Sebanyak 18172 item atau buku ditemukan

Pedoman penerapan pendekatan "beyond center and circle time (BCCT)", pendekatan sentra dan lingkaran dalam pendidikan anak usia dini

The use of "beyond center and circle time" methods in early education system in Indonesia.

The use of "beyond center and circle time" methods in early education system in Indonesia.

Etika & Moralitas Pendidikan

Peluang dan Tantangan

Pembahasan dalam buku ini erat sekali kaitannya dengan etika dan moralitas hubungan antarmanusia dalam sistem administrasi pendidikan sebagai suatu sistem nilai dalam diri seseorang atau organisasi. Buku ini dapat dipersembahkan kepada sidang pembaca setelah melalui perjalannan panjang. Penulisan buku mengenai etika pendidikan ini tela dimulai sejak tahun 2004 yang dilatarbelakangi adanya keresahan di kalangan masyarakat yang merasakan adanya penurunan kualitas moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari dan menguatnya isu dekadensi moral. Di lain pihak, kualitas penyelenggaraan pendidikan baik formal, informal maupun nonformal tentu saja dapat memengaruhi penurunan kualitas moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Buku Persembahan Penerbit PrenadaMedia -Kencana-

Pembahasan dalam buku ini erat sekali kaitannya dengan etika dan moralitas hubungan antarmanusia dalam sistem administrasi pendidikan sebagai suatu sistem nilai dalam diri seseorang atau organisasi.

Korelasi Kebudayaan dan Pendidikan

Membangun Pendidikan Berbasis Budaya Lokal

Dalam kaitan pembentukan karakter yang diharapkan, maka baik kebudayaan maupun pendidikan saling mendukung. Kebudayaan memiliki nilai-nilai budaya yang berfungsi dan mampu membentuk karakter manusia pendukungnya. Yang diperlukan ialah para pendidik dan pemerintah harus berkemauan dan mampu menggali nilai-nilai kebudayaan yang dibutuhkan untuk membangun karakter yang dibutuhkan oleh bangsa. Namun yang paling utama ialah pendidikan harus mampu membentuk kepribadian yang memang berkeinginan keras untuk memiliki karakter yang baik dan berguna bagi bangsa. Moral yang diperoleh dari nilai-nilai budaya dan terutama mendapat dukungan dari ajaran agama dan kepercayaan yang dianut oleh setiap insan manusia Indonesia. Menurut penelitian penulis ada sejumlah 10 fungsi pendidikan asli milik bangsa Indonesia yang harus dilaksanakan di dalam pendidikan dan pengajaran di lembaga-lembaga sekolah dan universitas. Bila ditambah dengan 8 yang dikemukakan oleh Metta Spencer dan Alex Inkeles, maka kita memiliki 18 fungsi pendidikan yang sangat fungsional.

Dalam kaitan pembentukan karakter yang diharapkan, maka baik kebudayaan maupun pendidikan saling mendukung.

Akar Historis Pendidikan Perempuan Refleksi Pemikiran TGKH.M.Zainuddin Abdul Madjid

Pendidikan dipahami sebagai ke butuhan manusia yang paling esensial sehingga menjadi sebuah keniscayaan. Mengapa dikatakan demikian? Pendidikan mengajarkan manusia jalan hidup (way of life). Secara teoritis, pendidikan diartikan sebagai usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di lembaga formal, informal, dan nonformal yang terus berjalan sepanjang hayat untuk mempersiapkan pribadi yang cerdas secara intelektual, emosional, dan spiritual (IQ, EQ, dan SQ), agar dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperolehnya dalam berbagai lini kehidupan secara dinamis untuk masa yang akan datang.

Buku Akar Historis Pendidikan Perempuan Refleksi Pemikiran TGKH.M.Zainuddin Abdul Madjid ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Pendidikan Anak Usia Dini

Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak

Pendidikan anak usia dini saat ini berkembang dengan pesat. Penyelenggaraan pendidikan anak usia dini saat ini diselenggarakan oleh berbagai instansi, baik secara formal maupun informal. Penyelenggaraan pendidikan anak usia dini terse-but perlu adanya dasar keilmuan berupa informasi secara teori dan juga praktik tentang pelayanan terhadap anak usia dini. Hal itu untuk mendukung pencapaian kualitas pendidikan anak usia dini dalam memberikan rangsangan dalam menum-buhkembangkan setiap potensi perkembangan yang dimiliki oleh setiap anak dan bersumber dari ilmu yang dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan. Buku Pendidikan Anak Usia Dini: Slimulasi dan Aspek Perkembangan Anak adalah sebuah landasan pembelajaran dalam mengembangkan setiap aspek perkembangan yang dimiliki oleh anak usia dini yang berada pada rentang usia lahir sampai delapan tahun. Buku ini dapat digunakan oleh mahasiswa, guru, orangtua dan praktisi yang bergerak di bidang pendidikan anak usia dini. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-

3.2 Mengenal perilakubaik sebagai cerminan akhlak mulia. 3.3 Mengenalanggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus. 3.4. Mengetahui cara hidup sehat 3.5 Mengetahui cara memecahkan masalah ...

Pengajaran Remedial dalam Pendidikan Jasmani

Buku ini disusun sebagai salah satu upaya menambah bahan bacaan maupun informasi pengetahuan bagi mahasiswa pendidikan jasmani dan kesehatan atau pendidikan olahraga yang menempuh mata kuliah pengajaran remedial dalam pendidikan jasmani sebagai mata kuliah bidang studi. Selain itu, buku Pengajaran Remedial dalam Pendidikan Jasmani ini diharapkan juga dapat dimanfaatkan oleh calon pendidik serta guru-guru pendidikan jasmani sebagai bahan bacaan tentang pengajaran remedial maupun dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani dalam satuan pendidikan khususnya dalam pelaksaan remedial pada peserta didik. Buku ini berisi tentang; hakikat belajar dan mengajar; hakikat kesulitan belajar; faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar; belajar tuntas (mastery learning); diagnosis kesulitan belajar; penetapan kriteria ketuntasan minimal (KKM); program pengajaran remedial; prosedur pengajaran remedial; pengajaran remedial keterampilan gerak. Semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca semua dan dapat digunakan sebagai pengayaan wawasan dan sebagai pedoman dalam melakukan pengajaran remedial khususnya dalam pendidikan jasmani.

Selain itu, buku Pengajaran Remedial dalam Pendidikan Jasmani ini diharapkan juga dapat dimanfaatkan oleh calon pendidik serta guru-guru pendidikan jasmani sebagai bahan bacaan tentang pengajaran remedial maupun dapat dijadikan acuan dalam ...

Pendidikan kesetaraan Program Paket A dan Paket B

standar kompetensi dan kompetensi dasar

Competency standard and basics for Paket A dan Paket B, educational program for elementary and junior high schools in Indonesia.

Competency standard and basics for Paket A dan Paket B, educational program for elementary and junior high schools in Indonesia.

Geguritan Penguatan Pendidikan Karakter

SESUAI PERATURAN PRESIDEN RI NO. 87 TAHUN 2017

Buku ini dapat menjadi salah satu sarana untuk membantu pemerintah dalam menyosialisasikan Penguatan Pendidikan Karakter Bangsa dengan berlandaskan kearifan lokal geguritan. Buku ini diharapkan dapat mejadi salah satu bahan bacaan bagi siswa di sekolah dan menjadi buku referensi di perpustakaan sekolah.

Buku ini dapat menjadi salah satu sarana untuk membantu pemerintah dalam menyosialisasikan Penguatan Pendidikan Karakter Bangsa dengan berlandaskan kearifan lokal geguritan.

Pendidikan Kedewasaan dalam Perspektif Psikologi Islami

Dalam mendidik kedewasaan spiritual Abdullah Nashih Ulwan mengemukakan sumber pengetahuan diantaranya melalui berita yang benar (khabar shadiq). Prof. Wan Mohd Nor Wan Daud mengemukakan sumber ilmu pengetahuan dapat memalui berbagai saluran, yaitu: pancaindera (al-hawass al-khamsah), akal pikiran sehat (al-aql al-salim), berita yang benar (al-khabar al-shadiq), dan intuisi (ilham). ‘[1] Hakekat pendidikan Abdullah Nashih Ulwan tidak mensyaratkan pelaksanaannya melalui lembaga sekolah, dan lebih menekankan peran orang tua..[2]Menurut Wan Mohd. Nor Wan Daud, pendidikan dalam menanamkan ilmu tidak memisah-misahkan pelaksanaannya melalui pendidikan formal, informal dan nonformal. Dalam budaya ilmu semua acara pendidikan adalah formal dari segi sikap, peranan pendidik dan siswa.[3] Buku yang di tulis oleh Dr. dr. M. Nurhadi,M.Kes ini mengulas tuntas pemikiran, konsep dan teori pendidikan kedewasaan Abdullah Nashih Ulwan dengan jelas dan padat, semoga dapat dijadikan model dalam mempersiapkan manusia dewasa yang baik dan seimbang sebagaimana tujuan pendidikan. [1] Adian Husaini et.al., Filsafat Ilmu, hlm. xviii-xix. [2] Zakiah Daradjat, dkk., Ilmu Pendidikan Islam, hlm. 35. [3] Wan Mohd Nor Wan Daud, Penjelasan Budaya Ilmu, hlm. 56.

Faktor asasi yang mempersiapkan anak secara spiritual, sosial dan dakwah,
adalah mengikat anak mengerti tanggung jawab dakwah dan segala upaya
untuk meninggikan agama Allah. Karena, akan tumbuh dalam diri anak ruh
dakwah, ...

POKOKNYA ADMINISTRASI PENDIDIKAN

Buku “Pokoknya Administrasi Pendidikan” yang ada dihadapan pembaca ini adalah karya Habibie Yusuf, M.Pd. Dia adalah dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo. Buku ini ditulis berdasarkan pengalamannya sebagi dosen yang mengampu Mata Kuliah Administrasi Pendidikan. Penulis memaparkan konsep dan ketrampilan praktis tentang administrasi pendidikan dan yang menarik pembaca khususnya tenaga kependidikan dikenalkan tentang kurikulum dan manajemen peserta didik, dengan harapan para tenaga kependidikan dapat memahami urgensi kurikulum dan manajemen peserta didik dalam mencapai tujuan pendidikan yang ada di sekolah atau madrasah selain ketatalaksanaan lembaga pendidikan. Persoalan Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan penjamian mutu lembaga pendidikan juga melengkapi wawasan pembaca khususnya para mahasiswa, yang sejak kuliah harus memiliki wawasan tersebut dan memahami bagaimana memastikan lembaga pendidikan tetap berkualitas.

Pelaksanaan kebijakan di bidang peningkatan kualitas pendidikan karakter
peserta didik, fasilitasi sumber daya, pemberian izin dan kerja sama
penyelenggaraan satuan dan/atau program yang diselenggarakan perwakilan
negara asing ...