Sebanyak 330 item atau buku ditemukan

Konservasi Sumber Daya Manusia dalam Ekosistem Pendidikan Islam

Upaya pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat dilakukan melalui berbagai jalur, diantaranya melalui pendidikan. Pendidikan ini merupakan jalur pen-ingkatan kualitas sumber daya manusia yang lebih menekankan pada pembentukan kualitas dasar, misalnya keimanan dan ketakwaan, kepribadian, kecerdasan, kedisiplinan, kreativitas dan sebagainya. Dalam pengembangan SDM, pendidikan memiliki nilai strategis dan mempunyai peran penting sebagai suatu investasi di masa depan. Karena secara teoretis, pendidikan adalah dasar dari pertumbuhan ekonomi, dasar dari perkembangan sains dan teknologi, mengurangi kemiskinan dan ketimpangan dalam pendapatan, dan peningkatan kualitas peradaban manusia pada umumnya. Nilai strategis pendidikan yang makro ini, menyim-pulkan bahwa pendidikan menyimpan kekuatan luar biasa un-tuk menciptakan keseluruhan aspek lingkungan hidup dan da-pat memberikan informasi paling berharga mengenai pegangan hidup di masa depan serta membantu anak didik mempersiap-kan kebutuhan hidup yang esensial untuk menghadapi peru-bahan. Ditinjau dari sisi sejarah, para ilmuan muslim adalah orang-orang yang memiliki komitmen terhadap Islam yang tinggi, karena dalam perjalanan keilmuannya, sisi keduniaan dan keagamaan tetap berjalan seiring dan institusi pendidikan tidak memisahkan kedua sisi tersebut. Tokoh-tokoh dan para ilmuan tersebut memiliki dedikasi yang tinggi terhadap keilmuannya di samping fungsinya sebagai ulama dan mereka tidak menjadikan pendidikan keagamaan sebagai ajang mencari nafkah. Pendidikan keagamaan pada awalnya dianggap sebagai kebutuhan mutlak disamping harus mempelajari bidang keduniaan untuk bekal hidup. Hal ini memang merupakan tujuan pendidikan Islam dalam rangka meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia. Buku Konservasi Sumber Daya Manusia dalam Ekosistem Pendidikan Islam ini terdiri dari delapan Bab, yang mengungkap secara mendalam mengenai upaya-upaya me-ngembangkan Sumber Daya Manusia dalam perspektif Pendi-dikan Islam dengan segala dimensinya. Bab I Pendidikan Islam dalam Dinamika Modernisasi dan Globalisasi, Bab II Pendidikan Islam dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia, Bab III Manusia Sebagai Dimensi Pendidikan Islam dalam Perspektif Al-Quran, Bab IV Implementasi Nilai-nilai Iman dan Taqwa dalam Pendidikan Islam, Bab V Implementasi Nilai-nilai Akidah (Tauhid) dalam Perspektif Pendidikan Is-lam, Bab VI Dimensi Akhlak dalam Paradigma Pendidikan Islam, Bab VII Nilai-nilai Ibadah Salat 5 (Lima) Waktu Ditinjau dari Pendidikan Islam, dan Bab VIII Membangun SDM Per-caya Diri dalam Paradigma Pendidikan Islam.

Buku Konservasi Sumber Daya Manusia dalam Ekosistem Pendidikan Islam ini terdiri dari delapan Bab, yang mengungkap secara mendalam mengenai upaya-upaya me-ngembangkan Sumber Daya Manusia dalam perspektif Pendi-dikan Islam dengan segala ...

Pendidikan Agama Islam

Agama adalah suatu kategori sosial, bahwa agama mempunyai dimensi empiris, sebab fenomena yang mempunyai dua ciri tersebut diatas (fenomena Agama) mengandung aspek sosiologis agama itu ditampilkan dalam sorotan metodologis agama itu ditampilkan dalam sorotan metodologis. [Penerbit Deepublish, Deepublish, Agama, Drs. H. Muslimin, SKM., M.M.Kes.]

Buku Pendidikan Agama Islam ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya. [Penerbit Deepublish, Deepublish, Agama, Drs. H. Muslimin, SKM., M.M.Kes.]

Pendidikan Kewarganegaraan & Pendidikan Anti Korupsi

Buku Pendidikan Kewarganegaraan & Pendidikan Anti Korupsi hadir untuk melengkapi pembelajaran dalam mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Anti Korupsi Buku secara garis besar, buku ini berisi tentang Pendidikan Wawasan Kebangsaan, Demokrasi, Hukum, Multikultural, dan Kewarganegaraan Dan Pendidikan

Buku Pendidikan Kewarganegaraan & Pendidikan Anti Korupsi hadir untuk melengkapi pembelajaran dalam mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Anti Korupsi Buku secara garis besar, buku ini berisi tentang Pendidikan Wawasan ...

Pembelajaran Terpadu Untuk Taman Kanak-Kanak

Buku ini berisi pembahasan mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan pembelajaran tematik/terpadu pada lembaga pendidikan anak usia dini khususnya taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan profesionalisasi tenaga kependidikan/guru, maka buku ini kami susun sejalan dengan upaya pemerintah tersebut khususnya bagi guru taman kanak-kanak yang secara resmi harus menggunakan Kurikulum Tahun 2013 (K-13) melalui pendekatan pembelajaran saintifik serta melakukan penilaian autentik. Kegiatan guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, agar senantiasa dapat meningkatkan kualitas kinerjanya sesuai dengan amanat Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 tentang Pengesahan Kurikulum Tahun 2013 serta Permendikbud Nomor 160 Tahun 2015 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2013. Dalam upaya mengembangkan profesinya, guru harus mampu melakukan kegiatan pembelajaran di kelas dengan menggunakan pendekatan saintifik serta penilaian autentik. Untuk itu, mahasiswa Prodi PG PAUD dan PGSD khususnya serta mahasiswa Program Studi lain yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada umumnya harus mampu melaksanakan pembelajaran dengan berpegang pada Kurikulum Tahun 2013 melalui pendekatan saintifik serta dengan penilaian autentik. Buku ini terdiri dari VII bab. Bab I memuat Konsep Dasar Pembelajaran Terpadu, Bab II memuat Pendekatan Pembelajaran Terpadu, Bab III memuat tentang Model-model Pembelajaran Terpadu, Bab IV memuat tentang Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu, Bab V memuat tentang Model Perencanaan Pembelajaran Terpadu, Bab VI memuat tentang Pelaksanaan Penilaian Autentik untuk Mengukur Perkembangan Peserta Didik, dan Bab VII memuat tentang Administrasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini berisi pembahasan mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan pembelajaran tematik/terpadu pada lembaga pendidikan anak usia dini khususnya taman kanak-kanak dan sekolah dasar.

Manajemen Pendidikan

Peran Pendidikan dalam Menanamkan Budaya Inovatif dan Kompetitif

Judul buku ini dipilih sebagai wujud perhatian penulis atas persoalan manajemen pendidikan sebagai komponen penting dalam membangun sumber daya manusia Indonesia. Budaya inovatif dan kompetitif yang menjadi syarat manusia Indonesia berdaya saing belum menjadi instrumen penting dalam pengelolaan pendidikan. Buku ini hadir dalam upaya memberikan gambaran komprehensif mengenai peran pendidikan dalam menanamkan budaya inovatif dan kompetitif sebagai modal pelaksanaan pembangunan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang menjadi tujuan nasional.

Judul buku ini dipilih sebagai wujud perhatian penulis atas persoalan manajemen pendidikan sebagai komponen penting dalam membangun sumber daya manusia Indonesia.

MANAJEMEN PENDIDIKAN

buku ini patut untuk dimiliki sebagai referensi. Materi yang disajikan dalam buku ini sangat lengkap dan lugas, di antaranya mengenai: • Konsep Dasar Manajemen Pendidikan • Paradigma Baru Manajemen Pendidikan • Kepemimpinan dalam Manajemen • Manajemen Berbasis Sekolah • Manajemen Pendidikan di Era Reformasi • Konsep Dasar Manajemen dan Supervisi Pendidikan • Bidang Garapan Manajemen Pendidikan • Manajemen Kurikulum • Manajemoni., en an Manajemen Konflik •

Materi yang disajikan dalam buku ini sangat lengkap dan lugas, di antaranya mengenai: • Konsep Dasar Manajemen Pendidikan • Paradigma Baru Manajemen Pendidikan • Kepemimpinan dalam Manajemen • Manajemen Berbasis Sekolah • ...

bahan Ajar Sistem Informasi Manajemen

Informasi sudah semakin mudah diperoleh, sudah semakin bervariasi bentuknya dan semakin banyak pula kegunaannya oleh karena itu adanya pengaruh globalisasi, yaitu memudarnya batas-batas Negara dalam kepentingan bisnis, pemerintah dan masyarakat. Pada masa lalu, siaran televisi dan siaran radio hanya ditujukan untuk satu wilayah atau satu nagara saja, sampai sekarang tidak ada yang mencegah hal itu.

Buku Bahan ajar sistem informasi manajemen ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Tafsir Ahkam

Ayat-ayat Ibadah

Betapa pun awamnya seorang Muslim, niscaya mereka tahu dan memang selayaknya mengetahui bahwa al-Qur’an al-Karim merupakan sumber utama dan pertama bagi agama Islam. Secara garis besar, al-Qur’an berisikan tentang akidah (keimanan), akhlak, janji baik dan ancaman buruk (wa‘ad dan wa‘îd), kisah dan sejarah, syariah (hukum), ilmu pengetahuan dan teknologi, dan lain-lain. Ayat-ayat yang berisikan mengenai hukum disebut dengan ayat-ayat ahkâm. Dalam buku Tafsir Ahkam ini dibahas mengenai hukum-hukum ibadah yang diambil dari surah-surah dalam al-Qur’an. Hukum dari ayat-ayat Thaharah diambil dari Surah al-Mâ’idah [5] ayat 6 dan Surah an-Nisâ’ [4] ayat 43; ayat-ayat Shalat yang diambil dari Surah al-Baqarah [2] ayat 43-46, al-Hajj [22] ayat 77, dan al-Isrâ’ [17] ayat 78; ayat-ayat Zakat dari Surah al-Baqarah [2] ayat 276, dan at-Taubah [9] ayat 60; ayat-ayat Puasa dari Surah al-Baqarah [2] ayat 185; dan ayat-ayat Haji dari Surah al-Baqarah [2] ayat 196-197, Surah Âli ‘Imrân [3] ayat 96-97, dan Surah al-Hajj [22] ayat 27-29. Sistem penulisan Tafsir Ahkam ini disusun dengan urutan yang dapat mempermudah pembaca. Sistematikanya terdiri dari ayat yang bersangkutan dan terjemahan, tafsir mufradat, makna global, sabab nuzul, penjelasan, dan istinbath. Insya Allah buku ini dapat mengisi kekosongan tafsir ahkam berbahasa Indonesia yang masih langka dan sekaligus menambah khazanah ilmu-ilmu keislaman di Indonesia.

Ayat-ayat yang berisikan mengenai hukum disebut dengan ayat-ayat ahkâm. Dalam buku Tafsir Ahkam ini dibahas mengenai hukum-hukum ibadah yang diambil dari surah-surah dalam al-Qur’an.

MANAJEMEN KEUANGAN

Buku Manajemen Keuangan ini merupakan salah satu media penting yang perlu diketahui oleh para pembaca yang ingin mengenal pengelolaan keuangan. Pengelolaan keuangan mutlak dilakukan agar suatu kegiatan dapat dijalankan dan berhasil dengan baik. Dalam setiap kegiatan, pimpinan selalu berhadapan dengan berbagai masalah yang timbul dalam menjalankan tugasnya. Untuk menjalankan tugasnya ini, masalah keuangan tidak dapat diabaikan, tetapi harus mendapatkan perhatian yang cukup serius. Manajemen keuangan merupakan pegangan terbaik untuk mengetahui secara teori tentang keuangan dan dapat diaplikasikan dalam melaksanakan tugas-tugas kegiatan tersebut. Dalam buku ini ditunjukkan setiap kegiatan yang menggunakan keuangan. Buku ini juga membahas secara jelas dan menambahkan contoh-contoh dan penyelesaiannya agar pengelola keuangan dapat mempraktikkannya dalam kegiatan sehari-hari. Begitu pula dalam proses belajar mengajar, berdasarkan pengalaman penulis dalam memberikan pelajaran manajemen keuangan, buku Manajemen Keuangan ini merupakan salah satu bahan kuliah untuk kelancaran mahasiswa dalam menyelesaikan studinya, baik program strata satu (S1) maupun program strata dua (S2). Buku ini dilengkapi bahan latihan mahasiswa dengan soal dan latihan pada setiap akhir bab. Di samping itu, bagi para pengajar manajemen keuangan, buku ini dapat menjadi salah satu pegangan bahan acuan dalam memberikan ilmunya. Buku ini disajikan untuk pengelolaan keuangan, baik jangka pendek, antara lain sepertimanajemen kas, manajemen piutang, manajemen persediaan; juga untuk keputusan pendanaan jangka menengah, antara lain seperti leasing; maupun keputusan jangka panjang, antara lain sepertimelakukan investasi, longterm fi nancing decisions, merger, dan acquisition, reorganisasi, dan manajemen keuangan internasional. Di samping itu, dilengkapi pula dengan ringkasan pada setiap akhir bab.

Buku Manajemen Keuangan ini merupakan salah satu media penting yang perlu diketahui oleh para pembaca yang ingin mengenal pengelolaan keuangan.