Sebanyak 10935 item atau buku ditemukan

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Pendidikan

Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki peran yang signifikan dalam setiap kegiatan di suatu lembaga termasuk lembaga pendidikan. Sumber daya manusia harus dapat dikelola atau dikelola dengan baik sesuai dengan fungsinya agar sumber daya manusia tersebut dapat berperan sesuai dengan tugas dan fungsinya di lembaga yang ditempatinya. Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah suatu aspek yang sangat penting dalam proses pendidikan pada umumnya. Oleh karena itu fungsi dalam pengelolaan sumber daya manusia harus dilaksanakan secara optimal agar kebutuhan yang berkaitan dengan tujuan individu, organisasi atau lembaga dapat tercapai. Selain itu, dengan tata cara pengelolaan sumber daya manusia yang baik diharapkan kekurangan dan permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia yang terkait dengan daya saing dapat diatasi. Atas dasar tersebutlah buku ini hadir. Sebagai sebuah buku yang terkait dengan MSDM pendidikan, buku ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya: (1) disusun secara praktis dan aplikatif sesuai dengan implementasi terbaru dalam praktik-praktik pengelolaan sumber daya manusia dalam pendidikan; (2) pendekatan teoritis terkait MSDM pendidikan; dan (3) menggunakan analisis kajian yang mudah dipahami, sehingga buku ini diharapkan akan sangat bermanfaat bagi para pembaca, khususnya akademisi, praktisi, dan mahasiswa dalam bidang MSDM sektor pendidikan.

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah suatu aspek yang sangat penting dalam proses pendidikan pada umumnya.

ETIKA PROFESI PENDIDIKAN

Etika Profesi Pendidikan merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari dan menilai prinsip-prinsip moral serta standar perilaku yang seharusnya dipegang teguh oleh para profesional di bidang pendidikan. Sebagai profesi yang memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan masa depan generasi muda, pendidik diharapkan tidak hanya menguasai kompetensi akademik, tetapi juga memiliki integritas moral yang tinggi.

Etika Profesi Pendidikan merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari dan menilai prinsip-prinsip moral serta standar perilaku yang seharusnya dipegang teguh oleh para profesional di bidang pendidikan.

Etika Profesi berbasis Case Method dan Project Based Learning

Buku bahan ajar ini memberikan panduan komprehensif tentang etika profesi dengan pendekatan pembelajaran interaktif berbasis Case Method dan Project Based Learning. Dengan memadukan teori dan praktik, buku ini dirancang untuk membantu mahasiswa mengembangkan pemahaman mendalam tentang nilai-nilai etika dan profesionalisme dalam berbagai profesi, terutama di bidang pendidikan. Setiap pertemuan dalam buku ini menawarkan materi yang terstruktur dengan pendekatan pembelajaran aktif. Pada pertemuan pertama, mahasiswa akan mempelajari sejarah dan prinsip etika profesi melalui Experiential Learning. Kemudian, pembelajaran berlanjut dengan materi tentang peran guru, kinerja guru, manajemen pendidikan, hingga pengembangan profesionalisme yang disampaikan melalui metode Cooperative Learning, Inquiry-Based Learning, dan Problem-Based Learning. Mahasiswa diajak untuk bekerja sama, berdiskusi, dan memecahkan masalah nyata yang dihadapi dalam dunia profesi. Buku ini juga membahas nilai-nilai dalam pendidikan, kecerdasan, penilaian diri, serta sikap profesional yang perlu dikembangkan oleh guru. Setiap topik disampaikan dengan metode pembelajaran yang dirancang untuk mendorong eksplorasi dan refleksi mendalam dari mahasiswa. Pada bagian akhir, mahasiswa akan melakukan proyek interdisipliner yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu untuk menyelesaikan tugas proyek sebagai bagian dari Project Based Learning. Melalui buku ini, diharapkan mahasiswa dapat menginternalisasi nilai-nilai etika profesi, mengembangkan sikap profesional, serta memiliki keterampilan praktis yang dibutuhkan untuk menjadi tenaga profesional yang beretika.

Buku bahan ajar ini memberikan panduan komprehensif tentang etika profesi dengan pendekatan pembelajaran interaktif berbasis Case Method dan Project Based Learning.