Sebanyak 3194 item atau buku ditemukan

ANALISIS ANTOLOGI PUISI DARI ASPEK SOSIOLOGI

Analis Antologi Puisi Menyimak Ayat Ombak Karya Syafwan Hadi Umry dari Aspek Sosiologi

Puisi merupakan seni kata, tak sebatas hanya pada seni konsep. Penyair, semacam tengah bejoget dengan kata-kata. Dalam puisi, tidak ada makna yang final. Karya sastra ini, tetaplah wujud yang terus-menerus ada, dalam lingkaran interpretasi. Kepadatan bahasa yang terkandung didalamnya, acapkali menghanyutkan jiwa. Membenamkan pembacanya dalam rima, mengajak pendengarnya mendulang refleksi nyata. Dengan makna yang mendalam, puisi mampu melembutkan sikap, meluhurkan perilaku, hingga dapat merubah dunia. Berbekal pendekatan sosiologi sastra, penulis hendak menyelami kebermaknaan dari buku antologi puisi Menyimak Ayat Ombak karya Shafwan Hadi Umry, dalam kaitanya pada aspek-aspek sosial dan gambaran kritik sosial, secara akademis. Antologi puisi Menyimak Ayat Ombak, merupakan buku kumpulan puisinya yang pertama; merangkum sejumlah sajak yang ditulis dalam rentang waktu relatif lama, yakni pada rentang tahun 1976-1994. Melalui antologi puisi tersebut, Shafwan Hadi Umry mencoba membawa daulat budaya ke tengah pergolakan batin manusia, meskipun sejenak. Pikirkanlah hidup ini meskipun sejenak, ujarnya. Antologi puisi tersebut, merupakan salah satu karya sastra yang ditulis oleh generasi terbaik dieranya, yang ditulis dengan kekayaan makna dan disajikan dalam berbagai gaya bahasa.

Puisi merupakan seni kata, tak sebatas hanya pada seni konsep.

Sosiologi dalam Aspek Kehidupan

Sistematika buku Sosiologi dalam Aspek Kehidupan ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 11 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya yaitu (1) Sosiologi dalam Pendidikan, (2) Sosiologi dalam Komunikasi, (3) Sosiologi dalam Anak, (4) Sosiologi dalam Gender, (5) Sosiologi dalam Politik, (6) Sosiologi dalam Bahasa, (7) Sosiologi dalam Hukum, (8) Sosiologi dalam Ekonomi, (9) Sosiologi dalam Keluarga, (10) Sosiologi dalam Budaya, dan (11) Sosiologi dalam Agama.

Sistematika buku Sosiologi dalam Aspek Kehidupan ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan.

Sosiologi dan politik

Pendidikan tinggi mempengaruhi partisipasi politik . Oleh sebab itu , banyak negara memperbarui kurikulum sekolah untuk dapat berpengaruh terhadap proses sosialisasi politik kaum muda . Orang yang berstatus sosial ekonomi lebih tinggi ...

Sosiologi Pendidikan Islam

Sosiologi pendidikan Islam sebagai analisis kedudukan pendidikan dalam masyarakat. pada poin ini lebih mengutamakan fungsi lembaga pendidikan Islam diadakan masyarakat dan hubungan sekolah dengan masyarakat yang terdiri dari beberapa aspek. Apabila pendidikan Islam tidak dapat menempatkan diri dalam masyarakat yang berbeda-beda kulturnya maka manusia tidak sesuai cita-cita Islam yang mencerminkan hakikat Islam tidak bisa terwujud. Sosiologi pendidikan Islam sebagai alat kemajuan perkembagan sosial Pendidikan Islamn sebagai disiplin ilmu dapat melestarikan dan memajuakan tradisi budaya moral yang Islami sehingga terwujud komunikasi sosial dalam masyarakat dan membawa kebudayaan kepuncak yang setinggi-tingginya.

pendidikan sesuai yang tercantum dalam jenjang pendidikan di Indonesia yang mengatakan jenjang pendidikan adalah suatu tahapan dalam pendidikan yang berkelanjutan yang ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan para peserta didik serta ...

Sosiologi politik

makna kekuasaan dan transformasi politik

Buku sosiologi politik ini merupakan rangkaian kajian kritis tentang isu-isu penting yang berkaitan dengan kekuasaan atau power, relasi 'state' dan 'civil society', demokrasi dan formasi masyarakat klasik maupun kontemporer, elite dan kajian klas, serta kajian stabilitas dan instabilitas sosial. Kajian isu-isu penting tersebut dilakukan dengan mengacu pada banyak perspektif pemikiran, mulai dari Hobbes, Montesquieu, Durkheim, Max Weber, Karl Marx, Althusser, Horkheimer, Gramsci, Alexis de Tocqueville, Vilfredo Pareto, Gaetano Mosca, S.M. Lipset, H. Crough, F.W. Riggs, Schmitter, Nordhaus hingga C. Wright Mills, Liddle, Hefner, Fukuyama dan sejumlah pemikir lainnya. Dalam konteks ini didialogkan juga konstruks elite, masyarakat Jawa, dan pemikir Islam tentang kekuasaan mengacu pada pemikiran Anderson, Ibn Khaldun, Ali Abd. Raziq, di samping juga pemikiran Maududi. Buku ini mengkaji relasi elite dan masyarakat atau civil society. Ia diletakkan dalam konteks pengelolaan kekuasaan. Elite cenderung determinative terhadap civil society. Kata Kenneth Minogue (1994) Profesor Emeritus dalam Ilmu Politik di London School of Economics. an elite party, or vanguard, takes over all power and proceeds to tutor the population in how to think and to act. Dalam praktik bahkan cenderung menggunakan kekerasan. Oleh karena itu buku ini mengajak pembaca memahami kecenderungan elite menggunakan kekerasan, terutama oleh elite yang telah kehilangan kepekaan moral seperti yang muncul dalam kajian C. Wright Mills. Transformasi dan perubahan politik menuju kepolitikan modern dikaji melalui Pemilu yang dalam hal ini ditempatkan sebagai langkah konsolidasi menuju kekuasaan dan demokrasi. Di samping juga dikaji melalui prasyarat budaya yang diperlukan untuk mengkonsolidasikan sistem politik yang demokratis. Pengalaman empirik sangat diperlukan, dalam hal ini diambilkan dari pengalaman bangsa Indonesia, bangsa yang dikenal penduduknya memiliki basis religio politik keagamaan yang kuat. [UGM Press, UGM, Gadjah Mada University Press]

Buku sosiologi politik ini merupakan rangkaian kajian kritis tentang isu-isu penting yang berkaitan dengan kekuasaan atau power, relasi 'state' dan 'civil society', demokrasi dan formasi masyarakat klasik maupun kontemporer, elite dan ...

Fundamentals of Sociology of Education

With Reference to Africa

Education as a process through which a society's way of life is transmitted to the incoming generation is interactive and takes place under different environments. Fundamentals of Sociology of Education with Reference to Africa is about processes, practices, and agencies involved in socialisation and education, particularly the ways in which schools, through their teachers, curricula and organisation, influence the young. Lucy W. Kibera is an Associate Professor of Sociology of Education at the University of Nairobi. She holds a PhD and a Master of Education from Kenyatta University; a Bachelor of Arts (Philosophy) and a Bachelor of Arts (Psychology), York University, Canada; and a Bachelor of Education, Makerere University, Uganda. She has authored several children's books and has served as Chairperson of Department of Educational Foundations, University of Nairobi and Dean, School of Education, University of Nairobi. Angnes Kimokoti has a PhD in Sociology of Education from Kenyatta University, Nairobi. She was a senior lecturer in the Department of Educational Foundations, Faculty of Education, University of Nairobi 1997-2002.

Fundamentals of Sociology of Education with Reference to Africa is about processes, practices, and agencies involved in socialisation and education, particularly the ways in which schools, through their teachers, curricula and organisation, ...

Pengantar Audit

Permintaan Jasa Audit, Permintaan Jasa Asuransi, Profesi Akuntan Publik, Laporan Audit, Etika Profesi, Kewajiban Hukum, Tanggung Jawab, Tujuan Audit, Bukti Audit, Perencanaan Audit, Prosedur Analitis, Auditing Kecurangan Dampak Tehnologi Informasi Terhadap Proses Audit, Program Audit Dan 14kertas Kerja Pemeriksaan

2.3.9 Peranan Asuransi Syariah Asuransi syariah mampu berperan dengan menyasar mereka yang tidak tersentuh dengan asuransi konvensional karena alasan keyakinan. Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, potensi orang yang ...

Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Buku Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia disusun meliputi: (1) Hakikat Evaluasi, (2) Penilaian Pembelajaran, (3) Prinsip-Prinsip Evaluasi, (4) Penilaian Berbasis HOTS, (5) Penilaian Kebahasaan dan Kesastraan, (6) Penilaian Keterampilan Berbahasa, (7) Penilaian Apresiasi Sastra, dan (8) Uji Kemahiran Berbahasa. Pembaca diharapkan berkompeten; a. Mampu membedakan konsep evaluasi, penilaian, pengukuran, dan tes. b. Mampu mendeskripsikan sejarah kebijakan ujian nasional di Indonesia, penilaian proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan mekanisme penilaian pembelajaran. c. Mampu merumuskan prinsip-prinsip penilaian. d. Menerapkan penilaian berbasis HOTS. e. Mengembangkan instrumen penilaian keterampilan kebahasaan dan kesastraan. f. Mengembangkan instrumen penilaian keterampilan berbahasa. g. Mengembangkan instrumen penilaian apresiasi sastra. h. Menguasai uji kemahiran berbahasa Indonesia.

Buku Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia disusun meliputi: (1) Hakikat Evaluasi, (2) Penilaian Pembelajaran, (3) Prinsip-Prinsip Evaluasi, (4) Penilaian Berbasis HOTS, (5) Penilaian Kebahasaan dan Kesastraan, (6) Penilaian ...

Some Multilateral and Regional Organizations Engaged in International, Educational, and Cultural Activities

ETHIOPIA research and publications related to literacy campaign ; expert in manuscript research ; expert and equipment for music education . GHANA fellowship in study of African cultures ; equipment for -16-17-18-19-20.

Educational Research

Competencies for Analysis and Application

This market-leading book offers all the skills and procedures students need to become competent consumers and producers of educational research. This comprehensive resource encompasses the full spectrum of the field, making it appropriate as a core text for an introductory course in educational research. It uses a direct, step-by-step approach to the topic. Data collection. Qualitative data analysis. Action research. For those interested in Research Methods/Educational Research.

This market-leading book offers all the skills and procedures students need to become competent consumers and producers of educational research.