Sebanyak 652 item atau buku ditemukan

MODUL MODERASI BERAGAMA PUSAT PENGEMBANGAN MODERASI BERAGAMA (PKMB) UIN RADEN INTAN LAMPUNG

Moderasi beragama adalah salah satu misi Kementerian Agama yang harus diwujudkan saat ini. Untuk mewujudkan misi tersebut, Kementerian Agama telah mendorong lembaga pendidikan untuk turut ambil bagian di dalamnya

Moderasi beragama adalah salah satu misi Kementerian Agama yang harus diwujudkan saat ini. Untuk mewujudkan misi tersebut, Kementerian Agama telah mendorong lembaga pendidikan untuk turut ambil bagian di dalamnya

Moderasi Beragama dalam Pendidikan

Moderasi Beragama adalah sebuah proses memahami sekaligus mengamalkan ajaran agama secara adil dan seimbang, agara terhindar dari prilaku ekstrim atau berlebih-lebihan saat mengimplementasikannya. Cara pandang dan sikap moderat dalam beragama sangatlah penting bagi semua manusia terkhusus bagi masyarakat yang multikultural dan plural, karena dengan cara itu keagamaan dapat disikapi dengan bijak, serta toleransi dan keadilan dapat terwujud, maka dari pada itu keberadaan pendidikan moderasi beragama dalam sebuah sistem pendidikan sangat penting, sehingga buku ini berlatar belakang dari sadarnya penulis akan pentingnya nilai-nilai pendidikan moderasi beragama dalam sebuah sistem pendidikan dan dalam lembaga lainnya. Dalam hal ini pendidikan nilai-nilai moderasi beragama dalam dunia pendidikan haruslah ada sehingga para mahasantrinya mampu untuk bersikap dan mengimplementasikannya dalam kehidupannya sehari hari. Dalam buku ini membahas tentang nilai-nilai moderasi beragama sebagai tambahan ilmu penegtahuan bagi generasi muda khussunya para pelajar dan masyarakat umum lainnya.

Cara pandang dan sikap moderat dalam beragama sangatlah penting bagi semua manusia terkhusus bagi masyarakat yang multikultural dan plural, karena dengan cara itu keagamaan dapat disikapi dengan bijak, serta toleransi dan keadilan dapat ...

MODERASI BERAGAMA DALAM MEWUJUDKAN NILAI-NILAI MUBADALAH

buku modersi beragama ini dapat terselesaikan denganbaik, walaupun masih terdapat beberapa koreksi, saran dan kritikan yang membangun tentunya agar karya nyata ini dapat lebih bernanfaat. Shalawat dan salam senantisa terlimpahkan kepada baginda Rasulullah saw., yang telah memberikan suri tauladan kepada kita dalam menyampaikan risalah Islamiyyah bil hanifati samhah (dengan cara yang baik), sehingga menjadi sebuah perdamaian dan bukan sebaliknya yaitu permusuhan. Buku yang hadir dihadapan pembaca ini adalah buku hasil bunga rampai dari berbagai kalangan disiplin keilmuan yang tidak sama tentunya, hal ini yang merupakan sebuah keunikan dari anugrah yang Allah swt., berikan kepada kita semua. Dengan akal sehat dan menghasilkan sebuah karya nyata. Ucapan terimaksih kami ucapkan kepada semua pihak demi terwujudnya karya ini, khusunya kepada Ketua MUI Provinsi Lampung Bapak Kyai Dr. H. Kairuddin, M.H. yang telah sudi kiranya memberikan motivasi berupa kata pengantar, sebuah anugrah besar bagi kami demi mewujudkan karya nyata ini. Moderasi beragama adalah sebuah prinsip dalam nilainilai yang harus ditanamkan dalam berfikir, sehingga pemikiran moderat inilah yang akan menghantarkan kita pada perdamaian, ketentraman dan tentunya menjadi Islam yang rahmatan lil ‘alamin. Agama merupakan nasehat bagi kita, sehingga bagaimana kita dapat berfikir yang moderat, atau beragama dengan cara yang moderat, sehingga tidak cenderung ke kiri atau ke kanan, tapi lebih pada apa yang diajarkan baginda Rasulullah saw., (khairul umuuri ausathuha) sebaik-baiknya perkara adalah berada di tengahnya.

Ucapan terimaksih kami ucapkan kepada semua pihak demi terwujudnya karya ini, khusunya kepada Ketua MUI Provinsi Lampung Bapak Kyai Dr. H. Kairuddin, M.H. yang telah sudi kiranya memberikan motivasi berupa kata pengantar, sebuah anugrah ...

SELEKTA PENDIDIKAN

Suatu Pengantar Kebijakan Pendidikan Karakter dan Arah Pembelajaran

Hakikat pendidikan dalam Islam adalah kewajiban mutlak yang di bebankan kepada semua ummat Islam, bahkan kewajiban pendidikan atau mencari ilmu di mulai semenjak anak dalam kandungan hingga masuk ke liang lahat. Seorang ibu yang sedang hamil dianjurkan memperbanyak ibadah, membaca Al-Quran, dan berzikir kepada Allah karena akhlak ibu yang baik pada masa-masa hamil sangat besar pengaruhnya kepada anak dalam kandungan. Demikian pula, anak yang baru di lahirkan di bacakan azan dan iqamat karena pendengaran sang anak adalah alat indra pertama yang bekerja. Dengan demikian, suara azan dan qamat sangat bermakna bagi pengisian ketauhidan pertama kepada sang anak

Hakikat pendidikan dalam Islam adalah kewajiban mutlak yang di bebankan kepada semua ummat Islam, bahkan kewajiban pendidikan atau mencari ilmu di mulai semenjak anak dalam kandungan hingga masuk ke liang lahat.

NAFKAH ANAK PERSPEKTIF DUAL SISTEM HUKUM DI INDONESIA

NAFKAH ANAK PERSPEKTIF DUAL SISTEM HUKUM DI INDONESIA Penulis : Dr. H. Muhammad Zakaria, M.H. Editor : Dr. Nurhadi, S.Pd.I., S.E.Sy., SH., M.Sy., MH., M.Pd. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-309-507-5 Terbit : Februari 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Seorang ayah dibebani oleh hukum untuk memberikan nafkah kepada anaknya. Bagi seorang anak, nafkah tersebut menjadi hak untuk dimilikinya demi pemenuhan hidup. Ketentuan hukum positif, nafkah anak merupakan akibat hukum yang harus dipenuhi oleh ayah. Apabila ayah tidak memenuhi nafkah yang merupakan hak anak tersebut maka telah dianggap melakukan perbuatan melawan hukum karena telah meninggalkan kewajibannya. Bagaimana pandangan Islam dan Hukum Positif di Indonesia, maka buku ini jawabannya. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

3 tahun 2006 kewenangannya diperluas dalam bidang ekonomi syariah meliputi: Bank Syariah, Asuransi, Asuransi Syariah, Reasuransi Syariah dan Surat Berharga Berjangka Menengah Syariah, Sekuritas Syariah, Pengadilan Syariah, Dana Pensiun ...

Manajemen Pemasaran

Buku Manajemen Pemasaran ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Walaupun masih jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat menjadi referensi atau bahan bacaan dalam menambah khasanah keilmuan khususnya mengenai ilmu Manajemen Pemasaran. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam tigabelas bab yang memuat tentang Konsep Dasar Manajemen Pemasaran, Perencanaan Pemasaran, Sistem Informasi Pemasaran, Segmentasi Pasar, Ekuitas Merek, Strategi Produk, Strategi Penetapan Harga, Manajemen Saluran Distribusi, Bauran Pemasaran, Analisis Perilaku Konsumen, Menciptakan Kepuasan Pelanggan, Pasar Global, serta bab terakhir mengenai Komunikasi Pemasaran.

Buku Manajemen Pemasaran ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi.

SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM (1) Kebijakan dan Praktek Ekonomi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam

Judul : SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM (1) Kebijakan dan Praktek Ekonomi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam Penulis : Robi, S.Pd Kata Pengantar Prof. Dr. H. Kartawan, SE., MP (Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah Kota Tasikmalaya) Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 124 Halaman ISBN : 978-623-497-562-8 Sinopsis Pemikiran Ekonomi Islam yang berkembang pada masa kejayaan Peradaban Islam, dikemudian hari terpinggirkan dari Sejarah Pemikiran Ekonomi Dunia. Hal itu karena para penulis Barat Modern tidak memberikan apresiasi seperti yang dilakukan Joseph Schumpeter dalam bukunya History of Economic Analysis yang memulai sejarah pemikiran ekonomi bermula dari Yunani, namun tiba-tiba loncat ke masa St Aquinas (abad ke-12), dan mengandaikan kekosongan pemikiran ekonomi (great gap) sejak abad ke-7 hingga abad ke-12. Padahal, pada periode ini Umat Islam berada di puncak kejayaannya yang melahirkan pemikir-pemikir ekonomi Islam yang kemudian mempengaruhi pemikiran ekonomi Barat. Sebagai contoh, Adam Smith yang dihormati sebagai Bapak Ekonomi Barat, terpengaruh oleh Abu Ubaid. Bukunya The Wealth of Nations merupakan terjemahan dari kitab Al-Amwal-nya Abu Ubaid. Dari Kitab Al-Amwal, Adam Smith mengambil teori Invisible Hand-nya. Selain Adam Smith, masih banyak ekonom Barat lain yang teorinya secara jelas dipengaruhi pemikiran ekonomi Islam. Maka dari itu, penulis berupaya menyajikan pemikiran ekonomi Islam sejak Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam hingga pemikir ekonomi Islam kontemporer. Buku ini adalah jilid pertama yang menjelaskan kebijakan dan praktek ekonomi pada masa Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam. Buku ini juga menyajikan informasi unik : benarkah Nabi Adam as adalah manusia pertama? Benarkah para Nabi adalah pelopor aktivitas ekonomi? Benarkah Piagam Madinah adalah Konstitusi Tertulis Pertama di Dunia? Dan masih banyak lagi.

... Islam (Islamic worldview),10 demikian pula peradaban Barat membangun konsep keilmuannya berda- sarkan pandangan hidup Barat (Western worldview).11 Jadi, apa yang dikembangkan oleh ekonom-ekonom Barat sebenarnya merupakan hasil perkembangan ...

MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU NON KEPENDIDIKAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH

Bermula dari minimnya buku pengembangan hasil penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, lahirlah buku “Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Non- Pendidikan melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah” ini. Sesuai dengan judulnya, buku ini adalah semacam pedoman yang bisa dimanfaatkan oleh Lembaga Profesional untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat di lembaga pendidikan khususnya sekolah yang memfokuskan pada peningkatan mutu pendidikan berbasis kompetensi guru melalui supervisi akademik kepala sekolah. Buku ini terdiri dari enam bab, mulai dari bab pendahuluan yang membahas tentang bagaimana mutu pendidikan pada saat sekarang serta faktor yang mempengaruhinya. Bab kedua kompetensi dan profesionalisme guru, membahas tentang komponen apa saja yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Bab ketiga penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), membahas tentang tata cara mengimplementasikan program pembelajaran. Bab keempat supervisi akademik, membahas tentang supervisi akademik merupakan salah satu program yang dapat diselenggarakan dalam pemberdayaan guru. Bab kelima meningkatkan kompetensi pedagogik guru non-pendidikan melalui supervisi akademik kepala sekolah, yaitu berisikan hasil dari penelitian yang telah dilakukan di SMP 2 Hiliduho yang dilakukan kepala sekolah melalui teknik supervisi akademik. Dan yang terakhir yaitu kesimpulan, berisikan ringkasan dari hasil pembahasan yang dari bab sebelumnya.

Bermula dari minimnya buku pengembangan hasil penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, lahirlah buku “Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Non- Pendidikan melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah” ini.

Model Pembelajaran Inovatif dan Soal Berbasis AKM Jenjang SMA

Disertai Kompetensi Dasar dan Pembahasan Soal AKM Literasi-Numerasi SMA

Saat ini, proses AKM telah berlangsung. Dalam berbagai forum,beberapa guru mengungkapkan kesulitan untukmemperoleh referensi soal AKM dan pembelajaran yang inovatif.Buku yang secara spesifik ditujukan untuk guru pada jenjang SMA ini akan mengupas soal AKM dan pembelajaran inovatifsecara mendalam. Pembahasan tentang paradigma AKM, perubahan ragam/jenis soal AKM menjadi fokus utama buku ini. Perubahan paradigma pendidikan sudah saatnya mendapatkan perhatian lebih dari para guru. Salah satu cara mengukur keterampilan peserta didik adalah soal. Keterampilan guru dalam menyusun soal dengan kompetensi berpikir tingkat tinggi gayut dengan program pemerintah yang mewajibkan guru untuk melaksanakan pembelajaran inovatif dan mengukurnya dalam asesmen kompetensi minimum (AKM). Oleh karenanya, guru perlu melatih siswa dengan soal yang mengacu pada AKM. Namun demikian, ragam soal AKM dengan paradigma yang baru belum dipahami oleh mayoritas guru. Padahal, skor AKM memengaruhi rapor mutu suatu sekolah. Dengan demikian, guru perlu membekali diri dengan kemampuan merancang pembelajaran dan soal berbasis AKM.Kehadiran buku yang lengkap dengan contoh soal dari berbagai level kognitif, baik literasi maupun numerasi ini,diharapkan dapat menginsipirasi para guru dalam merancang pembelajaran yang inovatif di kelas.

Saat ini, proses AKM telah berlangsung.

Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis Dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan

Ada beberapa kesulitan yang dihadapi guru produktif. Tugas seorang guru produktif di SMK tidak hanya mengajar saja tetapi setelah mengajar perlu melakukan penilaian hasil belajar peserta didik. Penilaian ini tidak bisa hanya membuat butir soal tes saja kemudian diberikan ke peserta didik dan dinilai hasilnya. Ada tahapan-tahapan yang perlu dilakukan agar butir soal tes tersebut layak digunakan. Penilaian hasil belajar peserta didik tidak hanya melalui tes. Penilaian menggunakan non tes perlu dilakukan untuk menilai hasil belajar peserta didik pada aspek sikap. Jumlah jam mengajar yang tinggi juga merupakan kesulitan guru produktif. Tingginya jam mengajar mata pelajaran produktif membuat guru kesulitan membagi waktu untuk membuat beragam soal tes yang disesuai dengan tujuan pembelajaran. Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan hadir untuk memudahkan guru produktif TKR dalam membuat soal tes, soal non tes, dan cara penilaiannya. Buku ini disusun berdasarkan peraturan dan buku penilaian terbaru dari Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan.

Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan hadir untuk memudahkan guru produktif TKR dalam membuat soal tes, soal ...