Diga in Instruksional : Jakarta : Proyek Pengembangan Pendidikan Guru ( P30 ) ,
Departemen Pendidikan dan ... Jakarta : DIEjendikET Proyek pengembangan
InatiTUBT Pendidikan Tinggi . ... Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar .
BAB VII POLA KEPEMIMPINAN BIDANG PENDIDIKAN DALAM MASYARAKAT
PEDESAAN Pemimpin bisa timbul karena berbagai hal yaitu dapat ditentukan
dari atas , karena keturunan , dan karena situasi dan kondisi masyarakat ...
2 Sistem Kepemimpinan . . . . . 6 . 3 Pengaruh Dan Fungsi Kepemimpinan Bidang
Agama Dalam Masyarakat . . . . POLA KEPEMIMPINAN DALAM MASYARAKAT
PEDESAAN DI BIDANG PENDIDIKAN . . . 7 . 1 Organisasi Dalam Kegiatan ...
Pembangunan sosbud umumnya dan pendidikan khususnya belum pernah
diutamakan , dengan akibat makin ... strategi pendidikan itu sendiri , yakni
dengan menjawab kebutuhan yang dominant dalam dasawarsa ini di bidang pendidikan .
Buku ini, merupakan suatu studi teoritis dalam bidang manajemen dan kepemimpinan. Penulisan buku ini, bermula dari keinginan penulis untuk menyebarkan informasi dari hasil studi teoritis. Dengan demikian, para pemimpin khususnya dan masyarakat secara umum, me-ngetahui bagaimana menjalankan amanah kepemimpinan pada manajemen kinerja di suatu organisasi yang berlandaskan pada teladan Nabiyullāh wa Rasulullāh Muhammad SAW. Selanjutnya, sebagai akademisi penulis memiliki tanggungjawab sosial dalam menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki.
Dalam kegiatan kepramukaan ini diharapkan setiap siswa dapat mengembangkan diri sesuai dengan perilaku-perilaku yang terpuji, Karena itulah, pendidikan karakter yang merupakan suatu sistem maupun kegiatan yang disusun secara sadar guna mendidik para peserta didik dalam hal watak, perilaku, sikap, dan ucapan yang sesuai dengan nilal-nilai karakter dikembangkan dengan berkolaborasi pada kegiatan kepramukaan akan dapat menghasilkan pembelajaran yang efektif karena adanya kesamaan dalam nilai. Pembelajaran pendidikan karakter yang diaplikasikan melalui kegiatan kepramukaan akan membentuk pemahaman bahwa melalui kegiatan kepramukaan yang diintegrasikan dengan pendidikan karakter akan membentuk suatu pendidikan terbuka dan ditujukan paling utama untuk mengembangkan perilaku remaja, didalamnya terdapat berbagai nilai terpuji (nilai-nilai karakter) yang dirancang sebagai suatu unsur dan tujuan utama yang berguna uutuk mengembangkan karakter bangsa. Buku ini sangat baik dan berguna untuk kalangan mahasiswa, pendidik dan organisasi-organisasi pegiat pendidikan serta para pembaca pada umumnya.
Dalam kegiatan kepramukaan ini diharapkan setiap siswa dapat mengembangkan diri sesuai dengan perilaku-perilaku yang terpuji, Karena itulah, pendidikan karakter yang merupakan suatu sistem maupun kegiatan yang disusun secara sadar guna ...
Buku ini dimaksudkan untuk menjadi referensi bagi pembaca dalam memahami pendidikan karakter secara umum dan spesifik pada pembiasaan pendidikan karakter keluarga dan sekolah. Penulisan buku yang bersifat sederhana dan santai dimaksudkan untuk mudah dipahami dan menarik minat pembaca pemula serta para orang tua peserta didik. Buku ini disusun untuk membantu para orang tua, tenaga pengajar dalam mempelajari Pendidikan Karakter Keluarga dan Sekolah. Buku ini menjabarkan usaha yang sebaiknya dilakukan untuk menumbuhkan karater pada lingkungan keluarga dan sekolah. Buku ini memberikan gambaran bahwa pendidikan karakter pada anak bukan semata-mata tanggungjawab pihak sekolah, keluarga mempunyai peran yang sama dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter yang dilakukan sejak dini. Penerbit Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia
Buku ini dimaksudkan untuk menjadi referensi bagi pembaca dalam memahami pendidikan karakter secara umum dan spesifik pada pembiasaan pendidikan karakter keluarga dan sekolah.
Pendidikan anak usia dini saat ini berkembang dengan pesat. Penyelenggaraan pendidikan anak usia dini saat ini diselenggarakan oleh berbagai instansi, baik secara formal maupun informal. Penyelenggaraan pendidikan anak usia dini terse-but perlu adanya dasar keilmuan berupa informasi secara teori dan juga praktik tentang pelayanan terhadap anak usia dini. Hal itu untuk mendukung pencapaian kualitas pendidikan anak usia dini dalam memberikan rangsangan dalam menum-buhkembangkan setiap potensi perkembangan yang dimiliki oleh setiap anak dan bersumber dari ilmu yang dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan. Buku Pendidikan Anak Usia Dini: Slimulasi dan Aspek Perkembangan Anak adalah sebuah landasan pembelajaran dalam mengembangkan setiap aspek perkembangan yang dimiliki oleh anak usia dini yang berada pada rentang usia lahir sampai delapan tahun. Buku ini dapat digunakan oleh mahasiswa, guru, orangtua dan praktisi yang bergerak di bidang pendidikan anak usia dini. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-
3.2 Mengenal perilakubaik sebagai cerminan akhlak mulia. 3.3 Mengenalanggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus. 3.4. Mengetahui cara hidup sehat 3.5 Mengetahui cara memecahkan masalah ...
Buku “Pokoknya Administrasi Pendidikan” yang ada dihadapan pembaca ini adalah karya Habibie Yusuf, M.Pd. Dia adalah dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo. Buku ini ditulis berdasarkan pengalamannya sebagi dosen yang mengampu Mata Kuliah Administrasi Pendidikan. Penulis memaparkan konsep dan ketrampilan praktis tentang administrasi pendidikan dan yang menarik pembaca khususnya tenaga kependidikan dikenalkan tentang kurikulum dan manajemen peserta didik, dengan harapan para tenaga kependidikan dapat memahami urgensi kurikulum dan manajemen peserta didik dalam mencapai tujuan pendidikan yang ada di sekolah atau madrasah selain ketatalaksanaan lembaga pendidikan. Persoalan Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan penjamian mutu lembaga pendidikan juga melengkapi wawasan pembaca khususnya para mahasiswa, yang sejak kuliah harus memiliki wawasan tersebut dan memahami bagaimana memastikan lembaga pendidikan tetap berkualitas.
Pelaksanaan kebijakan di bidang peningkatan kualitas pendidikan karakter
peserta didik, fasilitasi sumber daya, pemberian izin dan kerja sama
penyelenggaraan satuan dan/atau program yang diselenggarakan perwakilan
negara asing ...
Buku ini diperuntukkan sebagai referensi bagi mahasiswa jurusan pendidikan yang baru mengenal kajian manajemen kelas. Mahasiswa diberikan gambaran umum tentang pemahaman manajemen kelas dan elemen-elemen yang ada di dalamnya. Isu manajemen kelas sebagai bagian dari konteks formal pembelajaran dalam sistem persekolahan dan isu yang terkait dengan kebijakan pemangku kepentingan terkait dengan yang hal-hal berkelindan dengan praksis pengelolaan kelas pada tataran persekolahan formal menjadi bahan pembahasan buku ini. Selain itu, hubungan antara manajem kelas dengan motivasi belajar siswa sebagai salah satu variabel yang mempengaruhi proses dan hasil belajar siswa juga menjadi topik buku ini. Mengelola keterlibatan siswa dan dimensi afektif dalam pengelolaan kelas menjadi bahan diskusi tentang bagaimana sikap siswa mempengaruhi keterlibatan mereka di dalam proses pembelajaran. Dalam buku ini, guru dan praktisi pembelajaran lainnya diharapkan mampu mengelola interaksi pembelajaran ini agar terjadi interaksi pedagogis yang bermakna bagi perkembangan kognisi siswa, lepas dari gangguan yang tidak perlu. Tidak melewatkan bahasan mengenai integrasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di dalam pembelajaran. Sebagaimana kita ketahui saat ini para siswa baik di tingkat dasar maupun menengah telah sangat akrab dengan teknologi khusunya internet. Beberapa varian pembelajaran menggunakan TIK sebagai media pembelajaran seperti e-learning, online learning, dan blended learning menjadi bahasan dalam buku ini.