Sebanyak 7744 item atau buku ditemukan

Human Resource Management (Manajemen Sumber Daya Manusia)

Buku Human Resource Management (Manajemen Sumber Daya Manusia) ini menyajikan materi tentang bagaimana memahami dasar-dasar manajemen sumber daya manusia dan bagaimana mengelola sumber daya manusia yang tepat pada organisasi bisnis dan organisasi non bisnis yang saat ini terus berkembang. Adapun pembahasan dalam buku ini terbagi dalam beberapa bagian yang meliputi, HR Planning, Job Analysis, Job Design, Recruitment and Selection, HR Training and Development, Performance, Compensation, Work Motivation and Work Ethic, Procurement, Work Productivity, Job Satisfaction, Occupational Safety and Health, Competence, dan HR Maintenance. Buku ini sangat berguna bagi para mahasiswa dan calon HRD yang ingin mendalami bidang manajemen sumber daya manusia dan para praktisi yang saat ini sedang mengelola pegawai/karyawan dalam organisasinya.

Buku Human Resource Management (Manajemen Sumber Daya Manusia) ini menyajikan materi tentang bagaimana memahami dasar-dasar manajemen sumber daya manusia dan bagaimana mengelola sumber daya manusia yang tepat pada organisasi bisnis dan ...

Kewirausahaan

Kewirausahaan

Kewirausahaan yang sebutan populernya entrepreneurship memang sangat erat kaitannya dengan kegiatan perekonomian. Namun sebenarnya kalau dikaji secara mendalam ternyata lebih luas dari itu. Entrepreneurship yang menghasilkan wirausaha atau entrepreneur seseungguhnya tidak melulu berdampak ekonomis, tetapi dapat pula membuahkan berbagai nilai ideal dalam tataran sosial, politik, budaya dan aspek terkait lainnya. Artinya kalau bicara tentang wirausaha bukan berarti hanya memperbincangkan pengusaha atau pebisnis, melainkan setiap pekerjaan yang dilakukan individu tertentu sesuai dengan bidang profesinya yang didasari oleh jiwa wirausaha serta semangat dan nilai-nilai kewirausahaan.

Kewirausahaan yang sebutan populernya entrepreneurship memang sangat erat kaitannya dengan kegiatan perekonomian.

Kewirausahaan (Suatu Pengantar)

Buku ini membahas tentang Ruang Lingkup Kewirausahaan, Prinsip Dan Perilaku Wirausaha, Faktor Penyebab Kegagalan Usaha, Sikap Dan Kepribadian Wirausahawan, Karakter Wirausahawan, Ide Dan Peluang Bisnis, Kreativitas Dan Inovasi Dalam Wirausaha, Etika Bisnis Dalam Wirausaha, Menumbuhkan Motivasi Dan Minat Dalam Wirausaha, Peran Wirausaha Dalam Pengembangan UMKM Dan Peran Kewirausahaan Bagi Pertumbuhan Ekonomi.

Buku ini membahas tentang Ruang Lingkup Kewirausahaan, Prinsip Dan Perilaku Wirausaha, Faktor Penyebab Kegagalan Usaha, Sikap Dan Kepribadian Wirausahawan, Karakter Wirausahawan, Ide Dan Peluang Bisnis, Kreativitas Dan Inovasi Dalam ...

Kewirausahaan

Konsep Dasar Kewirausahaan, Perkembangan Bisnis Di Era Digital, Karakteristik Wirausaha Yang Sukses, Ide dan Peluang Bisnis, Kreativitas dan Inovasi, Modal Dasar Kewirausahaan, Peluang dan Tantangan Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing Dalam Kewirausahaan, Wirausaha dan Motivasi, Wirausaha dan Pengenalan Potensi Diri, Wirausaha dan Kepemimpinan, serta Wirausaha dan Jaringan Usaha

Konsep Dasar Kewirausahaan, Perkembangan Bisnis Di Era Digital, Karakteristik Wirausaha Yang Sukses, Ide dan Peluang Bisnis, Kreativitas dan Inovasi, Modal Dasar Kewirausahaan, Peluang dan Tantangan Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing Dalam ...

Memulai Kewirausahaan

Pengantar Kewirausahaan, Definisi dan Konsep Kewirausahaan, Sejarah dan Perkembangan, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kewirausahaan, Proses Pembentukan Ide Bisnis, Analisis Pasar dan Peluang Bisnis, Strategi dan Perencanaan Bisnis, Manajemen Risiko dan Keuangan, Pemasaran dan Penjualan, Manajemen SDM dan Organisasi, Inovasi dan Pertumbuhan Bisnis, Kesuksesan dan Dukungan Eksternal.

Pengantar Kewirausahaan, Definisi dan Konsep Kewirausahaan, Sejarah dan Perkembangan, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kewirausahaan, Proses Pembentukan Ide Bisnis, Analisis Pasar dan Peluang Bisnis, Strategi dan Perencanaan Bisnis, ...

Kewirausahaan

Mengandalkan pemerintah dalam menyiapkan lapangan kerja baru sangatlah berat. Begitu juga dengan mengandalkan para investor baik investor luar negeri dan dalam negeri untuk melakukan investasi di Indonesia membutuhkan waktu. Untuk itu, sektor pendidikan mempunyai peran yang strategis untuk mengubah pola pikir mahasiswa atau mindset mahasiswa agar berorientasi mencipatkan lapangan kerja atau job creator bukan sebagai pencari kerja atau job seeker. Sayangnya, lulusan perguruan tinggi banyak yang didoktrin oleh orang-orang terdekat setelah lulus dari bangku kuliah untuk menjadi pekerja pada instansi tertentu seperti menjadi PNS, pegawai bank, dan pegawai kantoran lainnya. Pilihan ini tidaklah salah. Namun bangsa kita membutuhkan orang-orang atau lulusan perguruan tinggi yang mempunyai skill tinggi dan tumbuh wirausahawan-wirausahawan muda yamg kreatif dan innovatif untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat luas. Itulah peran mendasar dalam penulisan buku ajar ini. Dalam kerangka itu, pihak universitas mempunyai peranan penting dalam mentransfortasi menjadi universitas berbudaya enterpreneur, yang terealisasi dalam bentuk penyediaan ruang dan kurikulum akademis sedemikian rupa sehingga ilmu dan semangat kewirausahaan pada kalangan mahasiswa tertanam dan berkembang kuat pada mindset masing-masing mahasiswa. Kami berharap buku ajar ini dapat mendukung terwujudnya visi tersebut dengan dipakai sebagai pedoman mahasiswa untuk mata kuliah kewirausahaan.

Kami berharap buku ajar ini dapat mendukung terwujudnya visi tersebut dengan dipakai sebagai pedoman mahasiswa untuk mata kuliah kewirausahaan.

Bisnis Ala Mahasiswa

Buku ini disusun agar dapat membantu para mahasiswa dalam mempelajari konsep-konsep bisnis beserta mempermudah mempelajari materi kewirausahaan. Buku ini merupakan kumpulan tentang mimpi mahasiswa dalam merencanakan dan mengaplikasikan sebuah bisnis. Mahasiswa diharapkan dapat mempelajari dan memperbaiki kelemahan-kelemahan yang selama ini dihadapi. Serta, dapat menemukan ide, kreativitas, dan inovasi untuk produk atau jasa yang mereka usulkan dengan menerapkan konsep produk dan mengutamakan pelanggan. Bisnis yang dapat bertahan dalam persaingan adalah bisnis yang kreatif dan inovatif dalam menciptakan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Diharapkan buku ini dapat memberikan inspirasi dan bermanfaat bagi dunia Pendidikan serta membantu mahasiswa dalam proses belajar.

Buku ini disusun agar dapat membantu para mahasiswa dalam mempelajari konsep-konsep bisnis beserta mempermudah mempelajari materi kewirausahaan.

KEWIRAUSAHAAN BERBASIS PRODUK

Kewirausahaan adalah kemampuan dan kesiapan untuk mengembangkan, mengatur dan menjalankan suatu usaha bisnis, dengan segala ketidakpastiannya untuk memperoleh keuntungan. Contoh kewirausahaan yang paling menonjol adalah memulai bisnis baru. sebagiman umum diketahui, dalam berwirausaha seseorang perlu menguasai atau setidaknya mempelajari dan mengetahui beberapa hal atau keterampilan, seperti: keterampilan berpikir kreatif dan inovatif, keterampilan mengembangkan ide dan melihat peluang bisnis. mengetahui bagaimana membuath proposal bisnis, perencanaan pemasaran, sampai yang terdekat adalah bagaimana merancang produk bisnisnya. buku Kewirausahaan Berbasis Produk ini menawarkan pembahasan mengenai hal-hal yang perlu dipelajari oleh para pelaku bisnis tersebut. hal-hal tersebut dibahas secara terperinci dalam 9 (sembilan ) bab, yakni Bab I Konsep dan Terori Dasar Kewirausahaan, Bab II Berpikir Kreatif dan Inovatif, Baab III Komunikasi dan Interpersonal Skil, BAB iv Etika Bisnis, Bab V Ide dan peluang Bisnis, Bab VI Perancangan Proposal Bisnis, Bab VII Digital Preneurship, Bab VIII Digital Marketing, dan Bab IX Perancangan Produk Bisnis.

Contoh kewirausahaan yang paling menonjol adalah memulai bisnis baru. sebagiman umum diketahui, dalam berwirausaha seseorang perlu menguasai atau setidaknya mempelajari dan mengetahui beberapa hal atau keterampilan, seperti: keterampilan ...

Strategi Kepemimpinan Wirausaha Modal Sosial, Kapabilitas Inovasi dan Kinerja UKM

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan salah satu bisnis yang menjadi sorotan saat ini yang diklasifikasikan sebagai alat untuk pertumbuhan ekonomi suatu Negara (Tengeh, 2011; Ali & Iskandar, 2016). Dengan memperluas wirausahawan di suatu negara dapat memberikan stimulus inisiasi usaha kecil dan menengah yang lebih layak, yang pada gilirannya memberikan kesempatan kerja dan pengurangan kemiskinan (Pascal, 2015). UKM dalam suatu negara dinilai lebih baik dalam mengatasi krisis jika dibandingkan dengan usaha besar, meskipun terdapat beberapa UKM juga mengalami kesulitan saat krisis, namun usaha ini dianggap dapat merespon lebih cepat dan fleksibel terhadap kondisi lingkungan atau perubahan eksternal daripada perusahaan besar.

The role of innovation capability on business performance of small and medium enterprises. ... The effect of business innovation capability, entrepreneurial competencies and quality management towards the performance of malaysian sme's.

Wirausaha Pengusik Kemapanan

Iklim kewirausahaan sudah berubah. Banyak pebisnis konvensional ditantang untuk menata dan merekonstruksi kembali model usahanya. Salah satu gambaran yangmenonjol untuk tantangan itu, menurut Ambara Purusottama di rubrik Kinerja edisi ini, terungkap dalam fenomena tren bisnis transportasi berbasis aplikasi di Indonesia, khususnya di ibu kota. Beberapa pemain baru di bisnis ini belakangan benar-benar menjadi Pengusik Kemapanan yang tak boleh dihiraukan kehadirannya.Maka, jawaban pertama atas tantangan itu tentu saja harus dimulai dengan manusianya. Demikian, Andreas Budihardjo di artikel Strategi menggaris bawahi pentingnya Sumber Insani Wirausaha dipetakan karakteristik dan kompetensinya, agar sebuah bisnis dapat sukses. Pemimpin yang Menggerakkan Semua misalnya, menjadi salah satu modal manusia yang dibutuhkan untuk sebuah kewirausahaan inovatif,demikian Ade Febransyah memaparkan di rubrik Horizon. Data-data menarik yang dipaparkan Shellyana Junaedi dalam rubrik Diskursus,akan keberadaaan “creativepreneur”yang seringkali justru Menggali Peluang dalam Cibiran menjadi bukti menarik akan besarnya peran ide dari si pelaku usaha sebelumsebuah bisnis diwujudkan. Ide-ide kreatif yang kadang justru menjadi olok-olok ketikadiperkenalkan, justru seringkali menjadi besar dan batu loncatan gagasan bagi lahirnya bisnis-bisnis yang sukses. Olok-olok seperti itu agaknya tercipta dari pola didik masyarakat Indonesia umumnya, yang menurut Yodhia Antariksa pada artikel Strategi kali ini, banyak terdoktrinasi dari anggapan bahwa kemampuan akademis lebih besar artinya dari pada pengalaman hidup yang kreatif. Kecenderungan doktrinasi ini tidak akan banyak membantu negeri kita menciptakan lebih banyak jumlah wirausaha, yang menurut datamasih sangat kurang. Oleh karena itu, Meningkatkan Life Skills, daripada Academic Skillitu jelas mendesak. Menjawab tantangan digitalisasi media yang terus berlari, seluruh artikel majalahFM mulai edisi ini dan seterusnya terbit dalam format digital dan tersebar di beberapa distributor digital mitra kita. Semoga semakin menambah nuansa ketertarikan pembacapada dunia manajemen yang terus berubah. Selamat Membaca! -Prasetiya Mulya-

Semoga semakin menambah nuansa ketertarikan pembacapada dunia manajemen yang terus berubah. Selamat Membaca! -Prasetiya Mulya-