Sebanyak 1262 item atau buku ditemukan

Analisis Laporan Keuangan Perbankan Syariah

Judul : Analisis Laporan Keuangan Perbankan Syariah Penulis : Elex Sarmigi, M.Si., DR. Eka Putra, SH., M.PdI., DR. Yuserizal Bustami, M.A., dan Ennike Parasmala, M.Si. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 126 Halaman No ISBN : 978-623-497-019-7 Tahun Terbit : Agustus 2022 SINOPSIS Lahirnya bank syariah di Indonesia tidak terlepas dari kegelisahan umat Islam terhadap praktik riba yang ditawarkan oleh lembaga keuangan konvensional yang terus berkembang hingga saat. Bank syariah merupakan lembaga keuangan yang dalam operasionalnya berlandaskan hukum Islam dan menolak praktik riba. Analisis laporan keuangan perbankan syariah perlu dilakukan untuk memastikan lembaga keuangan yang menawarkan imbal jasa dalam bentuk bagi hasil tersebut sehat dalam operasionalnya. Karena dengan adanya perbedaan yang sangat mendasar dengan perbankan konvensional, maka evaluasi terhadap kesehatan bank tersebut perlu dilakukan untuk melihat apakah penerapan prinsip syariah di lembaga keuangan tepat untuk dilakukan. Dalam buku ini membahas berbagai alat untuk menilai kesehatan perbankan syariah yang sesuai dengan Surat Edaran Bank Indonesia, seperti Analisis Rasio Keuangan, Analisis CAMELS, dan Analisis RGEC. Buku ini terdiri dari 12 (dua belas) bab dan sangat bermanfaat bagi para mahasiswa, tenaga pengajar, analis dan praktisi keuangan, bankir yang berkeinginan untuk memahami laporan keuangan perbankan syariah.

Judul : Analisis Laporan Keuangan Perbankan Syariah Penulis : Elex Sarmigi, M.Si., DR. Eka Putra, SH., M.PdI.

Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan: Peningkatan Profesionalisme Guru di Era Disrupsi Pendidikan

Buku Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan ini ditujukan untuk menambah khazanah pengetahuan para mahasiswa, dosen, guru, dan para stakeholders pendidikan terkait MSDM Pendidikan dalam hal ini adalah guru. Buku ini memuat tentang proses perencanaan dan rekrutmen guru, kompetensi, kinerja dan kompensasi guru, pengembangan profesionalisme guru, hingga isu-isu kontemporer seperti learning loss, transformasi pendidikan Indonesia, hingga pendidikan guru penggerak dan pengembangan keprofesian berkelanjutan di era disrupsi pendidikan saat ini. Pada level yang lebih luas, buku ini digunakan sebagai buku referensi sekaligus pegangan untuk mata kuliah Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Semoga buku ini dapat memberi kontribusi dan manfaat yang baik untuk para pembacanya.

Buku Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan ini ditujukan untuk menambah khazanah pengetahuan para mahasiswa, dosen, guru, dan para stakeholders pendidikan terkait MSDM Pendidikan dalam hal ini adalah guru.

Manajemen Sumber Daya Manusia di Madrasah

Buku "Manajemen Sumber Daya Manusia di Madrasah" membahas secara mendalam strategi dan pendekatan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di lingkungan madrasah. Buku ini menggarisbawahi pentingnya pengelolaan SDM yang efektif dalam menunjang mutu pendidikan di madrasah, mulai dari peningkatan kompetensi guru hingga pengembangan potensi siswa. Dalam buku ini, pembaca diajak untuk memahami berbagai aspek penting dalam pengembangan SDM di madrasah, seperti peran manajemen madrasah dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, strategi pelatihan dan pengembangan guru, serta pendekatan inovatif dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa. Buku ini juga menyoroti pentingnya sinergi antara kebijakan pendidikan dan praktik pengelolaab SDM di madrasah. Selain itu, buku ini memberikan panduan praktis bagi para pengelola madrasah dalam menerapkan manajemen berbasis kinerja dan pendekatan Total Quality Management (TQM) untuk mrncapai kualitas pendidikan yang optimal. Dengan demikian, buku ini tidak hanya relevan bagi pendidik dan pengelola madrasah, tetapi juga bagi pembuay kebijakan yang ingin mengembangkan sistem pendidikan Islam yang lebih maju dan berdaya saing tinggi. Secara keseluruhan, buku ini merupakan sumber referensi yang penting bagi siapa saja yang terlibat dalam pengelolaan dan pengembangan pendidikan di madrasah, dengan tujuan akhir untuk meningkatkan kualitas dan daya saing lulusan madrasah di era globalisasi.

Buku "Manajemen Sumber Daya Manusia di Madrasah" membahas secara mendalam strategi dan pendekatan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di lingkungan madrasah.

ETIKA PROFESI PENDIDIKAN

Etika Profesi Pendidikan merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari dan menilai prinsip-prinsip moral serta standar perilaku yang seharusnya dipegang teguh oleh para profesional di bidang pendidikan. Sebagai profesi yang memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan masa depan generasi muda, pendidik diharapkan tidak hanya menguasai kompetensi akademik, tetapi juga memiliki integritas moral yang tinggi.

Etika Profesi Pendidikan merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari dan menilai prinsip-prinsip moral serta standar perilaku yang seharusnya dipegang teguh oleh para profesional di bidang pendidikan.

Etika Profesi berbasis Case Method dan Project Based Learning

Buku bahan ajar ini memberikan panduan komprehensif tentang etika profesi dengan pendekatan pembelajaran interaktif berbasis Case Method dan Project Based Learning. Dengan memadukan teori dan praktik, buku ini dirancang untuk membantu mahasiswa mengembangkan pemahaman mendalam tentang nilai-nilai etika dan profesionalisme dalam berbagai profesi, terutama di bidang pendidikan. Setiap pertemuan dalam buku ini menawarkan materi yang terstruktur dengan pendekatan pembelajaran aktif. Pada pertemuan pertama, mahasiswa akan mempelajari sejarah dan prinsip etika profesi melalui Experiential Learning. Kemudian, pembelajaran berlanjut dengan materi tentang peran guru, kinerja guru, manajemen pendidikan, hingga pengembangan profesionalisme yang disampaikan melalui metode Cooperative Learning, Inquiry-Based Learning, dan Problem-Based Learning. Mahasiswa diajak untuk bekerja sama, berdiskusi, dan memecahkan masalah nyata yang dihadapi dalam dunia profesi. Buku ini juga membahas nilai-nilai dalam pendidikan, kecerdasan, penilaian diri, serta sikap profesional yang perlu dikembangkan oleh guru. Setiap topik disampaikan dengan metode pembelajaran yang dirancang untuk mendorong eksplorasi dan refleksi mendalam dari mahasiswa. Pada bagian akhir, mahasiswa akan melakukan proyek interdisipliner yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu untuk menyelesaikan tugas proyek sebagai bagian dari Project Based Learning. Melalui buku ini, diharapkan mahasiswa dapat menginternalisasi nilai-nilai etika profesi, mengembangkan sikap profesional, serta memiliki keterampilan praktis yang dibutuhkan untuk menjadi tenaga profesional yang beretika.

Buku bahan ajar ini memberikan panduan komprehensif tentang etika profesi dengan pendekatan pembelajaran interaktif berbasis Case Method dan Project Based Learning.