Sebanyak 48 item atau buku ditemukan

Berdakwah dan Berpolitik Ala Umar bin Khattab (Studi Hisoris Strategi Dakwah dan Komunikasi Politik Umar Selama Menjadi Khalifah)

Judul : Berdakwah dan Berpolitik Ala Umar bin Khattab (Studi Hisoris Strategi Dakwah dan Komunikasi Politik Umar Selama Menjadi Khalifah) Penulis : Mainuddin, M.Pd.I. dan M. Feri Firmansyah S.Pd.I, M.Sos Ukuran : 15,5 x 23 Tebal : 212 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-8756-38-4 No. E-ISBN : 978-623-8756-41-4 (PDF) SINOPSIS Tulisan ini membahas tidak hanya tentang Umar bin Khatthab. Tetapi lebih khusus pada strategi dakwah dan komunikasi politiknya. Yakni bagaimana Umar bin Khatthab berdakwah dan membangun komunikasi politik dengan masyarakat ataupun bawahannya. Ini sangat urgen bagi para dai dan politikus sekarang yang miskin akan teladan terbaik. Umar bin Khatthab sebagaimana yang kita ketahui adalah salah satu sahabat terbaik dan yang paling dekat Rasulullah saw. Selain itu, Umar bin Khatthab merupakan sahabat Rasulullah saw yang sangat visioner. Karena banyak landasan fiqih yang dia kembangkan denga ijtihad, kontribusinya terhadap peradaban Islam bahkan banyak ayat-ayat al-Quran yang membenarkan sikap Umar bin Khatthab ketika ia memberikan masukan kepada Rasulullah saw. Inilah alasan penulis mengambil tema tentang Umar bin Khatthab yang lebih dari sekedar bioghrafi beliau. Ternyata banyak hal-hal yang perlu kita gali dari Umar bin Khatthab selalu orang yang dididik langsung oleh Rasulullah SAW

... Islam rahmatan lil ' alamin . Dalam menjalankan tugasnya pegawai yang ditunjuk oleh Umar berperan sebagai dai , sehingga menjadi teladan bagi umat . Karena seorang dai adalah uswah bagi umat , maka akhlak da'i muslim adalah akhlak Islam ...

KONSEP DAN APLIKASI LANDASAN PENDIDIKAN DALAM SEKOLAH PENGGERAK

Landasan pendidikan merupakan pijakan dasar konsep yang menjadi acuan dalam proses pendidikan secara komprehensif. Dalam konteks ini, landasan pendidikan difokuskan pada hakikat manusia sebagai makhluk pembelajar, interaksi sosial, proses pembelajaran, hingga problematika yang mendasari dalam pendidikan. Landasan pendidikan merupakan tumpuan, landas pacu atau pijakan dasar dalam melaksanakan proses pendidikan. Landasan-landasan tersebut adalah landasan filosofis, landasan psikologis, landasan sosiologis, landasan kultural, landasan ilmiah dan teknologi, landasan hukum, landasan ekonomi, landasan historis, dan landasan religious. Oleh karenanya, landasan-landasan di atas diperlukan sebagai pondasi dan pijakan dalam proses pendidikan. Pendidikan yang ada di suatu negara akan berubah atau akan adah penambahan sistem ataupun program. Hal ini dilakukan agar menjadikan negara yang maju dan tidak tertinggal zaman. Program yang akan dibuat dari waktu ke waktu tetap memeperhatikan perkembangan zaman dan landasan pendidikan. Landasan pendidikan adalah pijakan dasar konsep yang menjadi acuan dalam proses pendidikan secara komprehensif. Landasan Pendidikan difokuskan pada hakikat manusia sebagai maklhuk pembelajar, interkasi sosial, proses pembelajaran, hingga problematika yang mendasari dalam pendidikan. Nadim Makarin telah membuat Program Merdeka Belajar Episode Sekolah Penggerak. Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Sekolah penggerak dalam konteks landasan pendidikan mengacu pada landasan filosofis, landasan psikologis, landasan sosiologis, landasan kultural, landasan ilmiah dan teknologi, landasan hukum, landasan ekonomi, landasan historis, dan landasan religious dalam mewujudkan merdeka belajar. Program ini akan mendorong transisi pendidikan daerah untuk memiliki posisi yang sangat penting sebagai tempat konsultasi, mengacu pada kearifan lokal masingmasing daerah sehingga sekolah dapat lebih terinspirasi untuk membawa lebih banyak inspirasi perubahan lagi. Pasuruan, Magister Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Wiranegara

... Education. School of Education. Oregon: Oregon State University. Orstein, A. (1989). Foundation of Education. Fourth Edition. Boston: Houghton Miflin Company. Salahudin, D. A. (2011). Filsafat Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia ...

Landasan Pendidikan Dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Konsep dan Aplikasi)

Judul : Landasan Pendidikan Dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Konsep dan Aplikasi) Penulis : Daryono, Mochamad Bayu Firmansyah, Ariadi, Roro Endah Dwi Putri Hapsari, Alfa Julia, Maria Ulfa dan Muhamad Fatoni Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 152 Halaman ISBN : 978-623-497-424-9 Sinopsis Kurikulum Baru yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka memberikan warna baru dalam pendidikan di Perguruan Tinggi. Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan gagasan program yang dicetuskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dengan empat kebijakan utama yakni pembukaan program studi baru, sistem akreditasi kampus, kampus negeri badan hukum serta hak belajar tiga semester di luar Program Studi dengan tujuan mengoptimalkan kompetensi mahasiswa dalam menguasai berbagai bidang ilmu sebagai bekal kiprah di dunia kerja dan masyarakat. Adaptasi dan penyesuaian MBKM hendaknya sejalan dengan visi-misi Universitas sehingga capaian kompetensi dan lulusan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan adanya Kebijakan dan praktik MBKM di kampus hendaknya direspon positif sebagai upaya meningkatkan citra kampus sebagai penyelenggara MBKM. Dalam buku ini akan di jelaskan bagaimana konsep dan juga pengaplikasiannya terhadap pendidikan Perguruan Tinggi.

... foundations and educational technology today. The results showed that MBKM in the context of scientific and technological foundations of Education has two main aspects that are included in the work program of students who follow this ...

Model Pembelajaran Multimodal Bermuatan Ekonomi Kreatif

Panduan Praktis Pembelajaran Multimodal di Perguruan Tinggi

Pembelajaran multimodal, yang melibatkan berbagai bentuk media seperti teks, gambar, audio, dan video, telah terbukti menjadi cara yang efektif untuk mengaktifkan berbagai saluran sensorik dan memfasilitasi pemahaman yang lebih dalam. Buku ini menawarkan alternatif pembelajaran fundamental di perguruan tinggi di mana model pembelajaran multimodal dipadukan dengan konsep ekonomi kreatif. Saat ini, pada era yang semakin kompetitif dan dinamis, perguruan tinggi perlu beradaptasi dengan cara-cara baru dalam memberikan pemahaman yang mendalam kepada mahasiswa tentang konsep ekonomi kreatif dan bagaimana mengaplikasikannya dalam praktik. Buku ini membahas langkah-demi-langkah tentang bagaimana merancang dan menerapkan model pembelajaran multimodal bermuatan ekonomi kreatif di lingkungan perguruan tinggi. Pembaca akan diberikan wawasan tentang bagaimana memilih modalitas media yang tepat untuk menyampaikan konsep ekonomi kreatif secara efektif kepada mahasiswa. Dalam setiap langkah, penekanan diberikan pada pengembangan keterampilan kritis, kreativitas, dan kemampuan mahasiswa untuk menghubungkan teori dengan aplikasi nyata. Sebagai bonus, buku ini menawarkan panduan praktis untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip ekonomi kreatif ke dalam proyek-proyek pembelajaran, memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengembangkan solusi kreatif untuk tantangan nyata dalam industri. Dengan demikian, buku ini tidak hanya merangsang pemahaman teoritis tetapi juga mendorong pengembangan keterampilan praktis yang diperlukan untuk sukses di dunia ekonomi kreatif yang terus berkembang. Buku ini sangat relevan bagi pendidik, dosen, dan praktisi pendidikan tinggi yang ingin menciptakan pengalaman belajar yang berdaya guna dan relevan bagi mahasiswa di era ekonomi kreatif. Dengan model pembelajaran multimodal yang menarik dan berfokus pada ekonomi kreatif, buku ini menawarkan konsep inovatif yang dapat mengubah cara pembelajaran di perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan industri kreatif dengan percaya diri dan pengetahuan yang mendalam.

Buku ini membahas langkah-demi-langkah tentang bagaimana merancang dan menerapkan model pembelajaran multimodal bermuatan ekonomi kreatif di lingkungan perguruan tinggi.

KONSEP, TEORI DAN IMPLEMENTASI TECHNOPRENEURSHIP

Judul : KONSEP, TEORI DAN IMPLEMENTASI TECHNOPRENEURSHIP Penulis : Eva Ruliyana Ditha Alvira Megasari Rita Irviani Suyono Maretha Rahmawati Melta Sari Reza Septian Z Alfian Dio Firmansyah Editor : Muhamad Muslihudin Nabila Kharimah Vedy Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 226 Halaman ISBN : 978-623-497-059-3 Sinopsis Perkembangan dunia bisnis juga memicu perkembangan ilmu pengetahuan. Perkembangan ilmu pengetahuan terjadi dalam berbagai disiplin ilmu kewirausahaan, karena dalam membangun bisnis tidak hanya dibutuhkan ilmu pengetahuan mengenai manajemen, akuntansi, strategi dan lainnya. Buku Konsep, Teori Dan Implementasi Technopreneurship disusun dengan tujuan agar dapat dijadikan panduan bagi para mahasiswa, para akademisi, dan semua orang yang ingin belajar mengenai tentang dasar membangun jiwa technopreneurship. Buku ini terdiri dari sepuluh Bab bahasan. bagian Bab I Kewirausahaan, Bab II Manajemen Bisnis, Bab III Kewirausahaan Digital, Bab IV Memahami Technopreneurship, Bab V Membangun Start-Up Bisnis, Bab VI Manajemen Inovasi, Bab VII Manajemen Keuangan Usaha, Bab VIII Prinsip Dasar Bisnis, Bab IX Sistem Informasi Manajemen, Bab X Etika Berwirausaha. Dalam buku ini menjelaskan juga tentang bagaimana membangun bisnis dengan menggunakan media pemsaran digital. Pada tiap bab dalam buku ini di uraikan juga hasil kajian penelitian terkini yang menjadi tambahan sumber rujukan bagi para pembaca. Sehingga, akan memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan untuk memperdalam konsep, teori dan implemantasi technopreneurship.

Judul : KONSEP, TEORI DAN IMPLEMENTASI TECHNOPRENEURSHIP Penulis : Eva Ruliyana Ditha Alvira Megasari Rita Irviani Suyono Maretha Rahmawati Melta Sari Reza Septian Z Alfian Dio Firmansyah Editor : Muhamad Muslihudin Nabila Kharimah Vedy ...

MODUL MATA KULIAH MICROTEACHING

Praktik Pembelajaran Mikro (microteaching) yang berisi model pelaksanaan microteaching sehingga program ini lebih efektif, efisien, dan sesuai tujuan dari terprogram. Keberhasilan program ini perlu dukungan dan kesungguhan baik dari pihak Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan pendidikan matematika, dosen penanggung jawab mata kuliah dan tentunya mahasiswa praktikan itu sendiri. Dengan demikian, modul ini dipandang penting demi tercapainya tujuan perkuliahan microteaching dan diharapkan ada persamaan persepsi antara dosen penanggung jawab mata kuliah, dan mahasiswa yang sedang menempuh praktik pembelajaran micro.

Dengan demikian, modul ini dipandang penting demi tercapainya tujuan perkuliahan microteaching dan diharapkan ada persamaan persepsi antara dosen penanggung jawab mata kuliah, dan mahasiswa yang sedang menempuh praktik pembelajaran micro.

TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Mutu terpadu atau disebut juga Total Quality Management (TQM) dapat didefinisikan dari tiga kata yang dimilikinya yaitu: Total (keseluruhan), Quality (kualitas, derajat/tingkat keunggulan barang atau jasa), Management (tindakan, seni, cara menghendel, pengendalian, pengarahan). Dari ketiga kata yang dimilikinya, definisi TQM diartikan sebagai sistem manajemen yang berorientasi pada kepuasan pelanggan (customer satisfaction) dengan kegiatan yang diupayakan benar sekali (right first time), melalui perbaikan berkesinambungan (continous improvement) dan memotivasi karyawan, maka TQM dapat di pandangan sebgai suatu sistem manajemen kualitas yang berfokus pada Pelanggan (Customer focused) dengan melibatkan semua unsur karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan dan berpartisipasi secara aktif dalam melakukan peningkatan proses, produk, layanan serta budaya dimana mereka bekerja sehingga menghasilkan kualitas terbaik dalam Produk dan Layanan yang pada akhirnya dapat mencapai tujuan kepuasan pelanggan. Strategi yang digunakan pada TQM diantaranya data dan komunikasi yang efektif untuk meng-integrasikan kedisplinan kualitas ke dalam budaya dan kegiatan-kegiatan perusahaan. Maka dari itu Buku ini menyajikan seluruh kebutuhan-kebutuhan para pegawai sebagai inovasi baru untuk menciptakan tatanan pengalolaan, juga menjadikan gudang wawasan bagai kalangan pembaca. Oleh sebab itu buku ini hadir kehadapan sidang pembaca sebagai bagian dari upaya diskusi sekaligus dalam rangka melengkapi khazanah keilmuan dibidang manajemen, sehingga buku ini sangat cocok untuk dijadikan bahan acuan bagi kalangan intelektual dilngkungan perguruan tinggi ataupun praktisi yang berkecimpung langsung dibidang manajemen.

Mutu terpadu atau disebut juga Total Quality Management (TQM) dapat didefinisikan dari tiga kata yang dimilikinya yaitu: Total (keseluruhan), Quality (kualitas, derajat/tingkat keunggulan barang atau jasa), Management (tindakan, seni, cara ...

Membangun Kemandirian Petani Garam melalui Literasi Keuangan dan Perencanaan Keuangan Keluarga untuk Produksi, Akses Modal, dan Informasi Pasar

Buku ini merupakan suplemen dari penelitian tentang produktivitas, akses modal, akses pasar dan literasi keuangan garam rakyat di Cirebon, Pati dan Sampang. Buku ini disusun semacam buku kutipan tulisan dari berbagai sumber termasuk hasil penelitian ini dengan harapan mampu melaporkan tentang garam rakyat secara lengkap. Isinya disusun terdiri dari dua bagian bagian pertama membahas tentang pergaraman mulai dari bab satu hingga bab empat, bicara produksi, modal, pasar dan impor garam. Bagian kedua bab lima hingga bab sepuluh membahasa tentang literasi keuangan, perencanaan keuangan keluarga, alokasi penghasilan dan kemandirian keuangan petani garam rakyat.

Buku ini merupakan suplemen dari penelitian tentang produktivitas, akses modal, akses pasar dan literasi keuangan garam rakyat di Cirebon, Pati dan Sampang.

TEORI & KONSEP PEDAGOGIK

Profesi pendidik memiliki makna yang sangat mendalam dan menjadi kunci majunya kehidupan dan peradaban manusia, bahkan bangsa dan negara. Peran pendidik menjadi sangat penting sebagai agen perubahan pada kehidupan anak bangsa. Oleh karena itu, para calon guru perlu meluangkan waktunya untuk melakukan orientasi spiritualitas profesi pendidik sehingga mampu memiliki internalisasi mendalam atas nilai-nilai pilihan dan keputusan profesinya: Mengapa menjadi Guru? Ada apa dengan Guru? dan Bagaimana menjadi Guru?. Book chapter Teori dan Konsep Pedagogik ini mendeskripsikan teori, dan konsep pedagogic yang dapat membantu setiap individu, baik guru, mahasiswa keguruan, maupun pemerhati pendidikan untuk mengembangkan kemampuan pedagogik berdasarkan kajian teori dan empiris dengan berfokus pada internalisasi nilai-nilai diri. Selain itu, book chapter ini juga dapat menjadi referensi dalam mendukung pencapaian efektivitas kemampuan yang terwujud dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap melalui aspek pengetahuan pedagogik sebagai dasar kerangka peran dan figur dalam bentuk berpikir; bersikap reflektif dan emosi yang cerdas; kemampuan dalam pola komunikasi instruksional; serta aspek-aspek yang menjadi sarana untuk mewujudkan kompetensi pedagogik. Oleh karena itu, buku ini dapat menjadi buku wajib yang memberi arah dan solusi terhadap kebutuhan pengembangan kompetensi pedagogik

C. Fungsi Komunikasi Pendidikan Secara spesifik, komunikasi merupakan ruh dari keberlangsungan dunia pendidikan memiliki fungsi terhadap peristiwa pendidikan itu sendiri. Fungsi suatu peristiwa komunikasi juga berkaitan dengan ...