Sebanyak 41606 item atau buku ditemukan

BUKU AJAR KODE ETIK PROFESIONALISME GURU

Guru Indonesia adalah insan yang layak ditiru dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, khususnya oleh peserta didik yang dalam melaksanakan tugasnya berpegang teguh pada prinsip, “ing ngarso sung tulodho, ing madya mangon karso, tut wuri handayani” Dalam mewujudkan prinsip-prinsip tersebut guru Indonesia akan menjalankan tugas-tugas profesional sesuai dengan perkembangan dan teknologi. Karenanya diperlukan Kode Etik Guru Indonesia sebagai pedoman/ aturan-aturan/ norma-norma tingkah laku yang harus ditaati dan diikuti oleh guru profesional di Indonesia dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sehari-hari sebagai guru profesional.

Guru Indonesia adalah insan yang layak ditiru dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, khususnya oleh peserta didik yang dalam melaksanakan tugasnya berpegang teguh pada prinsip, “ing ngarso sung tulodho, ing madya mangon ...

EKSPLORASI DALAM PROFESI KEPENDIDIKAN

Saat kita memasuki era yang dipenuhi dengan perubahan yang cepat dan kompleks, tantangan dalam profesi kependidikan semakin berkembang. Seiring dengan tuntutan akan penyesuaian terhadap perkembangan teknologi, dinamika sosial, dan kebutuhan individual siswa, eksplorasi menjadi landasan penting dalam menjawab panggilan sebagai pendidik.

Saat kita memasuki era yang dipenuhi dengan perubahan yang cepat dan kompleks, tantangan dalam profesi kependidikan semakin berkembang.

Profesi Keguruan : Teori & Konsep Profesi Keguruan yang Profesional untuk Menghasilkan Peserta Didik yang Unggul

Buku "Profesi Keguruan : Teori & Konsep Profesi Keguruan yang Profesional untuk Menghasilkan Peserta Didik yang Unggul" adalah panduan menyeluruh yang menguraikan aspek kunci profesi keguruan. Mulai dari ruang lingkup profesi hingga syarat-syarat menjadi guru profesional, buku ini menawarkan pemahaman mendalam tentang esensi keguruan. Pembaca dibimbing melalui pengertian dan kode etik profesi keguruan, sementara organisasi profesi memberikan landasan struktural yang mendukung perkembangan kompetensi guru. Sasaran dan pengembangan sikap profesional menjadi sorotan penting, sementara strategi guru dalam memotivasi siswa memberikan wawasan praktis. Buku ini juga menyoroti aspek supervisi pendidikan, peran guru sebagai komunikator, guru abad ke-21, etos kerja, dan tantangan di masa depan. Dengan pendekatan yang komprehensif, buku ini merangsang pembaca untuk mengeksplorasi kedalaman profesi keguruan, membantu para pendidik membangun fondasi kuat untuk membentuk generasi yang unggul secara akademis dan karakter.

Buku "Profesi Keguruan : Teori & Konsep Profesi Keguruan yang Profesional untuk Menghasilkan Peserta Didik yang Unggul" adalah panduan menyeluruh yang menguraikan aspek kunci profesi keguruan.

Profesi Keguruan

Menjadi Guru yang Religius dan Bermartabat

Profesi keguruan merupakan suatu kegiatan yang menunjukkan dan menjunjung tinggi prinsip dan asas-asas keprofesionalitasan dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam mendidik dan mengajar peserta didik. Guru yang profesional merupakan produk dan hasil dari suatu pendidikan profesi guru dengan mengandalkan kualitas keilmuan yang tinggi, moralitas yang agung, serta ditunjang berbagai kapabilitas yang tidak diragukan lagi efektivitas dan efisiensinya dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran. Begitu pula sebutan guru profesional berlaku dalam seluruh aktivitas kehidupannya baik di sekolah maupun di luar sekolah seperti lingkungan dan masyarakat. Namun untuk menjadi guru yang profesional tidaklah mudah karena memerlukan pendidikan khusus yaitu pendidikan profesi guru dan proses yang berkelanjutan. Hadirnya buku ini merupakan dalam rangka membantu merealisasikan guru profesional di negeri ini. Isi buku ini seluruhnya berkaitan dan sesuai dengan kebutuhan guru profesional dan pemerhati pendidikan. Dimulai dari pembahasan tentang pemahaman arti profesi dan guru secara mendalam, kompetensi guru, hard skill dan soft skill guru, perencanaan pembelajaran, kode etik profesi guru, supervisi pendidikan, dan program sertifikasi profesi guru yang kesemuannya itu telah disesuaikan dengan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Juga ditambahkan berbagai konsep pendidikan Islam sehingga buku ini mencoba untuk menggabungkan pendidikan secara umum dengan pendidikan Islam. Ini karena guru profesional adalah guru yang memiliki intelektualitas yang bermutu, bermoral religius, dan memiliki kapabilitas (multi talented) dalam proses pendidikan. Buku ini merupakan buku rujukan utama mata kuliah Profesi Keguruan bagi mahasiswa, namun buku ini juga sangat sesuai dan berguna bagi para pendidik atau guru, pemerhati dan praktisi pendidikan, semua civitas akademika, dan bagi siapa pun yang peduli pada peningkatan kualitas pendidikan.

Profesi keguruan merupakan suatu kegiatan yang menunjukkan dan menjunjung tinggi prinsip dan asas-asas keprofesionalitasan dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam mendidik dan mengajar peserta didik.

Etika Profesi Keguruan

Guru adalah profesi yang mempersiapkan sumber daya manusia untuk menyongsong pembangunan bangsa dalam mengisi kemerdekaan. Guru dengan segala kemampuannya dan daya upayanya mempersiapkan pembelajaran bagi peserta didiknya sehingga tidak salah jika guru disebut sebagai salah satu kunci pembangun bangsa. Dewasa ini, dunia pendidikan di Indonesia dikejutkan dengan berbagai macam pelanggaran etika yang terjadi. Perlu adanya sebuah pedoman bersikap dan berperilaku yang tercermin dalam tindakan nyata. Buku Etika Profesi Keguruan hadir untuk mengisi kekosongan terhadap buku yang membahas mengenai etika keguruan. Buku ini menerangkan mengenai guru sebagai profesi, standar kualifikasi guru, profesi keguruan, etika dan profesi keguruan, kompetensi guru profesional, serta pengembangan profesionalitas guru.

Perlu adanya sebuah pedoman bersikap dan berperilaku yang tercermin dalam tindakan nyata. Buku Etika Profesi Keguruan hadir untuk mengisi kekosongan terhadap buku yang membahas mengenai etika keguruan.

Pengantar Profesi Keguruan

Perbincangan masalah pendidikan seringkali dibarengi dengan argumentasi bahwa pentingnya perbaikan mutu profesi guru dalam proses pembelajaran. Kondisi ini dikarenakan posisi guru merupakan jabatan profesi yang memiliki peranan strategis dalam menentukan capaian keberhasilan dari proses pelaksanaan pendidikan. Berdasarkan konteks inilah, penyandang profesi guru diharuskan untuk memahami eksistensi dirinya secara konseptual sebagaimana penjabaran UUGD No. 14/2005, PP No. 74/2008/PP No. 19/2017 tentang Guru, maupun Permendiknas No. 16/2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Dengan adanya pemahaman yang memadai tentunya dapat menunjang aktivitas profesi guru secara profesional di tingkat satuan pendidikan. Buku Pengantar Profesi Guru ini mendeskripsikan gagasan konseptual tentang hakikat profesi guru, tugas dan tanggung jawab guru, standar kompetensi profesi guru, kualifikasi akademik profesi guru, dan bentuk pengembangan profesionalisme profesi guru. Selanjutnya dalam buku ini dipaparkan mengenai organisasi dan kode etik guru Indonesia ditinjau dari hasil Keputusan Kongres XXI PGRI No. VI/2013, yang dilanjutkan dengan pembahasan terkait pandangan etika profesi guru. Uraian buku diakhiri dengan lampiran Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 dan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2017 tentang Guru. Buku ini relevan dengan kebutuhan referensi mahasiswa S1 Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ilmu Pendidikan, para pendidik (guru, dosen), dan para pemerhati pendidikan. Harapan penulis, dengan membaca buku ini dapat memberikan penguatan wawasan kepada calon guru dan para guru dalam meningkatkan profesionalisme. Kehadiran buku ini juga dapat menjadi pedoman praksis untuk memenuhi pengembangan profesionalisme kinerja bagi para guru di tingkat satuan pendidikan mulai dari TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA.

Perbincangan masalah pendidikan seringkali dibarengi dengan argumentasi bahwa pentingnya perbaikan mutu profesi guru dalam proses pembelajaran.

BUKU AJAR PROFESI KEPENDIDIKAN

Buku ini merupakan hasil pemahaman dan refleksi terhadap materi yang disampaikan dan semoga buku ini memberikan kontribusi positif dalam pengembangan profesi kependidikan.

Buku ini merupakan hasil pemahaman dan refleksi terhadap materi yang disampaikan dan semoga buku ini memberikan kontribusi positif dalam pengembangan profesi kependidikan.