar spesial ini terdiri dari empat edisi berbeda yang berasal dari 5 daerah di Jawa Timur.

Masa Pandemi yang melanda seluruh negeri kita telah kita lalui lebih dari 20 bulan. permasalahan belajar yang kita hadapi sebagai seorang pendidik juga semakin bervariatif. Kalau pada awal masa Pandemi kita hanya fokus pada ...

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru TK dan SD Melalui Penelitian Tindakan Kelas

Kumpulan Artikel PTK

Buku yang berjudul "Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru TK dan SD Melalui Penelitian Tindakan Kelas : Kumpulan Artikel PTK" ini merupakan kumpulan dari 24 artikel PTK dengan judul yang berbeda-beda diantaranya berjudul Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Perkembangbiakan Hewan Melalui Pendekatan Steam Metode Project Best Learning pada Peserta Didik Jenjang SD, Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup pada Siswa Kelas 6, Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Belajar Peserta Didik Materi Alat Gerak Dan Fungsinya pada Hewan Dan Manusia di Kelas 5 SD, Metode Stad Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa SD, Smart Digital Puzzle Media dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Quizizz pada Siswa Sekolah Dasar, Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajaripa Materi Sifat Perambatan Bunyi Siswa Kelas IV di Masa Pandemi Covid 19, dan banyak lagi. Semoga buku ini dapat membantu mengatasi masalah yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran bagi guru sekolah dasar dan taman kanak-kanak.

Berdasarkan hasil monitoring kelas pada saat pembelajaran IPA, banyak sekali permasalahan yang dialami pendidik. Permasalahan itu meliputi: penguasaan konsep pada materi pembelajaran kurang sehingga transfer pengetahuan kepada peserta ...