Sebanyak 100 item atau buku ditemukan

Manajemen Konflik

Manajemen konflik merupakan proses mengidentifikasi dan menangani konflik secara bijaksana, adil, dan efisien dengan tiga bentuk metode pengelolaan konflik yaitu stimulasi konflik, pengurangan/penekanan konflik dan penyelesaian konflik. Pengelolaan konflik membutuhkan keterampilan seperti berkomunikasi yang efektif, pemecahan masalah, dan bernegosiasi dengan fokus pada kepentingan organisasi. Konflik sebenarnya bisa menjadi suatu potensi yang baik (fungsional) yang bisa mendorong produktivitas apabila konflik tersebut dikelola dengan baik, namun konflik biasanya dianggap sebagai suatu yang negatif (difungsional) dan dapat mengganggu serta menurunkan produktivitas. Diuraikan dalam 14 sub tema sebagai berikut: Bab 1 Ruang Lingkup Manajemen Konflik Bab 2 Ciri-Ciri Konflik dan Penyebab Terjadinya Konflik Bab 3 Tahapan-Tahapan Perkembangan Kearah Terjadinya Konflik Bab 4 Jenis-Jenis Konflik Bab 5 Sumber – Sumber Konflik Bab 6 Aspek-aspek Manajemen Konflik Bab 7 Dampak Konflik Bab 8 Strategi Mengelola Konflik Bab 9 Strategi Mengatasi Konflik Bab 10 Manajemen Konflik Bab 11 Konflik Lini dan Staf Bab 12 Penanggulangan Konflik Lini Dan Staf Bab 13 Pendekatan Situasi Konflik Bab 14 Kasus Manajemen Konflik yang Terjadi Di Dalam Organisasi

Manajemen konflik merupakan proses mengidentifikasi dan menangani konflik secara bijaksana, adil, dan efisien dengan tiga bentuk metode pengelolaan konflik yaitu stimulasi konflik, pengurangan/penekanan konflik dan penyelesaian konflik.

Dasar-Dasar Ilmu Manajemen

Ilmu manajemen sangat dibutuhkan dalam menjalankan bisnis maupun dalam menjalankan kehidupan manusia sehari-hari, baik secara individu maupun kelompok. Penguasaan ilmu manajemen yang baik dapat membantu manusia melakukan pekerjaannya secara efektif dan efisien. Implementasi ilmu manajemen yang baik pada organisasi juga akan mendukung keberhasilan organisasi tersebut dalam upaya pencapaian tujuannya. Buku ini disusun untuk memberi manfaat teoritis bagi para akademisi dan mahasiswa, serta memberi manfaat praktis bagi para pelaku bisnis dan masyarakat umum berupa wawasan dan pengetahuan dasar mengenai ilmu manajemen. Buku ini terdiri dari 11 bab yang berisi pengetahuan dasar ilmu manajemen, yaitu: Bab 1 Konsep Dasar Ilmu Manajemen Bab 2 Sejarah dan Teori Manajemen Bab 3 Manajemen dan Lingkungannya Bab 4 Fungsi-Fungsi Manajemen Bab 5 Manajemen Strategis Bab 6 Perencanaan dan Pengambilan Keputusan Bab 7 Kebijakan dan Hubungan Karyawan Bab 8 Manajemen Konflik dan Negosiasi Bab 9 Manajemen Usaha Kecil Bab 10 Manajemen Kewirausahaan Bab 11 Manajemen Masa Depan

Buku ini terdiri dari 11 bab yang berisi pengetahuan dasar ilmu manajemen, yaitu: Bab 1 Konsep Dasar Ilmu Manajemen Bab 2 Sejarah dan Teori Manajemen Bab 3 Manajemen dan Lingkungannya Bab 4 Fungsi-Fungsi Manajemen Bab 5 Manajemen Strategis ...

Syarah Sejarah Pemikiran HOS Tjokroaminoto

Buku ini membahas peristiwa dan alasan yang melandasi seorang Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto menerbitkan karya-karya fenomenal beliau seperti: Islam dan Nasionalisme, Islam dan Sosialisme, Memeriksai 'Alam Kebenaran, Moeslim Nastionaal Onderwijs, Tarikh Agama Islam, Reglemen untuk Umat dan Tafsir Program Asas dan Tandhim. Ditulis oleh tujuh pensyarah, buku ini memberi gambaran dengan bahasa yang mudah dipahami bagi mereka yang ingin belajar lebih dalam tentang siapa HOS Tjokroaminoto. Dapatkan versi cetaknya di penerbit.urup.or.id

Buku ini membahas peristiwa dan alasan yang melandasi seorang Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto menerbitkan karya-karya fenomenal beliau seperti: Islam dan Nasionalisme, Islam dan Sosialisme, Memeriksai 'Alam Kebenaran, Moeslim Nastionaal ...

Landasan Pedagogik: Teori dan Kajian

Materi landasan pedagogik ini sangat bermanfaat dalam dunia pendidikan maupun organisasi karena dikaji secara komprehensif dan lebih lengkap dari kajian filosofis, kajian empirik, perkembangan, evaluasi, dan implikasinya sehingga diharapkan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dalam bidang pedagogik. Buku ini disajikan dengan struktur yang dibangun atas sebelas pokok kajian bahasan, yaitu mencakup: Ragam perspektif pedagogik tentang makna pendidikan, pengajaran dan pelatihan. Pendidikan sebagai ilmu pengetahuan. Kajian antropologis filsafat terhadap hakikat manusia dan pendidikan. Kajian historis terhadap tokoh-tokoh pendidik. Kajian psikologis terhadap realitas perkembangan peserta didik. Kajian terhadap perkembangan religi peserta didik. Kajian empirik tentang pranata pendidikan dalam latar budaya dan organisasi. Perspektif pedagogik tentang landasan manajemen pendidikan. Perspektif pedagogik tentang evaluasi pendidikan. Kajian tentang research and development pendidikan. Kajian tentang implikasi landasan pedagogik terhadap pengembangan teori dan praktek pendidikan di Indonesia dan dunia. Buku ini sangat berguna dan mendukung bagi mahasiswa yang belajar di Fakultas Ilmu Pendidikan, bagi guru, dosen, kepala sekolah, pengawas sekolah, organisasi, perusahaan dan pemerhati dalam bidang pendidikan dalam menambah wawasan tentang pedagogik sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

Perspektif pedagogik tentang evaluasi pendidikan. Kajian tentang research and development pendidikan. Kajian tentang implikasi landasan pedagogik terhadap pengembangan teori dan praktek pendidikan di Indonesia dan dunia.

Komunikasi Organisasi: Teori, Inovasi dan Etika

Komunikasi dapat dikatakan merupakan nafas dalam eksistensi suatu organisasi, di mana suatu organisasi tidak akan mampu berjalan tanpa adanya komunikasi. Hal ini menjadi latar belakang munculnya studi tentang komunikasi organisasi. Dalam buku ini akan diulas dengan komprehensif bagaimana pelaku organisasi yang memiliki tugas masing-masing saling berkaitan satu dengan yang lain dalam suatu sistem memerlukan komunikasi yang baik agar kinerja dalam organisasi tersebut berjalan optimal. Buku ini membahas tentang: Bab 1 Konsep Dasar Komunikasi Organisasi Bab 2 Teori-Teori Organisasi Klasik dan Transisional Bab 3 Komunikasi Kelompok dan Jaringan Komunikasi Bab 4 Pola, Arah Dan Aliran Komunikasi Dalam Organisasi Bab 5 Budaya dan Iklim Organisasi Bab 6 Kepemimpinan dan Gaya Komunikasi Dalam Organisasi Bab 7 Kekuasaan dan Pemberdayaan dalam Organisasi Bab 8 Konflik dan Hambatan dalam Komunikasi Organisasi Bab 9 Stres Dalam Komunikasi Organisasi Bab 10 Manajemen Konflik Bab 11 Inovasi dan Teknologi Informasi dalam Organisasi Bab 12 Etika dalam Komunikasi Organisasi

Di dalam suatu organisasi semua orang akan melakukan komunikasi dengan orang lain, terjadinya kesalahan dalam berkomunikasi akan berdampak pada konflik antar individu, tim kerja dalam suatu organisasi. Dilihat dari tingginya waktu yang ...

Manajemen Perilaku Konsumen dan Loyalitas

Penulis: Hengki Mangiring Parulian Simarmata, Erika Revida, Iskandar Kato, Hijrayanti Sari, Sudung Simatupang, Andriasan Sudarso, Muhamad Faisal, Diena Dwidienawati Tjiptadi, Sisca, Martono Anggusti, Yurilla Endah Muliatie xiv; 210 hlm; 16 x 23 cm ISBN: 978-623-342-112-6 Cetakan 1, Juni 2021 Buku ini mengulas tentang bagaimana memahami konsumen dalam menjalankan bisnis. Dengan memahami konsumen diharapkan pebisnis mampu merumuskan strategi pemasaran yang efektif dan efisien demi tercapainya tujuan perusahaan. Adapun tujuan dari buku ini untuk membantu mahasiswa, akademisi dan praktisi memahami perilaku konsumen dan meningkatkan loyalitas konsumen terhadap perusahaan. Buku ini terdiri dari 11 Bab dengan masing –masing bahasan sebagai berikut Bab 1. Analisis Perilaku Konsumen Bab 2. Motivasi dan Kebutuhan Bab 3. Pengetahuan dan Persepsi Konsumen Bab 4. Pengolahan Informasi Bab 5. Pembelajaran Konsumen Bab 6. Sikap Konsumen Bab 7. Lingkungan Budaya, Demografi, Ekonomi dan Sosial dan Situasi konsumen Bab 8. Proses Pengambilan Keputusan Bab 9. Loyalitas Konsumen Bab 10. Tanggungjawab Sosial Kepada konsumen Bab 11. Penelitian Perilaku Konsumen

Kotler dan Amstrong, (2009), kepuasan konsumen eksternal dipengaruhi pula oleh kualitas pelayanan purna jual. Uraian tersebut, menyimpulkan bahwa pemasok dan konsumen adalah setiap orang atau badan yang datang dari dalam perusahaan ...

Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Berbasis Technopreneurship

Pada dekade awal kemerdekaan serta pembangunan bangsa dan negara dikenal dan dikumandangkan dua ”slogan,” tetapi satu yaitu nation and character bulding yang maknanya pembangunan bangsa dan pembangunan karakter (watak) bangsa. ”Pembangunan bangsa” digelorakan dengan mantapnya Negara Kesatuan Republik Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Negara Bhineka Tunggal Ika, Satu Tanah Air, Satu Bangsa dan Satu Bahasa. Di samping itu, ”pembangunan karakter” digempitakan demi kokohnya budaya bangsa yang berkepribadian, berdiri di atas kaki sendiri, dan bermartabat. Bangsa Indonesia, yang berani memerdekakan dirinya melalui revolusi perjuangan rakyat, adalah bangsa yang diyakini mampu menjadi bangsa yang besar.

Buku Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Berbasis Technopreneurship ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Pengembangan Instrumen Karakter dalam Pembelajaran IPA

Pendidikan karakter merupakan salah satu upaya untuk membangun karakter unggul seperti diamanahkan dalam tujuan pendidikan nasional. Pendidikan karakter dilakukan sejak di Pendidikan Anak Usia Dini hingga perguruan tinggi. Salah satu kesulitan pendidik dalam melaksanakan pendidikan karakter adalah asesmen dan evaluasinya, sehingga sering kali pendidik melaksanakan pembelajaran tanpa menanamkan karakter dan penilaiannya. Buku Pengembangan Instrumen Karakter ini menjelaskan tentang konsep pengembangan instrumen, khususnya karakter, dan teknik analisis pengujian validitas dan reliabilitasnya. Uraian detail tentang langkah pengembangan instrumen, cara menganalisis hasil pengembangan dan hasil pengembangan mengantar pembaca untuk dapat mengikutinya dengan mudah. Buku ini bermanfaat bagi calon guru, guru, peneliti, dan para pemangku kebijakan bidang pendidikan. Kelugasan bahasa dalam menjelaskan konsep instrumen karakter sangat membantu para pemerhati pendidikan dalam memahami teknik analisis kualitas instrumen dan jenis instrumen karakter. Penyajian instrumen mulai dari karakter disiplin, tanggung jawab, toleransi, kreatif, local wisdom, konservasi, Entrepreneurship, peduli, religius, kepedulian sosial, rasa ingin tahu, hingga global citizen. Berbagai instrumen untuk menilai karakter disajikan dengan detail beserta hasil validasi dari segi konten/isi dan reliabilitasnya. Teknik perhitungan indeks validitas dan reliabilitas juga disampaikan dengan runtut. Teori tes klasik dan teori tes modern 1-parameter logistik (Rasch Model) digunakan untuk menganalisis validitas dan reliabilitas instrumen yang telah dikembangkan. Buku Pengembangan Instrumen Karakter ini dapat digunakan sebagai contoh dalam pengembangan suatu instrumen, khususnya karakter. Diharapkan buku ini membawa manfaat bagi pelaku, peneliti dan pemerhati pendidikan karakter dan segera disusul dengan karya-karya tentang evaluasi berikutnya.

Pendidikan karakter merupakan salah satu upaya untuk membangun karakter unggul seperti diamanahkan dalam tujuan pendidikan nasional.

PENERAPAN TEKNOLOGI PENGOLAH CITRA DAN FISIKA PADA BIDANG TEKSTIL

Tekstil, Pengolah Citra Digital, Fisika Tekstil

“PENERAPAN TEKNOLOGI PENGOLAH CITRA DAN FISIKA PADA BIDANG TEKSTIL”. Buku ini ditulis dengan tujuan sebagai buku referensi mengenai penerapan fisika dan pengolahan citra digital untuk bidang tekstil yang dapat dengan mudah dimengerti dan dipahami bagi kalangan pembaca, khususnya bagi akademisi dan praktisi tekstil di industri.

150/96 di mesin Pirn Winder Murata Type 303 4 Tekstil Jurnal Tekstil Pendidikan
Tinggi Teknik Busana dalam Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan di
Bidang Distro Prosiding Seminar, 2009 5 Tekstil Jurnal Tekstil Analisis Tingkat ...

Teori Perilaku Organisasi

Manusia merupakan mahluk sosial sebagai salah satu sumber daya yang dinamis memegang peranan penting dalam perjalanan oganisasi. Pemahaman individu, kelompok, dan organisasi merupakan hal yang krusial dalam pencapaian tujuan organisasi. Hal ini disebabkan sumber daya manusia yang ada pada organisasi yang akan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi seluruh aktivitas dalam organisasi. Untuk itu dibutuhkan upaya yang optimal dalam memberdayakan sumber daya manusia tersebut dengan memahami perilaku individu, perilaku kelompok, manajemen konflik, keberagaman, kerja sama tim, komunikasi, pengambilan keputusan, manajemen konflik, kekuasaan dan politik, pemahaman organisasi, sikap, kepuasan kerja, dan hal lainnya. Dimana seluruh upaya pemahaman ini tidak terlepas dari dengan sumber daya manusia dalam organisasi yang akan dibahas pada buku ini. Lebih lengkapnya buku ini membahas: Bab 1 Pengantar Perilaku Organisasi Bab 2 Perilaku Individu dan Pengaruhnya Terhadap Organisasi Bab 3 Perilaku Kelompok dan Interpersonal Bab 4 Perilaku Antar Kelompok dan Manajemen Konflik Bab 5 Keberagaman Dalam Organisasi Bab 6 Tim Dalam Organisasi Bab 7 Komunikasi Dalam Organisasi Bab 8 Pengambilan Keputusan Organisasi Bab 9 Konflik dan Negosiasi Organisasi Bab 10 Kekuasaan dan Politik Dalam Organisasi Bab 11 Struktur Organisasi dan Budaya Organisasi Bab 12 Proses Organisasi Bab 13 Perubahan Organisasi Bab 14 Sikap, Perilaku, dan Kepuasan Dalam Bekerja

Sedangkan, Effendy (2009) menyatakan ada 3 (tiga) bentuk komunikasi dalam organisasi, yaitu: 1. Komunikasi berdasarkan bentuk. a. Komunikasi langsung, yaitu komunikasi langsung tanpa menggunakan alat. Komunikasi berbentuk kata-kata, ...