Buku ini menjelaskan cara mengembangkan bahan ajar sejarah berbasis web dengan metode penelitian pengembangan berdasarkan pengalaman peneliti di SMA Negeri 1 Batu. Dalam buku ini dijelaskan secara teoritis dan praktis mengenai pengembangan bahan ajar sejarah berbasis web.
Pembelajaran sejarah dari masa ke masa selalu mengalami perubahan. Oleh karena itu perubahan pembelajaran merupakan sebuah keniscayaan. Sejarawan Inggris bernama Arnold Joseph Tonybee dikenal dengan teori challenge and respons mengatakan setiap gerakan sejarah timbul karena ada rangsangan, sehingga akan muncul reaksi yang melahirkan perubahan. Begitu juga dalam pembelajaran sejarah di era digital juga mengalami perubahan. Teknologi digital dalam dunia pendidikan telah memberikan banyak peluang yang dapat dimanfaatkan oleh guru. Salah satu peluang untuk mengikuti perkembangan teknologi digital adalah mengembangkan bahan ajar web. Bahan ajar berbasis web adalah bahan ajar yang dikemas dengan menggunakan media website. Bahan ajar web dapat diimplementasikan secara fleksibel dengan jaringan internet. Buku ini merupakan salah satu hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar sejarah berbasis web yang pernah penulis lakukan pada tahun 2017. Pada tahun 2020 Covid-19 telah melanda di Indonesia menjadikan perubahan pembelajaran dari tatap muka ke daring (dalam jaringan). Dengan buku ini kita dapat mengembangkan inovasi pembelajaran daring dengan media web
Bahan ajar web dapat diimplementasikan secara fleksibel dengan jaringan internet. Buku ini merupakan salah satu hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar sejarah berbasis web yang pernah penulis lakukan pada tahun 2017.
Buku ini sangat baik untuk digunakan sebagai referensi dalam menulis di bidang akademik (Academic Writing) khususnya dalam mendalama riset di bidang akademik writing yang secara khusus membahasa parafrase dan ringkasan yang merupakan kunci dalam menulis akademik agar penulis dapat terhindar dari unsur plagiarisme. Sehingga, buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi praktis dalam bidang penulisan karya ilmiah khususnya ditingkat perguruan tinggi.
Buku ini sangat baik untuk digunakan sebagai referensi dalam menulis di bidang akademik (Academic Writing) khususnya dalam mendalama riset di bidang akademik writing yang secara khusus membahasa parafrase dan ringkasan yang merupakan kunci ...
Dewasa ini manajemen menjadi hal yang penting. Manajemen dapat dikatakan sebuah usaha untuk mengelola atau menyusun suatu hal agar lebih terstruktur dan rapih. Termasuk ketika kita ingin mengelola sebuah data. Manajemen informasi adalah pengelolaan data dimana didalamnya mencakup proses mencari, menyusun, mengklasifikasikan, serta menyajikan berbagai data yang terkait dengan kegiatan yang dilakukan perusahaan sehingga dapat dijadikan landasan dalam pengambilan keputusan oleh manajemen. Secara lengkap buku ini membahas : Bab 1 Konsep Dasar Sistem Bab 2 Sistem Organisasi dan Informasi Bab 3 Pengambilan Keputusan, Informasi, dan Manajemen Bab 4 Sistem Informasi dan Penggunaannya Bab 5 Manajemen Sistem Informasi dalam Pendidikan Bab 6 Teknologi Informasi dan Sistem Informasi
Di dalam buku ini yang berhubungan dengan perkembangan kurikulum, maka peran guru di dalam pengembangannya sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran yang akan dilaksanakan secara kurikulum yang bersifat sentral maupun desentral, keduanya memerlukan penerapan dan perkembangan dari peran guru tersebut. Begitu juga dengan perkembangan kurikulum PAI, maka dari itu buku ini akan membahas tentang peran guru terhadap perkembangan kurikulum yang akan membuka wawasan kita dalam hal peranan guru dalam pengembangan kurikulum PAI.
... Pendidikan Islam: Dalam System Pendidikan Nasional di Indonesia. Kencana. Daulay, H. P. (2012). Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Kencana. Dhaifi, A. (2017). Perkembangan Kurikulum PAI di Indonesia ...
Pendidikan karakter merupakan aspek yang penting bagi generasi penerus. Seorang individu tidak cukup hanya diberi bekal pembelajaran dalam hal intelektual belaka tetapi juga harus diberi hal dalam segi moral dan spiritualnya, seharusnya pendidikan karakter harus diberi seiring dengan perkembangan intelektualnya yang dalam hal ini harus dimulai sejak dini khususnya dilembaga pendidikan. Pendidikan karakter di sekolah dapat dimulai dengan memberikan contoh yang dapat dijadikan teladan bagi murid dengan diiringi pemberian pembelajaran seperti keagamaan dan kewarganegaraan sehingga dapat membentuk individu yang berjiwa sosial, berpikir kritis, memiliki dan mengembangkan cita-cita luhur, mencintai dan menghormati orang lain, serta adil dalam segala hal. Buku Pendidikan Karakter ini berisi tentang: Bab 1 Konsep Dasar Pendidikan Berkarakter Bab 2 Dimensi-Dimensi Karakter Yang Baik Bab 3 Sumber-Sumber Pendidikan Karakter Bab 4 Proses Pembentukan Karakter Bab 5 Pendidikan Karakter Sebagai Pedagogi Bab 6 Budaya Dan Karakter Bangsa Bab 7 Konsep Dasar Masyarakat Berkarakter Bab 8 Tantangan Pembentukan Karakter Bab 9 Pengembangan Sekolah Berkarakter Bab 10 Pengembangan Ruang Kelas Berkarakter Bab 11 Penilaian Otentik Dalam Konteks Penilaian Karakter
Tak bisa dipungkiri, media sosial telah mampu memengaruhi sikap dan perilaku masyarakat. Bahkan media sosial penentu utama perubahan itu. Masyarakat berbaca pada media sosial, mereka juga sering menghakimi berdasar apa yang disajikan media sosial. Tidak bisa dibantah jika media sosial telah ikut membentuk peradaban manusia di masa datang. Maka, di tangan media sosiallah maju mundur peradaban ini ditentukan. Saatnya kita bijak bermedia sosial.