Meskipun ada mengandung unsur - unsur Islam , beberapa aspek dari
pemberontakan ini banyak menyerupai ... yang nampaknya ketinggalan dalam
perlumbaan mengejar tamadun , perkataan baru dicipta untuk peradaban
teknologi .
Zaman ini ditandai dengan banyaknya peradaban Barat memasuki Bengkulu ,
terutama ialah ; modal dan skill atau pengetahuan , ketrampilan teknik modern .
... Masyarakat Bengkulu itu suatu masyarakat Islam yang sebenarnya ( 12 , p .
Politik merupakan aktivitas terpenting manusia sepanjang sejarah. Pendapat Aristoteles manusia adalah “Zoon Politicon”, senantiasa keinginan untuk hidup bersama. Refleksi keinginan tersebut, diimplementasikan secara politik. Dengan politik manusia dapat saling mengelola potensi yang tersebar di antara mereka, saling bersinergi menuju arah yang sama, dan memahami dalam perbedaan. Begitu urgent-nya politik, sehingga tidak ada manusia yang tidak pernah bersentuhan dengan politik. Bahkan Ibn Taimiyyah seorang pemikir politik Islam terkemuka pernah menulis dalam Kitab Siyasah al-Syar’iyyah bahwa mengurusi dan melayani kepentingan manusia merupakan kewajiban terbesar agama, di mana agama dan dunia tidak bisa tegak tanpanya. Itu semua bisa dilakukan dengan politik. Buku Politik Islam; Sejarah dan Pemikiran merupakan salah satu ikhtiar penulis memperkenalkan politik mulai dari pengertian, sampai pada sejarah dan pemikiran para tokoh muslim dari masa klasik, pertengahan, hingga kontemporer, termasuk tokoh Indonesia.
Buku Politik Islam; Sejarah dan Pemikiran merupakan salah satu ikhtiar penulis memperkenalkan politik mulai dari pengertian, sampai pada sejarah dan pemikiran para tokoh muslim dari masa klasik, pertengahan, hingga kontemporer, termasuk ...
Pada Bab I, Pendahuluan menggambarkan pentingnya pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan dan latihan aparatur dengan tujuan menunjang kinerja aparatur agar dalam melaksanakan tupoksinya dengan baik dan profesional karena di temukan banyak permasalahan dalam kinerja aparatur. Pada Bab II, Kajian Teori menjelaskan tentang dasar teori untuk menjelaskan perlunya dilakukan pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan dan latihan dalam rangka meningkatkan kinerja aparatur yang disampaikan oleh para ahli tentang teori-teori yang berkaitan manajemen pengembangan sumber daya manusia. Pada Bab III, Model pengembangan kualitas sumber daya aparatur melalui pengembangan kualitas, dimulai dari perumusan visi dan misi yang akan di capai pada kegiatan pengembangan sumber daya aparatur. Pada Bab VI, Pengembangan pengabdian sebagai penunjang kinerja aparatur kepada masyarakat yang dipokuskan pada 5 isu geloobal penting. Pada Bab VII, Menggambarkan hasil pengamatan pengembangan sumber daya aparatur yang mengetengahkan ada 3 pilar utama dalam pengembangan sumber daya manusia dalam menunjang kinerja aparatur. Pada Bab VIII, Kesimpulan yang mengambarkan secara keseluruhan bahwa untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk menunjang kinerja aparatur. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Menunjang Kinerja Aparatur Berkualitas ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak
Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Menunjang Kinerja Aparatur Berkualitas ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak
Manajemen Sumber Daya Manusia(MSDM) adalah pemanfaatan sejumlah individu secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan secara maksimal. Konsep dan penerapan MSDM bagi Setiap organisasi atau perusahaan menjadi bagian yang sangat krusial untuk melaksanakan visi dan mis organisasi secara maksimal. Karena itu, MSDM menjadi komponen utama yang perlu diperhatikan baik oleh Organisasi atau perusahaan. Perusahan dengan konsep pelaksanaan MSDM yang baik akan berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan itu sendiri, begitu juga para pekerja (Karyawan) yang memahami konsep MSDM akan sangat beerguna bagi pengembangan karirnya dimasa depan. Buku Manajemen Sumber Daya Manusia; Toeri dan Praktik ini mengkaji berbagai aspek berkaitan dengan dunia bisnis, baik itu pengembangan SDM dalam dunia kerja ataupun kaitan hubungan timbal balik perusahaan dengan karyawan. Buku ini memuat ... Bab yaitu;
Manajemen Sumber Daya Manusia(MSDM) adalah pemanfaatan sejumlah individu secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan secara maksimal.
SPSS (Statistical Product and Service Solution) merupakan program olah data statistik yang tidak asing lagi bagi para mahasiswa dan para peneliti dalam mempermudah pengolahan data penelitian kuantitatif. Namun pada kenyataannya, masih banyak mahasiswa yang menganggap SPSS dan penelitian kuantitatif merupakan sosok yang menakutkan dan enggan jika harus berurusan dengan SPSS. Keadaan ini membuat banyak mahasiswa memilih untuk menggunakan jasa ahli dalam pengolahan data penelitiannya, sehingga membuat mahasiswa tidak mandiri dan akan mengeluarkan biaya tambahan yang seharusnya tidak perlu dikeluarkan. Buku ini disusun dengan bahasa yang mudah dimengerti dan disertai contoh yang praktis sehingga mudah untuk dipahami. Materi pada buku ini menitikberatkan pada pendekatan mahasiswa S1 untuk berbagai Fakultas dan Program Studi seperti Ekonomi, Pendidikan, Psikologi, Peternakan, Sosial, dan lain-lain. Dalam pembahasan buku ini penulis menggunakan program SPSS 24, dan bagi pembaca yang mengunakan SPSS versi d iatas ataupun di bawahnya tidak akan mendapatkan kesulitan yang berarti karena tidak banyak terdapat perbedaan dalam pengaplikasiannya.
SPSS (Statistical Product and Service Solution) merupakan program olah data statistik yang tidak asing lagi bagi para mahasiswa dan para peneliti dalam mempermudah pengolahan data penelitian kuantitatif.
Upaya mewujudkan pembelajaran yang efektif sangat tergantung kepada bagaimana guru dapat mengembangkan strategi pembelajaran, serta dapat memilih strategi yang tepat dalam kegiatan pembelajaran. Strategi merupakan usaha untuk memperoleh kesuksesan dan keberhasilan dalam mencapai tujuan. Setidaknya ada ada 3 jenis strategi yang berkaitan dengan pembelajaran yang harus dikuasai oleh guru, yakni: a) strategi pengorganisasian pembelajaran, b) strategi penyampaian pembelajaran, c) strategi pengelolaan pembelajaran. Pembelajaran yang efektif apabila kegiatan mengajar dapat mencapai tujuan yaitu peserta didik belajar meraih target sesuai dengan kriteria target pada perencanaan awal. Pembelajaran dapat dikatakan efektif jika peserta didik dapat menyerap materi pelajaran dan mempraktekannya sehingga memperoleh kompetensi dan keterampilan terbaiknya. Pembelajaran efektif berarti guru menggunakan waktu yang sesingkat-singkatnya dengan hasil setinggi-tingginya. Jadi mengajar yang efektif berarti mengajar yang efisien. Salah satu upaya untuk mewujudkan pembelajaran efektif apabila guru dapat menerapkan strategi dan metode pembelajaran yang efektif. Walaupun tidak dapat dijadikan jaminan, bahwa variasi strategi dan metode guru mengajar akan dapat menyebabkan pembelajaran efektif, namun setidak-tidaknya dengan kebervariasian menggunakan strategi dan metode itu, guru benar-benar berusaha secara maksimal untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran. Dengan kebervariasian strategi dan metode setidaknya dapat menjadi jaminan tumbuh berkembangnya motivasi dan minat peserta didik terhadap proses pembelajaran. Melalui buku ini diharapkan dapat memberikan modal pengetahuan bagi para pengamat pendidikan serta para pimpinan satuan pendidikan. Selain itu, juga diperuntukkan bagi para mahasiswa untuk mengembangkan buku ini dan menjadi rujukan referensi. Semoga apa yang telah diupayakan ini bermanfaat bagi para pembaca. Selain itu, juga memberi manfaat bagi seluruh civitas akademika.
Upaya mewujudkan pembelajaran yang efektif sangat tergantung kepada bagaimana guru dapat mengembangkan strategi pembelajaran, serta dapat memilih strategi yang tepat dalam kegiatan pembelajaran.
Buku dengan judul: “TEACHING FROM HOM: dari Belajar Merdeka menuju Merdeka Belajar” ditulis secara kolaborasi dengan pemikiran masing-masing penulis. Dalam buku ini dibahas, strategi, tantangan, harapan dari beberapa dosen serta aplikasi apa saja yang digunakan disaat mengajar dari rumah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menjelaskan “Merdeka Belajar” adalah kemerdekaan berpikir. Kampus/ Sekolah dipacu untuk melakukan proses adaptasi.
Ruang publik di era digital menyuguhkan nilai-nilai yang mencerminkan ... Tidak dapat dielakkan bahwasanya pembelajaran dalam jaringan “daring” mulai banyak ...
Konsep “Merdeka Belajar” yang diarahkan oleh Pemerintah bukan hanya tantangan bagi para profesi bidang pendidikan tetapi juga para orangtua yang kebanyakan belum mampu menyiapkan lingkungan belajar di rumah relatif sama dengan di sekolah dan selain juga harus menyiapkan kuota internet yang cukup besar agar dapat mengakses video keterampilan gerak sebagai materi ajar pendidikan yang akan dipelajari di rumah. Terobosan yang banyak disarankan melalui berbagai metode belajar daring (dalam jaringan) atau secara digital (online) di tengah badai Covid-19. Upaya untuk mempertahankan kualitas pendidikan yang diukur dari tingkat capaian hasil belajar di tengah Pandemi Covid-19 tentu menjadi target dari para penulis Bunga Rampai ini yang dijabarkan dalam berbagai topik sebagaimana tututan kurikulum Merdeka Belajar di sekolah dimana ada tiga klasifikasi yang menjadi target hasil belajar yaitu domain kognitif (pengetahuan), psikomotor (keterampilan/skill) dan afektif (pembentukan kharakter). Ketiga domain ini saling terkait untuk mewujudkan capaian hasil belajar. Secara garis besar ukuran yang dapat digunakan dari tiga domain tersebut adalah meningkatnya pengetahuan murid melalui apa yang dipelajari. Hal ini tidak luput dari pemikiran penulis untuk membahasnya sehingga buku Bunga Rampai menjadi menarik bagi setiap pembaca.
juga dibekali pengetahuan yang luas terhadap model pembelajaran kampus merdeka, ... Termasuk juga pada era digital saat ini dibutuhkan sarana penunjang ...