Sebanyak 203 item atau buku ditemukan

Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Aliyah Kelas X

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Aliyah (MA) khususnya untuk Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Aliyah Kelas X. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah. Dengan mempelajari SKI kita dapat mengambil hikmah dari kejadian-kejadian di masa lalu sejak zaman Nabi Muhammad Saw., Khulafaur Rasyidin, dan tokoh-tokoh muslim lainnya. Dalam buku ini, materi yang dibahas tentang masyarakat Makkah sebelum kedatangan Islam, dakwah Rasulullah Saw. di Makkah dan Madinah, Fathu Makkah, Khulafaur Rasyidin, serta Dinasti Umayyah di Damaskus dan Andalusia. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan Tilawātul Qur’an, Peta Konsep, Tokoh, Mutiara Hadis, Kisah Teladan, Khazanah, Kilas Bahasa, Tugas, Kegiatan, Tafakur, Refleksi Diri, dan Proyek, yang dapat memperkaya wawasan siswa.

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Aliyah (MA) khususnya untuk Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Aliyah Kelas X. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 ...

Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Tsanawiyah Kelas VII

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), khususnya untuk Mata Pelajaran Sejarah Kebudayan Islam Madrasah Tsanawiyah Kelas VII. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah. Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di Madrasah Tsanawiyah (MTs). Dengan mempelajari SKI kita akan mengetahui berbagai kisah masa lalu tentang masyarakat, peradaban, dan kebudayaan Islam sejak zaman Nabi Muhammad Saw., Khulafaur Rasyidin, dinasti-dinasti yang berkuasa setelahnya sampai zaman modern. Dalam buku ini, materi yang dibahas tentang strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Makkah dan Madinah; Perkembangan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin dan pada masa Dinasti Umayyah. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan Tilawātul Qur’an, Peta Konsep, Tokoh, Mutiara Hadis, Kisah Teladan, Khazanah, Tugas, Kegiatan, Tafakur, Refleksi Diri, dan Proyek, yang dapat memperkaya wawasan siswa.

1.6 Menghayati kewajiban umat Islam untuk mengembangkan peradaban. 2.6 Menjalankan sikap dinamis demi kemajuan peradaban umat Islam. 3.6 Menganalisis perkembangan peradaban Islam pada masa Daulah Umayyah. 4.6 Menyajikan fakta kemajuan ...

Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Tsanawiyah Kelas IX

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), khususnya untuk Mata Pelajaran Sejarah Kebudayan Islam Madrasah Tsanawiyah Kelas IX. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah. Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di Madrasah Tsanawiyah (MTs). Dengan mempelajari SKI kita akan mengetahui berbagai kisah masa lalu tentang masyarakat, peradaban, dan kebudayaan Islam sejak zaman Nabi Muhammad Saw., Khulafaur Rasyidin, dinasti-dinasti yang berkuasa setelahnya sampai zaman modern. Dalam buku ini, materi yang dibahas tentang masuknya Islam ke Indonesia, kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia, peran pesantren dalam Dakwah Islam di Indonesia, tradisi dan budaya Islam Nusantara, tokoh-tokoh penyebar Islam di Indonesia. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan Tilawātul Qur’an, Peta Konsep, Tokoh, Mutiara Hadis, Kisah Teladan, Khazanah, Tugas, Kegiatan, Tafakur, Refleksi Diri, dan Proyek, yang dapat memperkaya wawasan siswa.

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), khususnya untuk Mata Pelajaran Sejarah Kebudayan Islam Madrasah Tsanawiyah Kelas IX. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun ...

Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi

Buku ini bermanfaat bagi siapa saja yang sedang meneliti karena pada Bab 1 dan 2 khusus memaparkan kajian epistemologi penelitian. Secara khusus, buku ini ditunjukkan untuk mahasiswa/peminat komunikasi. Sesuai dengan judul, Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi, buku ini memfokuskan kepada paradigma dan model penelitian komunikasi yang diawali dengan paparan perencanaan dan tahapan penelitian komunikasi pada bab 3 dan perspektif komunikasi menurut Fisher dipaparkan pada Bab 4. Dan dalam menentukan metode penelitian komunikasi, mengingat penelitan komunikasi termasuk penelitian sosial maka semua metode penelitian sosial dapat dijadikan metode penelitian komunikasi. Pada Bab 5 dibahas persepsi ahli yang berbeda-beda dalam menentukan ragam metode penelitian. Bagi mahasiswa yang diarahkan menggunakan analisis statistik dalam menulis karya ilmiah, penulis juga membahasnya pada Bab 6, 7, dan 8. Terakhir, pada lampiran disajikan berbagai format penelitian dan dilengkapi dengan daftar istilah metodologi penelitian.

Sesuai dengan judul, Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi, buku ini memfokuskan kepada paradigma dan model penelitian komunikasi yang diawali dengan paparan perencanaan dan tahapan penelitian komunikasi pada bab 3 dan perspektif ...

Memacu Kreativitas Melalui Bermain

Setiap orang dewasa memerlukan berbagai aktivitas seperti bekerja, belajar, dan sejenisnya untuk terus meningkatkan kemampuannya. Berbeda dengan anak usia dini yang meningkatkan kemampuannya dengan cara bermain dan berkreativitas. Oleh karena itu, kreativitas anak usia dini harus ditingkatkan dengan berbagai cara. Akan tetapi, sebagian besar orangtua masih ada yang menganggap bahwa kemampuan kognitif atau hasil nilai lebih penting daripada kreativitas. Padahal, kemampuan kreativitas anak yang dimunculkan dan dirangsang sejak dini dapat menimbulkan berbagai kemampuan baru dari seorang anak. Contohnya seperti meningkatkan keuletan, kesabaran, kemampuan dalam memecahkan masalah, kemampuan untuk menghargai perbedaan, kemampuan untuk menerima perasaan diri sendiri dan orang lain, dan masih banyak hal penting lainnya. Buku Memacu Kreativitas Melalui Bermain: Pembelajaran Anak Usia Dini hadir untuk memaparkan cara pendidik dalam memunculkan dan meningkatkan kreativitas anak, memahami bagaimana cara memotivasi diri (pendidik) dan anak, serta mengondisikan lingkungan pembelajaran agar merangsang kreativitas anak.

Buku Memacu Kreativitas Melalui Bermain: Pembelajaran Anak Usia Dini hadir untuk memaparkan cara pendidik dalam memunculkan dan meningkatkan kreativitas anak, memahami bagaimana cara memotivasi diri (pendidik) dan anak, serta mengondisikan ...

Manajemen Risiko Keuangan Syariah

Manajemen risiko merupakan disiplin ilmu yang berhubungan dengan proses untuk mengelola risiko perusahaan dengan tujuan untuk mencapai maksimasi nilai badan usaha dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para pemegang sahamnya melalui pengelolaan risiko dalam kondisi ketidakpastian. Secara umum, apa pun jenis perusahaannya elemen kunci manajemen risikonya akan sama meliputi: identifikasi dan penilaian risiko; pengembangan respons risiko; implementasi strategi pengendalian risiko dan mekanisme pengendalian terkait; tinjauan eksposur risiko. Buku ini secara umum penjelasannya dibagi menjadi: manajemen risiko keuangan; ruang lingkup keuangan syariah; peran akad dalam identifikasi risiko; manajemen risiko menurut Basel dan IFSB, dan bagaimana risiko kredit, risiko pasar dan risiko likuiditas dalam keuangan Islam. Buku ini ditulis dalam 15 bab yang diharapkan bisa digunakan para pembelajar sebagai bahan perkuliahan pada jenjang sarjana pada bidang manajemen keuangan.

Buku ini secara umum penjelasannya dibagi menjadi: manajemen risiko keuangan; ruang lingkup keuangan syariah; peran akad dalam identifikasi risiko; manajemen risiko menurut Basel dan IFSB, dan bagaimana risiko kredit, risiko pasar dan ...

Akidah Akhlak Madrasah Aliyah Kelas X

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Aliyah (MA) khususnya untuk Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Aliyah Kelas X. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah. Buku ini menyajikan materi tentang sifat tercela (ḥubbud-dunya, ḥasad, ‘ujub, sombong, dan riya'), sifat-sifat Allah Swt., hakikat taubat, akhlak mulia kepada orang tua dan guru, kisah keteladanan Nabi Luth As., asmā’ul ḥusnā, Islam raḥmatan lil-‘ālamīn, nafsu syahwat dan gaḍab, akhlak terpuji (hikmah, ‘iffah, syaja‘ah, dan ‘adalah), menjauhi perilaku perilaku tercela (licik, tamak, zalim, dan diskriminasi), dan akhlak menjenguk orang sakit. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan Tilawātul Qur’an, Peta Konsep, Tokoh, Mutiara Hadis, Kisah Teladan, Khazanah, Kilas Bahasa, Tugas, Kegiatan, Tafakur, Refleksi Diri, dan Proyek, yang dapat memperkaya wawasan siswa.

Tentang Filsafat Akhlak. Bandung: PT AlMa'arif. AlGhazali. 1986. Akhlak Seorang Muslim. Semarang: CV Wicaksana. AlFaruqi, Ismail R dan Lois Lamya AlFaruqi. 2003. Atlas Budaya Islam, diterjemahkan dari judul asli The cultural Atlas of ...

Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah Kelas VII

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), khususnya untuk Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah Kelas VII. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah. Buku ini terdiri dari dua materi besar, yaitu Akidah dan Akhlak. Materi pembelajaran Akidah terdiri atas materi tentang dasar dan tujuan akidah Islam, sifat-sifat Allah Swt., adab shalat dan zikir, asmaul husna, serta iman kepada malaikat dan makhluk gaib lainnya, dan adab membaca al-Qur’an dan hadis. Sedangkan materi Akhlak mencakup akhlak terpuji kepada Allah Swt., keteladanan Nabi Sulaiman As. dan Nabi Ibrahim As., dan menjauhi akhlak tercela. Buku ini disajikan secara lengkap dengan bahasa singkat dan mudah dipahami untuk mempermudah dalam pembelajaran materi. Pada buku ini, terdapat pernak-pernik yang akan memperkaya wawasan siswa antara lain Tilawātul Qur’an, Peta Konsep, Tokoh, Mutiara Hadis, Kisah Teladan, Khazanah, Tugas, Kegiatan, Tafakur, Refleksi Diri, dan Proyek.

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), khususnya untuk Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah Kelas VII.

Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), khususnya untuk Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah. Buku ini terdiri dari dua materi besar, yaitu Akidah dan Akhlak. Materi pembelajaran Akidah terdiri atas materi tentang Sejarah, Hakikat, dan Keistimewaan Al-Qur’an; Mukjizat, Karamah, Ma’unah, dan Irhas; Akhlak Terpuji pada Diri Sendiri; Akhlak Tercela pada Diri Sendiri; Tata Cara Pergaulan; Keteladanan Nabi Musa As.; Rasul Ulul Azmi; Akhlak Terpuji pada Sesama; Akhlak Tercela pada Sesama; Adab dalam Menggunakan Media Sosial; Keteladanan Sahabat Abu Bakar As-Shiddiq Ra. Buku ini disajikan secara lengkap dengan bahasa singkat dan mudah dipahami untuk mempermudah dalam pembelajaran materi. Pada buku ini, terdapat pernak-pernik yang akan memperkaya wawasan siswa antara lain Tilawātul Qur’an, Peta Konsep, Tokoh, Mutiara Hadis, Kisah Teladan, Khazanah, Tugas, Kegiatan, Tafakur, Refleksi Diri, dan Proyek.

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), khususnya untuk Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII.

Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah Kelas V

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) khususnya untuk Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah. Buku ini terdiri dari dua materi besar, yaitu Akidah dan Akhlak. Materi pembelajaran Akidah mencakup tentang kalimat tayyibah, asmaul husna, beriman kepada hari kiamat, dan lainnya. Sedangkan untuk materi Akhlak mencakup tentang akhlak terpuji seperti sikap disiplin, sikap mandiri, menghindari sikap tercela seperti putus asa dan tamak, adab bertamu, dan lainnya yang dikemas dalam bahasa yang mudah dipahami disertai contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Kelebihan dari buku ini, adanya pernak-pernik yang dapat menambah wawasan siswa berupa Tilawātil Qur’an, Peta Konsep, Tokoh, Mutiara Hadis, Kisah Teladan, Khazanah, Kilas Bahasa, Tugas, Kegiatan, Tafakur, Refleksi Diri, dan Proyek.

Buku ini merupakan buku teks atau buku pegangan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) khususnya untuk Mata Pelajaran Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. Buku ini disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 183 Tahun 2019 tentang ...