Sebanyak 1148 item atau buku ditemukan

Teknik Pengelasan Gas Metal SMK/MAK Kelas XII

Buku ini disusun dengan memperhatikan Struktur Kurikulum SMK berdasarkan Kurikulum 2013 edisi revisi spektrum PMK 2018 dan jangkauan materi sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk kelompok C3 Kompetensi Keahlian. Buku ini diharapkan memiliki presisi yang baik dalam pembelajaran dan menekankan pada pembentukan aspek penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Materi pembelajaran disajikan secara praktis, disertai soal-soal berupa tugas mandiri, tugas kelompok, uji kompetensi, dan penilaian akhir semester gasal dan genap. Buku ini disusun berdasarkan Pemendikbud No 34 tahun 2018 Tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK, pada lampiran II tentang standar Isi, lampiran III tentang Standar Proses dan lampiran IV tentang Standar Penilaian. Acuan KI dan KD mengacu pada Peraturan Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan No: 464/D.D5/Kr/2018 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar. Berdasarkan hasil telaah ilmiah, buku ini sangat sistematis, bermakna, mudah dipelajari, dan mudah diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Ditinjau dari aspek isi, buku ini cukup membantu siswa dalam memperkaya dan mendalami materi. Pemakaian buku ini juga dapat menantang guru untuk berinovasi dalam pembelajaran sesuai konteks di kelas masing-masing.

Prinsip Dasar Penyusunan dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah , diterbitkan oleh
Grasindo ( 2014 ) 2 . Sukses Juara Olimpiade Matematika SMP Nasional &
Internasional , diterbitkan oleh Grasindo ( 2016 ) 3. Persiapan Total Tembus
Seleksi ...

PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI QUALITY CONTROL IMPLEMENTASI KURIKULUM DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH

Era global dan perkembangan iptek yang sangat cepat, intensitas tantangan pembangunan pendidikan nasional cenderung akan semakin meningkat dan komplek. Selain itu, dampak pelaksanaan otonomi daerah merupakan tantang sendiri dalam pelaksanaan kebijakan nasional pendidikan. Madrasah sebagai salah satu elemen lembaga pendidikan tidak akan terlepas juga dalam tantangan-tangan tersebut. Madrasah mempunyai kiprah dan kontribusi yang besar dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam yang lahir dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat masih tetap eksis ditengah keterbatasan dan turut berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Era global dan perkembangan iptek yang sangat cepat, intensitas tantangan pembangunan pendidikan nasional cenderung akan semakin meningkat dan komplek.

Pengantar Manajemen Kurikulum

Buku ini merupakan buku perdana penulis yang secara khusus membicarakan tentang kurikulum. Buku ini sengaja penulis susun untuk memudahkan mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah manajemen kurikulum. Oleh karena kebutuhan tersebut, maka penulis tertarik untuk menyusun buku yang mampu mengantarkan pemahaman mahasiswa terkait pengetahuan dasar tentang kurikulum dan memberikan nama judul buku “Pengantar Manajemen Kurikulum”

Buku ini merupakan buku perdana penulis yang secara khusus membicarakan tentang kurikulum.

PENGEMBANGAN KOGNITIF (SAINS PADA ANAK USIA DINI)

Kehadiran sebuah buku khususnya bahan ajar adalah sebagai referensi yang mendukung proses perkuliahan. Bahan ajar ini akan 6 Pengembangan Kognitif (Sains Pada Anak Usia Dini) menuntun Anda dalam menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diprogramkan dalam perkuliahan. Bahan ajar ini bukan merupakan transfer pengetahuan yang instan, tetapi mengajak Anda untuk bagaimana mengeksplorasi konsep-konsep esensial melalui proses penemuan, pengkajian dan penyimpulan, baik melalui proses belajar mandiri, kelompok kecil maupun kelompok besar. Sehubungan dengan hal, buku ini dirancang dengan skema sebagai berikut. 1. Penyampaian latar belakang 2. Penyampaian tujuan 3. Penyajian materi 4. Evaluasi. Dengan skema sajian tersebut, pembaca khususnya mahasiswa memiliki pengalaman belajar yang bersifat otentik dan kolaboratif, sehingga dapat memberikan makna dan terinternalisasi secara mendalam dalam kehidupan sehari-hari. Unsur proses, materi, sikap dan teknologi dalam pengenalan sains ini merupakan satu kesatuan yang utuh sehingga mampu memfasilitasi kecerdasan jamak anak menuju Anak Indonesia Harapan yang cerdas dan kompetitif.

Bahan ajar ini akan 6 Pengembangan Kognitif (Sains Pada Anak Usia Dini) menuntun Anda dalam menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diprogramkan dalam perkuliahan.

PENGEMBANGAN NILAI MORAL DAN AGAMA ANAK USIA DINI

Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, dan Praktisi PAUD

Pendidikan moral dan agama merupakan dua terma yang menarik untuk dibahas secara mendalam. Membangun moralitas generasi emas bangsa dan agama bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan totalitas berpikir dan bertindak sesuai dengan tahap perkembangan yang dimiliki anak. Begitu pula dengan aspek keagamaan, setiap manusia akan selalu bersinggungan dengan aturan agama yang menghantarkan pada dimensi ketuhanan dan dimensi kemanusiaan. Untuk mentransfer nilai yang terkandung dalam agama pada anak usia dini maka dibutuhkan metode dan strategi yang variatif dan menyenangkan sesuai dengan cara belajar anak yakni bermain sambil belajar, tanpa ada paksaan untuk mengenal dan memahami suatu konsep baik moral maupun agama. Selain itu, pembiasaan menjadi bagian yang penting dalam penanaman nilai yang membangun moralitas agama dan budaya pada anak usia dini. Buku yang ditulis Saudara Mhd. Habibu Rahman, Rita Kencana, dan Nurfaizah ini membantu para guru, orang tua dan para pembaca untuk melihat betapa pentingnya mengembangkan moral sebagai hal yang paling esensial dari kehidupan manusia. Kecerdasan moral dan agama sebagai dua aspek yang hakiki dalam pengembangan moral dapat dioptimalkan dengan baik sejak usia dini dengan pemberian stimulasi yang positif dan berdaya ubah. Selain itu, sinergitas antara pengasuhan orangtua, metode dan strategi mengajar guru, kemudian peran lingkungan bermain merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini menjadi satu bagian kajian buku ini

Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, dan Praktisi PAUD Mhd. Habibu Rahman, M.Pd, Rita Kencana, M.Pd, NurFaizah, S.Pd Ria Astuti, M.Pd. a. memang terkenal dengan berbagai profesi. Pada hakikatnya orang batak tidak gengsi dalam ...

BUKU AJAR PENGEMBANGAN KOMPETENSI PENULISAN ILMIAH

Sejak beberapa tahun belakangan, salah satu tolok ukur kemampuan intelektual dalam dunia akademis adalah kemampuan menulis yang juga harus dimiliki oleh mahasiswa S1. Saat ini, karya tulis mahasiswa berupa skripsi diunggah dan dapat diakses secara daring yang artinya dapat dibaca oleh siapa saja. Konsekuensinya adalah skripsi yang ditulis seharusnya karya yang ditulis semaksimal mungkin sesuai dengan tata cara penulisan akademik. Selain itu, mahasiswa juga diwajibkan menghasilkan artikel ilmiah, dari skripsi tersebut, yang dimuat pada jurnal daring. Dengan kewajiban akademik tersebut dan dengan menimbang banyaknya kendala yang dihadapi mahasiswa ketika menulis skripsi, maka lahirnya mata kuliah Pengembangan Kompetensi Penulisan Ilmiah (PKPI) ini diharapkan dapat membantu mahasiswa. Mata kuliah PKPI merupakan mata kuliah yang relatif baru di Prodi PPKN. Mata kuliah ini mulai diberikan kepada mahasiswa semester ketujuh sejak tahun 2018.

Sejak beberapa tahun belakangan, salah satu tolok ukur kemampuan intelektual dalam dunia akademis adalah kemampuan menulis yang juga harus dimiliki oleh mahasiswa S1. Saat ini, karya tulis mahasiswa berupa skripsi diunggah dan dapat diakses ...

PENGEMBANGAN MANAJEMEN ORGANISASI

(Penerapan Fungsi-fungsi Manajemen pada Ikatan Guru Raudhatul Athfal)

Selanjutnya, sejak tahun 2019 hingga sekarang penulis menjadi seorang dosen Pendidikan Anak Usia Dini di IAIN ... Hasil karya yang telah diterbitkan buku berjudul “Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini” tahun 2019. i 86 | Dr. Hj. Ity ...

TAFSIR TARBAWI

Pesan-Pesan Pendidikan dalam Al-Quran

Buku ini membahas tentang penggalian “Nilai-nilai Pengajaran dan Pendidikan yang terdapat di dalam al-Quran” secara elaboratif-konstruktif melalui kitab-kitab tafsir. Tema-tema bahasan dari setiap bab ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat pembaca, reader budiman tidak saja sebagai referensi bahan ajar kuliah tapi juga menjadi rujukan bagi penggalian-penggalian landasan tarbiyah atau tarbawi menurut perspektif al-Quran, pendidikan dan pengajaran menurut landasannya, didaktik-metodik menurut mabda‘-nya. Terutama sekali bagi mereka yang konsentrasi pada seputar kependidikan, ilmu pendidikan, pendidikan agama Islam dan sejenisnya.

Buku ini membahas tentang penggalian “Nilai-nilai Pengajaran dan Pendidikan yang terdapat di dalam al-Quran” secara elaboratif-konstruktif melalui kitab-kitab tafsir.

KONSEP DASAR ILMU PENDIDIKAN ISLAM

Adalah benar, bahwa pendidikan dalam pengertian umum selalu diterjemahkan sebagai penyebaran dan internalisasi nilai dari berbagai pengalaman kumulatif, baik berupa keyakinan, sikap, pengetahuan maupun penerapannya yang dinilai positif dan bermanfaat oleh satu generasi ke generasi. Dalam perspektif ini, tidak ada perbedaan antara pendidikan Islam dengan pendidikan lainnya, karena pendidikan pada umumnya, sebagaimana banyak didefinisikan para pakar, merupakan upaya normatif untuk membantu orang lain berkembang ke tingkat yang lebih baik. Sifat yang sesungguhnya dari suatu sistem pendidikan dan perbedaannya dengan sistem-sistem lainnya, hanya dapat dipahami jika konsep dasar pendidikan itu dipelajari dengan seksama. Dalam hal ini, seperti nanti dapat dibaca pada uraian-uraian yang disajikan oleh para penulis pada buku ini, akan terlihat bahwa perbedaan antara pendidikan Islam dengan pendidikan Barat Modern umpamanya ialah, nilai tinggi yang diberikannya pada iman dan kesalehan hidup berdasarkan ajaran Islam sebagai salah satu dari tujuan fundamentalnya. Jika nampak terlihat adanya sebuah paradigma pendidikan yang memberdayakan peserta didik merupakan sebuah keniscayaan.

Adalah benar, bahwa pendidikan dalam pengertian umum selalu diterjemahkan sebagai penyebaran dan internalisasi nilai dari berbagai pengalaman kumulatif, baik berupa keyakinan, sikap, pengetahuan maupun penerapannya yang dinilai positif dan ...

Mendeteksi Guru Bergairah di Era Milenial (Konsep dan Acuan dalam Meningkatkan Gairah Mengajar)

Gairah mengajar bagi seorang guru adalah faktor yang sangat penting dan menentukan dalam pendidikan. Salah satu hal yang dilakukan dalam pendidikan adalah proses mentransfer pengetahuan dari guru kepada peserta didik. Namun, proses tersebut kerap kali tidak begitu mudah dijalankan sebab ada beberapa faktor yang memengaruhinya. Dalam hal itu, guru dituntut untuk menjalankan proses tersebut dengan gairah tinggi agar didapatkan hasil yang maksimal. Tidak akan begitu berarti bila guru mempunyai pengetahuan yang banyak, tetapi tidak memiliki gairah mentransfer pengetahuannya kepada peserta didik yang diajarnya. Oleh sebab itu, sangatlah penting bagi seorang guru untuk memiliki gairah tinggi dalam mengajar. Gairah tersebut sendiri bukanlah sesuatu yang langsung jadi, tidak ada satupun guru yang langsung bergairah dalam mengajar. Gairah tersebut merupakan proses yang berjalan seiring dengan waktu. Guru yang sudah lama mengajar tentunya diharapkan lebih bergairah dalam mengajar dibandingkan guru yang baru terlibat dalam pelayanan mengajar, dan jangan sampai hal ini terbalik. Oleh sebab itu, guru dituntut untuk senantiasa meningkatkan semangat dan gairahnya dalam mengajar dari waktu ke waktu. Kami menyambut dengan senang hati atas terbitnya buku ini sebab kehadiran buku ini menambah bahan-bahan yang sangat dibutuhkan dalam bidang Pendidikan di era digital dan milenial ini. Materi-materi yang dibahas dalam buku ini sesuai dengan zaman sekarang dan sangat berguna untuk guru yang menekuni bidang pendidikan sehingga wawasan/pemahamannya semakin diperluas. Kami mengapresiasi penulis yang telah bekerja keras menulis buku ini. Sekalipun banyak kesibukan dalam menjalankan tugas atau pelayanan, ia masih meluangkan waktu untuk menulis buku ini demi peningkatan kualitas pendidikan pada masa kini dan masa akan datang. Kehadiran buku ini juga menunjukkan kepedulian dan dedikasi yang sungguh dari penulis dalam hal semangat mengajar bagi para guru. Kami berharap akan ada buku-buku lain yang ditulis oleh penulis untuk waktu-waktu yang akan datang. Selain itu, kami berharap, penerbitan buku ini juga akan memotivasi guru-guru lain untuk menulis dan menerbitkan buku-buku yang berkualitas dalam disiplin ilmu yang ditekuninya demi peningkatan kualitas pendidikan. Kami pun berterima kasih sebesar-besarnya kepada penerbit CV. Pilar Nusantara atas kerja samanya. Penerbitan buku ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari adanya kerja sama tersebut. Oleh sebab itu, kami sangat berharap kerja sama ini dapat tetap dipertahankan, bahkan semakin ditingkatkan untuk masa mendatang. Akhir kata, kiranya buku ini dapat memberi dorongan motivasi bagi setiap guru yang berkecimpung dalam bidang pendidikan untuk meningkatkan gairah dan semangat dalam mengajar sehingga kualitas pendidikan dapat ditingkatkan.

Gairah mengajar bagi seorang guru adalah faktor yang sangat penting dan menentukan dalam pendidikan.