Sebanyak 1656 item atau buku ditemukan

Pengantar Ekonomi Islam

Dua sistem ekonomi di dunia ini yang banyak dikenal oleh masyarakat adalah sistem ekonomi kapitalis dan sistem ekonomi sosialis. Kedua sistem ekonomi ini memiliki kelebihan dan kekuarangan. Sistem ekonomi Islam hadir untuk mengisi kekurangan kedua sistem tersebut. Ekonomi Islam merupakan salah satu jenis sistem ekonomi yang saat ini berkembang di dunia dengan pesat, terutama di negara-negara penduduknya mayoritas muslim. Konsep dan penerapan ekonomi Islam dilandaskan nilai-nilai Islam yang bersumber dari al-Qur’an dan Hadis. Sistem ekonomi Islam memiliki tujuan sesuai tujuan diturunkannya syariah Islam yaitu untuk menciptakan kebahagiaan hidup baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karenanya, ekonomi Islam memiliki prinsip-prinsip menghindari maisir, gharar, riba, dan batil (MAGHRIB). Buku ajar ini hadir dengan sangat cerdas mengupas seputar Pengantar Ekonomi Islam, dengan capaian pembelajaran mahasiswa mampu memahami serta menerapkan pokok-pokok bahasan meliputi: sistem ekonomi, sistem ekonomi Islam, Riba, Teori Konsumsi dalam Islam, Teori Produksi dalam Islam, Distribusi Pendapatan dalam Islam, Teori Uang, Permintaan dan Penawaran dalam Islam, Mekanisme Pasar Islami, Pendapatan Nasional dalam Islam, Kebijakan Fiskal dalam Ekonomi Islam, Kebijakan Moneter dalam Ekonomi Islam, Lembaga Keuangan di Indonesia. Buku ajar ini sangat layak untuk dimiliki para mahasiswa utamanya mahasiswa program studi ekonomi Islam.

Buku ajar ini hadir dengan sangat cerdas mengupas seputar Pengantar Ekonomi Islam, dengan capaian pembelajaran mahasiswa mampu memahami serta menerapkan pokok-pokok bahasan meliputi: sistem ekonomi, sistem ekonomi Islam, Riba, Teori ...

MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU NON KEPENDIDIKAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH

Bermula dari minimnya buku pengembangan hasil penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, lahirlah buku “Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Non- Pendidikan melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah” ini. Sesuai dengan judulnya, buku ini adalah semacam pedoman yang bisa dimanfaatkan oleh Lembaga Profesional untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat di lembaga pendidikan khususnya sekolah yang memfokuskan pada peningkatan mutu pendidikan berbasis kompetensi guru melalui supervisi akademik kepala sekolah. Buku ini terdiri dari enam bab, mulai dari bab pendahuluan yang membahas tentang bagaimana mutu pendidikan pada saat sekarang serta faktor yang mempengaruhinya. Bab kedua kompetensi dan profesionalisme guru, membahas tentang komponen apa saja yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Bab ketiga penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), membahas tentang tata cara mengimplementasikan program pembelajaran. Bab keempat supervisi akademik, membahas tentang supervisi akademik merupakan salah satu program yang dapat diselenggarakan dalam pemberdayaan guru. Bab kelima meningkatkan kompetensi pedagogik guru non-pendidikan melalui supervisi akademik kepala sekolah, yaitu berisikan hasil dari penelitian yang telah dilakukan di SMP 2 Hiliduho yang dilakukan kepala sekolah melalui teknik supervisi akademik. Dan yang terakhir yaitu kesimpulan, berisikan ringkasan dari hasil pembahasan yang dari bab sebelumnya.

Bermula dari minimnya buku pengembangan hasil penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, lahirlah buku “Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Non- Pendidikan melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah” ini.

Performance guru , kompetensi , motivasi dan budaya kerja

Sesuai amanat Undang Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP No. 19 Tahun 2005 sebagaimana diubah dengan PP No 32 Tahun 2013 yang selanjutnya diubah dengan PP No. 13 Tahun 2015 tentang tentang Standar Nasional Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan Penjaminan Mutu Pendidikan di Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, tujuan penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah adalah untuk memastikan penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah oleh satuan pendidikan di Indonesia berjalan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Berdasarkan hasil dari beberapa kajian, survey dan penelitian menunjukkan bahwa mutu pendidikan di Indonesia cenderung masih di bawah standar dibandingkan dengan negera-negara tetangga di Asia Tenggara, apalagi di dunia. Karena itu menjadi urgen bagi semua pemangku kepentingan di sekolah, daerah, maupun secara nasional untuk memikirkan dan menindaklanjuti berbagai upaya program dan kegiatan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia kini dan di masa mendatang.

Sesuai amanat Undang Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP No. 19 Tahun 2005 sebagaimana diubah dengan PP No 32 Tahun 2013 yang selanjutnya diubah dengan PP No. 13 Tahun 2015 tentang tentang Standar Nasional ...

Model Pembelajaran Inovatif dan Soal Berbasis AKM Jenjang SMA

Disertai Kompetensi Dasar dan Pembahasan Soal AKM Literasi-Numerasi SMA

Saat ini, proses AKM telah berlangsung. Dalam berbagai forum,beberapa guru mengungkapkan kesulitan untukmemperoleh referensi soal AKM dan pembelajaran yang inovatif.Buku yang secara spesifik ditujukan untuk guru pada jenjang SMA ini akan mengupas soal AKM dan pembelajaran inovatifsecara mendalam. Pembahasan tentang paradigma AKM, perubahan ragam/jenis soal AKM menjadi fokus utama buku ini. Perubahan paradigma pendidikan sudah saatnya mendapatkan perhatian lebih dari para guru. Salah satu cara mengukur keterampilan peserta didik adalah soal. Keterampilan guru dalam menyusun soal dengan kompetensi berpikir tingkat tinggi gayut dengan program pemerintah yang mewajibkan guru untuk melaksanakan pembelajaran inovatif dan mengukurnya dalam asesmen kompetensi minimum (AKM). Oleh karenanya, guru perlu melatih siswa dengan soal yang mengacu pada AKM. Namun demikian, ragam soal AKM dengan paradigma yang baru belum dipahami oleh mayoritas guru. Padahal, skor AKM memengaruhi rapor mutu suatu sekolah. Dengan demikian, guru perlu membekali diri dengan kemampuan merancang pembelajaran dan soal berbasis AKM.Kehadiran buku yang lengkap dengan contoh soal dari berbagai level kognitif, baik literasi maupun numerasi ini,diharapkan dapat menginsipirasi para guru dalam merancang pembelajaran yang inovatif di kelas.

Saat ini, proses AKM telah berlangsung.

Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis Dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan

Ada beberapa kesulitan yang dihadapi guru produktif. Tugas seorang guru produktif di SMK tidak hanya mengajar saja tetapi setelah mengajar perlu melakukan penilaian hasil belajar peserta didik. Penilaian ini tidak bisa hanya membuat butir soal tes saja kemudian diberikan ke peserta didik dan dinilai hasilnya. Ada tahapan-tahapan yang perlu dilakukan agar butir soal tes tersebut layak digunakan. Penilaian hasil belajar peserta didik tidak hanya melalui tes. Penilaian menggunakan non tes perlu dilakukan untuk menilai hasil belajar peserta didik pada aspek sikap. Jumlah jam mengajar yang tinggi juga merupakan kesulitan guru produktif. Tingginya jam mengajar mata pelajaran produktif membuat guru kesulitan membagi waktu untuk membuat beragam soal tes yang disesuai dengan tujuan pembelajaran. Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan hadir untuk memudahkan guru produktif TKR dalam membuat soal tes, soal non tes, dan cara penilaiannya. Buku ini disusun berdasarkan peraturan dan buku penilaian terbaru dari Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan.

Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan hadir untuk memudahkan guru produktif TKR dalam membuat soal tes, soal ...

KOMPETENSI MANAJERIAL DAN KEWIRAUSAHAAN KEPALA MADRASAH

Kompetensi manajerial bertujuan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk memperlancar proses pembelajaran. Kompetensi ini diwujudkan pada kemampuan mengendalikan pengelolaan untuk menciptakan iklim belajar mengajar yang nyaman sehingga meningkatnya motivasi belajar serta menghasilkan lulusan yang berkualitas. Kompetensi kewirausahaan adalah penguatan jiwa dan semangat wirausaha untuk kepentingan pendidikan yang bersifat sosial, jadi bukan untuk kepentingan komersial. Nilai kewirausahaan sangat bermanfaat bagi diri dalam mengembangkan, mencapai keberhasilan, dan menghadapi kendala-kendala keuangan atau keterbatasan sarana prasarana. Ukuran disiplin yang sering tampak dalam satuan pendidikan adalah bagaimana seorang yang berpendidikan mematuhi aturan misalnya jadwal mengajar atau target. Sehingga disiplin menjadi tolak ukur yang dapat digunakan dalam menilai kinerja pendidik dan tenaga kependidikan. Kedisiplinan guru dapat disimpulkan sebagai kondisi keteraturan yang terwujud dari ketaatan serta kepatuhan pendidik dalam menjalankan segala peraturan dan tata tertib yang telah diberlakukan dilingkungan dengan penuh kesadaran dari dalam dirinya.

Kompetensi manajerial bertujuan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk memperlancar proses pembelajaran.

Etika Profesi

Buku ini disusun untuk mengetahui, memahami dan memperluas pengetahuan tentang etika dalam profesi. Buku ini sangat berguna untuk membantu wawasan bagi mahasiswa, aparatur pemerintah, pemerhati pendidikan, dan pekerja dalam memberikan pelayanan pendidikan. Buku ini terbangun atas tujuh pembahasan, yaitu: Bab 1 Konsep Dasar Etika Profesi Bab 2 Kode Etik Profesi Bab 3 Etika dan Moral Bab 4 Manusia Pengembang Profesi Bab 5 Kode Etik Profesi Konselor Bab 6 Etika Profesi Pendidik Bab 7 Etika Profesi Statistikawan Bab 8 Etika Profes Interpreter Bab 9 Etika Profesi Engineering

Buku ini terbangun atas tujuh pembahasan, yaitu: Bab 1 Konsep Dasar Etika Profesi Bab 2 Kode Etik Profesi Bab 3 Etika dan Moral Bab 4 Manusia Pengembang Profesi Bab 5 Kode Etik Profesi Konselor Bab 6 Etika Profesi Pendidik Bab 7 Etika ...

ETIKA DAN PROFESI KEGURUAN

Buku etika dan profesi keguruan ini adalah merupakan buku yang menjelaskan tentang kode etik menjadi seorang guru yang baik. Sebab guru tidak hanya sebatas mengajar saja, akan tetapi guru juga sebagai morabbi ruh, terhadap setiap murid-muridnya. Guru mempunyai tanggung jawab untuk membentuk etika dan moral generasi melineal di zaman kontemporel ini, sehingga penting kiranya penulis mengangkat buku ini untuk dijadikan pijakan oleh setiap guru bagaimana menjadi guru yang baik dan profesional. Guru juga merupakan penentu keberhasilan pendidikan melalui kinerjanya pada tingkat institusional dan intruksional, peran strategis tersebut sejalan dengan UU No 14 tahun 2015 tentang guru dan dosen, yang menempatkan kedudukan guru sebagai tenaga profesional sekaligus sebagai agen pembelajaran. Sebagai tenaga profesional, pekerjaan guru hanya dapat dilakukan oleh seorang yang mempunyai kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik sesuai dengan persyaratan untuk setiap jenis dan jenjang pendidikan tertentu.

Buku etika dan profesi keguruan ini adalah merupakan buku yang menjelaskan tentang kode etik menjadi seorang guru yang baik.

Integrasi Ayat Alquran dalam Konsep Etika Lingkungan

Etika Lingkungan berasal dari dua kata, yaitu Etika dan Lingkungan. Etika berasal dari bahasa yunani yaitu “Ethos” yang berarti adat istiadat atau kebiasaan. Ada tiga teori mengenai pengertian etika, yaitu: etika Deontologi, etika Teologi, dan etika Keutamaan. Etika Deontologi adalah suatu tindakan dinilai baik atau buruk berdasarkan apakah tindakan itu sesuai atau tidak dengan kewajiban. Etika Teologi adalah baik buruknya suatu tindakan berdasarkan tujuan atau akibat suatu tindakan. Sedangkan Etika keutamaan adalah mengutamakan pengembangan karakter moral pada diri setiap orang.

Jika pendidikan yang diberikan kepada seseorang baik, maka ia akan menjadi baik begitu pula sebaliknya. ... Sebab jika merujuk pada al-Quran dan Hadis maka akan ditemukan penjelasan bahwa yang mempengaruhi pembentukan karakter seseorang ...