Sebanyak 741 item atau buku ditemukan

Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran

Istilah penilaian atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah evaluation, bukan merupakan istilah baru bagi insan yang bergerak pada lapangan pendidikan dan pengajaran, dalam melaksanakan tugas profesionalnya, seorang guru tidak akan terlepas dari kegiatan penilaian. Ada beberapa istilah yang sering dipergunakan secara tumpang tindih untuk menjelaskan pengertian evaluasi, yaitu measurement atau pengukuran, assessment atau penilaian/penaksiran, dan test. Ketiga istilah tersebut kadang-kadang digunakan secara bergantian dan dianggap memiliki pengertian yang sama, padahal ketiganya memiliki perbedaan

Istilah penilaian atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah evaluation, bukan merupakan istilah baru bagi insan yang bergerak pada lapangan pendidikan dan pengajaran, dalam melaksanakan tugas profesionalnya, seorang guru tidak akan ...

Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan

Kata dasar “pembelajaran” adalah belajar. Dalam arti sempit, pembelajaran dapat diartika sebagai suatu proses atau cara yang dilakukan agar seseorang dapat melakukan kegiatan belajr, sedangkan belajar adalah suatuproses perubahan tingkah laku karena interaksi individu dengan lingkungan dan pengalaman. Perubahan tingkah laku tersebut bukan karena pengaruh obat-obatan atau zat kimia lainnya dan cenderung bersifat permanen. Istilah “pembelajaran” (instruction) berbeda dengan istilah “pengajaran” (teaching). Kata “pengajaran” lebih bersifat formal dab hanya ada didalam konteks dosen dengan peserta didik di kampus. Sedangkan kata “pembelajaran” tidak hanya ada dalam konteks dosen dengan peserta didik di kampus secaraformal, akan tetapi juga meliputi kegiatan-kegiatan belajar peserta didik di luar kampus yang mungkin saja tidak dihadiri oleh dosen secara fisik. Buku ini membahas tentang masalah Evaluasi Pendidikan, yang didalamnya menyangkut teori dasar evaluasi dan sangat dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai dasar untuk mengembangkan ilmu kependidikan dan kaidah dalam evaluasi pendidikan secara umum, oleh karenanya penting bagi seluruh civitas akademika untuk dapat menggunakan buku ini sebagai salah satu referensi diantara buku pokok lainnya. [yessy, nur, endah, sary, evaluasi, pembelajaran]

Buku ini membahas tentang masalah Evaluasi Pendidikan, yang didalamnya menyangkut teori dasar evaluasi dan sangat dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai dasar untuk mengembangkan ilmu kependidikan dan kaidah dalam evaluasi pendidikan secara umum ...

Konsep dan Strategi Pemasaran

Marketing Concepts and Strategies

Secara khusus, penulisan buku ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami konsepkonsep dan strategi pemasaran sebuah perusahaan yang membahas tentang : Konsep dan Ruang Lingkup Pemasaran, Proses Pemasaran, dan Perencanaan Strategis, Menganalisis Pasar Konsumen, Menganalisis Pasar Bisnis, Identifikasi Segmentasi Pasar, Menciptakan Ekuitass dan Positioning Merek, Strategi Bersaing Dalam Pasar, Komunikasi Pemasaran, Strategi Marketing Mix, Sistem Informasi dan Riset Pemasaran, Pemasaran Relasional, dan Persaingan Pasar Global.

Secara khusus, penulisan buku ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami konsepkonsep dan strategi pemasaran sebuah perusahaan yang membahas tentang : Konsep dan Ruang Lingkup Pemasaran, Proses Pemasaran, dan ...

KONSEP DASAR KETERAMPILAN KEBIDANAN

Buku ajar Konsep Dasar Keterampilan Kebidanan ini memberikan informasi kepada mahasiswa mengenai keterampilan dasar dalam praktik klinik kebidanan. Yang berisikan dan menjelaskan tentang Konsep dasar manusia sebagai (sistem adaptif, mahluk holistik), Kebutuhan Dasar Manusia, keterampilan pemenuhan kebutuhan dasar manusia, konsep sehat sakit, konsep diri, konsep stress adaptasi, kehilangan dan kematian, pencegahan infeksi, serta keselamatan pasien.

Buku ajar Konsep Dasar Keterampilan Kebidanan ini memberikan informasi kepada mahasiswa mengenai keterampilan dasar dalam praktik klinik kebidanan.

Cara Mudah Memahami Akuntansi: Inti Sari Konsep Dasar Akuntansi

Buku ini memberikan penjelasan secara ringkas mengenai inti sari konsep dasar akuntansi sehingga pembaca dapat dengan mudah dan cepat memahaminya. Di samping itu, para pembaca juga akan dijelaskan secara praktis mengenai pencatatan transaksi ke dalam jurnal serta contoh laporan akuntansi. Buku ini dapat dipakai secara luas, baik pelajar, mahasiswa, eksekutif, maupun masyarakat pada umumnya yang ingin mengenal akuntansi dasar. Buku persembahan penerbit Prenada Media

Buku ini memberikan penjelasan secara ringkas mengenai inti sari konsep dasar akuntansi sehingga pembaca dapat dengan mudah dan cepat memahaminya.

Metodologi Penelitian Kualitatif

Metodologi penelitian merupakan ilmu yang mengupas tentang metode-metode penelitian. Buku Metodologi Penelitian Kualitatif ini membahas konsep teoretis dari berbagai metode kualitatif, yang diharapkan dapat membantu para peneliti utamanya peneliti pemula untuk memahami metodologi penelitian kualitatif. Metodologi Penelitian Kualitatif, merupakan metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya eksperimen) di mana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitaif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Karena metode penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik, dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Metode penelitian kualitatif muncul karena terjadi perubahan paradigma dalam memandang suatu fenomena atau realitas atau gejala. Dalam penggunaan metode penelitian kualitatif, maka perlu untuk memahami tentang metode tersebut. Karena konsep penyusunan buku ini berdasarkan dari fakta lapangan sebuah hasil penelitan, maka diharapkan buku ini dapat berguna sebagai referensi para peneliti kualitatif. Selain itu buku ini juga diberikan gambaran langsung bagaimana langkah-langkah penyusunan proposal penelitian serta laporan hasil penelitian kualitatif yang berdasarkan pada fenomena lapangan. Dengan demikian semoga buku ini sangat bermanfaat dan membantu para peneliti kualitatif. Penerbit Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia

Buku Metodologi Penelitian Kualitatif ini membahas konsep teoretis dari berbagai metode kualitatif, yang diharapkan dapat membantu para peneliti utamanya peneliti pemula untuk memahami metodologi penelitian kualitatif.

Metodologi Penelitian Kuantitatif

Edisi Kedua

Buku ini disusun sebagai usaha menyajikan aspek penelitian kuantitatif sekaligus nilai pentingnya sebagai salah satu aliran utama dalam metodologi penelitian. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Buku ini disusun sebagai usaha menyajikan aspek penelitian kuantitatif sekaligus nilai pentingnya sebagai salah satu aliran utama dalam metodologi penelitian. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL

Kebanyakan orang salah berpersepsi bahwa ilmu dan pengetahuan memiliki kesamaan arti, padahal ilmu dengan pengetahuan adalah dua hal yang berbeda. Ilmu adalah pengetahuan tetapi tidak semua pengetahuan adalah ilmu. Ilmu dan pengetahuan terkadang dirangkum menjadi satu kata majemuk yang mengandung arti tersendiri. Bahkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ilmu disamakan dengan pengetahuan, sehingga ilmu adalah pengetahuan. Namun jika kata pengetahuan dan kata ilmu tidak dirangkum menjadi satu kata majemuk atau berdiri sendiri, akan tampak perbedaan antara keduanya. Berdasarkan asal katanya, pengetahuan diambil dari kata dalam bahasa Inggris yaitu knowledge. Sedangkan pengetahuan berasal dari kata Science. Tentunya dari dua asal kata itu mempunyai makna yang berbeda.

Kebanyakan orang salah berpersepsi bahwa ilmu dan pengetahuan memiliki kesamaan arti, padahal ilmu dengan pengetahuan adalah dua hal yang berbeda.

Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif

Adapun tema utama yang dikembangkan dalam buku ini berkisar pada topik-topik krusial seperti, tahap perkembangan individu dari masa bayi, anak-anak sampai remaja, pemberdayaan kearifan lokal dalam PAUD dan analisis sosiokultural Vytgotsky, kontrol diri dan kematangan emosional, konsep diri dan pengembangannya, keteramPilan komunikasi diadik dan implikasinya dalam pembelajaran, dan keterampilan sosial serta perkembangarinya. Buku persembahan penerbit prenadaMedia

Adapun tema utama yang dikembangkan dalam buku ini berkisar pada topik-topik krusial seperti, tahap perkembangan individu dari masa bayi, anak-anak sampai remaja, pemberdayaan kearifan lokal dalam PAUD dan analisis sosiokultural Vytgotsky, ...

Statistika Inferensial untuk Psikologi dan Pendidikan

Perkembangan ilmu pengetahuan, termasuk Psikologi dan Pendidikan, tidak terlepas dari pelaksanaan penelitian kuantitatif maupun kualitatif. Salah satu tahapan dalam penelitian kuantitatif adalah menganalisis data yang diperoleh dari lapangan penelitian untuk membuktikan hipotesis-hipotesis yang diajukan. Pada tahapan ini pemahaman tentang Statistika Inferensial berperan penting sehingga peneliti dapat melakukan penarikan kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Alur di dalam buku ini memadukan konsep dan aplikasi beragam teknik pengujian hipotesis, baik dengan Statistika Parametrik maupun dengan Statistika Nonparametrik yang merupakan bagian-bagian dari Statistika Inferensial. Buku ini bertujuan membantu mahasiswa, khususnya dalam bidang Psikologi dan Pendidikan, serta pihak lain yang melakukan penelitian kuantitatif untuk dapat memahami dan menentukan teknik uji hipotesis yang tepat. Dengan demikian, kesimpulan penelitian yang dihasilkan akan dapat memperkaya khazanah ilmu pengetahuan. Buku persembahan penerbit Prenada Media Group.

Perkembangan ilmu pengetahuan, termasuk Psikologi dan Pendidikan, tidak terlepas dari pelaksanaan penelitian kuantitatif maupun kualitatif.