Sebanyak 17712 item atau buku ditemukan

Bahasa!

... bahasa Indonesia yang layak di- banggakan . Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan edisi terakhir pun masih menyimpan sangat banyak persoalan , apalagi bila dihubungkan dengan perkembangan ...

Menalar Problem Pendidikan dan Bahasa

Adapun penulis buku ini, Florianus Dus Arifian, telah mengangkat tiga paradigma pendidikan kontemporer dengan tiga karakter dasarnya: humanis, demokratis, dan kritis. Karakter humanis pendidikan diangkat oleh penulis dalam tulisan-tulisan, seperti: “Kemandirian Belajar sebagai Nilai Adiluhung Pendidikan, Kekuatan Hati Sang Guru, Guru Berwawasan Multikultural sebagai Penangkal Radikalisme, Ruang tersembunyi Pendidikan sebagai Sumber Pembelajaran, Indikator Kompetensi Sikap Dieksplisitkan, Di Balik Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013, Penilaian yang Menggali Potensi”. Adapun karakter demokratis pendidikan ditampilkan dalam tulisan-tulisan: “Profil Guru Generasi Emas, Guru Bertumbuh dalam Kebersamaan, Memaknai Penghapusan UN, Gugatan bagi Ketertutupan Pendidikan”. Beberapa tulisan lainnya menggugat tema pendidikan kritis, seperti: “HOTS, Peradaban, dan Pendidikan, Memberi Ruang bagi HOTS, Konteks Baru untuk Memijahkan HOTS, Membenahi LPTK, Mari Melihat Substansi Buku, Tematik dan Tematik Intergratif Berbeda”. Saya patut mengangkat jempol dan mengucapkan profisiat kepada Florianus Dus Arifian atas ulasan-ulasannya yang, menurut saya, sangat substansial dan kritis tentang masalah pendidikan dan bahasa.

... bahasa asing yang tidak terkontrol atau bahasa Indonesia yang jauh dari prinsip baik dan benar , sementar di sisi lain ada mimpi besar untuk menginternasionalkan bahasa Indonesia . Hal yang pasti adalah generasi bangsa Indonesia ...

PENDIDIKAN SANGGAR BAHASA DAN SASTRA

(Konsep dan Pengembangan)

Buku ini bertujuan untuk menambah referensi mahasiswa dan mengembangkan pada mata kuliah Sanggar Bahasa & Sastra, dengan taraf mengerjakan wilayah yang belum tergarap dalam mata kuliah Teori Sastra atau Pengantar Kajian Kesusastraan, Sejarah Sastra, Apresiasi, Kajian, dan Kritik Sastra (Puisi, Prosa Fiksi, dan Drama).

... bahasa dan sastra Indonesia adalah kegiatan yang mempelajari, mengkaji, memproduksi, dan mengkreasikan bahasa dan sastra Indonesia dalam berbagai ragam dan tujuan. Kegiatan yang berkaitan dengan bahasa Indonesia misalnya majalah sekolah ...

Bahasa Indonesia Akademis: Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia)

Dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 84/E/KPT/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum Pendidikan Tinggi, Mata Kuliah Bahasa Indonesia diharapkan menjadikan mahasiswa mampu mengungkapkan pikiran secara lisan maupun tulisan dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan memfungsikan bahasa Indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan dan alat pemersatu bangsa. Mengacu pada pedoman itu, buku ajar berjudul Bahasa Indonesia Akademis (Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia) ini disusun dengan lingkup materi (1) Hakikat bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara; (2) Mengeksplorasi teks dalam kehidupan akademik; (3) Menjelajah dunia pustaka; (4) Mendesain proposal penelitian dan proposal kegiatan; (5) Melaporkan hasil penelitian dan hasil kegiatan; dan (5) Mengaktualisasikan diri dalam artikel ilmiah. Pembelajaran berbasis teks melandasi Mata Kuliah Bahasa Indonesia di pendidikan tinggi. Dalam buku ajar ini ditambahkan komponen pembentuk teks berupa kalimat dan paragraf.

Mengacu pada pedoman itu, buku ajar berjudul Bahasa Indonesia Akademis (Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia) ini disusun dengan lingkup materi (1) Hakikat bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara; (2) Mengeksplorasi ...

BAHASA INDONESIA AKADEMIK

Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah umum yang harus diajarkan di perguruan tinggi pada level diploma dan sarjana. Hal ini disebutkan pada pasal 35 ayat 3 Undang-Undang nomor 12 tahun 2002 tentang Perguruan Tinggi.

Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah umum yang harus diajarkan di perguruan tinggi pada level diploma dan sarjana. Hal ini disebutkan pada pasal 35 ayat 3 Undang-Undang nomor 12 tahun 2002 tentang Perguruan Tinggi.

Belajar Bahasa Indonesia Berbasis Budaya

Buku ini memiliki spesifikasi: (1) berbasis budaya Indonesia, yg disajikan dalam sepuluh topik, yaitu: kesenian, makanan, pakaian, pendidikan, kesehatan, pertanian, agama, pariwisata, dan, kesetaraan jender; (2) terpadu, yaitu memadukan keterampilan menyimak, membaca, berbicara, menulis, dan tatabahasa; pemaduan bahasa dan budaya diwujudkan dalam model pembelajara: keterampilan berbahasa, kesadaran bahasa, kesadarara budaya, dan pengalaman budaya; (3) tujuan akademik, dalam arti bahwa level kompetensi bahasa Indonesia yang dihasilkan sesuai untuk kuliah di perguruan tinggi Indonesia.

Buku ini memiliki spesifikasi: (1) berbasis budaya Indonesia, yg disajikan dalam sepuluh topik, yaitu: kesenian, makanan, pakaian, pendidikan, kesehatan, pertanian, agama, pariwisata, dan, kesetaraan jender; (2) terpadu, yaitu memadukan ...

Materi Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi

Buku Materi Ajar Bahasa Indonesia Kelas Tinggi adalah sebuah buku yang berisikan materi Bahasa Indonesia yang dipelajari pada kelas tinggi jenjang pendidikan sekolah dasar. Buku ini dapat dijadikan acuan materi dari pembelajaran yang akan diajarkan pada pelajaran Bahasa Indonesia. Sebagai buku penunjang mata kuliah Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi, buku ini memiliki manfaat dalam menyiapkan bekal pemahaman bagi mahasiswa calon guru, terutama dalam mengajarkan empat keterampilan berbahasa yakni: menyimak, membaca, menulis, dan berbicara.

Buku Materi Ajar Bahasa Indonesia Kelas Tinggi adalah sebuah buku yang berisikan materi Bahasa Indonesia yang dipelajari pada kelas tinggi jenjang pendidikan sekolah dasar.

Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD

Bahasa merupakan alat komunikasi yang terorganisasi dalam bentuk satuan-satuan, seperti kata, kelompok kata, klausa, dan kalimat yang diungkapkan baik secara lisan maupun tulisan yang digunakan untuk interaksi sosial antar individu dalam kehidupan. Begitu pentingnya bahasa dalam kehidupan manusia. Dengan demikian Pembelajaran Bahasa Indonesia mendapatkan peran penting untuk pendidikan di Indonesia karena merupakan bahasa resmi di semua bidang. Pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Agar dapat melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia, silakan baca selengkapnya pada buku ini.

Bahasa merupakan alat komunikasi yang terorganisasi dalam bentuk satuan-satuan, seperti kata, kelompok kata, klausa, dan kalimat yang diungkapkan baik secara lisan maupun tulisan yang digunakan untuk interaksi sosial antar individu dalam ...