Sebanyak 38363 item atau buku ditemukan

Komunikasi Islam

Praktik Komunikasi Islam pada era revolusi industri 4.0 sangat diperlukan sebagai langkah strategis untuk menumbuhkan, menjaga, dan mengembangkan peradaban Islam. Penerapan komunikasi Islam yang benar, akan mampu menghantarkan perubahan perubahaan komunikasi yang sehat, dengan tidak menghilangkan keunikan Islam di berbagai belahan dunia. Karena Islam bukanlah agama yang lahir dalam ruang hampa tanpa terikat budaya setempat. Tetapi justru selalu terjadi komunikasi yang berkelanjutan antara ajaran Islam dan yang tumbuh berkembang di masyarakat, sehingga melahirkan budaya maju yang dpat melahirkan peradaban Islam. Penulisan buku ini diperuntukkan untuk bahan ajar di Fakultas Dakwah dan Komunikasi, yang diharapkan dapat menjadi dorongan untuk kajian selanjutnya. Sebab buku yang membahas tentang komunikasi Islam relatif masih sedikit jumlahnya. Buku ini berisi berbagai pembahasan tentang komunikasi Islam mulai dari ruang lingkup komunikasi Islam, praktik komunikasi Islam dari masa ke masa, manusia dalam perspektif komunikasi Islam, unsur-unsur, bentuk, dan fungsi komunikasi. Termasuk juga membahas korelasi komunikasi Islam, metode dan strategi komunikasi Islam, komunikan sebagai penerima pesan, efek dan prinsip-prinsip komunikasi Islam.

Kontennya, dapat berupa ilmu pengetahuan Islam ditinjau dari berbagai aspek, hiburan Islami, informasi Islami, dan nasihat mengajak kepada kebaikan Islam. Ketiga, metode (thariqah) komunikasi Islam adalah ilmu yang mempelajari tata cara ...

Etika dan Komunikasi Bisnis Islam

Agama Islam diturunkan oleh Allah Swt. kepada manusia di bumi bertujuan agar hidup manusia teratur sesuai dengan kehendak-Nya. Syariah Islam sebagai suatu pedoman yang dibawa oleh Rasulullah saw. mempunyai keunikan tersendiri. Syariah ini tidak hanya komprehenshif, tetapi juga universal. Karakter istimewa ini sangat diperlukan karena tidak akan ada syariah lain yang datang untuk menyempurnakannya. Agar kesejahteraan manusia terwujud, maka syariah mengaturnya dengan etika. Secara umum etika diartikan sebagai tingkah laku yang baik, sopan santun, kejujuran, moral, dan sesuatu yang berkaitan dengan hal-hal yang positif. Bisnis berkaitan dengan transaksi perdagangan, jual beli antara satu orang atau lembaga dengan orang atau lembaga lainnya. Ajaran Islam, khususnya ekonomi Islam, mengatur semua praktik bisnis dengan komunikasi yang baik. Buku ini di harapkan menjadi pedoman untuk mata kuliah Etika dan Komunikasi Bisnis Islam bagi mahasiswa, pebisnis yang tertarik pada bisnis Islam yang dalam perkembangan saat ini lebih dibutuhkan, seperti Bank Syariah, Lembaga Keuangan Islam, pariwisata syariah, dan produk halal. Bisnis yang membawa syariah atau Islam harus berorientasi pada inovasi, efesiensi, servis, dan responsibilitas. Materi yang dibahas dalam buku ini adalah: Bab 1 Konsep Ekonomi Dunia dan Islam Bab 2 Islam Sebuah Sistem Hidup Bab 3 Konsep Etika dan Komunikasi Bisnis Islam Bab 4 Konsep Bisnis Islam Bab 5 Akad dalam Bisnis Islam Bab 6 Prospektif Ekonomi dan Bisnis Islam

membuka mata umat Islam Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya. Bisnis syariah berkembang pesat, bisnis dengan menggunakan label syariah ini menjadi tren yang cukup menggoda. Hal ini dibuktikan dengan beragamnya bisnis yang saat ini ...

Komunikasi Dan Dakwah Islam

Terjadinya ledakan informasi dan kemajuan teknologi dalam berbagai bidang tidak boleh dibiarkan lewat begitu saja. Umat Islam harus berusaha mencegah dan mengantisipasi dengan memperbaiki konsep dakwah yang benar, berpadukan ilmu agama dan teknologi yang canggih dalam penyebaran dakwah Ilahi. Jika kita kalah, tidak sedikit umat yang telah menjadi korban dari efek globalisasi informasi yang membuat identitas keislamannya mengalami pengaburan dan masa depan generasi muda semakin suram. Jika umat Islam terlena oleh kemewahan hidup dengan berbagai pasilitasnya, maka secara perlahan akan meninggalkan ajaran dakwah. Dengan demikian akan terjadi kehampaan rohani yang justru merusak kepribadian setiap umat manusia. Di samping itu kelemahan dan ketertinggalan umat Islam dalam mengakses informasi dari waktu ke waktu, pada gilirannya juga akan membuat langkah-langkah dakwah kita semakin tertinggal.

Buku Komunikasi Dan Dakwah Islam ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

KOMUNIKASI TERAPEUTIK BERNUANSA ISLAMI

Manusia adalah mahluk sosial yang selalu membutuhkan manusia lain dalam kehidupan sehari-hari. Untuk melangsungkan kehidupan, manusia akan selalu berhubungan dan berkomunikasi dengan sesamenya. Komunikasi memiliki peranan yang penting dalam kehidupan manusia, dimana fungsi komunikasi antara lain adalah untuk memupuk hubungan dan memperoleh kebahagiaan, melalui informasi yang disampaikan oleh orang yang terlibat dalam suatu proses komunikasi.

memiliki dan menjunjung tinggi nilai-nilai dan etika Islam dalam menyampaikan maupun menerima pesan, seperti ketika berpidato, berkhotbah, berceramah, menyiarkan berita, menulis, dan lain-lain. Pola penerapan yang berbeda pada tatanan ...

Akrab dengan Anak Anda: Panduan Islami dalam Menjalin Komunikasi

barkan Islam . Karena namanya mengindikasikannya sebagai agama yang membawa kedamaian dan keselamatan bagi umat manusia . Dia telah melimpahkan kemuliaan dan martabat bagi umat Muslim . Dia telah memilih Islam sebagai bentuk universal ...

STRATEGI KOMUNIKASI PUSTAKAWAN

(Teori, Konsep, Dan Implementasinya)

Pustakawan dan media teknologi informasi merupakan salah satu bahagian dari manajemen pengelolaan, pembinaan, dan pengembangan perpustakaan berbasis teknologi di era revolusi industri 4.0. Pengelolaan perpustakaan sekarang ini, mengikuti era teknologi informasi yang terbarukan, untuk mengenal dan memahami peran seorang pustakawan dalam hal penerapan TI di lingkungan atau civitas akademika, semua koleksi yang ada di perpustakaannya harus berbasis open access atau tersedia di internet.

Pustakawan dan media teknologi informasi merupakan salah satu bahagian dari manajemen pengelolaan, pembinaan, dan pengembangan perpustakaan berbasis teknologi di era revolusi industri 4.0.

Teori Komunikasi Pendidikan

Komunikasi pendidikan merupakan proses guru dalam membangun hubungan komunikasi yang efektif dan afektif dengan peserta didik. Komunikasi pendidikan berusaha memaksimalkan dan memberikan peserta didik kesempatan untuk mencapai keberhasilan belajar yang optimal dalam lingkungan instruksional. Kajian komunikasi pendidikan berfokus pada kajian tentang pesan dan hubungan antar guru dan siswa serta pengaruhnya terhadap proses pembelajaran. Pemahaman guru dan praktisi pendidikan yang tinggi terhadap pola komunikasi pendidikan berdampak pada kemudahan dalam mentransfer pengetahuan. Pokok-pokok bahasan dalam buku ini mencakup: Konsep komunikasi dalam konteks pendidikan; Faktor-faktor Komunikasi Pembelajaran; Kompetensi Komunikasi Guru dalam Pembelajaran; Format Komunikasi dalam Pembelajaran; Komunikasi Massa dalam Pendidikan; Karakteristik Peserta Didik dan Konsekuensinya bagi Komunikasi Pembelajaran; Bahasa, Logika dan Komunikasi Verbal dan Non Verbal; Komunikasi Verbal dan Non Verbal serta Implikasinya dalam Pembelajaran; Komunikasi Efektif, Komunikasi Ekspresif dan Komunikasi Respektif serta Implementasinya dalam Pembelajaran; Strategi dan Desain Komunikasi Pembelajaran; Media Komunikasi dalam Pembelajaran; Variasi, Seleksi dalam Penggunaan Media Untuk Pembelajaran; Komunikasi Pendidikan Dalam Pembelajaran Online. Melalui buku “Teori Komunikasi Pendidikan” ini diharapkan pembaca mampu memahami secara teoritis serta mengimplementasikan bentuk komunikasi pendidikan dengan baik sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif.

Komunikasi pendidikan merupakan proses guru dalam membangun hubungan komunikasi yang efektif dan afektif dengan peserta didik.

Ilmu Komunikasi Sekarang Dan Tantangan Masa Depan

Revolusi komunikasi telah melahirkan dua karakter baru komunikasi yang disebut proses masifikasi komunikasi dan demasifikasi. Yang pertama merupakan ciri komunikasi masyarakat industri sedang yang lain disebut sebagai ciri masyarakat informasi yang terjadi secara interaktif melalui jaringan internert atau juga terkenal dengan sebutan cyberspace community Masifikasi komunikasi yang berlangsung dalam masyarakat industri yang biasanya “padat modal” melahirkan deideologisasi dan dehumanisasi serta melemahnya keadilan sosial akibat berkembangnya kapitalisme, sekularisme, dan pragmatisme. Sebaliknya, dalam masyarakat informasi yang “kaya otak,” malah terjadi ideologisasi, humanisasi, dan keadilan sosial karena setiap individu memiliki banyak waktu untuk melakukan berbagai kegiatan. Inilah buku yang paling dapat dipertanggungjawabkan ketika kita harus berbicara tentang bentuk dan arah komunikasi di masa kini dan yang akan datang. Disusun oleh para akademisi dan praktisi komunikasi, tak pelak menjadikan buku ini sebagai acuan penting para mahasiswa komunikasi, sosiologi, dan politik, serta perlu dimiliki oleh para praktisi. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

B. Pers Islam Pers Islam adalah bagian dari komunikasi Islami. Komunikasi Islami adalah komunikasi yang berbasiskan pada nilai-nilai yang termaktub dalam al-Qur'an dan sunah Rasulullah SAW. “Muktamar Media Massa Islam Sedunia I,” ...

KOMUNIKASI MASSA

(Menelusuri Eksistensi Surat Kabar Sebagai Pemenuhan Informasi Di Kalangan Tokoh Agama Islam)

Perkembangan bidang komunikasi dan informasi begitu cepat, terutama terkait dengan media komunikasi. Meskipun demikian, media massa khususnya surat kabar masih menarik kalangan tertentu. Hal itu disamping sebagai akses untuk informasi, juga seakan telah mentradisi. Kiranya surat kabar tetap bisa eksis bahkan dapat berkembang bersama media yang lain, sehingga dengan demikian hal ini memberikan banyak pilihan bagi masyarakat. Dikatakan bahwa informasi bagaikan komoditi yang bernilai tinggi, karena itu mencari informasi adalah menjadi suatu keharusan dan keniscayaan. Sehari saja tidak mendapatkan informasi seakan ada yang tertinggal dalam kehidupan.

(Menelusuri Eksistensi Surat Kabar Sebagai Pemenuhan Informasi Di Kalangan Tokoh Agama Islam) karena dapat menghibur, dan Harian Pos Metro karena dapat mengetahui berbagai peristiwa (kasus) dan tindak kriminal yang terjadi.

Komunikasi Strategis Indonesia-Tiongkok

Mempelajari dunia Tiongkok tidak pernah habisnya, kajian ini telah diteliti oleh penulis dari berbagai segmen dan latar belakang, baik oleh bangsa Tionghoa sendiri maupun orang asing. Dunia Tiongkok sendiri dapat ditelusuri mulai 2500 tahun sebelum Masehi. Sejarah Tiongkok menjadi perhatian para penulis dari Barat, Timur, sampai ke Persia. Sentuhan peradaban besar Tiongkok dengan dunia luar dimulai dari Jalur Sutra (Silk Road) kuno sampai dunia global. Jalur Sutra dikembangkan dengan konsep pembangunan Tionghoa one belt one road mulai dari Asia, Timur Tengah, sampai ke Afrika. Komunikasi global melalui Jalur Sutra bersentuhan dengan dunia Islam. Islam dan Tiongkok sebagai sahabat dalam peradaban dunia sampai saat ini. Sebagai bangsa Asia, Tiongkok bersentuhan dengan peradaban Melayu di Nusantara. Setelah Indonesia merdeka, Tiongkok membangun diplomasi guna menciptakan perdamaian dunia dan menjadi mitra dalam bidang budaya, ekonomi, dan politik. Penulis buku ini, sebagai pengajar komunikasi antarbudaya di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Aceh juga alumni Program Pendidikan Reguler Lemhannas Republik Indonesia angkatan LVI tahun 2017, mencoba mengkaji komunikasi politik Indonesia-Tiongkok berdasarkan model komunikasi sosial budaya, tradisi, etos, etika dan agama. Penulis berusaha mencoba melihat kajian komunikasi politik berdasarkan fenomena global yang mempunyai harapan dan tantangan bagi bangsa Indonesia. Harapan bagi bangsa Indonesia dan China dalam membangun komunikasi politik, yang didasarkan kepada ajaran agama Islam yang merupakan jembatan menuju harmoni. Kearifan komunikasi antara Indonesia dan Tiongkok dapat dibangun dengan semangat spiritual dan budaya Indonesia yang sarat dengan nilai-nilai lokal yang telah berinteraksi dengan budaya Tiongkok ribuan tahun yang lalu. Benang merah komunikasi politik antara Indonesia dan Tiongkok dibingkai dengan semangat gotong-royong dan ciri ke-Indonesia-an plus Islam dan peradaban Tionghoa Raya melalui peranakan Tionghoa di Asia Tenggara.

dari hubungan strategis bagi pemeluk Islam untuk mempelajari halhal yang belum ada di negeri Islam . Islam sangat menghargai siapa saja yang menuntut Ilmu , di mana dan kapan saja . Oleh karena itu kemampuan China dalam bidang teknologi ...