Buku ini berjudul Pengembangan Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa khususnya mahasiswa PGSD dan guru-guru sekolah dasar untuk mendapatkan referensi tentang bagaimana merancang pembelajaran IPA sekolah dasar. Pada buku ini, penulis tidak hanya mengulas teori-teori pembelajaran IPA saja. Namun, penulis juga menampilkan prosedur merancang pembelajaran IPA.
Adapun tujuan dari penulisan buku ini adalah untuk menganalisis (1) validitas perangkat pembelajaran dalam pengembangan pendekatan matematika realistik dengan menggunakan konteks budaya suku Batak Toba dan (2) efektivitas pembelajaran pendekatan matematika realistik dengan menggunakan konteks budaya suku Batak Toba yang dikembangkan. Buku ini diharapkan akan memberikan alternatif solusi kepada praktisi pendidikan dalam mengembangkan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013. Dengan demikian, kurikulum 2013 beserta perangkatnya tidak lagi menjadi beban bagi guru dan siswa untuk dilaksanakan dalam pembelajaran. Selain itu, perangkat pembelajaran yang dikembangkan diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi ide bagi guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang mirip sehingga pembelajaran di kelas lebih bervariasi.
Adapun tujuan dari penulisan buku ini adalah untuk menganalisis (1) validitas perangkat pembelajaran dalam pengembangan pendekatan matematika realistik dengan menggunakan konteks budaya suku Batak Toba dan (2) efektivitas pembelajaran ...
Buku ini dapat memberikan gambaran secara umum bagaimana membelajarkan materi muatan matematika di sekolah dasar dengan menerapkan berbagai model pembelajaran. Setelah membaca ini, mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman terkait: 1) konsep pembelajaran matematika di SD, 2) Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Snowball Throwing (ST), 3) Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Jigsaw, 4) Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Inside Outside Circle (IOC), 5) Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Numbered Head Together (NHT), 6) Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Two Stay Two Stray (TSTS), dan 7) Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Think Pair Share (TPS).
Buku ini dapat memberikan gambaran secara umum bagaimana membelajarkan materi muatan matematika di sekolah dasar dengan menerapkan berbagai model pembelajaran.
Pengembangan Model-Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam PENULIS: Muhamad Ishaac Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-294-320-9 Terbit : Agustus 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Pendidikan Agama Islam sebagai salah satu mata pelajaran yang memegang peranan penting dalam pendidikan, karena dengannya dapat membentuk karakter peserta didik yang baik dan dapat menjadi bermanfaat bagi kehidupan. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di dalam kelas lebih didominasi oleh kegiatan guru dengan metode ceramah dan pemberian tugas pada siswa, sedangkan kegiatan siswa lebih banyak diam dan mendengarkan penjelasan guru, mencatat hal-hal yang dianggap penting dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, sehingga keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran kurang maksimal. Selain daripada itu, pendidikan yang hanya menggunakan metode-metode lama yang mana guru hanya menerangkan dan memberi tugas kepada siswa, yang membuat siswa bosan, sehingga proses belajar mengajar menjadi tidak menarik dan membosankan, yang akhirnya tidak ada kemajuan di dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, perlu adanya model-model pembelajaran yang dijadikan pedoman untuk guru agar proses belajar mengajar lebih menarik yang nantinya mampu membentuk anak didiknya karena kedewasaan seperti yang diharapkan. Buku ini hadir dengan ulasan terkait model-model pembelajaran yang dapat dikembangkan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan pendekatan student centered yang menjadikan siswa menjadi berperan aktif dalam pembelajaran. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys
hukum bacaan izhar khalqi misalnya (dalam pembelajaran PAI bab quran hadis). Jika kebetulan ada siswa yang pernah belajar mengaji di luar sekolah, siswa itu dapat ditunjuk untuk mendemonstrasikan keahliannya.
Monograf ini berisi penelitian tentang pengembangan Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK sampai pada tahap penyebaran, di mana pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Pada monograf ini juga disajikan telaah tentang kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa yang mendapatkan Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK baik secara keseluruhan, ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis, ditinjau dari Self-Renewal Capacity maupun ditinjau dari perspektif gender.
Monograf ini berisi penelitian tentang pengembangan Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK sampai pada tahap penyebaran, di mana pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa.
Buku ini merupakan ringkasan hasil penelitian di bidang inovasi pembelajaran IPA dalam bentuk model pembelajaran inovatif. Model MiSHE (Metacognition in Science for Higher Education) yang dikembangkan dalam penelitian ini digunakan untuk Meningkatkan Higher-Order Thinking Skills Mahasiswa. Buku ini terdiri dari 7 bagian yaitu pendahuluan, kajian teori, metode, hasil penelitian dan pengembangan, simpulan dan saran, serta referensi.
Istilah pendidikan ini semula berasal dari bahasa Yunani yaitu “paedagogie”, yang berarti bimbingan yang diberikan kepada anak. Istilah ini kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan “education” yang berarti pengembangan atau bimbingan. Dalam bahasa Arab istilah ini sering diterjemahkan dengan “Tarbiyah” yang berarti pendidikan. Proses belajar mengajar yang efektif semestinya menumbuhkan daya kreasi, daya nalar, rasa keingintahuan (curiosity), dan eksperimentasi-eksperimentasi untuk menemukan kemungkinan-kemungkinan baru (meskipun hasilnya keliru), memberikan keterbukaan terhadap kemungkinan-kemungkinan baru, menumbuhkan demokrasi, dan memberikan toleransi pada kekeliruan-kekeliruan akibat kreativitas berpikir itu
Sebenarnya sudah banyak penelitian yang berusaha untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Berbagai penelitian tersebut berusaha untuk meningkatkan kemampuan membaca dengan berbagai cara. Cara yang dilakukan peneliti antara lain dengan memanfaatkan strategi belajar, pemakaian media pembelajaran, pemilihan bahan bacaan, dan teknik membaca. Penelitan-penelitan tersebut menunjukkan hal yang positif, hanya saja dalam prakteknya hasilnya masih sedikit dimanfaatkan untuk digunakan di sekolah-sekolah. Melalui tulisan ini berbagai hasil penelitian tersebut berusaha untuk ditelaah dan dikaji untuk dijadikan landasan dalam menyusun sebuah pembelajaran membaca yang baik yang dapat dipraktekkan di sekolah-sekolah sesuai dengan tingkatannya.
Produk Multimedia pembelajaran merupakan bagian dari industri kreatif karena pengembangannya patutlah memperhatikan unsur-unsur kreatif, inovatif, dan efektif. Memperhatikan substansi konten tersebut, diperlukan upaya intensif dalam mempelajarinya. Buku ini ditulis untuk dapat memberikan pemahaman bagi pemula dalam memahami prinsip-prinsip dasar dan pengembangan multimedia pembelajaran.
Produk Multimedia pembelajaran merupakan bagian dari industri kreatif karena pengembangannya patutlah memperhatikan unsur-unsur kreatif, inovatif, dan efektif.