Sebanyak 485 item atau buku ditemukan

Akuntansi Syariah

Buku ini memuat topik-topik mengenai: Bab 1 Akad Mudharabah Bab 2 Akad Musyarakah Bab 3 Akad Murabahah Bab 4 Akad Salam Bab 5 Akad Istishna Bab 6 Akad Ijarah Bab 7 Akad Lainnya Bab 8 Fikih Zakat

Buku ini memuat topik-topik mengenai: Bab 1 Akad Mudharabah Bab 2 Akad Musyarakah Bab 3 Akad Murabahah Bab 4 Akad Salam Bab 5 Akad Istishna Bab 6 Akad Ijarah Bab 7 Akad Lainnya Bab 8 Fikih Zakat

DASAR–DASAR AKUNTANSI ISLAMIC VIEW

Judul : DASAR–DASAR AKUNTANSI ISLAMIC VIEW Penulis : Assoc. Prof. Dr. Zulhelmy, S.E., M.Si., Ak, CA.,ACPA Dr. Suhendi, SE., MA Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 215 Halaman No ISBN : 978-623-6233-99-3 Akuntansi sejak masa lalu hingga saat ini masih berperan sangat penting dalam mewujudkan transfaransi dan akuntabilitas. Akuntansi tidak hanya sekedar teknis pencatatan atau penjurnal hingga menghasilkan laporan keuangan, akan tetapi lebih dari itu yakni sebagai alat pengambilan keputusan bagi semua pihak yang berkepentingan. Dalam perkembangan dunia bisnis modern pun seperti adanya teknologi keuangan berbasis digital (digital based finance technology), tidak menghilangkan peran akuntansi sebagai alat pengambilan keputusan. Bagaimanapun juga sehebat-hebatnya teknologi tidak akan mampu menggantikan akal manusia (logical reasoning). Buku ini hadir dalam rangka memberikan sumbangan pengetahuan bagi para peminat di bidang akuntansi khususnya dalam pondasi pengetahuan dasar akuntansi. Mulai dari sejarah akuntansi hingga siklus akuntansi baik perusahaan jasa maupun perusahaan dagang. Uniknya buku ini meskipun dianggap dasar-dasar akuntansi akan tetapi memberikan gambaran umum tentang Akuntansi dari sudut pandang Islam (Islamic view). Buku ini juga memberikan kritikan terhadap sejarah akuntansi yang didominasi oleh pandangan barat (Conventional view) yang mengatakan bahwa akuntansi berasal dari Eropa. Contoh-contoh kasus yang diberikan baik perusahaan jasa maupun perusahaan dagang juga berbasis Islamic view, yakni bebas riba, seperti hutang piutang yang menggunakan bunga yang merupakan bagian dari riba. Buku ini diharapkan menjadi pegangan para peminat ilmu akuntansi, khususnya mahasiswa program studi Akuntansi S1. Semoga buku ini memberikan manfaat terutama dalam khasanah ilmu pengetahuan di bidang akuntansi Islam (Islamic accounting).

Kekuatan yang berawal dari penerapan transaksi syariah dimotori oleh sistem perbankan syariah dan kemudian baru akan dilanjutkan dengna sektor lainnya. Sistem perbankan syariah ini mempunyai sebuah perjalanan yang telah terekam begitu ...

KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ULUL AL-BAB DALAM AL-QUR’AN

KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ULUL AL-BAB DALAM AL-QUR’AN PENULIS: Basrinsyah, M.Pd. Editor: Dr. NURHADI, S.Pd.I., S.E.Sy., S.H., M.Sy., MH., M.Pd. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-270-318-6 Terbit : Juni 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Konsep ul?l-alb?b yang terdapat dalam al-Quran adalah orang yang selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara ber-zikir di manapun dan kapanpun dia berada. Mereka selalu menancapkan kalimatullah dalam hatinya, di samping itu dia mau menggunakan kecerdasannya dengan selalu berfikir dan menganalisa ciptaan Allah SWT, sehingga dengan kegiatan berfikir dan berzikir tersebut mereka mampu mengambil faidah darinya atas semua keagungan Allah SWT dan mau mengingat hikmah akal dan keutamaannya dalam segala situasi dan kondisi. Dengan melakukan dzikir dan fikir, maka sampailah manusia pada suatu kesimpulan bahwa Allah SWT menciptakan alam ini syarat dengan tujuan dan kemanfaatan bagi manusia. Selanjutnya mereka memohon kepada Allah SWT supaya mereka diberi petunjuk dan dihindarkan dari siksa api neraka.Relevansi konsep ul?l-alb?b dengan karakter pendidikan nasional sangat erak sekali. ul?l-alb?bdan karakter pendidikan nasional adalah dua kata yang salingberhubungan, karena sebenarnya karakter pendidikan nasional adalah suatu misi yang diemban dan hendak direalisasikan oleh seorang ul?l-alb?b melalui berbagai aktifitas dalam kehidupan yang dijalaninya. Sedangkan ul?l-alb?b adalah merupakan salah satu tujuan akhir dari pendidikan itu sendir. Karakter ul?l-alb?b yang selalu befikir dan berzikir kepada Allah SWT akan mendekatkan dia yang karakter pendidikan nasional yang sejatinya sudah tergambar dalam Islam dan juga pribadi ulal albab. Karakter tersebut antara lain religius, jujur, toleransi, disiplin, dan lain-lain. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ULUL AL-BAB DALAM AL-QUR’AN PENULIS: Basrinsyah, M.Pd. Editor: Dr. NURHADI, S.Pd.I., S.E.Sy., S.H., M.Sy., MH., M.Pd. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-270-318-6 Terbit : Juni 2020 www.guepedia.com Sinopsis: ...

Manajemen Pemasaran Pariwisata- Pengembangan Potensi Produk Wisata Perdesaan

Buku ini dibuat berdasarkan penelitian yang dilakukan pada Desa Wanagiri Kauh, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan Bali pada Tahun ke-2. Penelitian ini didanai oleh DRPM-Ristek Dikti sebagai Penelitian Terapan Kompetitif Nasional Tahun Anggaran 2020. Buku ajar ini sekaligus merupakan hasil luaran yang direncanakan. Rencana penelitian tahun ke-3 pada Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan, Tabanan Bali. Buku ini merupakan kelanjutan dari buku Manajemen Pemasaran Pariwisata – Model Brand Loyalty Pengembangan Potensi Wisata di Kawasan Perdesaan, yang merupakan luaran penelitian pada Tahun pertama (2019) yang membahas konsep inti pemasaran, konsep pemasaran, marketing mix, atribut daya tarik wisata, dan perilaku wisatawan. Buku ini menambahkan materi mengenai karakteristik wisatawan, produk wisata, wisata pedesaan, desa wisata, karakteristik wisatawan, dan loyalitas wisatawan langsung dengan contoh yang teraplikasi dalam riset pemasaran pada Bab VII. Sementara detail dari hasil riset dipresentasikan pada Seminar Internasional ICISTSD 2020 Universitas Mahasaraswati Denpasar pada 14 Oktober 2020 memperkaya buku ini disampaikan pada bagian lampiran. Manajemen Pemasaran Pariwisata- Pengembangan Potensi Produk Wisata Perdesaan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Manajemen Pemasaran Pariwisata- Pengembangan Potensi Produk Wisata Perdesaan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Orientasi Pendidikan Agama Islam Society 5.0 Telaah Kitab Ayyuhal Al-Walad Karya Imam Al-Ghazali

Dunia pendidikan dalam keadaan serius. Tidak hanya serius dalam melaksanakan pelayanan dengan kualitas terbaik namun juga pendidikan memerlukan pemikiran dan upaya yang seirus terkait keberlangsungan pendidikan itu sendiri terutama masa pandemi ataupun disebut masa adaptasi kebiasaan baru saat ini membuat kompleksitas problem pendidikan semakin lengkap. Pada modern sekarang yakni era revolusi industri 4.0 masyarakat kita telah bersahabat dengan teknologi, hal ini tampak pada pemanfaatan yang mulai merata di kalangan masyarakat terkait dunia digital dalam bidang ekonomi hingga praktik pendidikannya. Akan tetapi pada tahun 2019 lalu kita dikejutkan dengan peresmian society 5.0 yang diinisiasi oleh Jepang, sebagai solusi revolusi industri 4 yang dikhawatirkan akan meniadakan peran manusia dalam dunia pendidikan khususnya karena semua aktivitas pelayanan pendidikan dilakukan oleh robot dan sebaliknya masyarakat 5.0 merupakan masyarakat yang dapat memberikan solusi penyelesaikan setiap problem dan tantangan sosial dengan memanfaatkan hasil inovasi yang terlahir pada masa revolusi industri 4.0 yaitu diantaranya internet (internet on things), data dengan jumlah besar (big data), kecerdasan buatan (artificial intelligence), serta robot guna menaikkan kualitas kehidupan manusia. Ini artinya, komponen utama yang dimanfaatkan masyarakat 4.0 adalah lebih kepada kecerdasan buatan untuk menyelesaikan problemnya, kemudian pada 5.0 ini masyarakat beralih menjadi masyarakat yang berprinsip tetap menggunakan teknologi sebagai alat, sedangkan pelaku utamanya adalah manusia. Sehingga yang semula hanya menjadikan internet sebagai sarana berbagi informasi lalu menjadikan internet sebagai perantara menjalani kehidupan. Adapun posisi buku ini yaitu memberikan orientasi untuk menentukan sikap dan peran Pendidikan Agama Islam dalam pembekalan hidup dalam bermasyarakat era 5.0 dengan berpedomankan kitab Ayyuhal Al-Walad karya Imam Al-Ghazali. Sedangkan cakupan buku ini pada bagian Pertama, menjelaskan, Orientasi Pendidikan Agama Islam Society 5.0 Kedua, Ilmu dan Amal Pegangan Utama Masyarakat 5.0, Ketiga, Sholat sebagai Kendaraan Tercanggih Masyarakat 5.0, Keempat, Macam-macam Perilaku Masyarakat 5.0, Kelima, Pendidikan dalam Masyarakat 5.0, Keenam, Obat Hati Masyarakat 5.0, Ketujuh, Perilaku Yang Harus Dihindari Masyarakat 5.0 , dan Kedelapan, Kunci Sukses Masyarakat 5.0.

Dunia pendidikan dalam keadaan serius.

Dasar-Dasar Analisis Laporan Keuangan

Buku dengan judul Dasar-dasar Analisis Laporan Keuangan merupakan buku pembelajaran, sumber refrensi dan pedoman belajar, buku ini mencakup tentang konsep dasar laporan keuangan; jenis dan komponen laporan keuangan; analisis laporan keuangan; analisis rasio; rasio likuiditas; rasio solvabilitas; rasio aktivitas; rasio profitabilitas; rasio keuangan bank; analisis sumber dan penggunaan modal kerja; analisis perkreditan; dan analisis laba kotor.

Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi: Edisi 4. BPFE. Sawir, A. (2009). Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. PT. Gramedia Pustaka Utama. Suwiknyo, D. (2016). Analisis Laporan Keuangan Perbankan Syariah.

Pengantar Manajemen Aset

Dalam buku ini, berisikan tentang bagaimana cara mengelola suatu aset disertai dengan peraturan yang melandasi dari pelaksanaan pengelolaan aset tersebut. Untuk mengelola aset maka diperlukan suatu manajemen aset agar nantinya aset tersebut dapat optimal dan dapat menunjang perekonomian nasional. Seperti kita ketahui bersama, pengelolaan aset Negara yang optimal akan menambah pendapatan suatu Negara dan harapannya manfaat dari aset tersebut dapat berguna bagi masyarakat pada umumnya. Tentu hal tersebut yang diharapkan bersama Untuk hal – hal yang dibahas dalam manajemen aset, khususnya dalam buku ini adalah berisikan tentang: Manajemen Aset, Perencanaan dan Penganggaran Aset, Pengadaan Aset, Pemeliharaan Aset, Pemanfaatan Aset, Penghapusan Aset, Pemindahtangan Aset, dan Optimalisasi Aset. Masing - masing bahasan tersebut dituangkan dalam bab yang berbeda sehingga akan lebih detail didalamnya. Dalam bab tertentu, akan dibahas perbedaan antara pengelolaan aset yang berupa Barang Milik Negara (BMN) atau Barang Milik Daerah (BMD) beserta peraturan yang melandasinya. Karena dalam pengelolan aset Negara, harus jelas paying hukumnya dalam pengelolaan aset agar nantinya tidak terdapat masalah hukum dikemudian hari atau prosedur yang dilanggar. Demikian buku ini kami susun, agar dapat menjadi tambahan wawasan atau ilmu pengetahuan bagi siapa saja yang membacanya. Tentunya ada kekurangan atau kelemahan dari buku yang kami susun, apabila ada masukan kami sangat mengharapkannya. Terima Kasih.

Dalam buku ini, berisikan tentang bagaimana cara mengelola suatu aset disertai dengan peraturan yang melandasi dari pelaksanaan pengelolaan aset tersebut.

Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro

Buku yang berjudul Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro berisi teori dasar ekonomi mikro. Buku ini disusun agar mahasiswa lebih mudah dalam mempelajari mata kuliah Ekonomi Mikro. Mata kuliah ini adalah mata kuliah dasar yang diajarkan pada semester pertama sehingga tidak memiliki prasyarat khusus. Buku ini terdiri dari 15 bab yang membahas topik-topik dasar ekonomi mikro secara komprehensif. Selain itu, buku ini dimulai dari konsep dasar teori ekonomi, penjelasan ilmu ekonomi dari sisi konsumen, penjelasan ilmu ekonomi dari sisi produsen serta konsep ekonomi kesejahteraan.

Buku yang berjudul Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro berisi teori dasar ekonomi mikro.

Pengantar Pelaporan Korporat Kontemporer

Pelaporan korporasi terus berkembang mengikuti perkembangan bisnis. Pelaporan yang baik adalah pelaporan yang mengungkapkan informasi kinerja perusahaan secara holistik dan komprehensif. Pelaporan korporasi yang baik akan dapat membantu peningkatan pemahaman dari investor dan kreditor terhadap nilai dan reputasi perusahaan. Pelaporan korporasi saat ini terbagi menjadi pelaporan keuangan dan pelaporan non-keuangan. Pelaporan keuangan saat ini di Indonesia mengacu pada International Financial Reporting Standards (IFRS). Saat ini tren pelaporan keuangan adalah lebih berfokus pada peningkatan aspek pengungkapan informasi dalam laporan keuangan sehingga mampu mengomunikasikan informasi kinerja dan kondisi perusahaan dengan lebih baik. Arah dan fokus pelaporan keuangan ini selaras dengan pelaporan non-keuangan, di mana pelaporan non-keuangan mengeksplorasi isu pengungkapan terkait dengan 3 bidang, yaitu Environmental, Social, and Governance (ESG). Pada intinya semua pelaporan korporasi diarahkan untuk menciptakan nilai bagi perusahaan (corporate value). Buku ini merupakan referensi bagi para pimpinan perusahaan, eksekutif, akademisi, maupun pemerhati dan pengamat pelaporan korporasi di Indonesia. Dikemas dalam 7 bab dan lebih bersifat memperkenalkan berbagai macam perkembangan pelaporan korporat di dunia, diharapkan dengan buku ini, para pembaca dapat mengetahui tren pelaporan korporat dan dapat lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi implementasi pelaporan korporasi di Indonesia. Buku ini dapat digunakan di semua jenjang strata pendidikan D-3, D-4, S-1, S-2, dan S-3 oleh mahasiwa, dosen, dan juga periset terutama pada bidang ilmu akuntansi dan juga manajemen bisnis. Buku ini dapat menjadi buku pegangan untuk mata kuliah pelaporan korporat, akuntansi sosial, topik khusus akuntansi, atau seminar ilmu akuntansi atau seminar akuntansi kontemporer. Buku ini juga dapat menjadi buku referensi bagi para periset yang berminat untuk melakukan riset- riset terkait dengan pelaporan korporasi. Buku persembahan Penerbit PrenadaMediaGroup

Pelaporan korporasi terus berkembang mengikuti perkembangan bisnis.

Pemasaran Jasa: Pengertian Dan Perkembangan

Persaingan pada era globalisasi saat ini semakin ketat dan membuka peluang sekaligus tantangan dalam dunia bisnis. Perusahaan berlomba-lomba untuk mencapai keberhasilan, dimana itu adalah tujuan utama suatu perusahaan. Perubahan dan inovasi dalam suatu perusahaan kemudian menjadi suatu kebutuhan yang absolut untuk menciptakan penampilan yang terbaik saat ini, yang mana banyak perkembangan dan perubahan dari sisi eksternal maupun internal. Lebih lanjut dalam dunia bisnis yang semakin berkembang dan saling bersaing (baca: hyper competitive) dalam sisi pemasaran suatu barang atau jasa perusahaan kepada konsumen, suatu entitas bisnis dituntut untuk tidak hanya sekedar melengkapi kebutuhan costumer tapi juga dituntut untuk memuaskan mereka.

Persaingan pada era globalisasi saat ini semakin ketat dan membuka peluang sekaligus tantangan dalam dunia bisnis.