Sebanyak 510 item atau buku ditemukan

PANDUAN PENULISAN SKRIPSI DAN TUGAS AKHIR

POLITEKNIK TUNAS PEMUDA TANGERANG

Buku pedoman penulisan skripsi dan tugas akhir bertujuan menyeragamkan teknik penulisan sehingga mahasiswa, dosen pembimbing, dan para pengambil keputusan akademik dapat memiliki kesamaan dalam sistematika penulisan, dan lain-lain yang menyangkut penulisan Skripsi dan tugas akhir di Politeknik Tunas Pemuda. Buku panduan penulisan skripsi dan tugas akhir ini disajikan setelah mendapatkan sejumlah masukkan dari para tim Dosen Politeknik Tunas Pemuda, walaupun demikian disadari sepenuhnya bahwa selalu ada keterbatasan dalam setiap penulisan. Untuk itu, kritik dan saran selalu diharapkan. Semoga buku panduan penulisan skripsi dan tugas akhir ini dari waktu ke waktu dapat disempurnakan dengan kualitas akademik yang lebih baik.

Untuk itu, kritik dan saran selalu diharapkan. Semoga buku panduan penulisan skripsi dan tugas akhir ini dari waktu ke waktu dapat disempurnakan dengan kualitas akademik yang lebih baik.

Buku Pedoman Umum Pelajar SOSIOLOGI Rangkuman Inti Sari Sosiologi Lengkap SMA Kelas 1, 2, 3

Panduan Terpadu Pelajar Sistem Bimbel

Lihat saja isi buku ini dan bandingkan dengan buku-buku lainnya yang sejenis, begitu lengkap dan padat. Semua materi-materi yang memang harus kamu kuasai, dirangkum secara cermat dan terpadu di dalam buku ini.Dengan adanya buku yang diterbitkan oleh VICOSTA PUBLISHING ini, maka dipastikan kamu sudah tidak membutuhkan buku-buku lainnya yang lebih tebal dan isinya tidak fokus langsung ke inti pelajaran. Inilah buku yang sangat dibutuhkan siapa pun, sebagai teman belajar diwaktu yang terbatas dengan konsep Sistem Kebut Semalam... -Lembar Langit Indonesia Group-

Lihat saja isi buku ini dan bandingkan dengan buku-buku lainnya yang sejenis, begitu lengkap dan padat.

Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya

Buku ini terdiri dari sepuluh bab. Bab pertama berisi sejarah lembaga keuangan dan perbankan, bab dua tentang tipe bank, bab tiga tentang manajemen dana bank, bab empat tentang manajemen kredit, bab lima tentang Bank Indonesia, bab enam tentang Bank Syariah, bab tujuh tentang Sewa Guna Usaha, bab delapan tentang Pegadaian, bab kesembilan tentang pasar modal dan bab terakhir tentang Lembaga Keuangan Internasional. Sejarah mencatat asal mula dikenalnya kegiatan perbankan adalah pada zaman kerajaan tempo dulu di daratan Eropa. Kemudian usaha perbankan ini berkembang ke Asia Barat oleh para pedagang. Perkembangan perbankan di Asia, Afrika dan Amerika dibawa oleh bangsa Eropa pada saat melakukan penjajahan ke negara jajahannya baik di Asia, Afrika maupun benua Amerika. Sejarah perbankan di Indonesia tidak terlepas dari zaman penjajahan Hindia Belanda.Pada masa itu terdapat beberapa bank yang memegang peranan penting di Hindia Belanda. Bank‐bank yang ada yaitu De Javasce NV, De Post Poar Bank, De Algemenevolks Crediet Bank, Nederland Handles Maatscappi (NHM), Nationale Handles Bank (NHB), De Escompto Bank NV. Di Indonesia, praktek perbankan sudah tersebar sampai ke pelosok pedesaan. Lembaga keuangan berbentuk bank di Indonesia berupa Bank Umum, Bank Perkreditan Rakyat (BPR), Bank Umum Syariah, dan juga BPR Syariah (BPRS). Masing‐masing bentuk lembaga bank tersebut berbeda karakteristik dan fungsinya. Istilah Bank berasal dari bahasa Itali, “Banca”, yang berarti meja yang dipergunakan oleh para penukar uang di pasar. Pada dasarnya bank merupakan tempat penitipan atau penyimpanan uang, pemberi atau penyalur kredit dan juga perantara di dalam lalu lintas pembayaran. Menurut Undang-undang Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tanggal 10 November 1998 tentang perbankan, yang dimaksud dengan bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentukkredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Dalam buku ini juga menjelaskan dari mana sumber dana Bank berasal dan bagaimana Bank melakukan pengelolaan sumber dana Bank. Dijelaskan juga bagaimana kegiatan pengelolaan kredit yang dikenal dengan manajemen kredit. Bagaimana cara mengelola pemberian kredit mulai dari kredit tersebut diberikan sampai dengan kredit tersebut lunas. Lembaga keuangan lainnya seperti Pegadaian juga berperan penting bagi masyarakat. Dengan usaha gadai masyarakat tidak perlu takut kehilangan barang-barang berharganya dan jumlah uang yang diinginkan dapat disesuaikan dengan harga barang yang dijaminkan. Perusahaan yang menjalankan usaha gadai disebut perusahaan pegadaian dan secara resmi satu-satunya usaha gadai di Indonesia hanya dilakukan oleh Perum Pegadaian. Pada bagian terakhir dijelaskan lembaga keuangan internasional yang terdiri dari World Bank, The Asian Development Bank, dan International Monetary Fund (IMF).

Buku ini terdiri dari sepuluh bab.

Cepat dan Mudah Belajar Bahasa Arab

Sudah mencoba beragam metode, namun tetap saja tidak bisa berbahasa Arab? Atau, Anda tak kunjung pintar, padahal sudah berbulan-bulan mengikuti kursus bahasa Arab? Pengen mahir bahasa Arab secepat kilat? Tenang, dan jangan khawatir. Segera saja pelajari buku ini hingga tuntas. Di dalamnya, dikupas secara mendalam ihwal metode dan trik cepat dan mudah belajar bahasa Arab secara autodidak. Alhasil, bersama buku ini, Anda dapat belajar bahasa Arab sendiri di rumah tanpa kursus, bahkan tidak perlu mendatangkan guru privat. Buku ini sengaja disusun dan disajikan dengan sangat sistematis agar mudah dipahami serta jauh dari kesan rumit dan ruwet. Plusnya lagi, buku ini sudah dilengkapi dengan kamus pintar tiga bahasa, yakni Arab, Inggris, dan Indonesia. Tak pelak, bahasa Arab bisa Anda tebas secepat kilat. Selamat belajar! Kupas Tuntas Seputar: - Kalimat Sempurna - Pembagian Kata - Seputar Kata Benda - Seputar Kata Kerja - Seputar Kata Bantu (Huruf) - Kelompok Kata yang Mabni dan Mu’rab - Seputar I’rab - Jenis-Jenis Perubahan Keadaan Huruf Terakhir Isim dan Fi’il - Jabatan-Jabatan Isim yang Harus Dibaca Rafa’ - Jabatan-Jabatan Isim yang Harus Dibaca Nashab - Jabatan-Jabatan Isim yang Harus Dibaca Jir - Seputar Tawabi’ - Perubahan Keadaan Huruf Terakhir Fi’il Mudhari’ - Jenis-Jenis Perubahan Keadaan Huruf Terakhir Isim dan Fi’il - Pengenalan Bilangan dan Benda yang Dibilang - Kelompok Isim Jamid dan Musytaq

Pengen mahir bahasa Arab secepat kilat? Tenang, dan jangan khawatir. Segera saja pelajari buku ini hingga tuntas. Di dalamnya, dikupas secara mendalam ihwal metode dan trik cepat dan mudah belajar bahasa Arab secara autodidak.

Bahasa Arab Autodidak 1

Pengenalan Dasar-Dasar Bahasa Arab

Ini adalah buku pertama sekaligus merupakan tahapan pertama dalam seri belajar Bahasa Arab Autodidak. Ada tiga tahapan belajar bahasa Arab yang sudah terbukti sangat ampuh. Tiga tahapan ini sudah diberlakukan di pondok-pondok pesantren sejak berabad-abad lamanya. Bahkan, tiga tahapan ini merupakan pondasi bagi lahirnya beragam metode belajar bahasa Arab akhir-akhir ini. Pertama, tahap perkenalan. Sebagaimana pepatah “tak kenal maka tak sayang”, begitu pula dalam belajar bahasa Arab. Pada tahapan ini, kita hanya perlu mengenal untuk memunculkan perasaan senang dan sayang pada bahasa Arab. Kedua, tahap penguasaan jenis-jenis kata dan ketentuannya dalam bahasa Arab. Sebagaimana ragam bahasa lainnya, bahasa Arab juga terdiri atas beragam jenis kata. Pada tahapan ini, kita akan menguasai beragam jenis kata bahasa Arab secara tersendiri, dan bukan dalam susunan kalimat. Ketiga, tahap penguasaan jabatan-jabatan beragam jenis kata bahasa Arab dalam susunan kalimat. Pada tahap ini, kita akan mengetahui kaidah-kaidah atau rumus-rumus terkait dengan jenis-jenis kata saat disusun dalam sebuah kalimat. Nah, ketiga tahapan ini harus ditempuh secara berurutan. Artinya, kita tidak boleh pindah ke tahapan ketiga bila tahapan kedua belum benar-benar dikuasai. Anda sangat tepat belajar bahasa Arab sendiri di rumah bersama buku ini, bahkan dari nol sekalipun.

Ini adalah buku pertama sekaligus merupakan tahapan pertama dalam seri belajar Bahasa Arab Autodidak.

CERDAS MENULIS KARYA ILMIAH

Menulis karya ilmiah merupakan kegiatan yang menuntut penulis untuk menghasilkan tulisan dengan konvensi ilmiah. Konvensi ilmiah yang dimaksud meliputi logika berpikir, sistematika, maupun gaya bahasa yang digunakan.

BAHASA INDONESIA UNTUK PERGURUAN TINGGI

Mahasiswa perlu ditingkatkan kesadarannya bahwa bahasa Indonesia adalah alat komunikasi paling penting untuk mempersatukan seluruh bangsa Indonesia. Hal ini mengingat bahasa Indonesia merupakan alat mengungkapkan diri baik secara lisan maupun tertulis, dari segi rasa, karsa, dan cipta, serta pikir, baik secara etis, estetis, maupun secara logis. Warga negara Indonesia yang mahir berbahasa Indonesia yang akan dapat menjadi warga negara yang mampu memenuhi kewajibannya di mana pun mereka berada di wilayah tanah air dan dengan siapa pun mereka bergaul di wilayah NKRI. Oleh sebab itu, kemahiran berbahasa Indonesia menjadi bagian dari kepribadian Indonesia. Kemahiran berbahasa Indonesia bagi mahasiswa Indonesia tercermin dalam tata pikir, tata ucap, tata tulis, dan tata laku berbahasa Indonesia dalam konteks ilmiah dan akademis. Oleh karena itu, bahasa Indonesia masuk ke dalam kelompok mata kuliah pengembangan kepribadian mahasiswa, yang kelak sebagai insan terpelajar akan terjun ke dalam kancah kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai pemimpin dalam lingkungannya masing-masing. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan kelak dapat menyebarkan pemikiran dan ilmunya, mereka diberi kesempatan melahirkan karya tulis ilmiah dalam berbagai bentuk dan menyajikannya dalam forum ilmiah. Kesempatan berlatih diri dalam menulis akan mengambil proporsi sebesar 70 persen dibandingkan dengan penyajian lisan. Jadi, praktik menggunakan bahasa Indonesia dalam dunia akademik/ilmiah mendapatkan perhatian sangat tinggi dalam perkuliahan ini. Kerja sama dalam meningkatkan kualitas karya tulis hendaknya dipadukan dalam strategi belajar bersama dalam bentuk saling menyunting karya ilmiahnya. Mahasiswa peserta kuliah perlu disadarkan tentang kenyataan ini dan ditimbulkan kebanggaannya terhadap bangsa nasional kita. Kemudian, mahasiswa hendaknya juga ditingkatkan kesadarannya akan kedudukan BI sebagai bahasa negara dan bahasa nasional, dan fungsi BI sebagai bahasa lingua franca yang berpotensi untuk mempersatukan seluruh bangsa. Untuk selanjutnya, mereka hendaknya diminta untuk mengidentifikasi implikasi dari semua butir tentang bahasa Indonesia tersebut bagi mereka sebagai warga negara yang bertanggung jawab. Penyadaran dicapai lewat kegiatan ceramah dan tanya jawab/diskusi, sedangkan identifikasi implikasi melalui diskusi kelompok.

Mahasiswa perlu ditingkatkan kesadarannya bahwa bahasa Indonesia adalah alat komunikasi paling penting untuk mempersatukan seluruh bangsa Indonesia.

Konsep dan Aplikasi Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi

Mengapa Bahasa Indonesia perlu dikuliahkan kepada mahasiswa? Atau secara lebih spesifik dan operasional, pertanyaan itu menjadi: Mengapa perlu ada mata kuliah Bahasa Indonesia pada jenjang pendidikan tinggi? Jawaban pertanyaan itu bersangkut paut dengan isi dalam buku ini karena salah satu wujud strategi pelaksanaan pembinaan dan pengembangan Bahasa Indonesia adalah melalui pengajarannya di lembaga-lembaga pendidikan. Pembinaan perlu dilakukan karena para penutur bahasa pada umumnya lebih mengutamakan keberhasilan dalam berkomunikasi daripada mementingkan kegramatikalan dan penggunaan kata baku. Secara khusus masih ditemukan kesalahan berbahasa dalam karya tulis ilmiah yang disusun oleh peserta didik. Kurangnya wawasan kebahasaan para pemakai Bahasa Indonesia, diduga menjadi penyebab kesalahan tersebut. Buku "Konsep dan Aplikasi Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi" ini dimaksudkan untuk mengatasi masalah tersebut. Di samping itu, buku ini juga dimaksudkan untuk membantu pemakai bahasa dalam menulis karya tulis ilmiah. Buku ini dilengkapi dengan bagian pengantar pada setiap awal bagian dan rangkuman di tiap akhir bagian. Pada akhir setiap bagian disertakan soal-soal latihan untuk menguji pemahaman mahasiswa terhadap bagian-bagian yang ada.

Kurangnya wawasan kebahasaan para pemakai Bahasa Indonesia, diduga menjadi penyebab kesalahan tersebut. Buku "Konsep dan Aplikasi Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi" ini dimaksudkan untuk mengatasi masalah tersebut.

PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

DI SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI

Materi pembelajaran Bahasa Indonesia di SD masih jarang ditemui dilingkungan perguruan tinggi, khususnya pembelajaran dikelas tinggi yakni kelas 4 sampai kelas 6. Materi pembelajaran bahasa Indonesia masih bersifat umum. Sehingga dalam praktiknya mahasiswa menerapkan metode dan model sama dengan mata pelajaran yang lain. Dengan adanya kurikulum 2013 bahasa Indonesia menjadi penghela mata pelajaran lain dengan menerapkan pendekatan saintifik dan menggabungkan empat keterampilan berbahasa. Buku ini menjelaskan tentang karakteristik pembelajaran dikelas tinggi. Pendekatan, metode dan strategi mejnelaskan tentang berbagai metode yang sesuai dengan kelas tinggi baik itu metode membaca, misalnya SQ3R, KWL dan lainnya atau metode menulis, misalnya metode menulis kolaboratif untuk kelas 4 sampai kelas 6. Selanjutnya diberikan contoh materi di kelas tinggi, ruang lingkup materi bahasa Indonesia baik dalam KTSP maupun kurikulum 2013, wujud keterampilan berbahasa dan contoh-contoh penilaian dan rubriknya. Dengan buku ini diharapkan dapat membantu menghadapi permasalahan pembelajaran khususnya bagi SD di kelas tinggi dengan menerapkan pendekatan, metode dan strategi yang sesuai.

Materi pembelajaran Bahasa Indonesia di SD masih jarang ditemui dilingkungan perguruan tinggi, khususnya pembelajaran dikelas tinggi yakni kelas 4 sampai kelas 6. Materi pembelajaran bahasa Indonesia masih bersifat umum.

STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK

Inspirasi buku panduan ini dibuat dalam rangka mengembangkan permainan tradisional yang makin hari semakin terkikis ataupun di tinggalkan, karena dengan bermain Engklek dapat menstimulasi enam aspek perkembangan anak usia dini. Selain itu Engklek merupakan salah satu permainan tradisional yang mudah dilakukan kapan pun dan dimanapun anak berada. Adapun buku ilmiah populer ini adalah sebuah hasil dari penelitian dan salah satu bentuk inovasi pembelajaran untuk anak dengan metode bermain dan belajar yang di modifikasi dengan permainan tradisional yang menunjang aspek fisik motorik, musik, sosial emosional, moral, bahasa dan kognitif. Buku ini menarik sekali untuk dibaca oleh para pendidik PAUD, orangtua maupun praktisi pendidikan anak usia dini, agar bisa terinspirasi tentang bermain dan belajar dalam proses pembelajaran bagi anak usia dini. Penasaran isi bukunya? Buku ini terdiri dari tiga bagian, bagian yang pertama menerangkan tentang definisi permainan engklek, bagian kedua hasil penelitian dan yang ketiga adalah bermain engklek, disertai bonus permainan engklek.

Bila sekarang ini anak tidak berkualitas maka dapat dipastikan masa depan
sebuah bangsa akan mengalami kehancuran. Oleh karena itu, penting sekali
untuk mengontrol atau memperhatikan dan memprioritaskan perkembangan
seorang ...