Sebanyak 10535 item atau buku ditemukan

Metode Penelitian Kesehatan

Buku yang ada di tangan pembaca ini kami beri judul Buku Ajar Metode Penelitian Kualitatif yang kami susun berdasarkan pengamatan dan pengolahan data dari berbagai sumber termasuk kajian pustaka.Keterbatasan waktu dan aktivitas penyusun yang begitu padat, sangat berpengaruh pada proses dan waktu penyelesaian buku ini, namun berkat pertolongan berbagai pihak, akhirnya buku ini bisa terwujud sehingga bisa kita nikmati bersama.

Buku yang ada di tangan pembaca ini kami beri judul Buku Ajar Metode Penelitian Kualitatif yang kami susun berdasarkan pengamatan dan pengolahan data dari berbagai sumber termasuk kajian pustaka.Keterbatasan waktu dan aktivitas penyusun ...

Buku Hasil Kuliah Online Metode Penelitian Hadis

Masa Work From Home Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Penulisan proposal penelitian merupakan tantangan tersendiri bagi peneliti pemula dalam menyiapkan diri mereka menjadi sarjana. Hal ini mengasumsikan butuhnya manual penulisan proposal penelitian yang dapat dijadikan acuan bagi pelatihan efektif. Sehingga dengan manual tersebut dapat dilaksanakan kelas efektif untuk menyiapkan peneliti pemula yang terlatih dalam menghasilkan karya penulisan proposal penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan manual penulisan proposal penelitian dalam pelaksanaan pelatihan efektif untuk menghasilkan karya-karya penulisan proposal penelitian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat dalam menyiapkan percontohan karya-karya proposal penelitian. Telah dijumpai sejumlah literatur tentang pedoman penulisan karya ilmiah yang membahas teknis penulisan proposal penelitian. Namun, tersedianya manual penulisan proposal yang lebih praktis sangat dibutuhkan untuk acuan dalam pelatihan kelas efektif. Metodologi penelitian ini merupakan jenis kualitatif yang melakukan eksplorasi terhadap sumber kepustakaan melalui studi pustaka. Dalam pengambilan data dilakukan pula studi lapangan. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode partisipatoris. Penelitan ini membahas tinjauan umum proposal, menunjukan jenis proposal akademik, dan menyampaikan susunan proposal penelitan akademik. Dibahas pula manual penulisan proposal untuk acuan pelatihan efektik yang mencakup alur, materi, dan tubuh proposal. Hasil penelitian ini menunjukan praktek lapangan kelas pelatihan berlangsung efektif, proses latihan berjalan efisien, dan peserta latihan telah menghasilkan karya-karya proposal penelitian. Penelitian ini menyimpulkan manual penulisan proposal penelitian yang disajikan melalui pelatihan efektif telah meningkatkan kemampuan peserta dalam menghasilkan percontohan karya-karya penulisan proposal penelitian. Penulis menyarankan agar dilakukan pelatihan efektif yang teragenda bagi para peneliti pemula berbasis acuan manual penulisan proposal penelitian.

Penulisan proposal penelitian merupakan tantangan tersendiri bagi peneliti pemula dalam menyiapkan diri mereka menjadi sarjana.

Metode Penelitian Dalam Ilmu Sosial

Metode Penelitian adalah panduan langkah demi langkah untuk pemula penelitian, dan peserta didik penelitian lanjutan di Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu Pengetahuan Murni. Telah ditulis secara khusus untuk mereka yang tidak memiliki pengalaman sebelumnya dalam penelitian atau metodologi penelitian. Buku ini memandu Anda melalui proyek Anda dari awal sampai akhir dengan menawarkan saran praktis:* merumuskan pertanyaan penelitian* pertimbangan etis* melakukan tinjauan pustaka* memilih desain penelitian* memilih sampel* mengumpulkan dan menganalisa data kualitatif dan kuantitatif* menulis sebuah laporan penelitian tesis mendetailBuku ini merupakan bacaan penting bagi mahasiswa sarjana dan pascasarjana dalam ilmu sosial yang memulai penelitian kuantitatif atau kualitatif. Buku ini sama-sama bermanfaat bagi siswa metode penelitian lanjutan yang mempertahankan gelar PhD mereka dalam berbagai mata pelajaran Ilmu Pengetahuan, Bisnis, Pendidikan, Publik Kesehatan, disiplin terkait dan bahkan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan.Teks ini menunjukkan kepada para peneliti pemula bagaimana merancang, mengumpulkan, dan menganalisis data kualitatif dan kemudian mempresentasikan hasilnya kepada komunitas ilmiah. Buku ini menekankan pentingnya etika dalam penelitian dan meluangkan waktu untuk merancang dan memikirkan dengan benar melalui usaha penelitian apa pun. Setelah menyelesaikan buku ini, pembaca harus dapat:* Merancang secara efektif, mengumpulkan, mengatur, dan menganalisa data dan kemudian mempresentasikan hasilnya ke komunitas ilmiah* Gunakan Internet sebagai sumber dan sarana untuk mengakses data kualitatif* Menjelajahi isu terkini di dunia periset, yang mencakup kekhawatiran serius tentang perilaku etis dan protokol dalam penelitian dan peran yang lebih refleksif dan sensitif bagi peneliti.* Kenali pentingnya masalah etika sebelum mereka benar-benar memulai pengumpulan, pengorganisasian, dan proses penelitian* Memahami elemen dasar yang berhubungan dengan refleksivitas peneliti dan penelitian suaraIni adalah sumber yang komprehensif dan kompak untuk konsep dasar dan lanjutan dalam penelitian, dan dapat berfungsi sebagai teks yang berdiri sendiri atau sebagai pelengkap pembacaan penelitian di kelas sarjana atau doktoral atau kelas metode penelitian. Buku ini saat ini digunakan sebagai teks penelitian di universitas-universitas di enam benua.

Metode Penelitian adalah panduan langkah demi langkah untuk pemula penelitian, dan peserta didik penelitian lanjutan di Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu Pengetahuan Murni.

KAPITA SELEKTA METODOLOGI PENELITIAN

Buku metodologi penelitian merupakan buku wajib bagi dosen, mahasiswadan praktisi. Terutama bagi mahasiswa semester akhir mulai sarjana (S1), master (S2), hingga doktor (S3). Mempelajari metodologi penelitian ini sangatlah perlu. Tidak terkecuali dosen pembimbing skripsi, tesis maupun disertasi. Memang setiap penelitian memiliki karakteristik tersendiri. Tergantung pendekatan kuantitatif atau kualitatif. Tetapi secara substansial kaidah-kaidah utamanya sama. Semua penelitian dapat dipastikan akan selalu melewati ‘jembatan’ prosedur ilmiah dan metode ilmiah. Buku ini awalnya merupakan dokumen pribadi editor yang mengoleksi tulisan-tulisan dari para tutor yang memberikan materi pelatihan/penataran Dasar-dasar Metodologi Penelitian bagi para dosen tetap di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Walaupun sudah lama, tetapi orisinalitas artikelnya tetap penting, aktual untuk dipelajari, tidak ‘lapuk’ dilindas zaman. semoga bermanfaat bagi generasi muda masa kini, era milenial hingga masa mendatang. Walaupun sudah ada digitalisasi software statistik, hingga kini belum ada yang bisa merubah konsep-rumus asalnya. Tetap mahasiswa perlu memahami metode penelitian dan olah data statistik secara manual-konseptual sekaligus teori untuk tafsir, analisis serta pemaknaan hasil riset.

Buku metodologi penelitian merupakan buku wajib bagi dosen, mahasiswadan praktisi.

KONSEP DASAR BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Buku ini diharapkan dapat mendukung kompetensi utama, yaitu membekali mahasiswa untuk menjadi guru yang professional. Buku ini disediakan u tuk memberi pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk memahami konsep dasar belajar dan pembelajaran dan menerapkannya di dalam mengelola kegiatan belajar mengajar. Materi dalam buku ini berkaitan dengan hakikat dan prinsip belajar dan pembelajaran, perkembangan peserta didik, motivasi belajar dan masalah-masalah dalam belajar, perencanaan pembelajaran, desain dan pendekatan pembelajaran, pengembangan materi pembelajaran, pengembangan media dan sumber belajar, dan konsep evaluasi belajar dan pembelajaran.

Buku ini disediakan u tuk memberi pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk memahami konsep dasar belajar dan pembelajaran dan menerapkannya di dalam mengelola kegiatan belajar mengajar.

Belajar dan Pembelajaran Modern

Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran

Buku ini disusun dengan menghadirkan terlebih dahulu diskursus belajar dan pembelajaran secara mendalam, kemudian dilanjutkan dengan tujuan dan dipadu dengan inovasi pembelajaran, kemudian pada bab selanjutnya menghadirkan teori-teori dasar pembelajaran yang berorientasi pada teori berbasis konstruktivistik. Penulis memang sedikit mengesampingkan teori yang berbasis behavioristik, walaupun teori behavioristik juga dibahas dalam bab tersendiri sebelum membahas teori konstruktivistik. Hal tersebut supaya orientasi pembaca terbawa kepada teori konstruktivistik, sehingga pembaca mampu memahami teori pembelajaran yang berbasis konstruktivistik secara komprehensif.

Buku ini disusun dengan menghadirkan terlebih dahulu diskursus belajar dan pembelajaran secara mendalam, kemudian dilanjutkan dengan tujuan dan dipadu dengan inovasi pembelajaran, kemudian pada bab selanjutnya menghadirkan teori-teori dasar ...

Belajar dan Pembelajaran

Buku “Belajar dan Pembelajaran” ini disusun dengan maksud sebagai buku pegangan, sehingga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Belajar dan Pembelajaran. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS, ditempuh pada semester II oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang. Topik atau bahasan yang tersaji dalam buku ini disesuaikan atau mengacu pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang disusun berdasarkan ketentuan pemberlakukan KBK-KKNI dan Kurikulum Perguruan Tinggi. RPS disusun oleh tim yang ditunjuk dan telah dilokakaryakan di level fakultas, sehingga telah mendapat berbagai masukan dan pencermatan berbagai pihak. Buku ajar ini membahas atau menguraikan sebelas topik, yaitu Konsep belajar dan hakikat belajar, teori belajar behavioristik, teori belajar kognitivistik, teori belajar konstruktivistik dan teori belajar revolusi sosio-kultural, teori belajar humanistik, teori belajar sibernetik, teori neurosains, hakikat multiple intellegences, hakikat kesulitan belajar, hakikat pembelajaran, dan pembelajaran sains terpadu dengan pendekatan integratif "triple approach". Pada praktik pembelajaran di kelas, pokok bahasan dilengkapi dengan tugas (individu dan kelompok) berupa analisi artikel/jurnal ilmiah, diskusi, dan proyek. Kami menyusun buku ini dengan menggunakan berbagai literatur berupa jurnal ilmiah, buku, artikel-artikel, dan laporan penelitian. Akhirnya, buku ajar ini tentu masih jauh dari sempurna, sehingga saran, masukan dan bahkan kritik konstruktif sangat diharapkan. Semoga buku ini memberi manfaat bagi para mahasiswa atau pengguna dan sekaligus memperkaya khasanah keilmuan serta dunia pendidikan Indonesia.

Buku “Belajar dan Pembelajaran” ini disusun dengan maksud sebagai buku pegangan, sehingga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Belajar dan Pembelajaran.

Belajar Cerdas: Belajar Berbasiskan Otak

Menawarkan paradigma baru belajar yang didasarkan pada cara bekerjanya otak, sehingga proses belajar dapat dijadikan secara menyenangkan dan efektif.[Mizan, Kaifa, Inspirasi, Motivasi, Indonesia]

Gerakan menyatukan dan menarik informasiinformasi baru ke dalam jaringan
neuron kita. Gerakan sangat vital bagi semua tindakan untukmewujudkan dan
mengungkapkan pembelajarankita, pemahaman kita,dan dirikita.

Strategi Belajar-Mengajar

Buku Strategi Belajar-Mengajar ini hadir tidak lain adalah untuk memberikan bekal kepada mahasiswa dan para guru dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, buku ini menyajikan pokok persoalan berkenaan dengan belajar dan pembelajaran, sumber belajar bahasa Indonesia, pengelolaan kelas Bahasa Indonesia, model-model mengajar, pendekatan dalam pembelajaran bahasa, metode-metode pembelajaran bahasa, media dalam pembelajaran bahasa, dan evaluasi dalam pembelajaran bahasa. Kesemua pokokpersoalan yang dibahas dalam setiap bab disajikan konsep yang diikuti ole hpenerapannya. Pembaca dapat mengikuti paparan konsep yang diperjelas dengan implementasi di kelas, terutama materi berkenaan dengan metode dan evaluasi.

Buku Strategi Belajar-Mengajar ini hadir tidak lain adalah untuk memberikan bekal kepada mahasiswa dan para guru dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas.

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

(Hasil Kajian Penelitian dan Pengembangan) Model Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Strategi Problem Based Learning

Materi Ajar ini akan membahas tentang konsep belajar & pem- belajaran menurut pendapat para ahli tentang bagaimana seharusnya seorang Pembelajar (Dosen/Guru) dalam menerapkan konsep belajar dengan sintax/prosedur/strategi yang harus dilakukan dalam menyampaikan materi /informasi/pesan pada Pebelajar (siswa- mahasiswa). Gejala dalam proses pembelajaran dan bagaimana mendinamiskan proses pembelajaran menjadi hal yang sangat penting dalam menyajikan bahan/materi yang menarik dan tidak membosankan bagi pebelajar.

Materi Ajar ini akan membahas tentang konsep belajar & pem- belajaran menurut pendapat para ahli tentang bagaimana seharusnya seorang Pembelajar (Dosen/Guru) dalam menerapkan konsep belajar dengan sintax/prosedur/strategi yang harus ...