Sebanyak 18172 item atau buku ditemukan

Evaluasi Pembelajaran

Perkembangan sistem pendidikan di Tanah Air menuntut penyesuaian dalam segala faktor yang memengaruhi pelaksanaan sistem pendidikan termaksud. Salah satu diantaranya yang langsung mendapat sorotan utama adalah evaluasi. Keberadaan evaluasi dalam pendidikan adalah integral dalam proses belajar dan pembelajaran. Perkembangan evaluasi pengajaran yang terakhir ini adalah bahwa evaluasi pengajaran bukan lagi difokuskan pada penilaian akhir semata dari suatu program pengajaran, tetapi lebih ditekankan pada penilaian proses. Dengan penilaian proses berarti penilaian dilaksanakan sejalan dengan terjadinya proses belajar dan pembelajaran. Di samping hal itu penilaian sangat terkait dengan komponen-komponen kurikulum seperti tujuan, materi, metode pengajaran. Dengan hal itu, maka peranan penilaian dalam proses belajar dan pembelajaran semakin luas dan penting. Untuk membantu para mahasiswa sebagai calon guru, dalam hal pelaksanaan kegiatan evaluasi pembelajaran (hasil akhir dan proses) dirasa perlu membekali mereka dengan pengetahuan praktis mengenai evaluasi di tingkat kelas, mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan dan pelaporannya. Di samping itu perlu pula mengetahui landasan teoritis dari hal-hal yang praktis tersebut. Penyusunan buku ini disesuaikan dengan Garis-garis Besar Program Pengajaran (GBPP) untuk evaluasi pengajaran yang ditetapkan untuk mahasiswa lembaga pendidikan tenaga kependidikan. Isi buku ini telah disesuaikan juga dengan perkembangan yang terjadi dalam perkembangan kurikulum, dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Untuk membantu para mahasiswa sebagai calon guru, dalam hal pelaksanaan kegiatan evaluasi pembelajaran (hasil akhir dan proses) dirasa perlu membekali mereka dengan pengetahuan praktis mengenai evaluasi di tingkat kelas, mulai dari ...

Evaluasi Dan Perencanaan Pembangunan Wilayah Dengan Pendekatan Kapabilitas

Bagaimana pembangunan dapat dikatakan berhasil? Apa tolok ukur kesejahteraan masyarakat? Bagaimana kita mengevaluasi keberhasilan sebuah program masyarakat secara spesifik? Pertanyaan-pertanyaan ini selalu menjadi topik pembahasan para ahli dari berbagai disiplin ilmu dan akan terus dicari jawabannya. Berbagai teori seperti Gross Domestic Product hingga Human Development Index rupanya belum mampu menawarkan instrumen pengukuran yang memuaskan. Pada tahun 2000, Amartya Sen mencetuskan gasasan Development as Freedom–pembangunan sebagai pembebas. Amartya Sen sendiri merupakan ekonom yang pernah meraih Nobel Ekonomi pada tahun 1998. Sen menjelaskan bahwa tingkat kebebasan ternyata berkorelasi positif dengan kesejahteraan. Sen menawarkan istilah functioning untuk menggambarkan kebebasan seseorang untuk melakukan atau menjadi sesuatu yang diharapkan. Functioning menurut kamus bahasa Inggris diartikan sebagai ‘berfungsi’. Untuk menggapai functioning, tentunya seseorang harus memiliki kapabilitas atau kemampuan. Meski demikian, masih ada celah dalam teori Sen, yaitu bagaimana mengukur kapabilitas seseorang atau suatu kelompok masyarakat. Buku ini mencoba mengisi celah itu dengan hasil riset intensif di beberapa kecamatan di Kabupaten Magelang yang sebagian besar masyarakatnya adalah petani. Selain bertujuan untuk menemukan metode pengukuran kesejahteraan, diharapkan riset ini juga dapat membuktikan bahwa pendekatan kapabilitas yang ditawarkan Sen bisa menjadi instrumen evaluasi pembangunan. Evaluasi Dan Perencanaan Pembangunan Wilayah Dengan Pendekatan Kapabilitas ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Evaluasi Dan Perencanaan Pembangunan Wilayah Dengan Pendekatan Kapabilitas ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Evaluasi Pengelolaan Diklat Teknis

Buku ini membahas tentang 7 bab: 1. Pendahuluan membahas Latar belakang, evaluasi, tujuan evaluasi dan objek evaluasi 2. Evaluasi Program yang membahas tentang evaluasi dan penilaian, konsep evaluasi program, konsep program yang dievaluasi, menganalisis sumber daya dan kemampuan Pendukung Evaluasi., 3. Diklat Teknis membahas tentang pengertian diklat, pendidikan dan pelatihan, Diklat Teknis, 4. Model Evaluasi yang membahas iv tentang Evaluasi Berorientasi Tujuan, Evaluasi Bebas Tujuan, Evaluasi Responsif, Evaluasi Countenance, CIPP, Disccrepancy Model, Connoisseurship, Kirkpatrick 5. Model Evaluasi Kirkpatrick membahas tentang Reaction, Learning, Behaviour, Result., 6. Instrumen membahas tentang instrumen yang digunakan, validasi instrumen, realibilitas, teknik pengumpulan data dan triangulasi data.

Buku ini membahas tentang 7 bab: 1.

EVALUASI PEMBELAJARAN FISIKA

Buku ini dibagi menjadi sebelas bagian. Bagian pertama membahas mengenai konsep dasar penilaian pembelajaran. Bagian kedua membahas mengenai Standar Penilaian yang ditetapkan Badan Standar Nasional Pendidikan. Bagian ketiga membahas mengenai apa saja aspek-aspek dalam penilaian. Bagian keempat membahas menganai teknik penilaian pada tes objektif. Bagian kelima membahas mengenai teknik penilaian pada tes uraian. Bagian keenam membahas mengenai teknik penilaian non tes. Bagian ketujuh membahas mengenai penilaian keterampilan. Bagian kedelapan membahas mengenai bagaimana penilaian dilaksanakan. Bagian kesembilan membahas mengenai bagaimana menguiji instrumen penilaian. Bagian kesepuluh mem-bahas mengenai cara menganalisis instrumen penilaian. Bagian terakhir membahas mengenai cara mengolah hasil penilaian.

Buku ini dibagi menjadi sebelas bagian.

Evaluasi Proses dan Hasil Belajar (EPHB) Matematika dengan Diskusi dan Simulasi (DiSi)

Buku ini berisi tentang Evaluasi Proses dan Hasil Belajar (EPHB) dalam pembelajaran matematika yang mengandung kegiatan diskusi dan simulasi. Hal ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pengalaman langsung sehingga lebih mudah dalam mengingat dan memahami setiap pembahasan pada buku ini. Pada buku ini terdapat sekilas penjelasan kemampuan-kemampuan berpikir matematik, seperti kemampuan penalaran matematik, kemampuan pemahaman konsep, dan lainnya. Selain itu, buku ini pun menjelaskan contoh-contoh soal tes maupun non tes yang berhubungan dengan pembelajaran matematika.

Buku ini berisi tentang Evaluasi Proses dan Hasil Belajar (EPHB) dalam pembelajaran matematika yang mengandung kegiatan diskusi dan simulasi.

Desain Evaluasi Pembelajaran SD

Evaluasi Pembelajaran SD merupakan suatu proses menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran di Sekolah Dasar yang telah ditentukan sebelumnya melalui cara yang sistematis. Evaluasi pembelajaran SD bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang menjadi landasan dalam mengukur tingkat kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar peserta didik pada tingkat Sekolah Dasar, serta keefektifan pendidik dalam mengajar. Pengukuran dan penilaian menjadi kegiatan utama dalam evaluasi pembelajaran SD. Buku ini adalah pedoman bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam mata kuliah Evaluasi Pembelajaran SD serta memberikan petunjuk praktis agar mendapatkan gambaran secara jelas dalam pemahaman mengevaluasi pembelajaran. Buku Evaluasi Pembelajaran SD ini dapat dijadikan sebagai buku pedoman bagi para calon guru SD. Selain itu, buku ini diharapkan juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat pada umumnya.

Evaluasi pembelajaran SD bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang menjadi landasan dalam mengukur tingkat kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar peserta didik pada tingkat Sekolah Dasar, serta keefektifan pendidik dalam mengajar.

Evaluasi Pengajaran Bahasan dan Sastra Indonesia

Buku ajar ini berisikan materi yang cukup lengkap dan inovatif yang berkaitan dengan kapasitas penilaian dan posisinya dalam pengajaran bahasa indonesia, teknik evaluasi pengajaran bahasa indonesia, teknik tes dan nontes sebagai alat evaluasi hasil pengajaran bahasa indonesia, berbagai macam pengujian kebahasaan dan tes keterampilan berbahasa indonesia, berbagai macam pengujian kesastraan, penskoran, penilaian, dan pengolahan nilai, analisis butir soal bahasa dan sastra, asesmen alternatif, penilaian berbasis kelas, serta konsep soal HOTS.

... keberhasilan siswa dalam mengerjakan pekerjaan seperti penelitian, pelaksaan shalat, pelaksaan olahraga, bernyanyi, dan lain sebagainya. ... 2) Kebiasaan dalam mengerjakan sesuatu sangat penting bagi pembelajaran atau karya ilmiah.

Evaluasi Pembelajaran

Setiap manusia memiliki keinginan untuk mendapatkan hasil dari apa yang telah mereka kerjakan. Begitu pula dengan suatu pembelajaran yang ada di sekolah, umumnya peserta didik, pendidik, dan orangtua peserta didik juga ingin mengetahui hasil belajar dari peserta didik. Untuk mengetahui hal tersebut tentunya pendidik melakukan serangkaian evaluasi. Akan tetapi, untuk melakukan suatu evaluasi maka seorang pendidik perlu mengetahui tentang berbagai hal yang berkaitan dengan hakikat evaluasi, dan tujuan dilakukan evaluasi pembelajaran tersebut, dan lain-lain. Buku Evaluasi Pembelajaran ini menjelaskan berbagai hal penting, yang dapat menjadi acuan para pendidik dalam melakukan evaluasi pembelajaran dari peserta didik. Buku ini tentunya menjadi pegangan penting bagi semua pelaku pendidikan.

Buku Evaluasi Pembelajaran ini menjelaskan berbagai hal penting, yang dapat menjadi acuan para pendidik dalam melakukan evaluasi pembelajaran dari peserta didik. Buku ini tentunya menjadi pegangan penting bagi semua pelaku pendidikan.

Evaluasi Ekonomi Dibidang Kesehatan : Teori dan Aplikasi

Penerapan ilmu ekonomi kesehatan cukup berkembang pesat di Indonesia, dan banyak buku referensi yang telah tersedia sebelumnya. Meskipun demikian, masih relatif sedikit buku yang sesuai dengan kebutuhan bacaan dalam konteks Indonesia yang tersedia saat ini. Penulis menyusun buku referensi di bidang ekonomi kesehatan ini berfokus pada topik yang lebih spesifik yaitu: evaluasi ekonomi. Buku ini menyajikan teori dasar serta contoh aplikasi metode evaluasi ekonomi kesehatan dengan lebih dalam berdasarkan studi-studi terdahulu dan pengalaman riset penulis. Dengan adanya buku ini, penulis berharap pembaca mendapatkan bacaan referensi evaluasi ekonomi di bidang kesehatan yang sifatnya lebih kontekstual dan aplikatif. Perkembangan kebijakan di bidang kesehatan masyarakat membutuhkan dukungan ilmu ekonomi kesehatan untuk dapat membantu pengambilan keputusan di tengah kelangkaan sumber daya dan prioritisasi dari berbagai intervensi dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia.

Penerapan ilmu ekonomi kesehatan cukup berkembang pesat di Indonesia, dan banyak buku referensi yang telah tersedia sebelumnya.

Interaksi & Kolaborasi Access, Excel, dan Word pada Microsoft Word

Interaksi dan kolaborasi antar program dalam paket Office merupakan suatu keistimewaan, tetapi masih jarang dipakai secara memadai karena kurangnya pengetahuan pemakai program tersebut. Padahal dengan interaksi dan kolaborasi Access, Excel, dan Word, banyak pekerjaan yang bisa dikerjakan dan diselesaikan dlam `satu kaitan kerja`, baik pada komputer tunggal maupun jaringan, baik dalam pekerjaan satu orang maupun dalam kelompok kerja. Dengan interaksidan kolaborasi, suatu data cukup diinput satu kali, selanjutnya program lain dapat menggunakan data tersebut dan menganalisisnya, serta dibuat laporannya. Hasilnya pun menjadi sangat menarik karena Anda dapat menampilkan data, grafik, dan dokumen dalam satu laporan. Buku ini didesain untuk pemula dan pemakai Access, Excel, dan Word. Materi penting pada setiap program dibahas dengan lugas, diikuti teknik interaksi dan kolaborasinya. Pembahasan dalam buku ini mencakup: - Menggunakan Access - Mengelola Database dengan Access - Menggunakan Database Access dalam Excel - Query dan Analisa Data dalam Excel - Membuat Grafik Data dan Analisisnya - Menggunakan Database Access dalam Word - Menggabungkan Tabel dan Grafik Excel dalam Dokumen Word - Mengaitkan object Antarprogram dalam Word - Mengintegrasikan Pekerjaan dalam Access, Excel, dan Word

Interaksi dan kolaborasi antar program dalam paket Office merupakan suatu keistimewaan, tetapi masih jarang dipakai secara memadai karena kurangnya pengetahuan pemakai program tersebut.