Sebanyak 541 item atau buku ditemukan

Metodologi Penelitian dan Penulisan Publikasi Ilmiah : Sebuah Panduan Praktis

Melakukan penelitian bukan hanya perlu mengetahui sejumlah filosofi dasar, pendekatan dan metode penelitian, akan tetapi, lebih dari itu juga harus menguasai secara terampil teknik dan cara meneliti. Kemampuan dalam memahami, menemukan dan merumuskan masalah, mengumpulkan data di lapangan, mengolah, menganalisis, dan mempublikasikan hasilnya tidak akan bisa didapatkan secara instan, akan tetapi harus diasah dan dilatih secara bertahap.

... Research, 3rd ed., Open University Press, Berkshire, UK, 2006. 17. M. Alley: The Craft of Scientific Writing, 3rd Ed., Springer Science+Business Media, New York, 1996. 18. M. A. Marlow: Writing scientific articles like a native English ...

Akuntansi Syariah: Konsep, Wacana, dan Perspektif - Rajawali Pers

Al-Our'an Surah Al-Bagarah (2) ayat 282 memberi motivasi dan inspirasi dalam mengetahui, memahami, dan mengembangkan akuntansi syariah. Tidak semua ilmu dinyatakan dengan jelas dalam Al-Our'an, pertanda penting dan strategisnya akuntansi syariah dinyatakan dengan jelas dan panjang urgensi akuntansi. Di ujung ayat ini Allah juga mengungkap kata takwa, pertanda akuntansi menjadi salah satu sarana mendekatkan manusia kepada takwa, dan sebaliknya. Beruntunglah Anda terpilih mendapatkan hidayah dari Allah Swt., mengetahui, memahami, meneliti, dan mengembangkan akuntansi syariah, dengan cara ini Anda mendekatkan diri kepada Sang Khalik, bukan hanya perkara dunia, saat yang sama urusan akhirat. Buku ini sangat layak dibaca oleh mahasiswa S1—S3, serta pemerhati dan peminat akuntansi syariah. Layak dimiliki dan dibaca. Buku ini terdiri dari 11 bab, yaitu: Bab 1 Sejarah Perkembangan Akuntansi Syariah Bab 2 Urgensi Akuntansi Syariah Bab 3 Perbedaan Akuntansi Konvensional dan Akuntansi Syariah Bab 4 Laporan Keuangan dalam Berbagai Perspektif Bab 5 Praktik Akuntansi di Lembaga Keuangan Syariah Bab 6 Akuntabilitas Organisasi Pengelolaan Zakat dan Wakaf Bab 7 Audit, Teori, dan Praktik Akuntansi di Lembaga Keuangan Syariah Bab 8 Kinerja Keuangan Islamic Social Finance Bab 9 CSR dan Sustainability Reporting for Islamic Financial Institution Bab 10 Good Corporate Governance Lembaga Keuangan Syariah Bab 11 Perkembangan Riset Akuntansi Syariah

Buku ini terdiri dari 11 bab, yaitu: Bab 1 Sejarah Perkembangan Akuntansi Syariah Bab 2 Urgensi Akuntansi Syariah Bab 3 Perbedaan Akuntansi Konvensional dan Akuntansi Syariah Bab 4 Laporan Keuangan dalam Berbagai Perspektif Bab 5 Praktik ...

PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI (Antologi NAM)

Nilai-nilai moral dan agama perlu ditanamkan ke diri anak sedini mungkin. Keberhasilan dan kegagalan akan berpengaruh ke diri anak nantinya. Program pada TK, yaitu konsep diri, kerapihan dan kesopanan. Konsep diri berhubungan dengan pembentukan karakter, yaitu menanamkan kepercayaan diri, keberanian berpendapat, dll. Kerapihan berhubungan dengan pembentukan kepribadian, yiatu cara makan, berpakaian dan perilaku. Kesopanan berhubungan dengan sosial anak yaitu cara bersikap kepada orang lain. Dalam mengembangkan nilai agama, kita membantu anak dalam hal keimanan dan ibadah.

Nilai-nilai moral dan agama perlu ditanamkan ke diri anak sedini mungkin.

Manajemen Supervisi Pendidikan Islam : Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern

Judul : Manajemen Supervisi Pendidikan Islam : Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern Penulis : Dr. Sarwo Edy, S.Ag., MM., Dr. Ir. Tri Ngudi Wiyatno, M.T., IPU.,CA.,CMT., Sumarta, S.Pd.I, M.Si Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 197 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-503-8 SINOPSIS Buku Manajemen Supervisi Pendidikan Islam: Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam dalam Konteks Modern adalah sebuah panduan yang komprehensif untuk memahami dan mengimplementasikan konsep manajemen supervisi dalam konteks pendidikan Islam. Dalam era modern ini, pendidikan Islam menghadapi berbagai tantangan dan perubahan yang memerlukan strategi dan pendekatan yang lebih baik untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penulis buku ini menggabungkan pengetahuan mendalam tentang manajemen supervisi dengan pemahaman mendalam tentang pendidikan Islam. Buku ini memandu pembaca melalui langkah-langkah kunci dalam mengelola dan meningkatkan pendidikan Islam, dengan penekanan pada pengembangan kompetensi guru, pengawasan yang efektif, dan penerapan praktik terbaik dalam proses pembelajaran. Dalam buku ini, pembaca akan menjelajahi konsep-konsep penting seperti pengawasan pendidikan, evaluasi guru, perencanaan pelajaran, dan pengembangan kurikulum dalam konteks pendidikan Islam. Selain itu, penulis juga membahas bagaimana teknologi dan pendekatan modern dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam, memanfaatkan sumber daya yang tersedia, dan menghadapi berbagai tantangan yang mungkin muncul dalam lingkungan pendidikan saat ini. Buku ini dirancang untuk menjadi sumber informasi yang berharga bagi para praktisi pendidikan Islam, pengawas pendidikan, pengelola sekolah, serta siapa pun yang tertarik dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam dalam era modern. Dengan wawasan yang dalam dan panduan praktis, buku ini memberikan kontribusi signifikan dalam upaya meningkatkan pendidikan Islam untuk masa depan yang lebih cerah.

Judul : Manajemen Supervisi Pendidikan Islam : Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern Penulis : Dr. Sarwo Edy, S.Ag., MM., Dr. Ir. Tri Ngudi Wiyatno, M.T., IPU.,CA.,CMT.

Manajemen Evaluasi Pendidikan - Rajawali Pers

Manajemen pendidikan saat ini sedang mengalami perubahan paradigma (cara pandang) terhadap hakikat dan fungsi pendidikan. Paradigma baru pendidikan nasional mengacu kepada pengelolaan pendidikan oleh SDM yang profesional. Dalam rangka mengelola sistem pendidikan nasional, ada beberapa prinsip dasar untuk menuju masyarakat Indonesia baru, yaitu: (1) partisipasi masyarakat di dalam mengelola pendidikannya (community based education); (2) demokratisasi proses pendidikan; (3) sumber daya pendidikan yang profesional; dan (4) sumber daya penunjang yang memadai. Keempat faktor ini perlu dikembangkan dan dioptimalkan kemampuannya agar sistem dan manajemen pendidikan mampu memberdayakan manusia Indonesia di masa depan. Untuk melaksanakan paradigma baru dalam implementasi manajemen, maka unsur-unsur manajeman pendidikan Islam harus terakomodir dengan baik, seperti perencanaan (planning) pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling), menurut Al-Qur’an. Ketercapaian dan keberhasilan program atau kegiatan yang dilakukan, tidak lepas dari evaluasi. Evaluasi merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam meningkatkan kualitas, kinerja, atau produktivitas suatu lembaga dalam melaksanakan programnya. Melalui manajemen evaluasi yang dilakukan pada Lembaga Pendidikan Islam, seperti madrasah dan pondok pesantren, akan terlihat dengan jelas dari pengelolaan Manajemen Lembaga Pendidikan Islam yang dilakukan. Sehingga amanat Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 57 ayat (1), dapat terealisasi dengan baik. Buku ini hadir sebagai bentuk upaya dan penegasan bagi pelaku, pemerhati, dan pengambil kebijakan dalam dunia pendidikan, terutama bagi kalangan mahasiswa, khususnya di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta, yakni UIN/IAIN/STAIN/IAIS/STAIS. Buku ini akan menjelaskan secara jelas dan gamblang tentang manajemen evaluasi dan bagaimana melakukan manajemen suatu program kerja, dan mengevaluasinya, sehingga tujuan dari program kerja yang disusun tercapai dengan baik.

... teknologi pendidikan termasuk di dalamnya teknologi pengukuran dan penilaian prestasi belajar siswa, dalil tersebut sudah mulai luntur. Kini banyak orang khususnya para guru atau pengajar mulai menyadari bahwa masalah pengukuran dan ...

Buku Ajar Pengantar Manajemen Pendidikan

Buku yang berjudul “Pengantar Manajemen Pendidikan” ini berisikan banyak hal yang bermanfaat. Materi yang dibahas dalam buku ini antara lain konsep dasar manajemen pendidikan, ruang lingkup dan urgensi manajemen pendidikan, manajemen peserta didik, supervisi pendidikan, manajemen tenaga pendidik dan kependidikan, manajemen kurikulum, manajemen sarana dan prasarana pendidikan, manajemen konflik, dan manajemen strategi peningkatan mutu pendidikan. Manajemen pendidikan adalah serangkaian proses yang melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Ini mencakup berbagai aktivitas yang dilakukan oleh kepala sekolah, administrator, dan staf pendidikan lainnya untuk memastikan bahwa proses pendidikan berjalan dengan lancar dan hasil yang diinginkan tercapai.

... Student-Centered Leadership. San Francisco: Jossey-Bass. Ruslan Rosady. 2005. Manajemen Public Relation & Media ... Management in Education: Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan, Terjemah Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurozi. Jogjakarta ...

Akhlak Tasawuf

Judul : Akhlak Tasawuf Penulis : Drs. H. Mahfud, M.Ag. Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 218 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-505-777-4 No. E-ISBN : 978-623-505-778-1 (PDF) SINOPSIS “Akhlak Tasawuf” adalah sebuah buku yang mengupas nilai-nilai etika dan moral dalam ajaran tasawuf, sebuah cabang ilmu dalam Islam yang mendalami hubungan spiritual antara manusia dengan Tuhan. Buku ini menguraikan prinsip-prinsip dasar akhlak yang diajarkan oleh para sufi, mengajak pembaca untuk memahami bagaimana nilai-nilai seperti kesabaran, kerendahan hati, keikhlasan, dan cinta kasih menjadi landasan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Melalui perspektif tasawuf, buku ini menekankan pentingnya pembersihan hati (tazkiyah an-nafs) sebagai upaya untuk mencapai kebersihan jiwa yang mendalam. Setiap bab dirancang untuk memberikan wawasan tentang bagaimana mempraktikkan akhlak mulia dalam interaksi sosial dan spiritual, serta bagaimana nilai-nilai ini dapat membawa seseorang menuju kebahagiaan sejati dan kedamaian batin.

Judul : Akhlak Tasawuf Penulis : Drs.

Proceedings International Conference on Guidance and Counseling 2017 (ICGC‟17)

Multicultural Guidance & Counseling

Buku ini merupakan Buku Prosiding yang diselenggarakan oleh Jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Pontianak pada tahun 2017. Multicultural Guidance and Counseling merupakan salah satu pendekatan yang dapat dilakukan dalam proses pemberian konseling baik di dunia pendidikan, sosial dan masyarakat. Pendekatan Multikultural ini memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia yang multi etnis, agama dan lain-lain yang homogen dari berbagai hal. Pentingnya penerapan konseling multikuktural ini, dapat untuk mengatasi ragam kehidupan yang ada. Hal ini menjadikan penerimaan terhadap keragaman yang menyangkat nilai-nilai, sistem, kebiasaan dan lain-lain. Permasalahan yang ada dapat diatasi dengan pendekatan konseling multikultural yang tepat. Sebagai Keynote Wraiters dalam buku ini adalah Ibu Dr. Salwa Mahalle (Institut Pendidikan Sultan Hasanal Balkiah, Brunai Darussalam), Bapak Md. Noor bin Saper (Universitas Pendidikan Sultan Idris, Malaysia), Ibu Dr. Hesti Nurrahmi, M.Pd (Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Indonesia).

Sebagai Keynote Wraiters dalam buku ini adalah Ibu Dr. Salwa Mahalle (Institut Pendidikan Sultan Hasanal Balkiah, Brunai Darussalam), Bapak Md. Noor bin Saper (Universitas Pendidikan Sultan Idris, Malaysia), Ibu Dr. Hesti Nurrahmi, M.Pd ...