Sebanyak 46 item atau buku ditemukan

Sejarah dan Keilmuan Ulumul Qur’an

Buku Sejarah dan Keilmuan Ulumul Qur'an membahas secara mendalam berbagai cabang ilmu yang terkait dengan studi Al-Qur'an, khususnya dalam konteks sejarah dar perkembangan ilmiah Ulumul Qur'an itu sendiri. Buku ini menggali pengertian dasar tentang Ulumul Qur'an sebagai disiplin ilmu yang mencakup kajian tentang asal-usul, pengumpulan, penulisan, dan berbagai aspek ilmiah lainnya yang terkait dengan Al-Qur'an. Dalam buku ini, pembaca akan diajak untuk memahami proses Jam'ul Qur'an, yang mencakup pengumpulan wahyu sejak masa Rasulullah SAW hingga pembukuan dalam mushaf Utsmani pada era Khulafaur Rasyidin. Selain itu, buku ini mengulas pentingnya Rasm Utsmani sebagai sistem penulisan yang menjadi acuan baku dalam penulisan Al-Qur'an hingga saat ini. Keberagaman bacaan (Qira'at) juga dibahas secara komprehensif, menunjukkan bagaimana perbedaan bacaan ini mempengaruhi pemahaman hukum Islam dan tafsir. Dengan pendekatan ilmiah yang rinci, buku ini tidak hanya menyajikan aspek sejarah Ulumul Qur'an, tetapi juga mengeksplorasi kontribusi berbagai ilmuwan dalam mengembangkan ilmu ini. Buku ini sangat bermanfaat bagi mereka yang tertarik mempelajari Ulumul Qur'an sebagai bidang ilmu yang kaya, serta bagaimana disiplin ini terus berkembang seiring berjalannya waktu untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang Al-Qur'an dalam kehidupan umat Islam.

... Ulumul Qur'an , sebuah karya yang mencakup berbagai aspek dalam kajian ilmu Al - Qur'an . Perkembangan Ulumul Qur'an terus berlanjut hingga abad ke - 4 Hijriah , sebagaimana dibuktikan oleh berbagai karya ulama besar pada masa itu ...

Paradigma Baru Supervisi Pendidikan

Dalam lanskap pendidikan yang terus berkembang pesat, peran supervisi tidak lagi dapat dipandang hanya sebagai fungsi kontrol dan pengawasan. Seiring dengan tuntutan akan kualitas pendidikan yang lebih baik, supervisi kini harus bergeser menjadi sebuah kemitraan strategis yang berorientasi pada pengembangan profesional berkelanjutan. Supervisi pendidikan dalam paradigma lama seringkali diidentikkan dengan kunjungan mendadak, penilaian, dan pencarian kesalahan. Pendekatan ini cenderung menciptakan suasana intimidasi dan kurang mendukung iklim kolaborasi. Padahal, esensi supervisi seharusnya adalah membimbing, memfasilitasi, dan memberdayakan para pendidik untuk mencapai potensi terbaik mereka, yang pada gilirannya akan berdampak langsung pada peningkatan mutu pembelajaran bagi peserta didik. Buku ini hadir untuk menawarkan perspektif segar dan inovatif mengenai supervisi pendidikan. Kami mengupas tuntas konsep-konsep supervisi modern yang lebih kolaboratif, reflektif, dan transformatif. Pembaca akan diajak untuk memahami bagaimana supervisi dapat menjadi katalisator bagi pertumbuhan profesional guru, pengembangan kurikulum yang relevan, serta penciptaan lingkungan belajar yang inspiratif dan efektif. Topik utama yang di bahas pada buku ini yaitu: (1) Konsep dan Ruang Lingkup Supervisi Pendidikan, (2) Peran, Fungsi, dan Kompetensi Supervisor Pendidikan, (3) Etika Profesionalisme dalam Praktik Supervisi Pendidikan, (4) Manajemen Konflik dalam Supervisi Pendidikan, (5) Komunikasi Efektif dalam Proses Supervisi Pendidikan, (6) Model dan Pendekatan Supervisi Pendidikan, (7) Supervisi Berbasis Data dan Bukti (Evidence-Based Supervision), (8) Supervisi Kelas dan Observasi Pembelajaran, (9) Penilaian Kinerja Guru melalui Supervisi, (10) Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Supervisi, (11) Supervisi dalam Pengembangan Kurikulum, (12) Supervisi Pembelajaran Berbasis Proyek dan Inkuiri, (13) Supervisi untuk Pendidikan Berbasis Kompetensi, (14) Supervisi dalam Pendidikan Jarak Jauh dan Hybrid, (15) Supervisi dalam Konteks Pendidikan Inklusif, (16) Supervisi dalam Konteks Multikultural dan Keberagaman, (17) Supervisi dalam Pembelajaran Sosial Emosional, (18) Keterlibatan Orang Tua dan Komunitas dalam Supervisi Pendidikan, (19) Pemanfaatan Teknologi dalam Supervisi Pendidikan, (20) Supervisi sebagai Instrumen Pengembangan Kepemimpinan Pendidikan

Dalam lanskap pendidikan yang terus berkembang pesat, peran supervisi tidak lagi dapat dipandang hanya sebagai fungsi kontrol dan pengawasan.

Perilaku Organisasi Kontemporer

Buku Perilaku Organisasi Kontemporer menyajikan analisis mendalam tentang dinamika perilaku individu dan kelompok dalam konteks organisasi modern. Ditujukan untuk mahasiswa, akademisi, dan praktisi, buku ini memberikan wawasan yang berguna dalam memahami dan mengelola perilaku manusia di tempat kerja. Buku ini menyajikan Pengenalan dan Konsep Perilaku Organisasi, yang memberikan landasan pemikiran untuk memahami interaksi antara individu dan organisasi. Dalam bab selanjutnya, kami membahas Kepribadian dan Nilai serta Sikap dan Kepuasan Kerja, yang merupakan faktor penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang produktif. Kemudian, buku ini mengeksplorasi Pendekatan Motivasi Organisasi, Pengaruh Kepemimpinan dalam Organisasi, isu penting mengenai Manajemen Stres dan Kesehatan Kerja, Evaluasi kinerja dan pengembangan karir, dan buku ini juga menyoroti Etika dan Tanggung Jawab Sosial dalam Organisasi, yang semakin penting di era modern ini, mengingat tantangan global yang dihadapi oleh banyak organisasi. Dengan pendekatan yang komprehensif dan praktis, buku ini bertujuan untuk membantu pembaca memahami faktor-faktor yang memengaruhi perilaku organisasi dan bagaimana menerapkannya untuk menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan sehat.

... organisasi dapat beriringan dengan perkembangan zaman yang terjadi tanpa mengurangi atau menghilangkan sisi ... organizational Behavior”, Classics of Public Administration, Jay M. Shafritz & Albert C. Hyde (Edt.), 1978, hlm.182 ...

Perekonomian Indonesia

Buku ini mengungkapkan secara rinci dan mendalam tentang perekonomian Indonesia, mencakup berbagai aspek mulai dari sistem, kebijakan serta struktur perekonomian di Indonesia, pembaca akan mengenal berbagai sektor ekonomi yang menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi Indonesia, seperti sektor pertanian, perikanan, pertambangan, energi, manufaktur dan jasa. Pembaca akan dibawa dalam perjalanan yang mendalam untuk memahami dinamika ekonomi Indonesia dengan data dan analisis yang terperinci mengenai investasi dan pembiayaan ekonomi, perdagangan internasional, ketenagakerjaan dan pasar tenaga kerja, pajak dan sistem perpajakan, sistem dan kebijakan perbankan, pembangunan infrastruktur, pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan, perekonomian digital dan inovasi. Dengan analisis yang mendalam dan data yang terkini, buku ini menjadi panduan yang berharga bagi pembaca dan buku ini cocok untuk mahasiswa, akademisi, praktisi ekonomi, dan siapa pun yang ingin memahami secara mendalam tentang perekonomian Indonesia.

Buku ini mengungkapkan secara rinci dan mendalam tentang perekonomian Indonesia, mencakup berbagai aspek mulai dari sistem, kebijakan serta struktur perekonomian di Indonesia, pembaca akan mengenal berbagai sektor ekonomi yang menjadi ...

KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ABAD 21

Konsep kepemimpinan selalu berkembang dari waktu ke waktu. Seiring dengan berbagai tantangan global, kepemimpinan harus dinamis dan berorientasi jauh ke depan. Suatu organisasi akan “semakin tak berdaya” jika kepemimpinan yang diterapkan tidak adaptif dan visioner. Kepemimpinan pendidikan abad 21 adalah sebuah pendekatan baru dalam memimpin dan mengelola sekolah atau lembaga pendidikan yang mengacu pada tantangan dan perubahan yang terjadi pada abad 21. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan kurikulum yang berkaitan dengan kemampuan hidup, dan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana belajar terjadi sangat perlu untuk dikembangkan dan menjadi perhatian yang intens bagi seorang pemimpin di abad 21. Semua pemimpin harus berpikir besar dan melakukan langkah besar, namun etika kepemimpinan tetap menjadi jiwa dalam praktik kepemimpinan apalagi dalam kepemimpinan pendidikan.

Kepemimpinan pendidikan abad 21 adalah sebuah pendekatan baru dalam memimpin dan mengelola sekolah atau lembaga pendidikan yang mengacu pada tantangan dan perubahan yang terjadi pada abad 21.

IAD-ISD-IBD

  • ISBN 10 : 9797301486
  • Judul : IAD-ISD-IBD
  • Pengarang : Drs. Mawardi-Ir. ur Hidayati,  
  • Penerbit : CV. Pustaka Setia
  • DDC : Social Sciences
  • Klasifikasi : 3
  • Call Number : 3 DRS i
  • Bahasa : Indonesia
  • Tahun : 2011
  • Halaman : 256
  • Ketersediaan :
    013954
    Tersedia di Library of UI BBC
    013953
    Tersedia di Library of UI BBC
    013952
    Tersedia di Library of UI BBC
    013951
    Tersedia di Library of UI BBC
    013950
    Tersedia di Library of UI BBC
    013949
    Tersedia di Library of UI BBC
    010041
    Tersedia di Library of UI BBC
    010040
    Tersedia di Library of UI BBC
    010036
    Tersedia di Library of UI BBC