Sebanyak 100 item atau buku ditemukan

KAPITA SELEKTA METODOLOGI PENELITIAN

Buku metodologi penelitian merupakan buku wajib bagi dosen, mahasiswadan praktisi. Terutama bagi mahasiswa semester akhir mulai sarjana (S1), master (S2), hingga doktor (S3). Mempelajari metodologi penelitian ini sangatlah perlu. Tidak terkecuali dosen pembimbing skripsi, tesis maupun disertasi. Memang setiap penelitian memiliki karakteristik tersendiri. Tergantung pendekatan kuantitatif atau kualitatif. Tetapi secara substansial kaidah-kaidah utamanya sama. Semua penelitian dapat dipastikan akan selalu melewati ‘jembatan’ prosedur ilmiah dan metode ilmiah. Buku ini awalnya merupakan dokumen pribadi editor yang mengoleksi tulisan-tulisan dari para tutor yang memberikan materi pelatihan/penataran Dasar-dasar Metodologi Penelitian bagi para dosen tetap di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Walaupun sudah lama, tetapi orisinalitas artikelnya tetap penting, aktual untuk dipelajari, tidak ‘lapuk’ dilindas zaman. semoga bermanfaat bagi generasi muda masa kini, era milenial hingga masa mendatang. Walaupun sudah ada digitalisasi software statistik, hingga kini belum ada yang bisa merubah konsep-rumus asalnya. Tetap mahasiswa perlu memahami metode penelitian dan olah data statistik secara manual-konseptual sekaligus teori untuk tafsir, analisis serta pemaknaan hasil riset.

Buku metodologi penelitian merupakan buku wajib bagi dosen, mahasiswadan praktisi.

MANAJEMEN DETEKSI DINI ANAK BALITA

buku ini berisikan tentang bagaimana manajemen untuk mendeteksi secara dini terkait perkembangan anak balita

buku ini berisikan tentang bagaimana manajemen untuk mendeteksi secara dini terkait perkembangan anak balita

Pengembangan Metode Diagnostik Cepat Laboratorium untuk Identifikasi Penyebab Difteri

Aplikasi PCR Multipleks untuk Identifikasi Cepat Penyebab Difteri

Buku ini berisi tentang gambaran uji coba PCR multipleks yang dikembangkan oleh peneliti di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan untuk identifikasi penyebab difteri secara cepat dan akurat. Hal ini penting disampaikan karena sampai dengan saat ini pemeriksaan laboratorium masih menjadi salah satu kendala dalam penatalaksanaan kasus dan pengendalian KLB difteri, khususnya di Indonesia. Jarangnya kasus difteri berimplikasi pada terbatasnya laboratorium klinik yang siap melakukan pemeriksaan sampel secara rutin. Selain itu, lamanya mendapatkan hasil pemeriksaan menggunakan metode konvensional sebagai gold standard seringkali menjadi kendala di lapangan. Oleh karena itu, buku ini mencoba menyajikan beberapa keunggulan dari pemeriksaan laboratorium difteri menggunakan teknik PCR multipleks dibandingkan dengan metode lain. Inti dari buku ini disajikan pada Bab IV dan V tentang hasil penelitian dan pembahasan. Sebagai tambahan, konsep umum atau tinjauan pustaka disajikan pada Bab II untuk memudahkan para pembaca memahami apa yang disampaikan pada Bab IV dan V.

Kelompok risiko terserang difteri adalah anak-anak dan orang lanjut usia, tapi
pada era vaksinasi seperti saat ini terjadi perubahan epidemiologi yang ditandai
dengan banyaknya kasus pada orang dewasa. Selain pada saluran napas atas ...

Desain dan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan salah satu pelajaran yang terintegrasi serta tidak terpisahkan dari sistem pendidikan nasional secara keseluruhan. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan tidak hanya mengembangkan aspek kebugaran jasmani dan kecerdasan kinestetik semata, namun juga melibatkan keterampilan sosial, emosional, dan spasial. Karena itu Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan harus direncanakan sedemikian rupa agar tujuan pembelajarannya bisa tercapai dengan efektif. Buku ini berisi petunjuk praktis perancangan dan implementasi Desain dan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk siswa jenjang Sekolah Menengah Pertama.

Buku ini berisi petunjuk praktis perancangan dan implementasi Desain dan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk siswa jenjang Sekolah Menengah Pertama.

Media Pembelajaran Bola Kupinkhiu

Meningkatkan Hasil Belajar dengan Pendekatan Saintifik

Berdasarkan pengamatan peneliti, kenyataan di lapangan tidak dapat di pungkiri bahwa pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani termasuk materi tidak digemari peserta didik, apabila guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan mengajar dengan metode dan pendekatan yang monoton dan kurang bervariasi, maka peserta didik akan cepat jemu dan enggan beraktivitas secara maksimal. Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) harus lebih kreatif dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran. Guru harus lebih dapat melihat karakteristik peserta didik SMP, usia 13-15 tahun yang cenderung menyukai bentuk-bentuk permainan (game). Proses pembelajaran dibuat agar peserta didik tertarik dan menyenangkan, serta bersemangat dalam melakukan proses pembelajaran. Perasaan senang dan gembira akan muncul dalam diri peserta didik bila perta didik diajak bermain. Apabila perasaan senang dan suka telah muncul dalam diri masing-masing peserta didik, maka hal ini akan efektif untuk memacu semangat dalam pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani. Buku ini menjelaskan penggunaan Bola KUPINKHIU sebagai media pembelajaran PJOK. Berdasarkan penelitian dibuktikan bahwa Media Bola KUPINKHIU dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Buku ini menjelaskan penggunaan Bola KUPINKHIU sebagai media pembelajaran PJOK. Berdasarkan penelitian dibuktikan bahwa Media Bola KUPINKHIU dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Penulisan Karya Ilmiah

Karya ilmiah merupakan laporan tertulis yang diterbitkan dengan memaparkan hasil penelitian setelah melalui kaidah atau serangkaian metode keilmuan. Di lingkungan akademis karya ilmiah menjadi salah satu tugas wajib yang harus diselesaikan para mahasiswa di akhir masa studinya, baik dalam bentuk skripsi, tesis, maupun disertasi yang disesuaikan dengan tingkat pendidikannya. Sistematika penulisannya pun harus sistematis, logis, serta berdasarkan data-data yang teruji kebenarannya. Untuk itu, perlu adanya pedoman penulisan karya ilmiah yang dapat memudahkan para peneliti menyusun hasil penelitiannya. Buku Penulisan Karya Ilmiah hadir untuk memudahkan para peneliti dalam menyusun secara tepat bagaimana penulisan karya ilmiah yang benar.Mengawali pembahasan tentang hakikat karya ilmiah, buku ini menguraikan pula seputar kerangka penulisan karya ilmiah, teknik penulisan, bahasa dan tata penulisan, isi dan sistematika penulisan, hingga penjabaran terkait plagiarisme dan tindakan hukumnya.Tidak hanya itu, buku ini juga menguraikan sistematika penyusunan proposal penelitian yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian, seperti penelitian kuantitatif, kualitatif, dan sebagainya. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami, buku ini tepat dijadikan sebagai panduan bagi para mahasiswa atau peneliti yang akan menyusun karya ilmiah. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku Penulisan Karya Ilmiah hadir untuk memudahkan para peneliti dalam menyusun secara tepat bagaimana penulisan karya ilmiah yang benar.Mengawali pembahasan tentang hakikat karya ilmiah, buku ini menguraikan pula seputar kerangka penulisan ...

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM - untuk Perguruan Tinggi

Adapun tujuan penyusunan buku ini kegunaannya untuk memenuhi kewajiban sebagai dosen dalam pemberian materi kuliah supaya dapat tersedia buku acuannya, sehingga mahasiswa lebih memahami.

Adapun tujuan penyusunan buku ini kegunaannya untuk memenuhi kewajiban sebagai dosen dalam pemberian materi kuliah supaya dapat tersedia buku acuannya, sehingga mahasiswa lebih memahami.

Pendidikan Islam Dalam Lintasan Sejarah

Buku ini menguraikan, antara lain: pengertian dan metodologi sejarah pendidikan Islam, pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam, pendidikan Islam pada masa kejayaan, pendidikan Islam pada masa kemunduran, pendidikan Islam pada masa pembaruan, dan pendidikan Islam pada masa kebangkitannya. *** Persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia Group)

Buku ini menguraikan, antara lain: pengertian dan metodologi sejarah pendidikan Islam, pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam, pendidikan Islam pada masa kejayaan, pendidikan Islam pada masa kemunduran, pendidikan Islam pada masa ...

Terampil Bahasa Indonesia

Untuk Perguruan Tinggi

Buku ini terdiri dari sembilan bab. Pada Bab 1 bertema Hakikat Bahasa, Fungsi Bahasa, dan Sejarah Umum Bahasa indonesia, yang diuraikan menjadi tiga subbab yang terdiri dari Hakikat Bahasa, Fungsi Bahasa, dan Sejarah Umum Bahasa indonesia. Pada Bab 2 bertema Pungtuasi (Penulisan Huruf, Kata, dan Tanda Baca), yang diuraikan menjadi tiga subbab yang terdiri dari Penulisan Huruf, Penulisan Kata, dan Pemakaian Tanda Baca. Pada Bab 3 bertema Kalimat Efektif, yang diuraikan menjadi tiga subbab yang terdiri dari Kalimat Efektif, Persyaratan Kalimat Efektif, dan Kiat Penyusunan Kalimat Efektif. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini terdiri dari sembilan bab.