Sebanyak 106 item atau buku ditemukan

Manajemen Pengelolaan Kelas

Buku Manajemen Pengelolaan Kelas ini menawarkan panduan menyeluruh mengenai strategi dan teknik yang diperlukan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif, efektif, dan menyenangkan. Dalam pendidikan yang semakin kompleks, keberhasilan pembelajaran sangat bergantung pada kemampuan guru dalam mengelola kelas secara sistematis dan profesional. Buku ini menyajikan berbagai konsep dan praktik terbaik dalam pengelolaan kelas yang dapat diimplementasikan oleh pendidik di berbagai jenjang pendidikan. Dibagi menjadi lima belas bab, buku ini mencakup berbagai topik penting, di antaranya: (1) Konsep Dasar Pengelolaan Kelas, (2) Peran Guru Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas, (3) Teknik Manajemen Kelas yang Efektif, (4) Pendekatan dan Strategi Pengelolaan Kelas, (5) Strategi Guru dalam Menumbuhkan Iklim Kelas yang Kondusif, (6) Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa, (7) Manajemen Konflik di dalam Kelas dan Sekolah, (8) Membangun Hubungan yang Baik Antara Guru dan Siswa, (9) Manajemen dan Pengelolaan Kelas Berbasis Teknologi Informasi, (10) Tata Ruang Kelas, Manajemen Kelas, dan Lingkungan Belajar Aktif, (11) Manajemen Waktu dalam Kegiatan Pembelajaran Siswa di Sekolah, (12) Manajemen Kelas Hybrid pada Pembelajaran Berbasis Proyek, (13) Manajemen Pengelolaan Kelas di PAUD, (14) Implementasi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Siswa, (15) Evaluasi Pengelolaan Kelas.

... Management to Study Biology Education Student Achievement. Prosiding Seminar Nasional Biologi FMIPA UNM 87–95. Wahidaty, Hilma. (2021). Manajemen Waktu: Dari Teori Menuju Kesadaran Diri Peserta Didik.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan ...

Fiqh Muamalah Kontemporer & Perbankan Syariah

Judul : Fiqh Muamalah Kontemporer & Perbankan Syariah Penulis : Abdul Aziz, Egi Ramdani, N.S, Hafdz Ulul Albab, Sifa Safnatunajah, Naya Nadiyatul Mubarokah, Rini Afriliani, Nadiyah Nurjannah, Kamelia Vega, Fannisya Aulia Dewi, Nur Alpiyah, Muhammad Iban Rabani, Nur Fitriawati, Dwi Ratna Ningsih, Bunga Helinda, Ninda Adila, Angga Rivana, Eigha Affuwwudien, Rehana Nurul Jannah, Najiha Amalia, Aulia Ahmad Djoumoding, Yuswa Aina Karifa, Hanny Ainayah Lilfatul Fazriah, Tsaqifah, Lin Jati Hanifah, Kirania Arsoni, Hasna Nur Fajriyanty, Syahnaz Ni’maturrohmah Amalia, Jarohtul Jannah, Muhammad Aldian Nusantara, Fenda Aulia Zahra, Palagan Abiyyu Gumelar, Triyas Lizza Putri Utami, Anandia Nurhalisa, Alya Aulia, Musyfq Amrullah, Nurul Halimah, Syifa Maulida, Muhammad Haekal Ardiansyah Ukuran : 15,5 x 23 Tebal : 186 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-634-235-160-4 No. E-ISBN : 978-634-235-161-1 (PDF) Terbitan : April 2025 SINOPSIS Buku ini hadir untuk menjawab tantangan zaman terkait penerapan hukum Islam dalam transaksi ekonomi modern. Di tengah globalisasi dan perkembangan teknologi, muncul berbagai bentuk muamalah baru seperti e-commerce, cryptocurrency, dan fintech yang memerlukan panduan syar’i yang jelas. Buku ini menyajikan pembahasan mendalam tentang hukum Islam terkait transaksi dan aktivitas ekonomi modern, menggabungkan kajian teks klasik dengan analisis isu kontemporer. Pembaca akan diajak memahami konsep dasar fiqih muamalah, prinsip kehalalan transaksi, dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini dilengkapi contoh kasus, fatwa ulama, dan analisis hukum untuk memperjelas penerapan fiqih muamalah di era modern, dengan harapan memperkaya khazanah keilmuan dan menjadi panduan praktis bagi umat Islam.

Judul : Fiqh Muamalah Kontemporer & Perbankan Syariah Penulis : Abdul Aziz, Egi Ramdani, N.S, Hafdz Ulul Albab, Sifa Safnatunajah, Naya Nadiyatul Mubarokah, Rini Afriliani, Nadiyah Nurjannah, Kamelia Vega, Fannisya Aulia Dewi, Nur Alpiyah, ...

Pengembangan Asesmen Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Dalam buku ini, pembaca akan diajak untuk memahami prosedur pengembangan penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti. Pada sebagian guru, melakukan pengembangan penilaian menjadi kesulitan tersendiri, sehingga mata pelajaran tersebut lebih menekankan pada sisi kognitif. Hal ini membawa ekses yang kurang kondusif bagi perkembangan akhlak dan budi pekerti peserta didik, yaitu sisi afektif dan psikomotorik kurang diperhatikan atau dikembangkan. Secara fenomenal di lapangan, terjadi ada peserta didik yang pandai dalam sisi kognitif, namun sisi afektif dan psikomotoriknya tidak berkembang, misalnya peserta didik tidak mau menolong teman yang sedang mengalami kesulitan, sikap acuh, egois, suka membuat keributan, dan tindakan negatif lainnya. Jika memperhatikan esensi Pendidikan Agama Islam, kondisi siswa yang pandai, namun memiliki perilaku yang tidak baik, maka hal ini menjadi kontra produktif dengan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti itu sendiri, yaitu pertama, pengembangan spiritualitas, ketakwaan kepada Allah; kedua pengembangan akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari, mempribadi dalam dirinya, seperti: perilaku kejujuran, keadilan, kesederhanaan, belas kasihan, dan kerja sama yang merupakan bagian integral dari ajaran agama Islam. Buku ini menjadi salah satu solusi dalam pengembangan penilaian Pendidikan Agama Islam yang banyak dialami oleh para guru dengan cara mengadopsi dan adaptasi pendekatan yang holistik dan kontekstual dalam menilai kemajuan hasil belajar peserta didik, serta menggali sumber kebenaran dari Al-Quran dan Hadis Nabi Muhammad Saw., sehingga tujuan pendidikan Islam dapat dicapai, yaitu menuju kesalehan individu dan sosial, selamat dunia dan akhirat. Buku ini juga mengungkapkan strategi dan prosedur pengembangan instrumen evaluasi, baik secara teoritik maupun praktik, sehingga dihasilkan instrumen yang baik, sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh ahli evaluasi. Buku yang ditulis oleh para guru dan asatidz dari berbagai sekolah/madrasah dan pesantren ini memberikan horizon yang kaya dalam penilaian Pendidikan Islam yang dikembangkan dalam institusi mereka, sehingga dapat menjadi referensi berharga bagi para pendidik, pengembang kurikulum, dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya untuk meningkatkan kualitas hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Buku ini menjadi sumber inspirasi yang penting bagi mereka yang ingin memajukan pendidikan Agama Islam melalui transformasi penilaian yang holistik. Pembaca akan diberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya penilaian yang seimbang untuk mencapai tujuan pendidikan Agama Islam.

Buku ini menjadi salah satu solusi dalam pengembangan penilaian Pendidikan Agama Islam yang banyak dialami oleh para guru dengan cara mengadopsi dan adaptasi pendekatan yang holistik dan kontekstual dalam menilai kemajuan hasil belajar ...