Sebanyak 2257 item atau buku ditemukan

Evaluasi Kurikulum Pascasarjana PTKIN di Era Revolusi Industri 4.0 (Teori dan Implementasinya)

Pendidikan diharapkan dapat memberikan kontribusi yang riil dalam kehidupan di masyarakat, kurikulum sebagai pedoman penyelenggaraan Pendidikan, sudah barang tentu perlu dilakukan pembenahan pembenahan sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman, apalagi kurikulum Pendidikan Tinggi sebagai ujung tombak pengembangan Pendidikan Nasional. Di era revolusi industri sekarang ini, semua lini haris massif dengan teknologi. Kemajuan teknologi yang terus pesat ini merupakan salah satu tuntutan agar dunia Pendidikan juga mengikuti perkembangannya. Pendidikan akan melemah bahkan tidak berdaya jika tanpa diiringi oleh kemajuan teknologi. Dari situlah kurikulum Pascasarjana pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam baik negeri maupun swasta (PTKIN/PTKIS ) harus dilakukan evaluasi secara berkala, agar mampu menyesuaikan dengan kondisi zaman dengan tuntutan teknologi.

studi d) Mewujudkan pengelolaan program pendidikan agama Islam yang baik 3) Tujuan a) Menghasilkan magister pendidikan ... inklusif integratif. c) Pengembang/desainer pembelajaran PAI berwawasan inklusif integratif. d) Konsultan PAI d.

Strategi Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani

Buku ini mengulas tentang bagaimana memberikan pendidikan karakter kepada peserta didik dalam bidang pendidikan jasmani mulai dari strategi sampai dengan implementasinya. Penulisan buku ini menggunakan metode studi kasus penelitian secara langsung di sekolah. Pendidikan karakter menjadi hal yang penting dalam dunia pendidikan nasionl. Sesuai dengan Peraturan Presiden No 87 Tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter merupakan tanggungjawab satuan pendidikan. Penguatan pendidikan karakter tidak akan berjalan dengan secara efektif tanpa adanya strategi implementasi yang baik. Implementasi penguatan pendidikan karakter dipengaruhi oleh manajemen strategi baik itu perencanaan strategi pelaksanaan strategi dan evaluasi strategi. Sekolah merupakan tempat strategis dalam pengembangan penguatan pendidikan karakter. Implementasi penguatan pendidikan karakter budaya sekolah dan basis kelas diharapkan dapat menjadikan pelajar memiliki nilai-nilai karakter yang baik.

Astutik, Pipit Pudji. 2017. “Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Dan Higer Order Thinking Skills (HOTS) Dalam Pembelajaran Tematik SD.” Bahri, Samsul. 2019. “Urgensi Strategi Pembelajaran Karakter Pada Anak Usia Dini.

Teori dan Aplikasi Pembelajaran IPA SD/MI

Belajar merupakan usaha seseorang untuk membangun pengetahuan dalam dirinya. Dalam proses belajar terjadi perubahan atau peningkatan dari segi kemampuan, pengetahuan dan keterampilan siswa baik dari segi kognitif, afektif maupun psikomotor. Pendidikan harus diupayakan dengan sebaik-baiknya di semua jenjang termasuk pada jenjang Sekolah Dasar. Guru sebagai pendidik dan pengajar harus mengetahui dan memahami hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk melakukan proses pembelajaran yang efektif bagi siswa. Pada usia Sekolah Dasar, siswa masih berpikir secara konkrit, artinya belum dapat berpikir secara abstrak. Oleh karena itu, guru harus pandaipandai menyajikan materi sesuai dengan karakteristik dan tugas perkembangan siswa Sekolah Dasar. Hal ini menjadi tugas guru untuk merencanakan pembelajaran yang efektif bagi siswa Sekolah Dasar termasuk dalam pembelajaran IPA.

2010. Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara. Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini ...

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DALAM PROSES PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL STANDAR PAUD

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DALAM PROSES PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL STANDAR PAUD Penulis : Siti Rosmayati, M.M. Arman Maulana, M.M. Prof. Dr. H. Sofyan Sauri Dr. H. Ujang Cepi Barlian Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-319-214-9 Terbit : Januari 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Pengelolaan pembelajaran dalam proses pengembangan sosial emosional PAUD Az-Zahra Islamic Preschool Cicalengka Kabupaten Bandung sudah dilakukan guru dengan baik seuai dengan indikator walaupun masih ada dua indikator yang belum dilaksanakan, keberhasilan guru dapat dilihat dari tingkat pencapaian perkembangan sosial emosional anak yang sudah baik. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DALAM PROSES PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL STANDAR PAUD Penulis : Siti Rosmayati, M.M. Arman Maulana, M.M. Prof.

Manajemen Madrasah: Teori, Riset dan Praktik

Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang memiliki sejarah panjang dan berdiri pada teritorial yang sangat panjang dari Afrika, sampai Asia. Penamaannya juga bervariasi jenjang. Ada yang menyebut madrasah sebagai bentuk pendidikan dasar dan menengah dan adapula yang menyebut bentuk pendidikan tinggi. Disamping itu madrasah memiliki keunikan di masing-masing negara, tetapi yang hampir mirip di semua negara tersebut, madrasah menerima siswa dari orang tua dengan golongan ekonomi yang rendah dan perhatian pemerintah sangat kecil. Buku ini disusun berdasar teori, riset dan praktek pengelolaan madrasah yang berupaya memberi wawasan dan wacana baru dalam mewujudkan madrasah yang sesuai perkembangan jaman sekaligus tidak meninggalkan misi sucinya dalam mendidik generasi muda yang tafaqquh fiddin. Cakupan buku ini dari yang besifat kajian historis, sosiologis, dan manajemen tentang madrasah baik internasional, regional, nasional maupun local sehingga bisa menambah penguatan bagi optimisme pengembangan madrasah. Buku ini berisi tentang Madrasah Around The World, Pendidikan Dan Madrasah Di Indonesia, Madrasah Dalam Perspektif Kelembagaan, Manajemen Kesiswaan Madrasah, Pengembangan Kurikulum Madrasah, Pengembangan Sumber Daya Manusia Madrasah, Manajemen Sarana Prasarana Madrasah, Manajemen Pembiayaan Pendidikan, serta Manajemen Website dan Media Sosial.

Kriteria Ruang Laboratorium Sesuai Jenjang Pendidikan MI/SD MTs/SMP - Rasio laboratorium minimum komputer luas ruang 2 m2/peserta didik. Luas minimum ruang laboratorium komputer 30 m2. Lebar laboratorium minimum IPA ruang 5 m.

MEMBANGUN PONDOK PESANTREN, MEMBANGUN GENERASI KHAIRA UMMAH Pendekatan Manajemen & Tata Kelola

Buku ini memuat berbagai hal yang (barangkali) perlu dipertimbangkan dalam membangun sebuah pondok pesantren. Sebagaimana kita ketahui, saat ini minat masyarakat untuk menyekolahkan anak-anak mereka ke pondok pesantren cukup tinggi. Karena itu, pembangunan dan pengembangan pondok pesantren perlu ditingkatkan dalam merespon setiap tantangan yang ada.

Tampaknya pola konvergensi inilah yang banyak dilakukan pesantren terakhir ini, lain menyelenggarakan pendidikan MI/SD Pesantren, Mts/SMP, MA/SMU/SMK, yang mana kurikulum pendidikannya mengacu sekolah/madrasah oleh pemerintah, ...

Ikatan Filantropi yang Efektif Di Lembaga Zakat Perspektif Manajemen SDM

Judul : Ikatan Filantropi yang Efektif Di Lembaga Zakat Perspektif Manajemen SDM Penulis : Dr. H. Kuntarno Noor Aflah, MA. Ukuran : 15,5 cm x 23 cm Tebal : 152 Halaman No ISBN : 978-623-5314-93-8 Tahun Terbit : Juli 2022 Sinopsis Hubungan batiniyah antara amil satu dengan amil yang lainnya di lembaga zakat perlu terjalin dengan kuat dan efektif. Ikatan batin tersebut harus berlandaskan cinta kasih antar sesama, didorong oleh ego dan emosional yang kuat, didasari oleh kepercayaan, didukung oleh kerjasama, yang pada gilirannya berpotensi meningkatkan kinerja organisasi pengelola zakat. Seorang pimpinan di lembaga zakat harus memfasilitasi kegiatan berbagi pengetahuan di lembaga zakat. Amil didorong untuk saling berbagi ilmu tentang zis, melalui diskusi antar amil, kajian rutin, brain storming, ceramah dewan syariah dan training internal amil, diskusi untuk mendalami dan memahami regulasi zakat, belajar besama memahami akuntansi syariah, manajemen syariah, serta ekonomi syariah. Dengan begitu maka dapat menambah dan memperluas pengetahuan dan keahliannya sehingga amil semakin terampil serta kapasitasnya bertambah. Seorang manajer dapat menciptakan suasana silaturrahmi, koordinasi intensif para amil di bagiannya atau lintas bagian, meningkatkan dan menjaga minat belajar, saling terbuka bersedia memberikan data dan informasi yang diperlukan rekan kerja, mau berbagi pengalaman pribadinya sehingga tercipta suasana kerja yang dibangun berdasarkan nilai-nilai ibadah dan ketataan kepada Allah SWT. Jika hal demikian dilaksanakan dengan baik maka dapat terwujud efektivitas ikatan batiniyah sesama amil. Sehingga mereka tidak egois. Mereka memandang orang lain seperti dirinya sendiri, saling mencintai tanpa melihat jabatan atau posisinya, memiliki tujuan bersama untuk menegakkan syariat zakat, tidak mengharap imbalan atas apa yang diberikan. Dengan demikian aktivitas berbagi pengetahuan akan terus tercipta dengan lingkungan yang menyenangkan, bersahabat, tidak kaku, antar amil tercipta efektiktifitas hubungan batin. Buku ini merupakan hasil penelitian dalam rangka untuk mengembangkan ilmu pengetahuan serta praktik manajemen SDM, khususnya di lembaga zakat. Buku ini sangat tepat dijadikan rujukan bagi amil di lembaga zakat, pemerhati zakat, dosen, mahasiswa, dan masyarakat umum yang memiliki concern di bilang manajemen SDM dan pengelolaan dana zakat, infak, sedekah dan wakaf.

Menamatkan pendidikan dasar di SDN Kaliwungu 03 Kudus. Kemudian nyantri di Madrasah Qudsiyyah Kudus dari MI sd MA selama 10 tahun. Tamat MA tahun 1995. Melanjutkan studi sarjana dan magister di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (S1 ...

MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MEMUTUS MATA RANTAI PENYEBARAN COVID-19

(Studi pada Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah IAILM Suryalaya KOPERTAIS Wilayah II Jawa Barat)

Pembelajaran sebagai suatu proses berlangsung secara dinamis karena berbagai situasi dan kondisi yang berubah-ubah dan dapat berpengaruh pada kualitas pembelajaran yang dilaksanakan. Tentunya dinamika pembelajaran yang kompleks juga memberikan dampak besar terhadap kemampuan peserta didik dalam capaian hasil pembelajaran. Sistem manajemen pembelajaran daring, merupakan suatu manajemen pembelajaran yang disiapkan untuk siswa/mahasiswa dan guru/dosen dalam melakukan pembelajaran melalui perangkat lunak. Dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari kebijkan pemerintah. Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan, dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) poin ke 2 yaitu proses belajar dari rumah. Konsekuensi dari kebijakan tersebut berimplikasi pada setiap Institusi pendidikan, tidak terkecuali pada Perguruan Tinggi termasuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS), harus melaksakan proses belajar dari rumah dengan media internet Daring. Penelitian ini, bertujuan untuk membahas tentang korelasi antara “Manajemen Pembelajaran Daring Dalam Upaya Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19. pada PTKIS di lingkungan KOPERTAIS Wilayah II Jawa Barat. Sesederhana apapun penelitian yang telah dilakukan, dan sekecil apapun temuanya. Hasil penelitian ini menjadi sumbangan yang sangat bermakna untuk dua hal tersebut. Kesadaran dan inspirasi untuk solusi adalah bagian dari rekomendasi untuk pengembangan selanjutnya.

Pembelajaran sebagai suatu proses berlangsung secara dinamis karena berbagai situasi dan kondisi yang berubah-ubah dan dapat berpengaruh pada kualitas pembelajaran yang dilaksanakan.

Aplikasi Komputer Bisnis Ms. Excel

Jika pekerjaan atau aktifitas sehari-hari anda berkaitan dengan keuangan, maka excel akan banyak membantu mempermudah kehidupan anda. Fungsi atau kegunaan microsoft excel dalam pekerjaan sehari-hari antara lain: 1. Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data. 2. Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika. 3. Membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika. 4. Membuat berbagai macam grafik dan diagram 5. Membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun laporan keuangan. 6. Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dan lain-lain. 7. Melakukan analisa serta riset harga.

Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data. 2. Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika. 3. Membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika. 4. Membuat berbagai macam grafik dan diagram 5.