Sebanyak 4 item atau buku ditemukan

Metodologi Penelitian Pendidikan

Pengantar Ringkas

Secara umum, buku yang berada di hadapan pembaca berisi tentang seluk beluk penelitian pendidikan, serupa padu-padan konten materi metodologi penelitian pendidikan seperti yang telah ditegaskan oleh Lodico et al., Cohen et al., Best & Kahn (2006), Fraenkel et al., Ary et al., Creswell, Bogdan & Biklen, Sugiyono (2018), Arikunto (2015), Emzir (2013) dan sumber-sumber lain yang mendukung secara teori dan praksis empiris. Pada bagian pertama yang memuat pengantar, terdiri dari: pendekatan ilmiah dalam penelitian pendidikan, novelty – state of the arts, pendekatan dalam penelitian pendidikan, populasi dan sampel, instrumen penelitian, validitas dan reliabilitas, analisis data dan uji hipotesis. Adapun pada bagian kedua, penelitian kuantatif, memuat berbagai hal mengenai: penelitian korelasional, penelitian ex-post facto, dan penelitian eksperimental. Sedangkan di bagian ketiga: penelitian kualitatif, memuat penelitian deskriptif dan analisis isi, penelitian studi kasus, dan etnografi pembelajaran. Terakhir, pada bagian keempat: penelitian gabungan (mixed methods), di dalamnya terdiri dari materi mengenai penelitian tindakan kelas dan penelitian pengembangan (R&D). Penerbit Garudhawaca.

Secara umum, buku yang berada di hadapan pembaca berisi tentang seluk beluk penelitian pendidikan, serupa padu-padan konten materi metodologi penelitian pendidikan seperti yang telah ditegaskan oleh Lodico et al.

Sekilas Tentang Bahasa Indonesia

Catatan mengenai kebijakan bahasa, kaidah ejaan, pembelajaran sastra, penerjemahan dan BIPA

Secara ringkas buku ini membahas mengenai kebijakan dan perencanaan bahasa, politik bahasa Indonesia. Di dalamnya juga membahas mengenai pedoman kaidah, tata tulis ilmiah dalam berbagai selingkung. Selain itu, juga turut disinggung mengenai pembelajaran sastra (fiksi, puisi, dan drama) serta dibumbui dengan pedoman penerjeman, baik ideologi, teknik-metode, sampai evaluasi terjemahan. Terakhir, dibahas pula mengenai BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing). Garudhawaca.

Secara ringkas buku ini membahas mengenai kebijakan dan perencanaan bahasa, politik bahasa Indonesia.

Sekilas Tentang Bahasa Indonesia (revisi)

Secara ringkas buku ini membahas mengenai kebijakan dan perencanaan bahasa, politik bahasa Indonesia. Di dalamnya juga membahas mengenai pedoman kaidah, tata tulis ilmiah dalam berbagai selingkung. Selain itu, juga turut disinggung mengenai pembelajaran sastra (fiksi, puisi, dan drama) serta dibumbui dengan pedoman penerjeman, baik ideologi, teknik-metode, sampai evaluasi terjemahan. Terakhir, dibahas pula mengenai BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing).

Secara ringkas buku ini membahas mengenai kebijakan dan perencanaan bahasa, politik bahasa Indonesia.

Teori Pembelajaran Bahasa

Suatu Catatan Singkat

Buku ini merupakan gambaran umum mengenai teori belajar, khususnya belajar bahasa, baik bahasa pertama, kedua, juga bahasa asing. Semoga dengan kehadiran buku ini turut serta mempunyai andil dalam pembelajaran bahasa. Tidak banyak buku yang secara sengaja dan secara mendalam membahas teori-teori belajar bahasa yang pernah berkembang, dari tradisional sampai pada perkembangan yang paling mutakhir. Di sini, kami mencoba memadukan apa yang telah ada sebelumnya, tanpa mengurangi isi ataupun muatan yang memang secara spesifik harus ada, pengetahuan tentang teori.

Buku ini merupakan gambaran umum mengenai teori belajar, khususnya belajar bahasa, baik bahasa pertama, kedua, juga bahasa asing. Semoga dengan kehadiran buku ini turut serta mempunyai andil dalam pembelajaran bahasa.