Sebanyak 1059 item atau buku ditemukan

Masjarakat desa, sebagai batu landasan sendi ketatanegaraan dalam mewudjudkan: masjarakat adil dan makmur

A . mengadakan pendidikan untuk tjalon - tjalon guru jang akan memberantas
buta huruf b . menjelenggarakan dalam tempo jang singkat tempat2 dan alats
agar setjepat mungkin buta huruf dapat diberantas didalam segala lapisan
Rakjat ...

PENGANTAR PSIKOLOGI PENDIDIKAN

METODE PENELITIAN

Untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi

Sasaran utama pembaca buku ini adalah mahasiswa semester akhir tujuh-delapan di Fakultas Ekonomi dalam rumpun ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Keuangan yang sedang mempelajari mata kuliah metode penelitian. Juga mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir. Buku ini sengaja disusun untuk menuntun-mengarahkan mahasiswa menulis skripsi, tesis, disertasi, sekaligus berperan ‘kapal sekali berlayar’ sebagai buku ajar dan referensi bagi bapak/ibu dosen pengampu mata kuliah metodologi penelitian. Buku ini memudahkan mahasiswa untuk memahami bagaimana membuat proposal, melaksanakan penelitian sampai ke membuat laporan hasil penelitian. Buku ini penting untuk dimiliki mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi. Outline penulisan buku ini disusun berdasarkan silabus mata kuliah metode penelitian di FE ditambah sedikit ‘bab reform’ yang dianggap penting seperti AUMA (Alat Ukur Model Analisis). Untuk memudahkan pemahaman para mahasiswa, pembahasannya disusun ke dalam beberapa bab dan subbab yang terdiri dari tujuh belas bab. Setiap bab sudah ada petunjuk pembelajarannya. Dalam proses perkuliahan sudah mengandung indikator pembelajaran; Audience; Behavior; Condition; dan Degree (ABCD). Juga terdapat soal-soal esai sebagai ajang latihan mahasiswa sebelum menghadapi ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS).

Berdasarkan pengalaman menulis selama menjadi dosen pengampu, pembimbing, konsultan, penguji mata kuliah metodologi penelitian dan merasakan keluh-kesahnya mahasiswa ketika memulai menulis skripsi, tesis dan disertasi dirasa perlu disusun buku ini. Kesulitan mahasiswa pada umumnya adalah karena mereka kurang memahami aspek metodologi penelitian, mulai dari (a) merumuskan masalah; (b) memilih obyek/subyek yang akan diteliti; (c) memilih topik teori-variabel-indikator; (d) menentukan alat ukur-model analisis AUMA; (e) memilih metode/teknik penelitian; (f) teknik mengambil sampel (teknik sampling); (g) prosedur pengumpulan data hingga sampai ke (h) pengolahan data. Secara substansial isi/fungsi subjudul penelitian ada di bab sebelas. Memang menulis karya ilmiah itu tidak mudah. Tidak ada yang sulit, bila mahasiswa mau bekerja keras, cerdas, tekun dan tidak mudah putus asa. Di samping memiliki buku metode penelitian ini, disarankan juga anda memahami aplikasi statistik (bila penelitian kuantitatif) dan teori akuntansi, teori manajemen, teori ekonomi yang terkait dengan topik penelitian anda. Selamat belajar dan sukses.

Di samping memiliki buku metode penelitian ini, disarankan juga anda memahami aplikasi statistik (bila penelitian kuantitatif) dan teori akuntansi, teori manajemen, teori ekonomi yang terkait dengan topik penelitian anda.

Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan

Mc . Milan dan Scumacher (2001) penelitian dibedakan atas dua pendekatan yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dalam penelitian kuantitatif dibedakan antara metode eksperimental dan non eksperimental. Dalam penelitian kualitatif dibedakan antara interaktif dan non interaktif. Dalam melaksanakan kegiatan ilmiah secara baik diperlukan sarana berpikir ilmiah yang memungkinkan seorang ilmuwan melakukan penelaahan ilmiah secara teratur dan cermat. Sarana berpikir ilmiah pada dasarnya merupakan alat yang bantu dalam melaksanakan kegiatan ilmiah.

Mc . Milan dan Scumacher (2001) penelitian dibedakan atas dua pendekatan yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif.

KAPITA SELEKTA METODOLOGI PENELITIAN

Buku metodologi penelitian merupakan buku wajib bagi dosen, mahasiswadan praktisi. Terutama bagi mahasiswa semester akhir mulai sarjana (S1), master (S2), hingga doktor (S3). Mempelajari metodologi penelitian ini sangatlah perlu. Tidak terkecuali dosen pembimbing skripsi, tesis maupun disertasi. Memang setiap penelitian memiliki karakteristik tersendiri. Tergantung pendekatan kuantitatif atau kualitatif. Tetapi secara substansial kaidah-kaidah utamanya sama. Semua penelitian dapat dipastikan akan selalu melewati ‘jembatan’ prosedur ilmiah dan metode ilmiah. Buku ini awalnya merupakan dokumen pribadi editor yang mengoleksi tulisan-tulisan dari para tutor yang memberikan materi pelatihan/penataran Dasar-dasar Metodologi Penelitian bagi para dosen tetap di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Walaupun sudah lama, tetapi orisinalitas artikelnya tetap penting, aktual untuk dipelajari, tidak ‘lapuk’ dilindas zaman. semoga bermanfaat bagi generasi muda masa kini, era milenial hingga masa mendatang. Walaupun sudah ada digitalisasi software statistik, hingga kini belum ada yang bisa merubah konsep-rumus asalnya. Tetap mahasiswa perlu memahami metode penelitian dan olah data statistik secara manual-konseptual sekaligus teori untuk tafsir, analisis serta pemaknaan hasil riset.

Buku metodologi penelitian merupakan buku wajib bagi dosen, mahasiswadan praktisi.

Ekonomi Moneter Internasional

Sistem moneter internasional dikenal juga dengan sistem pembayaran internasional, yang dilakukan terhadap kegiatan-kegiatan ekonomi internasional antara penduduk satu negara dengan penduduk negara lain. Sistem moneter internasional tersebut lebih fokus pada sisi moneter dari kegiatan ekonomi internasional, yaitu transaksi keuangan internasional antara penduduk-penduduk negara-negara yang melakukan transaksi ekonomi internasional. Materi tentang ekonomi moneter internasional sendiri biasanya dibahas dalam buku-buku Ekonomi Internasional secara umum. Oleh karenanya, buku Ekonomi Moneter Internasional ini hadir untuk membahas ekonomi moneter internasional secara terfokus, tersendiri, dan lebih mendalam. Adapun fokus pembahasan utama dalam buku ini adalah kegiatan ekonomi internasional ditinjau dari sisi moneter. Pembahasannya sendiri mencakup tiga hal utama, yaitu: (1) perkembangan sistem moneter internasional yang pernah dipergunakan dalam kegiatan ekonomi internasional, (2) pasar valuta asing dan nilai tukar, dan (3) neraca pembayaran. Ketiga pokok bahasan tersebut diuraikan lebih detail dalam enam bab pokok bahasan.

Materi tentang ekonomi moneter internasional sendiri biasanya dibahas dalam buku-buku Ekonomi Internasional secara umum.

Manajemen Pendidikan Dalam Menghadapi Era Digital

Sejalan dengan tantangan kehidupan global, pendidikan sangat penting karena pendidikan merupakan salah satu penentu kualitas sumber daya manusia. Dimana dewasa ini keunggulan suatu bangsa tidak lagi ditandai dengan kelimpahan sumber daya alam, tetapi keunggulan sumber daya manusia. Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, banyak hal yang telah berubah atau berkembang dengan cara yang awalnya tidak terpikirkan. Kita telah berada di era digital yang dikenal sebagai era 4.0. Perubahan dengan cepat terjadi diberbagai bidang, termasuk dunia pendidikan. Oleh karena itu, dunia pendidikan harus segera berbenah atau melakukan persiapan dalam menghadapi tantangan baru di era digital saat ini.

Sejalan dengan tantangan kehidupan global, pendidikan sangat penting karena pendidikan merupakan salah satu penentu kualitas sumber daya manusia.

Manajemen Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar

Penulis membuka pemikiran saya bahwa pemisahan pendidikan terhadap anak-anak berkebutuhan khusus menjadikan diskriminasi terhadap mereka tumbuh di tengah masyarakat. Benar jalan terbaik menjawab tantangan ini adalah sekolah inklusif di mana anak-anak berkebutuhan khusus ikut dalam pembelajaran di sekolah reguler tetapi memperhatikan kebutuhan mereka. Dasar pemikiran dan hukum pendidikan inklusif baik secara global maupun nasional bisa kita dapatkan dalam buku ini. Di dalam buku ini juga membahas prinsip dasar pendidikan inklusif. Bahkan, penulis juga telah membahas hal-hal perinci dan praktis yang perlu disiapkan dalam pendidikan inklusif. Dapat dikatakan buku ini adalah paket komplet bagaimana menyelenggarakan pendidikan inklusif di sekolah kita. Mari kita jadikan dunia ini lebih baik untuk semua orang. —Widi Purwanto, S.Si. (Ketua Yayasan YPK Penabur Kebumen) Buku ini menjelaskan sangat gamblang mengenai pandangan masyarakat umumnya terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), masalah yang terjadi di dalam pendidikan inklusif juga terkait manajemen pendidikan inklusif itu sendiri, sarana dan prasarana, serta juga bagaimana sekolah sebagai tempat terjadinya proses belajar dan mengajar bisa menyiapkan dirinya membantu pemerintah merealisasikan Nawa Cita pemerataan pendidikan untuk seluruh warga negara Indonesia. Dengan dijelaskannya beberapa hal di atas oleh penulis, saya yakin hal ini menjadi inspirasi pemerintah sebagai pembuat kebijakan, universitas sebagai lembaga penghasil tenaga pendidik atau guru, sekolah sebagai satuan pendidikan tempat untuk setiap anak belajar agar bisa mempersiapkan kurikulum dan melatih para guru untuk membuat program khusus, orangtua sebagai lingkungan utama dan pertama di dalam proses awal pendidikan, serta masyarakat sebagai lingkungan sosial tempat setiap anak-anak bertumbuh dan berkembang. —Lius Iman Santoso Ciputera, S.E., M.Pd. ( Director of Operations Kanaan Global School Jambi) Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Penulis membuka pemikiran saya bahwa pemisahan pendidikan terhadap anak-anak berkebutuhan khusus menjadikan diskriminasi terhadap mereka tumbuh di tengah masyarakat.

Children’s Liturgy of the Word 2018-2019

A Weekly Resource

The essential guide for prayer leaders who facilitate a separate Liturgy of the Word with children on Sundays and Holy Days of Obligation.

2019. Sunday/Holydays of Obligation Date Theme Lectionary for Mass
Lectionary for Masses with Children First Sunday of Lent March 10, 2019
Strength from Scripture Deuteronomy 26:4–10; Psalm 91:1–2, 10–11, 12–13, 14–
15; Romans ...