Sebanyak 4369 item atau buku ditemukan

Buku Ajar Etika Profesi Guru

Pembahasan tentang profesi melibatkan istilah-istilah lain yang berkaitan, yaitu profesi, profesional, profesionalisme, profesionalisasi, dan profesionalitas. agar saudara-saudara dapat memahami perbedaan diantara istilah-istilah tersebut, pada bagian ini akan dijelaskan secara singkat pengertian-pengertian profesi, profesional, profesionalisme, profesionalisasi, dan profesionalitas. Istilah “profesi” menunjuk pada suatu pekerjaan atau jabatan yang menuntut keahlian, tanggung jawab, dan kesetiaan terhadap pekerjaan tersebut. Tujuan dari pembuatan buku ajar ini adalah sebagai buku panduan bagi mahasiswa dalam pembelajaran Mata Kuliah Etika Profesi Guru. Selain itu, isi buku ajar ini dapat dijadikan pembelajaran dan pedoman dalam kehidupan kita sehari-hari bagi pendidik ataupun calon pendidik. Penulis : Dr. Yohamintin, S.Pd., M.Pd.I Editor : Dr. Rahmat Fadhli, Ed.M. Jumlah : i-v+98 hlm Ukuran : 15,5 cm x 23 cm

Penulis : Dr. Yohamintin, S.Pd., M.Pd.I Editor : Dr. Rahmat Fadhli, Ed.M. Jumlah : i-v+98 hlm Ukuran : 15,5 cm x 23 cm

Renungan bagi Aktivis Dakwah Kampus

Aktivis dakwah memiliki misi suci untuk menebar Islam dengan penuh cinta kasih dan toleran, serta anti dengan segala hal atau tindakan ektremisme (melampaui batas). Dalam sejarah, Rasulullah saw., dan para sahabat selalu menekankan hal yang demikian, tapi perlu diakui tugas ini memang tidak mudah. Banyak hal yang perlu disiapkan agar dakwah tersampaikan baik, mulai dari konten hingga metode. Semuanya harus matang sehingga tidak ada kesalahpahaman antara pihak pendakwah dan yang didakwahi. Dalam buku ini Anda akan menemukan hal-hal apa saja yang perlu dimiliki oleh aktivis dakwah, yang sayangnya sering kurang diperhatikan. Perlu diperhatikan antara lain adalah, pengetahuan yang luas dan luwes atau tidak kaku, cinta kasih dan penuh kebijaksanaan, sikap terhadap orang yang berlainan paham bahkan keyakinan, dan sebagainya. Semuanya dikemas dengan gaya bahasa yang sederhana namun mendalam. Pembahasan lebih menarik karena memberikan paparan mengenai permasalahan yang sudah biasa terjadi di lingkungan keseharian terutama di lingkungan kampus, sehingga pembaca pun akan lebih mudah memahaminya.

Aktivis dakwah memiliki misi suci untuk menebar Islam dengan penuh cinta kasih dan toleran, serta anti dengan segala hal atau tindakan ektremisme (melampaui batas).

DAKWAH

Buku yang ditulis oleh seorang yang mengabdikan dirinya di jalan dakwah ini akan memberi Anda pijakan mengapa dakwah penting untuk ditegakkan. Pada saat yang sama Anda juga akan menemukan tuntunan dan teladan pelaksanaan dakwah yang membuahkan hasil gemilang. Dalam buku ini Anda akan menemukan; Alasan kuat bagi penegakkan dakwah. Hal ini penting untuk memunculkan motivasi bagi tegaknya dakwah yang menjamin kejayaan suatu masyarakat/bangsa. Tuntunan praktis agar dakwah berhasil gemilang. Hal ini penting agar dakwah Anda tidak seperti kata pepatah Arab, wujuduhu ka’adamihi (keberadaannya sama dengan ketiadaannya). Teladan sukses berdakwah. Hal ini penting agar motivasi Anda semakin kuat dan cara dakwah Anda semakin efektif. Dengan bahasa yang mudah dicerna dan uraian yang mengalir, buku ini sangat penting untuk dijadikan salah satu referensi dan pedoman berdakwah, bagi siapa pun. Karena pada hakikatnya, kita semua memiliki tanggungjawab untuk menegakkan dakwah. Tentu, dakwah yang dilaksanakan bukan sekadar ada, tetapi dakwah yang mendatangkan manfaat. Buku persembahan Republika Penerbit [Republika, bukurepublika, Penerbit Republika, syiar islam]

Dalam buku ini Anda akan menemukan; Alasan kuat bagi penegakkan dakwah. Hal ini penting untuk memunculkan motivasi bagi tegaknya dakwah yang menjamin kejayaan suatu masyarakat/bangsa. Tuntunan praktis agar dakwah berhasil gemilang.

RECOVERY MUTU MADRASAH

Konsep dan Analisis Kinerja Manajerial, Budaya Madrasah, dan Partisipasi Masyarakat

Madrasah merupakan lembaga yang menempati peran strategis bagi kemajuan pendidikan dalam melahirkan generasi muda umat Islam yang memiliki peran penting bagi masyarakat. Di samping itu, madrasah juga dituntut untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman di mana semua aspek berubah dengan cepatnya. Maka dari itu perlu adanya peningkatan mutu madrasah dan kapasitas para pihak seperti kepala madrasah, dan guru-pengajar. Bahkan partisipasi masyarakat juga menjadi elan vital dalam pentingkatan mutu madrasah. Buku ini lahir berdasarkan sebuah pertanyaan tentang “seberapa besar pengaruh kinerja manajerial kepala madrasah, kinerja guru, budaya madrasah dan partisipasi masyarakat terhadap mutu madrasah?” Maka untuk menjawab pertanyaan ini dibutuhkan suatu konsep yang jelas, analisis kritis, dan pemikiran transformatif dalam mewujudkan mutu madrasah. Oleh karenanya untuk memperdalam kajian, buku ini juga diperkaya dengan nilai-nilai karakter yang diintegrasikan dalam kinerja kepala madrasah, kinerja guru, budaya madrasah, dan partisipasi masyarakat. Komponen-komponen tersebut memang seharusnya mampu bersinergi, agar terwujud hasil kinerja yang optimal dan tentunya mampu meningkatkan mutu madrasah.

Madrasah merupakan lembaga yang menempati peran strategis bagi kemajuan pendidikan dalam melahirkan generasi muda umat Islam yang memiliki peran penting bagi masyarakat.

ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN: Teori & Praktek

Beberapa permasalahan pendidikan yang menonjol, di antaranya: 1) pendidikan telah kehilangan objektivitas, masih jauh dari realitas yang dihadapi peserta didik di masyarakatnya; 2) pendidikan belum mendewasakan peserta didik; 3) pendidikan tidak menumbuhkan pola berpikir kritis; 4) belum menghasilkan manusia terdidik, apalagi berakhlak; 5) pendidikan masih membelenggu; 6) belum mampu membangun individu belajar; 7) belum mampu menghasilkan kemandirian, dan 8) belum mampu memberdayakan dan membudayakan peserta didik (Djohar, 2013: 3). Pada tataran praktis, masih terdapat penyelenggaraan pendidikan “bergaya bank” (banking education) dengan ciri yang sangat “verbalism” yakni konsep mengajar merupakan pemindahan pengetahuan kepada hafalan, bukan mendorong siswa belajar untuk belajar (learn to learn). Pendidikan belum berdialog atau berhadapan dengan masalah (problem possing education) yaitu upaya meletakkan pendidikan pada kerangka dasar untuk melibatkan anak didik dalam problematisasi yang dihadapi terus menerus akan situasi eksistensial mereka (Yunus, 2004). Untuk memecahkan berbagai masalah dan menghadapi tantangan dunia pendidikan tersebut, pemerintah telah menetapkan beberapa kebijakan dalam bidang pendidikan. Terkait dengan itu, tulisan ini akan menyoroti dua kebijakan penting pemerintah Indonesia, yaitu inovasi bidang kurikulum dan peningkatan profesionalitas guru. Hal ini didasarkan pada dua asumsi: Pertama, keberhasilan untuk mencapai kemajuan tergantung pada keberhasilan mencapai kualitas pendidikan yang lebih baik daripada sebelumnya, ini ditentukan oleh Standar kompetensi Lulusan (SKL) yang terkabarkan dalam kurikulum. Kedua, kunci keberhasilan meningkatkan kualitas pendidikan tergantung pada keberhasilan mempersiapkan dan menciptakan guru-guru yang profesional yang memiliki kekuatan dan tanggung jawab

Beberapa permasalahan pendidikan yang menonjol, di antaranya: 1) pendidikan telah kehilangan objektivitas, masih jauh dari realitas yang dihadapi peserta didik di masyarakatnya; 2) pendidikan belum mendewasakan peserta didik; 3) pendidikan ...

KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL TERPADU

Buku Panduan Praktis

Buku panduan praktis seri pertama komunikasi pemasaran digital ini mengajak pembaca untuk m embuka wawasan secara mandiri tentang apa dan bagaimana dasar-dasar komunikasi pemasaran digital yang saat ini sedang ramai dibicarakan baik di media massa maupun oleh banyak perusahaan. Apakah kelebihan dan kekurangannya, dan bagaimana kita menggunakannya secara lebih bertanggung jawab dan bijaksana. Secara umum komunikasi pemasaran digital adalah suatu upaya untuk mengkomunikasikan pesan pemasaran dalam upaya menjangkau pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi. Beberapa teknik-teknik komunikasi pemasaran digital yang umum digunakan dewasa ini adalah banner advertising, pay per click, search engine optimisation (SEO), e-mail marketing ditambah lagi dengan perluasannya ke social media marketing. Begitu banyak istilah-istilah teknis baru yang berkembang dan dipergunakan, sebenarnya dapat dipahami dengan mudah oleh para pelajar, mahasiswa, pengusaha UMKM, bahkan mereka yang ingin belajar, berkarir sebagai pemasar digital, maupun ingin mendapatkan manfaat yang dapat dipetik dari dunia digital. Literasi ringkas komunikasi pemasaran digital ini berguna bagi masyarakat umum, wirausaha, maupun akademisi yang ingin menjadi lebih siap dalam menghadapi transisi kehidupan digital.

Buku panduan praktis seri pertama komunikasi pemasaran digital ini mengajak pembaca untuk m embuka wawasan secara mandiri tentang apa dan bagaimana dasar-dasar komunikasi pemasaran digital yang saat ini sedang ramai dibicarakan baik di ...

Komunikasi Bisnis

Kegiatan bisnis tidak terlepas dari peran praktisi komunikasi, baik dari tingkat karyawan hingga direktur diperlukan kepiawaian dalam mengelola komunikasi agar segala bentuk kegiatan komunikasi dan penyampaian informasi dapat dipahami oleh penerima informasi yang dituju. Dalam beberapa situasi, komunikasi bisnis saat ini sudah beralih ke media elektronik digital. Pemanfaatan internet dan sosial media cenderung menjadi bias komunikasi di organisasi. Untuk itu setiap perangkat organisasi di dalamnya perlu memahami peralihan cara komunikasi bisnis saat ini. Menjawab hal di atas, maka buku yang saat ini ada di tangan Anda hadir untuk membantu para pembacanya yang ingin memahami konseptual dasar komunikasi bisnis dengan pembahasan yang lugas dan mudah dipahami, tidak hanya tentang komunikasi bentuk konvensional dan digital, namun juga konsep kehumasan dan perangkat divisinya agar tujuan komunikasi organisasi dapat tercapai. Adapun isi pembahasan dalam buku ini terdiri dari 12 bab yang saling terhubung, yaitu: Bentuk dan Lingkup Komunikasi Bisnis; Komunikasi dalam Organisasi; Komunikasi Interpersonal dan Antarbudaya; Perencanaan Pesan-pesan Bisnis; Korespondensi Surat Digital; Komunikasi Presentasi dan Panggilan Video; Menyusun Proposal Bisnis; Laporan Bisnis; Konsep Dasar Kehumasan Organisasi Bisnis; Komunikasi Pemasaran; Komunikasi Korporat; Media Sosial Organisasi Bisnis.

Dalam beberapa situasi, komunikasi bisnis saat ini sudah beralih ke media elektronik digital. Pemanfaatan internet dan sosial media cenderung menjadi bias komunikasi di organisasi.

KOMUNIKASI BISNIS: Informatif, Persuasif, Kolaboratif dan Integratif di Era Digital

Judul : KOMUNIKASI BISNIS : Informatif, Persuasif, Kolaboratif dan Integratif di Era Digital Penulis : Alif Lukmanul Hakim, S. Fil., M. Phil Dr. Teguh Setiawan Wibowo, MM., M. Si., M. Farm., Apt Dr. Yohannes Don Bosco Doho, S. Phil, MM Dr. Drs. Samsudin, SH., M.Pd Dr Effy Zalfiana Rusfian Dra. Sri Sumiyati, M.Si Dr. Ir. Muji Indarwanto, MM., MT Syaiful Mujab, S.Sy., M.M Dr. Dr. Ir. Juni Gultom, ST. MTP Dr. Zulfikar, S. Sos. I., M. Ag Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 156 Halaman ISBN : 978-623-497-899-5 SINOPSIS Buku ini berjudul “Komunikasi Bisnis : Informatif, Persuasif, Kolaboratif dan Integratif di Era Digital”. Buku ini ditulis oleh beberapa penulis dari beberapa lembaga pendidikan di Indonesia. Buku ini penulis kontribusikan untuk bidang komunikasi dan bisnis di Indonesia. Buku ini terdiri dari sebelas bab. Adapun pembahasan masing-masing bab dalam buku ini sebagai berikut : Bab 1 Mengenal Komunikasi Bisnis Bab 2 Perencanaan Pesan Bisnis Bab 3 Etika dalam Komunikasi Bisnis Bab 4 Komunikasi dalam Komunikasi Bisnis Bab 5 Komunikasi Interpersonal VS Komunikasi Kelompok Bab 6 Wawancara Kerja Bab 7 Persentasi Bisnis Bab 8 Negosiasi Bisnis Bab 9 Rapat Bisnis Bab 10 Komunikasi Bisnis di Era Digital Bab 11 Merangkum Kembali Tentang Komunikasi Bisnis Semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca dalam memahami dan menambah wawasan tentang “Komunikasi Bisnis : Informatif, Persuasif, Kolaboratif dan Integratif di Era Digital”.

... Pendidikan Multi- kultural, Buku Bisnis Digital, Buku Peran ICT dalam Pendidikan Tinggi, Ekonomi Kreatif: Mengubah Ide Menjadi Uang, Buku Literasi dan Model Pembelajaran: Kunci Terampil di Era Revolusi 4.0 (Penerbit Adab).

Komunikasi Bisnis

Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang tidak dapat dilepaskan dari dunia komunikasi, mulai dari bangun tidur hingga akan tidur kembali. Sebelum berangkat kerja atau sekolah, berbagai kegiatan komunikasi mereka lakukan, seperti mendengarkan radio atau music dalam format CD (Compact Disc) atau DVD (Digital Versatile Disc), menonton acara televisi, membaca koran, tabloid, atau majalah, atau bercengkrama dengan anggota keluarga. Kegiatan komunikasi yang dilakukan dapat menggunakan berbagai media komunikasi yang ada, baik media komunikasi nonelektronik / konvensional maupun media komunikasi elektronik. Media komunikasi nonelektronik antara lain adalah penggunaan Bahasa lisan, Bahasa isyarat/Bahasa tubuh, dan anek media komunikasi yang menggunakan kertas (aneka macam surat menyurat, surat kabar, majalah, dan tabloid). Sedangkan media komunikasi elektronik antara lain adalah media audio-visual (televisi), interkom, radio panggil (pager), Internet (situs Web dan e-mail (electronic mail), teleconference, video conference, telepon biasa (fixed line), dan telepon genggam / seluler (handphone). Buku ini merupakan salah satu buku rujukan untuk mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis dan juga dapat menjadi pegangan para pelaku usaha, Praktisi dan akademisi serta masyarakat luas yang ingin mengetahui konsep-konsep komunikasi bisnis. Kritikan yang bersifat konstruktif edukatif dari para pembaca, sangat kami harapkan.

Buku ini merupakan salah satu buku rujukan untuk mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis dan juga dapat menjadi pegangan para pelaku usaha, Praktisi dan akademisi serta masyarakat luas yang ingin mengetahui konsep-konsep komunikasi bisnis.

GREEN TECHNOLOGY INNOVATION : Transformasi Teknologi Ramah Lingkungan berbagai Sektor

Buku "Green Technology Innovation" adalah buku yang menggambarkan pentingnya penerapan teknologi ramah lingkungan di berbagai sektor industri. Buku ini memberikan pengenalan tentang konsep Green Technology, serta menguraikan tujuan dan manfaatnya. Selain itu, buku ini membahas tantangan yang dihadapi dalam menerapkan teknologi hijau dan menyajikan inovasi-inovasi terbaru di sektor chemistry, pertanian, computing, UMKM, farmasi, dan konstruksi. Buku ini memberikan pemahaman yang komprehensif tentang pentingnya inovasi teknologi ramah lingkungan dalam mencapai keberlanjutan. Green Technology Innovation adalah buku yang membahas pentingnya Green Technology di berbagai sektor industri. Pembaca akan memperoleh pemahaman mendalam tentang konsep Green Technology, serta tujuan dan manfaatnya. Buku ini juga menghadirkan tantangan dan peluang di masa depan untuk penerapan teknologi ramah lingkungan. Dengan bahasa yang jelas dan penjelasan yang mendalam, Green Technology Innovation memberikan wawasan yang komprehensif tentang pentingnya inovasi teknologi hijau dalam mewujudkan keberlanjutan. Buku ini cocok untuk siapa saja yang tertarik dalam pengembangan teknologi hijau, baik dari kalangan akademisi, profesional, maupun masyarakat umum yang ingin memahami peran teknologi hijau dalam masa depan yang berkelanjutan.

Karir sebagai Dosen Universitas Nasional Jakarta dan di tempatkan di Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika pada Prodi Informatika. Dosen Tersertifikasi pada Tahun 2011. Jabatan Fungsional Dosen Lektor.