Sebanyak 819 item atau buku ditemukan

Statistika dalam Penjas Aplikasi Praktis dalam Penelitian Pendidikan Jasmani

Statistik menurut Susetyo (2010:3) adalah sekumpulan data, yang berupa bilangan atau bukan bilangan disusun dalam bentuk tabel, diagram atau grafik yang menggambarkan suatu persoalan. Misalnya saja gambaran suatu keadaan atau persoalan di lingkungan kita, mengenai statistik angka kelahiran pertahun, angka kematian, jumlah penduduk yang memiliki kualifikasi pendidikan S-1 dan lain sebagainya. Data tersebut bisa digambarkan melalui diagram atau grafik sehingga bisa memberikan kejelasan data kepada yang melihat atau yang membaca. Sejalan dengan pendapat Sudjana (1996:3) bahwa statistik dipakai untuk menyatakan ukuran sebagai wakil dari kumpulan data mengenai sesuatu hal. Data-data tersebut bisa berupa fakta, benda, manusia atau lainnya. Statistik didefinisikan dari American Statistic Association (ASA) oleh Ben-Zvi, Makar, & Garfield (2018:6) adalah ilmu pengetahuan tentang belajar suatu data, pengukuran, pengontrolan dan komunikasi terhadap hal-hal yang belum pasti. Artinya ilmu yang mempelajari tentang pengambilan suatu data hingga menyimpulkan hal-hal yang masih perlu pembuktian. Buku Statistika dalam Penjas Aplikasi Praktis dalam Penelitian Pendidikan Jasmani ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya..

Buku Statistika dalam Penjas Aplikasi Praktis dalam Penelitian Pendidikan Jasmani ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Statistika Terapan & Indikator Kesehatan

Statistik merupakan kumpulan angka, alat, metoda untuk menjelaskan suatu fenomena kejadian dengan berdasarkan data. Kenyataan sebenarnya banyak manfaat yang dapat diambil dengan mempelajari statistik. Banyak orang yang ingin mendalami statistik, namun suatu mitos kesukaran telah membelenggu terlebih dahulu, sehingga orang merasa sulit belajar statistik. Banyak orang yang membutuhkan statistik, namun mitos kerumitan menghadang, sehingga takluk sebelum bertanding, sebenarnya statistik mudah dipelajari. Kadangkala pengguna statistik paham dengan berbagai rumus yang disajikan, namun untuk menerapkan masih merasa kebingungan dan keraguan. Berdasarkan keadaan tersebut penulis terdorong untuk menyajikan rumus-rumus statistik dengan teori yang sederhana dan memberikan contoh penerapan rumus tersebut, sehingga mudah dipahami dan dipergunakan serta menjembatani untuk mempelajari statistik yang lebih dalam. Data dalam buku ini hanya data fiktif rekayasa penulis, untuk sekedar contoh penerapan rumus, bukan data hasil riset.

Data dalam buku ini hanya data fiktif rekayasa penulis, untuk sekedar contoh penerapan rumus, bukan data hasil riset. Buku Statistika Terapan & Indikator Kesehatan ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Teori dan Praktik

Pendekatan scientific diperkenalkan sebagai penekanan pada metode laboratorium formalistik yang mengarah pada fakta-fakta ilmiah (Hudosn, 1996; Rudolph, 2005). Pendekatan ini memiliki karakteristik yaitu doing science. Pendekatan ini memudahkan guru dan pihak-pihak pengembangan kurikulum untu menyusun proses pembelajaran. Caranya yaitu dengan memecah proses pembelajaran menjadi langkah-langkah yang lebih terperinci dan lebih instruktif untuk peserta didik (Varelas dan Ford, 2008). Proses pembelajaran dengan pendekatan scientific menyentuh tiga ranah yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ranah sikap fokus pada para peserta didik agar paham 'mengapa'. Ranah pengetahuan fokus pada para peserta didik agar paham mengenai 'apa'.Terakhir, ranah keterampilan fokus pada para peserta didik agar paham 'bagaimana'. Hasil akhir pembelajaran pendekatan scientific adalah peningkatan dan keseimbangan antara softskills dan hardskills dari peserta didik.Buku ini tidak hanya memberikan penjelasan dasar mengenai pembelajaran pendekatan scientific. Namun, buku ini juga memberikan contoh-contoh implememntasi pembelajaran dengan menggunakan berbagai macam mocel pembelajaran. [Ika Maryani, M.Pd., Laila Fatmawati, M.Pd., Ahmad Dahlan, Penerbit Deepublish, pendekatan scientific, model pembelajaran, sekolah dasar]

Namun, buku ini juga memberikan contoh-contoh implememntasi pembelajaran dengan menggunakan berbagai macam mocel pembelajaran. [Ika Maryani, M.Pd., Laila Fatmawati, M.Pd., Ahmad Dahlan, Penerbit Deepublish, pendekatan scientific, model ...

Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Teori dan Praktik

Model pembelajaran scientific merupakan satu model pembelajaran yang menitik-beratkan pada proses. Dalam pembelajaran tersebut siswa dibimbing setapak demi setapak untuk memperoleh hasil, mengikuti model perolehan pengetahuan dan keterampilan serta sikap ilmiah secara sistematis. Meskipun tidak secara langsung dan eksplisit disebutkan bahwa peserta didik juga diharapkan untuk mampu menerapkan pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sehari-hari, namun secara implisit kemampuan ini dapat diterapkan oleh peserta didik. Di Australia, tujuan pembelajaran bukan hanya kognitif, afektif dan psikomotor saja, tetapi action, penerapan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh oleh peserta didik dapat diterapkan di masyarakat, oleh diri peserta didik atau diinformasikan di masyarakat di sekeliling kehidupannya. Buku Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar ini merupakan suatu lompatan dari strategi pembelajaran yang ada dengan langsung menamakan model yang ditulisnya sebagai pembelajaran scientific. Penyajiannya cukup komprehensif, runtut, dan mudah difahami. Model penyajian seperti inilah yang sangat dinantikan oleh para guru, mungkin juga para dosen yang mengajarkan model pembelajaran mutakhir untuk diterapkan dalam kelas. Oleh karena itu saya sebagai salah seorang pendidik yang dikatakan sudah banyak makan garam karena mulai mengajar sejak 1960, mengalami bagaimana perkembangan titik fokus pembelajaran mulai dari berpusat pada materi (subject matter oriented), kemudian berpusat pada guru (teacher centered), kemudian beralih berpusat pada peserta didik (student centered).

KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yng estetis, dalam gerakan yang ... guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu ...

Pengantar Bimbingan Dan Konseling Pendekatan Qur’ani: Dalam Berbagai Kekhasan Setting Kehidupan

Berbeda dengan nabi dan rasul sebelumnya yang menerima mukjizat berupa obyek dan material berkaitan dengan trend peradaban dan kebudayaan yang dibatasi waktu, maka kemukjizatan Muhammad Saw adalah kitab suci Al Qur’an itu sendiri. Dalam kurun waktu yang lama semenjak kitab ini diturunkan bahkan setelah wafatnya Sang Nabi, Al Qur’an menjadi topik yang menghangat dan memiliki kemulian yang masih mencengangkan para pakar dari berbagai disiplin ilmu dan dari berbagai bangsa dan agama. Semakin berkembang hingga dasawarsa terakhir ini menjadi telaah keilmuan yang meluas, bukan hanya perspektif agama, tetapi di dalam kitab ini juga berbicara banyak ilmu pengetahuan dan teknologi sampai seni. Sungguh berbangga hatilah mereka yang memiliki keimanan yang tulus sehingga memiliki kalimat yang sama sebagaimana disebutkan dalam firman Allah. Salah satu perhatian ayat-ayat Al Qur’an yang tidak dapat dilewatkan adalah kajian kejiwaan dan gejala kejiwaan (psikis). Seperti yang tertera pada pada firman Allah Swt dalam Al Qur’an pada surah Yunus ayat 57: “Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman” (QS. Yunus [10]: 57). Telaah pada ayat tersebut mengisyaratkan keberadaan bimbingan dan konseling telah lama disebutkan dalam Al Qur’an. Hal ini juga menunjukkan bahwa permasalahan psikologis dan upaya terapi dalam proses konseling sudah mendapat perhatian secara khusus mendalam. Buku yang hadir ditangan pembaca ini pengantar awal dalam serangkaian upaya membingkai puzzle berserak di dalam Al Qur’an pelaksanaan bimbingan dan konseling berdasarkan pendekatan Al Qur’an, yang tentunya bisa dilaksanakan dalam berbagai setting kehidupan. Tentu sudah banyak buku sejenis yang membahas hal serupa, tetapi menelaah pelaksanaan bimbingan dan konseling berdasarkan ayat-ayat Al Qur’an tentu saja merupakan hal yang berbeda. Kepada para pembaca dan pemerhati kami mengucapkan selamat membaca dan menjelajahi isi buku ini....... Pengantar Bimbingan Dan Konseling Pendekatan Qur’ani: Dalam Berbagai Kekhasan Setting Kehidupan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Ahman (1998: 121-123) menggambarkan sejumlah gambaran strategis yang perlu diperhatikan dalam mengimplementasikan bimbingan dan konseling pada SD/MI yakni ...

Pendekatan Saintifik Di Sekolah Dasar

Buku ini mengungkapkan tentang pendekatan saintifik di sekolah dasar. Pendekatan saintifik di sekolah dasar ini sangat diperlukan dalam menunjang terwujudnya seluruh kompetensi dan ranah yang dimuat dalam Kurikulum 2013. Karena dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan memuat semua apa yang diajarkan kepada peserta didik, sedangkan pendekatan pembelajaran merupakan cara bagaimana apa yang diajarkan bisa dikuasai oleh peserta didik. Konsep inilah yang dikemas dalam buku Pendekatan Pembelajaran Saintifik di Sekolah Dasar yang wajib dilaksanakan dan dikembangkan oleh guru baik secara individu maupun kelompok yang mengacu pada silabus Pendekatan Saintifik Di Sekolah Dasar ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Isu-isu penting yang menjadi dasar pertimbangan pemerintah untuk perubahan dan pengembangan Kurikulum 2013 adalah meliputi: tantangan internal, ...

Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis MGMP

Model dan Implementasinya untuk Meningkatkan Kinerja Guru

Guru merupakan tenaga kependidikan yang dituntut memiliki tingkat kemahiran dan keahlian yang memadai untuk melaksanakan tugas membimbing, mengajar, dan mendidik peserta didik agar mampu mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik itu secara optimal. Dengan kata lain, guru sebagai tenaga kependidikan harus mempunyai kualifikasi profesional yang perlu dikoordinasikan secara padu agar jasa kependidikannya terhadap peserta didik menjadi optimal dan utuh. Undang-undang Guru dan Dosen (UU no.14 tahun 2005) menyatakan bahwa guru profesional adalah guru yang mampu berperan untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik dengan menggunakan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu. Sebuah hasil penelitian menyimpulkan bahwa guru merupakan faktor yang sangat menentukan dalam keberhasilan pendidikan dinilai dari prestasi peserta didik (Sudarnoto, 2009). Lebih lanjut dijelaskan bahwa 36% prestasi belajar peserta didik dipengaruhi oleh faktor kualitas guru, faktor lainnya adalah manajemen (23%), waktu belajar (22%), dan sarana fisik (19%). Reformasi pendidikan dalam bentuk apapun yang dilakukan, seperti pembaharuan kurikulum, penyediaan sarana prasarana dan penerapan metode mengajar yang kreatif tanpa adanya peran guru yang berkualitas, maka peningkatan mutu pendidikan berpeluang besar tidak akan mencapai hasil maksimal. Tetapi faktanya, kualitas sebagian guru di Indonesia sebagai pendidik dan pengajar peserta didik masih dipertanyakan oleh masyarakat (Sudarnoto, 2009). Buku Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis MGMP: Model dan Implementasinya untuk Meningkatkan Kinerja Guru ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

D. Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Bahasa Inggris ....................................................... 22 1. Kompetensi pedagogik guru bahasa Inggris............................................................ 22 2.

Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar

Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar yang dijadikan sebagai judul kumpulan tulisan ini merupakan tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2021. Penulis menggunakan frasa Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar karena dalam kata serentak bergerak mengandung makna filosofis yang sangat dalam. Tulisan ini dibuat ketika Corona Virus Disease (COVID-19) mulai memasuki Indonesia, sehingga proses pembelajaran di tempat penulis bekerja dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) dan penulis lebih banyak di laboratorium komputer untuk mempersiapkan materi pembelajaran bagi peserta didik. Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Peserta didik tidak hanya disuguhkan dengan proses pembelajaran secara verbal, tetapi peserta ... video, dan melalui animasi yang dikirim secara digital.

Birokrasi Pelayanan Publik Konsep, Teori, Dan Aplikasi

Birokrasi Pelayanan Publik (Konsep, Teori, dan Aplikasi) yang bersifat applied. Artinya pada satu sisi merupakan kajian teoritik yang dapat ditelaah dan diteliti berdasarkan prinsip-prinsip metodologis, guna memecahkan masalah-masalah yang terkait dengan fenomena kerja sama dalam organisasi, baik organisasi publik maupun organisasi swasta. Di sisi lain, teori Birokrasi Pelayanan Publik berkaitan langsung dengan praktik birokrasi dalam pelayanan publik, baik sektor publik maupun sektor swasta. Birokrasi Pelayanan Publik (Konsep, Teori, dan Aplikasi) ini terdiri dari 8 Bab, antara lain Bab 1. Tinjauan Konsep Birokrasi, Bab 2. Kinerja Birokrasi dan Perilaku Birokrasi, Bab 3. Paradigma dan Reformasi Birokrasi di Indonesia, Bab 4. Patologi Birokrasi dan Profesionalisme Birokrasi, Bab 5. Manajemen dan Budaya Birokrasi, Bab 6. Konsep Pelayanan Publik, Bab 7. Birokrasi Pelayanan Publik, Bab 8. Efektivitas dan Efisiensi Pelayanan Publik. Birokrasi Pelayanan Publik Konsep, Teori, Dan Aplikasi ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

... (pegawai) dengan organisasi yang menggambarkan situasi problematis budaya ... Seperangkat nilai tersebut diaktualisasikan dalam sikap, tingkah laku dan ...

Kepemimpinan, Teori Dan Praktik

Buku ini merupakan buku kepemimpinan yang komprehensif dan disusun sebagai panduan untuk memahami mengenai kepemimpinan dalam berbagai sektor organisasi bisnis dan publik. Diawali dengan konsep dasar kepemimpinan dan manjerial dalam organisasi bisnis. Buku ini juga mengenalkan beberapa perbedaan antara pemimpin dan manager yang disusun dari berbagai referensi jurnal penelitian. Kepemimpinan, Teori Dan Praktik ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Buku ini juga mengenalkan beberapa perbedaan antara pemimpin dan manager yang disusun dari berbagai referensi jurnal penelitian. Kepemimpinan, Teori Dan Praktik ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.