Sebanyak 1402 item atau buku ditemukan

KEWIRAUSAHAAN BIDANG PENDIDIKAN MATEMATIKA

Penulis : Nur Rahmah Ukuran : 14,5 cm x 21 cm Tebal : 135 Halaman ISBN : 978-623-79439-5-2 blurb : Kewirausahaan Bidang Pendidikan Matematika Buku ini terbit untuk membantu mahasiswa dalam memahami karakteristik kewirausahaan dalam bidang pendidikan matematika, nilai-nilai dan perilaku kewirausahaan, berbagai teori tentang kewirausahaan, kreativitas dalam bidang pendidikan matematika, inovasi, faktor-faktor pemicu kewirusahaan, dan kompetensi kewirausahaan. Calon guru/pendidik matematika tidak hanya memiliki kompetensi pedagogik namun memiliki jiwa wirausaha dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran matematika. Perangkat pembelajaran dalam hal ini media belajar peserta didik dapat dipersiapkan sejak sebelum mengajar dan juga dapat menjadi salah satu sarana usaha dalam meningkatkan ekonomi di bidang pendidikan matematika tingkat sekolah menengah.

Penulis : Nur Rahmah Ukuran : 14,5 cm x 21 cm Tebal : 135 Halaman ISBN : 978-623-79439-5-2 blurb : Kewirausahaan Bidang Pendidikan Matematika Buku ini terbit untuk membantu mahasiswa dalam memahami karakteristik kewirausahaan dalam bidang ...

ISLAMIC PARENTING IN DISRUPTION ERA Konsep Pendidikan Anak Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad SAW. Di Era Disrupsi

Judul : ISLAMIC PARENTING IN DISRUPTION ERA Konsep Pendidikan Anak Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad SAW. Di Era Disrupsi Penulis : Nuri Firdausiatul Jannah Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 85 Halaman ISBN : 978-623-68729-8-7 Didalam buku ini dijelaskan secara terperinci apa itu pendidikan, apa itu era disrupsi, konsep-konsep pendidikan, metode pendidikan, globalisasi dan era disrupsi serta bagaimana pendidikan yang ada dimasa Nabi Muhammad SAW dan para Sahabatnya. Buku ini ditujukan khusus kepada pendidik dan orang tua yang mana pendidik dan orang tua harus lebih kreatif, inovativ, serta terampil dalam mendidik anak sesuai zamannya. Disini dipaparkan beberapa cara-cara mudah dalam mendidik anak misalnya menggunakan gadget yang sudah tidak asing lagi kita saksikan pada era disrupsi saat ini, serta beberapa media pembelajarang yang dikemas berbentuk mainan yang dapat memudahkan pendidikan diera disrupsi. Tujuan dari pendidikan bukan hanya sekedar mencapai angka ataupun nilai, akan tetapi yang terpenting adalah mencapai kebahagiaan dan membasmi kedunguan. Untuk itu proses belajar mengajar haruslah dikemas semenarik mungkin dan menyenangkan. Disinilah peran guru dan orang tua untuk memainkan peran yang strategis . Karena itu, setiap pendidik ataupun orang tua mempersiapkan cara bagaimana cara untuk membuat pendidikan yang diberikan menjadi menarik dan mudah dicerna oleh para peserta didik.

Di Era Disrupsi Penulis : Nuri Firdausiatul Jannah Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 85 Halaman ISBN : 978-623-68729-8-7 Didalam buku ini dijelaskan secara terperinci apa itu pendidikan, apa itu era disrupsi, konsep-konsep pendidikan, metode ...

Modul Pembelajaran Karakter Seni Reyog Ponorogo

Modul Pembelajaran Karakter Seni Reyog Ponorogo ini merupakan salah satu luaran Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi Ristek Dikti Tahun Anggaran 2019 dengan judul Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Seni Reyog Ponorogo. Modul ini sangat penting kehadirannya sebagai dasar pembelajaran Reyog Ponorogo dalam bidang seni pertunjukan maupun penanaman nilai-nilai karakter yang terkandung di dalamnya di sekolah dan pesantren obyek penelitian, yakni SMPN 1 Ponorogo, SMPN 2 Ponorogo, SMPN 3 Ponorogo, SMPN 4 Ponorogo, SMPN 5 Ponorogo, SMPN 6 Ponorogo, SMA MUhammadiyah 1 Ponorogo, MI MUuhammadiyah 09 Beton Siman Ponorogo, SMPN 1 Jetis Ponorogo, Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, Pondok Modern Arrisalah Selahung Ponorogo, dan Pondok Modern Walisongo Ngabar Ponorogo. Madul ini pada awalnya dipergunakan sebagai dasar pijak Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi Tahun ke 2 Ristek Dikti Tahun Anggaran 2020 tindak lanjut dari penelitian tahun ke 1, yakni penerapan model penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada grup-grup Reyog di sekolah. Namun demikian, dalam posisi pengembangan dan perbaikan, modul ini juga diharapkan bisa dipergunakan sebagai salah satu dasar pembelajaran karakter seni Reyog Ponorogo, terutama di kalangan Konco Reyog Santri atau Varian Reyog Santri.

Modul Pembelajaran Karakter Seni Reyog Ponorogo ini merupakan salah satu luaran Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi Ristek Dikti Tahun Anggaran 2019 dengan judul Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Seni Reyog ...

Pembelajaran Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter (character education) sangat erat hubungannya dengan pendidikan moral dimana tujuannya adalah untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus-menerus guna penyempurnaan diri kearah hidup yang lebih baik. Pendidikan karakter menekankan pada suatu nilai moral yang universal yang bisa diterima baik oleh berbagai kalangan di seluruh kelompok sosial. Pendidikan karakter berfokus bukan lagi pada sesuatu yang salah dan benar saja tapi sudah pada tingkat baik dan buruk hal yang diajarkan. Tujuan dari pendidikan karakter ini ialah mencetak Individu yang berkarakter. Pendidikan karakter juga berfungsi megembangkan peradaban manusia yang baik di dalam pergaulan dunia. Lebih jelasnya lagi, di dalam buku ini telah mengulas mulai dari hakikat pendidikan karakter, bentuk nilai-nilai karakter bangsa, hinga manfaat pendidikan karakter di era sekarang.

Pendidikan karakter (character education) sangat erat hubungannya dengan pendidikan moral dimana tujuannya adalah untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus-menerus guna penyempurnaan diri kearah hidup yang lebih baik.

Mendidik Anak Dalam Kandungan

Ubes Nur Islam. yang diakui sebagai manusia sejati dalam pandangan umum , yaitu kelahiran dirinya yang dilingkupi oleh batasbatas zaman dan ruang , dan saat ini ia disebut sebagai bayi . Detik - detik menjelang kelahirannya , sang bayi ...

Mendidik Anak Pra Aqil Baligh

Buku ini menjelaskan tentang pentingnya pendidikan fase pra aqil baligh sebagai masa pembentukan segala aspek penting menjadi hamba Allah yang mukallaf. Bekal hidup sebagai manusia dewasa yang mampu masuk dalam lingkungan sosial yang lebih besar dan memberi kemanfaatan bagi orang lain. Dalam Islam hanya dikenal dua fase perkembangan, fase pra aqil baligh dan aqil baligh. Ketika seorang anak telah memasuki usia baligh, berapa pun usianya, anak tersebut telah dikenai tanggung jawab seperti orang dewasa tanpa beda sama sekali. Dalam pandangan Islam setiap anak manusia diciptakan sesuai fitrah Islam. Tapi kenapa kemudian ada anak yang tumbuh sesuai harapan ada juga yang tidak? Karena fitrah ini bisa redup sesuai dengan kondisi lingkungannya. Lingkungan terdekat yang paling besar pengaruhnya pada anak adalah rumah, dan orangtua punya tanggung jawab dan berperan besar untuk mengarahkan anak berkembang sesuai fitrahnya. Buku Mendidik Anak Pra Aqil Baligh disajikan dengan contoh penyimpangan sosial yang meresahkan masyarakat untuk membuka wawasan berfikir orangtua agar lebih waspada dan sadar untuk senantiasa membersamai anak, membekali anak dengan akidah dan pendidikan yang cukup. Buku ini juga disajikan dengan contoh tokoh-tokoh terkenal yang sudah memberikan kontribusi pada ummat saat usianya masih muda.

Buku Mendidik Anak Pra Aqil Baligh disajikan dengan contoh penyimpangan sosial yang meresahkan masyarakat untuk membuka wawasan berfikir orangtua agar lebih waspada dan sadar untuk senantiasa membersamai anak, membekali anak dengan akidah ...

PERAN ORANG TUA ASUH DALAM MENDIDIK KEPRIBADIAN ANAK

PERAN ORANG TUA ASUH DALAM MENDIDIK KEPRIBADIAN ANAK

peran penting orang tua asuh untuk memenuhui hak - hak anak yang kurang beruntung yang tinggal dibawah perlindungan lembaga kesejahteraan ... Menurut Pandangan Islam Menurut pandangan Islam orang tua asuh memiliki kedudukan yang mulia .

ParenTeam : Bersinergi Mendidik Anak

Pendidikan merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia. Tanpa pendidikan kehidupan akan berjalan dengan penuh ketidak teraturan. “Barangsiapa yang hendak menginginkan dunia, maka hendaklah ia menguasai ilmu. Barangsiapa menginginkan akhirat, hendaklah ia menguasai ilmu. Dan barang siapa yang menginginkan keduanya (dunia dan akhirat), hendaklah ia menguasai ilmu.” (HR. Ahmad) Anak merupakan tonggak peradaban, karena darinya akan lahir pemimpin-pemimpin besar. Maka diperlukan pendidik yang menguasai ilmu, terutama ilmu dalam pendidikan anak. Madrasah pertama bagi anak adalah ibunya, menjadi kewajiban seorang ibu untuk terus belajar dan mencari ilmu agar dapat diwariskan kepada anak. ” Jadilah pendidik yang penyantun, ahli fikih, dan ulama. Disebut pendidik apabila seseorang mendidik manudia dengan memberikan ilmu sedikit-sedikit yang lama-lama menjadi banyak.” (HR. Bukhari) “Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah (suci). Kemudian kedua orang tunyalah yang akan menjadikan anak itu menjadi Yahudi, Nasrani, atau Majusi sebagaimana binatang ternak yang melahirkan binatang ternak dengan sempurna. Apakah kalian melihat ada cacat padanya?” (HR. Bukhari) Dalam mendidik anak, tentunya ada aturan-aturan yang dijalankan. Karena mendidik anak bukanlah sebuah proses yang asal bongkar sana tempel sini lalu jadi. Mendidik anak adalah proses seumur hidup yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya menurut aturan Islam. Mendidik anak juga sangat membutuhkan sinergi dari kedua orang tua dan lingkungan sekitar. Tanpa sinergi antara semuanya, anak hanya akan tumbuh menjadi pribadi yang buruk dan tidak berkarakter. Buku ini hadir untuk para orang tua dan juga calon orang tua untuk menjadi pedoman dalam mendidik anak. Bahwa mendidik anak tidak bisa dengan cara mendadak. Diperlukan persiapan yang matang agar anak tumbuh menjadi pribadi yang baik dan Bahagia.

Pendidikan merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia.

INSTRUMEN EVALUASI MAGANG

... menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, ... berfungsi untuk meningkatkan martabat dan peran guru sebagai agen pembelajaran berfungsi untuk meningkatkan mutu ...