Sebanyak 1087 item atau buku ditemukan

CYBER PEDAGOGY

Guru sebagai Fasilitator & Coach dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini

Pemanfaatan teknologi digital sebagai sumber belajar bagi dunia pendidikan tidak asing lagi. Guru harus dapat mengembangkan kompetensi TIK dalam merancang sumber belajar bagi anak didik sesuai dengan perkembangan teknologi digital. Buku ini membahas tentang Cyber Pedagogy di mana seorang guru harus menggali potensi dirinya agar dapat memahami karakteristik setiap anak didik dalam pendidikan abad ke-21. Seorang guru harus memahami konsep-konsep pedagogi yang berhubungan dengan teknologi pedagogi. Cyber Pedagogy merupakan fondasi dasar dalam merancang proses pembelajaran dalam hal menyediakan sumber belajar bagi anak didik kompetensi pembelajaran abad ke-21. Dalam buku ini membahas mulai dari konsep teknologi pedagogi, pembelajaran abad ke-21, tahapan penggunaan teknologi dalam pendidikan, serta penerapan teknologi dalam proses pembelajaran, sehingga penerapan Cyber Pedagogy dapat sesuai dengan prinsip ilmu pendidikan dan dapat berjalan sesuai dengan perkembangan teknologi digital.

Buku ini membahas tentang Cyber Pedagogy di mana seorang guru harus menggali potensi dirinya agar dapat memahami karakteristik setiap anak didik dalam pendidikan abad ke-21.

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Adapun pembelajaran/instruction adalah sebagai proses pembelajaran yakni proses belajar sesuai dengan rancangan. Unsur kesengajaan dari pihak di luar individu yang melakukan proses belajar merupakan ciri utama dari konsep instruction. Proses pengajaran ini berpusat pada tujuan atau goal directed teaching process yang dalam banyak hal dapat direncanakan sebelumnya (pre-planned). Karena sifat dari proses tersebut, maka proses belajar yang terjadi adalah proses perubahan perilaku dalam konteks pengalaman yang memang sebagian besar telah dirancang. Buku ini membahas atau menguraikan tujuh topik, yaitu; Konsep Belajar dan Hakikat Belajar, Pemikiran Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran, Memahami Teori Belajar Kognitivisik, Memahami Teori Belajar Konstruktivistik Dan Teori Belajar Revolusi Sosio-Kultural, Hakikat Multiple Intellegences, Hakikat Kesulitan Belajar, dan terakhir Hakikat Pembelajaran.

Buku ini membahas atau menguraikan tujuh topik, yaitu; Konsep Belajar dan Hakikat Belajar, Pemikiran Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran, Memahami Teori Belajar Kognitivisik, Memahami Teori Belajar Konstruktivistik Dan Teori Belajar ...

20 Hari Menerbitkan Buku Melalui Belajar Menulis Online

Terbitnya buku ini bermula dari penulis mengikuti workshop belajar menulis online bersama sang blogger ternama Bapak Wijaya Kusuma selama 20 hari. Penulis bersyukur dan bangga, telah diberi kesempatan belajar bersama narasumber yang hebat dengan segudang prestasinya. Mulai dari motivator, blogger, youtuber, penulis best seller, guru prestasi, penulis traveler dan dosen. Buku ini berisikan tentang langkah-langkah menjadi penulis yang hebat. Sangat tepat bagi penulis pemula untuk mewujudkan mimpinya, dari mulai belajar menulis hingga menerbitkan buku best seller. Semua berkat bimbingan sang mahaguru di antaranya: Bapak Imam F., Agus Sampurna, Budiman Hakim, Dedi Dwitagama, Namin AB Ibnu Solihin, Khoiri, Munif Chotib, Akbar Zainudin, Encon Rahman, Lukman Hakim, dan kawan-kawan. Ingin menjadi penulis hebat? Buku ini akan menjawab dan mengantarkan mimpi anda pada pintu kesuksesan sebagai seorang penulis sejati. Bisa Anda bayangkan deretan buku yang anda tulis dipajang pada rak toko buku ternama di Indonesia. Yuk miliki bukunya dan buktikan Anda bisa menjadi penulis hebat!

Blogger Ternama (Jadilah Blogger Terkenal di Era Digital dengan Keterampilan Menulis). Jakarta: Kampustaka. ... Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.

MERDEKA BELAJAR

Merdeka Belajar merupakan program kebijakan baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Kabinet Indonesia Maju, Nadiem Anwar Makarim. Esensi kemerdekaan berpikir, menurut beliau, pembelajaran harus didahului oleh para guru sebelum mereka mengajarkannya pada siswa-siswi. Beliau menyebut, dalam kompetensi guru di level apa pun, tanpa ada proses penerjemahan dari kompetensi dasar dan kurikulum yang ada, maka tidak akan pernah ada pembelajaran yang terjadi. Adapun konsep dari Merdeka Belajar adalah: 1) Dihapuskannya Ujian Nasional (UN) yang digantikan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. 2) Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang dikembalikan kepada pihak sekolah. 3) Membentuk siswa yang kompeten, cerdas untuk SDM bangsa, dan berbudi luhu

... Model-Model Pembelajaran Berbasis Digital, Perencanaan Sumberdaya Manusia, ... Media Pembelajaran Transformatif, Era Baru Manajemen Pendidikan, ...

Belajar Dari alam Biluhu

Pembelajaran Sentra Bahan Alam, memperkaya anak-anak belajar tentang konsep-konsep dasar matematika dan sains, sekaligus membentuk sikap-sikap positif yang mereka butuhkan untuk kehidupan mereka saat dewasa. Mereka belajar mengenal dan memahami secara logis aturan main dan batasan-batasan serta belajar menjalankannya. Mereka juga membangun keterampilan sosial selama berinteraksi dengan teman-teman bermain. Tak kalah pentingnya, Sentra Bahan Alam juga membangun kekuatan otot-otot motorik kasar anak, yang dibutuhkan antara lain untuk bisa memegang alat tulis dan menulis. Di dalam Sentra Bahan Alam ada harmoni pembangunan otot-otot dasar kehidupan anak usia dini, yang tidak boleh dilewatkan selama periode golden age. Sebab, pembangunan otot-otot dasar kehidupan itu pada hakikatnya adalah pembangunan struktur otak, yang 80 persennya selesai pada periode usia dini. Kegiatan-kegiatan bermain seperti di atas bisa saja diulang pada usia berapa saja, tapi tidak pernah ada kesempatan kedua untuk membangun struktur otak

Padahal, dengan dukungan infrastruktur digital yang baik, pembelajaran ... C. Efektifitas Pembelajaran Daring Era Covid-19 Mewabahnya kasus Covid-19 di ...

Pengantar Manajemen (Teori Dan Konsep)

Buku kolaborasi ini berjudul “Pengantar Manajemen (Teori dan Konsep)” mengacu pada konsep dan teori manajemen. Buku ini terdiri dari 12 bab yang menjelaskan mengenai konsep dasar manajemen, sejarah perkembangan manajemen, manajemen sebagai seni, ilmu, dan profesi, prinsip dan fungsi manajemen, lingkungan internal dan eksternal organisasi, proses pengambilan keputusan, prinsip-prinsip dasar kepemimpinan, teori motivasi, komunikasi dalam organisasi, desain organisasi dan wewenang, hubungan antara perubahan organisasi dan perkembangan organisasi, serta jenis dan tujuan pengendalian.

Untuk mengatur dan mengawasi pelaksanaan tujuan yang ingin dicapai, presiden dan eksekutif menetapkan ketentuan yang tidak memerlukan komunikasi langsung dengan semua anggota. Anggota membuat grup dan menentukan siapa yang bertanggung ...

Dasar-Dasar Ilmu Kepemimpinan Teori Dan Aplikasi

Buku dasar – dasar Ilmu Kepemimpinan ini merupakan kumpulan konsep – konsep serta aplikasi dalam ilmu kepemimpinan. Penyusunan buku dasar – dasar Ilmu Kepemimpinan ini membutuhkan waktu dan pemikiran yang mendalam, oleh karena itu kritik dan saran dari berbagai pihak akan sangat bermanfaat guna penyempurnaan dimasa mendatang

Buku dasar – dasar Ilmu Kepemimpinan ini merupakan kumpulan konsep – konsep serta aplikasi dalam ilmu kepemimpinan.

Kajian Teori Organisasi Dan Birokrasi Dalam Pelayanan Publik

Buku yang berjudul Kajian Teori Organisasi dan Birokrasi dalam Pelayanan Publik ini merupakan karya penulis dalam menyingkap makna dari teori itu sendiri, Organisasi Publik, Organisasi Bisnis, Perubahan Lingkungan Organisasi Publik, Ruang Lingkup Organisasi Publik, Kebijakan Publik, Komunikasi Organisasi Publik, Pengembangan Kompetensi SDM, Pendidikan Dan Pelatihan SDM, Kepemimpinan Organisasi Publik, Birokrasi, Budaya Organisasi Publik, Pelayanan Publik, dikaji secara mendalam dari berbagai aspek dan permasalahannya. Buku ini diharapkan menjadi kajian komprehensif tetapi sangat praktis bagi siapa saja yang ingin menyelami dalamnya Ilmu Administrasi Publik yang tiada henti untuk membahasnya selagi manusia masih mempunyai keinginan untuk melakukan pengkajian ilmu pengetahuan sebagai kebutuhan hidup di muka bumi ini. Kajian Teori Organisasi Dan Birokrasi Dalam Pelayanan Publik ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

A. Pengertian Komunikasi Publik Komunikasi publik adalah pertukaran pesan dengan sejumlah orang yang berada dalam sebuah organisasi atau yang di luar organisasi, secara tatap muka atau melalui media. Namun dalam bagian ini yang akan ...

Teori dan Praktik Olahraga Rekreatif dan Sport Outbound

Buku Teori dan Praktek Olahraga Rekratif dan Sport Outbound ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa calon guru penjas dan guru-guru penjas tentang arah pengembangan pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound yang mengacu pada kompetensi inti dan kompetensi dasar sesuai dengan kurikulum 2013 pada setiap jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP dan SMA/SMK pada materi aktivitas luar kelas. Pada tingkat sekolah dasar (SD) arah pengembangan pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound mengacu kepada peningkatan pengetahuan dan keterampilan gerak dasar melalui model pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound. Pada tingkat sekolah menengah pertama (SMP) arah pengembangan pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound mengacu kepada peningkatan pengetahuan dan keterampilan teknik dasar melalui model pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound. Pada tingkat sekolah menengah atas dan kejuruan (SMA/SMK) arah pengembangan pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound mengacu kepada peningkatan pengetahuan dan keterampilan gerak lanjutan melalui model pembelajaran olahraga rekreatif dan sport out bound. Dalam buku ini juga dilengkapi dengan model-model aktivitas olahraga rekreatif dan sport outbaound sebagai aktivitas luar kelas.

Budaya organisasi terlihat dari perilaku anggota perusahaan, atribut dan hal-hal simbolik yang melekat pada anggota perusahaan, serta kebiasaan yang ...

Pengembangan Pembuatan APE bagi Anak Usia Dini

Buku yang di hadapan pembaca ini adalah buku kolaborasi dengan judul Pengembangan Pembuatan APE bagi Anak Usia Dini. Buku ini berisi tentang beberapa konsep tentang bermain dan anak usia dini, mengenal APE dan pembuatan APE. Konsep yang diusung adalah masa anak itu adalah masa bermain. Bermain itu harus memenuhi unsur “timbulnya rasa senang”. Beberapa penjelasan tentang konsep bermain, teori-teori bermain, enam tahapan bermain, dan sejarah APE dibahas secara apik dalam buku ini. Kelebihan buku ini adalah menyajikan berbagai macam APE yang dapat dibuat sendiri oleh guru. Selain itu juga, pembaca diberikan penjelasan tentang pengertian APE, syarat-syarat APE, tujuan penggunaan APE, manfaat APE, syarat penggunaan APE, jenis-jenis APE, manfaat dan fungsi bermain bagi anak, serta kemampuan atau potensi anak. Buku ini dilengkapi dengan gambar APE, alat dan bahan, peruntukan usia, cara membuat, cara memainkan, aspek perkembangan yang hendak dicapai, indikator APE, serta keunikan dari APE ini. Sehingga dengan membaca buku ini, guru bisa langsung mempraktikkannya sendiri. APE yang dibuat ini sengaja dipilihkan dari bahan-bahan yang ramah lingkungan. Selain itu, unsur kemudahan dalam memperoleh bahan menjadi pertimbangan yang sangat utama. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku yang di hadapan pembaca ini adalah buku kolaborasi dengan judul Pengembangan Pembuatan APE bagi Anak Usia Dini.