Sebanyak 8665 item atau buku ditemukan

Manajemen Perubahan - Membalik Arah Menuju Usaha Perkebunan yang Tangguh Melalui Strategi Optimalisasi Efisiensi

Konsep the Balance Scorecard Mengelola Perubahan The balanced scorecard
yang diperkenalkan oleh Kaplan dan Norton dalam mengeksekusi strategi
menjadi kenyataan (turning strategy into action) menekankan pentingnya
melakukan ...

Teori Manajemen dan Bimbingan Konseling

Kajian untuk Mahasiswa Pendidikan dan Keguruan

Judul Buku: Teori Manajemen Bimbingan dan Konseling (Kajian untuk Mahasiswa Pendidikan dan Keguruan) Penulis: 1. Darmawan Harefa, S.Pd., M.Pd. 2. Kaminudin Telaumbanu, S.Pd., M.M. Penerbit: PM Publisher bekerja sama dengan Penerbit Embrio Percetakan: Digital Printing Jogja Tahun Terbit: 23 September 2020 ISBN: 9786236653210 Blurb: Pemahaman teori pembelajaran dalam dunia pendidikan khususnya bagi masyarakat umum dalam tuntutan akademik dirasa masih tinggi. Dengan terbitnya buku ini tentang Teori Manajemen Bimbingan dan Konseling Kajian untuk Mahasiswa Pendidikan dan Keguruan, akan sangat membantu penggiat Akademik untuk memperoleh gambaran secara umum mengenai teori yang digunakan dalam melakasanakan proses pembelajaran maupun penelitian, serta dapat memperdalam dan memperkaya ilmu pengetahuan secara luas. Selain itu buku ini juga dapat menjadi buku pedoman bagi mahasiswa dan guru untuk dijadikan sebagai bahan referensi belajar. Buku ini akan mengajak Anda untuk "berkenalan secara umum mengenai Teori Manajemen dalam Bimbingan Konseling serta kajian-kajian yang behubungan dengan manajemen bimbingan konseling" secara intensif dengan belajar bertindak secara praktis dalam dunia pendidikan. Sehingga memudahkan bagi akademisi untuk memperoleh bahan rujukan untuk dijadikan sebagai bahan dalam memperkaya wawasan dan ilmu pengetahuan. Buku ini ditulis pada umumnya, untuk memberikan gambaran realita dalam kemampuan belajar dan berpikir secara praktis melalui teori manajemen dalam bimbingan konseling serta aplikasinya dalam pembelajaran lewat kehidupan sehari-hari. Buku ini terbagi atas Lima Bab. Masing-masing isi dalam Bab mengandung berbagai teori secara umum perkembangan belajar berpikir dan bertindak secara praktis dalam perkembangan belajar kearah yang lebih baik dan sederhana.

Analisi sistem, rancangan sistem, dan manajemen member petunjuk dalam mengoperasionalkan pendekatan sistem merupakan tiga unsure pokok yang berusaha mengenal esensi keterpaduan berbagai unsur dalam memecahkan masalah yang sifatnya ...

Manajemen Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

Dilengkapi dengan Manajemen Perpustakaan dan Ekstrakurikuler

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pendidikan yang paling fundamental. Dimana menyiapkan anak usia 0-6 tahun agar siap memasuki pendidikan selajutnya. Dalam hal ini pengembangan manajemen pendidikan anak usia dini sangat diperlukan. Untuk perencanakan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dalam sebuah lembaga PAUD. Hal tersebut tidak terlepas dari perhatian seluruh komponen yang terlibat di dalamnya. Proses pendidikan anak usia dini memerlukan pengelolaan yang efektif dan efisien serta perlu didukung oleh kepemimpinan pendidikan yang baik. Buku ini hadir untuk menjawab dan memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan buku ini diharapkan seluruh komponen yang terlibat pada pendidikan anak usia dini lebih memahami betapa pentingnya manajemen untuk pengembangan pendidikan anak usia dini. Dalam buku ini terdiri dari 11 bab yang membahas tentang Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini, Manajemen Pendirian PAUD, Manajemen Kurikulum PAUD (dokumen I), Manajemen Kurikulum PAUD (dokumen II), Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Sarana Prasarana, Manajemen Ekstrakurikuler I, Manajemen Ekstrakurikuler II, Manajemen Pembiayaan PAUD, Manajemen Pemasaran PAUD, Manajemen Perpustakaan PAUD.

Bahasa Inggris Kegiatan ekskul bahasa Inggris bertujuan mengembangkan kompetensi bahasa Inggris dalam bentuk lisan, meningkatkan kemampuan kognitif, sosial emosional serta komunikasi. Melalui kegiatan ini anak dilatih ketrampilan ...

PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI (Teori dan Praktik)

buku ini, berjudul; “Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (Teori dan Praktik)”. Dengan diterbitkannya buku ini tentunya penulis dapat membantu mahasiswa pendidikan anak usia dini dalam menyelesaikan tugas-tugasnya dan para calon guru maupun guru atau pendidik anak usia dini serta siapa yang hendak mempelajari dan memahami bagaimana cara mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini. Pada hakikatnya pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada pengembangan seluruh aspek kepribadian anak. Oleh kareta itu, pendidikan anak usia dini memberi kesempatan bagi anak untuk mengembangkan kepribadian dan potensi secara maksimal. Atas dasar ini, lembaga paud perlu menyediakan berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan seperti kognitif, sosial, emosi, fisik, dan motorik. Dengan adanya buku ini tentunya dapat sebagai alternatif terlebih mampu memberikan solusi-solusi yang tepat dalam usaha mengembangkan kognitif anak secara optimal. Dalam penulisan buku, penulis menyadari bahwa masih banyak terdapat kekurangan atau ketidak sempurnaan baik dalam bahasa maupun tulisan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan saran dan kritik bagi para pembaca, guna untuk perbaikan dalam menyempurnakan penyusunan buku ini.

buku ini, berjudul; “Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (Teori dan Praktik)”.

MODEL PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS MULTISENSORI-EKOLOGI (PSB MUGI) BAGI ANAK USIA DINI

Buku ini ditujukan untuk pembaca yang tertarik dalam mengembangkan pembelajaran sains anak usia dini dengan menerapkan Model PSB Mugi karena dapat meningkatkan kemampuan kognitif, sosial emosional dan fisik anak di PAUD khususnya untuk anak usia 4-6 tahun. Diharapkan dengan membaca buku ini pembeca/guru dapat melaksanakan Model PSB Mugi sesuai dengan dengan prinsip pembelajaran dan karakteristik utama. Buku ini juga ditujukan untuk pengembangan ilmu bagi mahasiswa Strata 1 jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) dan Strata 2 jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Buku panduan ini terdiri dari empat bagian. Bagian pertama yaitu: Pendahuluan, yang terdiri dari Latar belakang, Tujuan, Cakupan, dan Pengalaman belajar. Bagian Kedua adalah Teori Model Pembelajaran Sains Berbasis multisensori-ekologi (PSB Mugi), yang menguraikan Teori model pembelajaran, Pembelajaran sains anak usia dini, Pembelajaran berbasis multisensori, Pembelajaran berbasis ekologi, dan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori-ekologi. Bagian ketiga, berupa Kiat Sukses Melaksakan Model (PSB Mugi) tediri dari 5 langkah yaitu: Memahami karakteristik model PSB Mugi, Memahami prinsip model PSB Mugi, Memahami strategi pembelajaran dalam model PSB Mugi, Memahami teknik penilaian dalam model PSB Mugi dan Membuat perencanaan pembelajaran. Bagian keempat, Kiat praktis PSB Mugi terdiri yang dari 4 bagian yaitu Persiapan ruangan belajar, Persiapan media pembelajaran, Membimbing anak dalam pembelajaran, dan Melakukan penilaian terhadap anak. Bagian kelima buku ini memuat Program PSB Mugi dengan tema bumi dan langit yang mencakup kegiatan Lingkunganku bersih, Tong sampah istimewa, Bermain air, Cahaya matahari dan Pelangiku. Bagian keenam berisi Program PSB mugi dengan tema Tanaman yang terdiri dari kegiatan Bermain di Taman, Berkebun, Fun cooking, Aku suka makan buah-buahan dan Eksplorasi bunga. Bagian ketujuh memuat Program PSB Mugi dengan tema Kendaraan yang memuat kegiatan Tempat penjualan mobil, Kendaraan buatanku 1, Kendaraan buatanku 2, Kendaraan bersih dan Tempat parkir. Bagian kedelapan buku ini memuat Praktik yang telah Diterapkan terdiri dari Praktik yang diterapkan dan Pendekatan interdisipliner dan transdisipliner ilmu pada PSB Mugi. Bagian kesembilan merupakan Penutup.

Karakteristik model webb adalah adanya tema yang dapat membentuk jaringan dari berbagai bidang pengembangan yang menggunakan pendekatan tematik. 3. Pembelajaran melalui Bermain Bermain merupakan aktifitas yang penting bagi.

Sistem kepemimpinan di dalam masyarakat pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta

System of leadership in village society in Special District of Yogyakarta.

BAB VII POLA KEPEMIMPINAN BIDANG PENDIDIKAN DALAM MASYARAKAT
PEDESAAN Pemimpin bisa timbul karena berbagai hal yaitu dapat ditentukan
dari atas , karena keturunan , dan karena situasi dan kondisi masyarakat ...

Sistem kepemimpinan dalam masyarakat pedesaan daerah Bali

Dengan latar belakang seperti tersebut di atas , kepemimpinan dalam bidang
pendidikan mempunyai pengaruh yang cukup penting , baik terhadap
masyarakat terlebih bagi kemajuan desa . Gambaran pengaruh ini dapat
diperhatikan dari ...

Kepemimpinan kyai

kasus Pondok Pesantren Tebuireng

Role of kyai in pesantren, Islamic religious training center; case study in Pondok Pesantren Tebuireng, Dukuh Tebuireng, Cukir Village, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur Province.

tradisional , dengan pola kepemimpinan yang telah diuraikan di muka , terdapat
modelmodel pendidikan yang modem . Informasi semacam ini dapat
memperkaya kazanah pengetahuan , khususnya bidang pendidikan . Model -
model ...

Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah Abad Ke-21

Buku ini menampilkan tujuh bab berkaitan dengan kepemimpinan sekolah dan pengurusan kualiti sekolah. Sebagai pemimpin sekolah, kemahiran dan pengetahuan dalam pelbagai bidang ilmu perlu dimiliki bagi menjayakan pelbagai polisi dan program khususnya Kementerian Pendidikan Malaysia. Pemimpin sekolah perlu memiliki pelbagai kemahiran dan gaya kepemimpinan bagi mengurus staf, guru dan pelajar yang kebanyakan mereka adalah generasi Y dan generasi Z. Pemimpin sekolah perlu bijak untuk membuat keputusan, menyusun strategi, dan berhemah dalam membentuk budaya korporat sekolah. Semua elemen ini memerlukan pemimpin sekolah yang berketerampilan bagi mengurus kualiti sekolah. Negara menaruh harapan yang tinggi kepada sekolah untuk melahirkan insan cerdik pandai dan berakhlak mulia bagi menyediakan anak muda meneruskan pendidikan di kolej dan di universiti seterusnya ke pasaran tenaga kerja bagi membangunkan negara.

Buku ini menampilkan tujuh bab berkaitan dengan kepemimpinan sekolah dan pengurusan kualiti sekolah.