Sebanyak 655 item atau buku ditemukan

30 Hari Pintar Membaca & Menulis Al-Qur'an

30 Wntar Membaca & MenuAs Ai-Quran Mengajarkan anak-anak membaca dan menulis Al-Qur'an merupakan tanggung jawab orangtua. Hambatan dan kesulitan pun sering ditemukan. Buku "30 Hari Pintar Membaca dan Menulis Al-Qur'an untuk Anak" ini ...

Sosiologi Pendidikan

Dari Masyarakat Hingga Ketidaksetaraan Gender dalam Pendidikan

Buku yang berada di tangan pembaca ini berisi beragam alur pikir penulis yang ditorehkannya dengan melihat masih kurangnya buku referensi pendukung tentang Sosiologi Pendidikan karena kondisi lingkungan yang memantiknya, yang mengharuskan penulis membaginya kepada pembaca. Pembaca bisa memanfaatkannya sebagai catatan dalam esai, gagasan, opini atau tugas matakuliah, yang intinya bebas memanfaatkannya. Sosiologi Pendidikan dalam konteks pencerdasan anak bangsa, maka lembaga pendidikan (keluarga, Lembaga pendidikan dan masyarakat) memiliki peranan yang sangat strategis yang akan menjadi pusat-pusat kegiatan penyelenggaraan pendidikan sebagai wadah dan potensi mahasiswa dan dosen mengembangkan potensinya sebagai makhluk individu, sosial, dan religius. Dengan memperhatikan bahwa pertolongan dari orang yang telah dewasa, harus ada dan anak harus dapat berkembang secara bebas, tetapi terarah. Pendidikan harus dapat memberikan motivasi dalam mengaktifkan anak.

Dari Masyarakat Hingga Ketidaksetaraan Gender dalam Pendidikan Dr. Nuraedah, S.Pd, M.Pd. seperti tujuan pendidikan, kurikulum, strategi belajar, sarana belajar, dan sebagainya. sosiologi pendidikan sebagai suatu analisis ilmiah atas ...

Teknologi Pendidikan

Buku ini membahas tentang: 1. KONSEP TEKNOLOGI PENDIDIKAN 2. PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN 3. PENERAPAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN 4. TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DAN PERGURUAN TINGGI 5. TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN TERBUKA DAN JARAK JAUH 6. BLENDED LEARNING ( PEMBELAJARAN KOMBINASI) 7. PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENDIDIKAN 8. PELUANG DAN KEPROFESIAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN

pendidikan secara integratif, yaitu secara rasional berkembang dan berintegrasi dalam berbagai kegiatan pendidikan. Dari berbagai definisi dari teknologi pendidikan dapat disimpulkan bahwa, peluang teknologi pendidikan merupakan suatu ...

Kurikulum Pendidikan

Konsep Dasar, Landasan,Komponen, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi dan Dinamika Perkembangannya di Indonesia

Penulisan buku ini terinspirasi dari semakin mendesaknya kebutuhan akan pemahaman komprehensif insan pendidikan pada semua level pendidikan tentang kurikulum di tengah dinamika dan perubahan yang tiada hentinya terjadi. Untuk konteks Indonesia, perubahan kurikulum pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, serta jenjang pendidikan tinggi merupakan suatu keniscayaan. Pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, kemendikbudristek sedang mengimplementasikan kurikulum baru yakni Kurikulum Merdeka; sedangkan pada jenjang pendidikan tinggi, insan pendidikan sedang disibukkan dengan penerapan kurikulum dengan nama Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Penerapan kurikulum baru idealnya mengandaikan pemahaman stakeholder dari semua lapisan terhadap kajian paling dasar dan pokok tentang kurikulum. Kehadiran buku ini diharapkan dapat memberikan kesegaran bagi insan pendidikan di tengah hiruk pikuk perubahan yang tak terelakkan. Insan pendidikan kiranya dihantar untuk memahami lebih dalam tentang kurikulum dan akhirnya memiliki kecakapan yang memadai dalam mengimplementasikan kurikulum baru yang sedang diterapkan. Buku ini disusun menurut sistematika sebagai berikut: Bab I membahas tentang konsep dasar kurikulum dan ruang lingkupnya; Bab II membahas tentang landasan-landasan kurikulum; Bab III membahas tentang komponen kurikulum; Bab IV menelusuri tentang pengembangan kurikulum; Bab V berisi tentang implementasi kurikulum; Bab VI membahas tentang evaluasi kurikulum; dan akhirnya, bab VII membahas tentang dinamika perkembangan kurikulum di Indonesia.

Penulisan buku ini terinspirasi dari semakin mendesaknya kebutuhan akan pemahaman komprehensif insan pendidikan pada semua level pendidikan tentang kurikulum di tengah dinamika dan perubahan yang tiada hentinya terjadi.

Islamic Quality Education Management

Permasalahan utama pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, mulai pendidikan dasar dan menengah, demikian pula pada taraf pendidikan tinggi. Untuk itu perlu dilakukan upaya agar dapat menyelenggarakan pendidikan bermutu, efektif, dan komprehensif sehingga dapat menghasilkan output atau SDM yang juga bermutu dan berdaya saing tinggi sesuai kebutuhan. Secara internal, sekolah memiliki perangkat, yaitu: guru, murid, kurikulum, sarana, dan prasarana. Dan secara eskternal sekolah memiliki dan akan selalu berhubungan dengan instansi lain baik secara vertikal maupun horizontal. Hendaknya diketahui bahwa dalam konteks pendidikan, sekolah memiliki stakeholder, seperti murid, guru, masyarakat, pemerintah, dan dunia usaha. Oleh karena itu sekolah perlu dikelola secara profesional, sehingga dapat menghasilkan SDM yang bermutu, sesuai tuntutan dan kebutuhan semua pihak yang berkepentingan. Untuk itu, dalam memandang, memperbaiki, dan menyelesaikan permasalahan pendidikan, harus dimulai dari visi, kurikulum, mutu pengajar, sarana dan prasarana, hingga peserta didik. Melalui buku Islamic Quality Education Management ini penulis memberikan solusi bagaimana caranya mengelola pendidikan bermutu, sehingga dapat melahirkan insan bermutu sesuai tuntutan stakeholder, agama, dan akhirnya dapat berfaedah bagi masyarakat, nusa, dan bangsa.

Dengan e-learning, kita tidak hanya memperkenalkan teknologi baru untuk pembelajaran, tetapi kita juga memperkenalkan cara baru untuk berpikir tentang pembelajaran. Banyak usaha pada penggunaan teknologi untuk pembelajaran tidak dapat ...

Stereotip dan Prasangka dalam Komunikasi Antarbudaya Muslim Pribumi dan Etnis Cina

Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai etnis, sehingga disebut sebagai masyarakat majemuk (plural society). Kemajemukan tentu saja merupakan nilai positif, dengan kemajemukan komponen masyarakat Indonesia dapat menghimpun dan mengembangkan berbagai potensi bangsa. Berbagai budaya yang ada di tanah air misalnya; merupakan kekayaan yang tiada tara dan harus disyukuri. Namun di sisi lain keberagaman tradisi dan agama mudah sekali menimbulkan gesekan antar berbagai kelompok etnis. Masing-masing etnis memiliki karakter yang berbeda, sehingga tidak menutup kemungkinan terjadinya kesalahpahaman antaretnis. Dengan beragamnya etnis dan kebudayaan yang ada merupakan masalah dalam komunikasi antarbudaya. Perbedaan nilai-nilai, norma-norma dan persepsi dari masing-masing etnis yaitu dalam bentuk stereotip dan prasangka seringkali menyebabkan adanya kesalahpahaman dalam berkomunikasi.

Dalam perspektif Islam, komunikasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia karena segala gerak langkah kita selalu disertai dengan komunikasi. Anugrah yang diberikan Allah Swt kepada manusia melalui akal dalam ...

Komunikasi Anak Muda untuk Perubahan Sosial

Komunikasi Anak Muda untuk Perubahan Sosial merupakan hasil dari Konferensi Nasional Komunikasi Humanis (KNKH) ke-4 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara pada November 2021. Tema pokok komunikasi anak muda dan relevansinya dengan perubahan sosial ditetapkan mengingat perkembangan teknologi, khususnya teknologi komunikasi, membuka peluang bagi anak muda untuk makin berperan di tengah-tengah masyarakat. Peran penting anak muda dalam perubahan sosial masyarakat terutama terwujud dalam proses perubahan dari masyarakat analog ke masyarakat digital. Dalam konteks ini, mengetahui karakter mereka dalam berkomunikasi menjadi kunci kesuksesan dalam membangun perubahan sosial secara keberlanjutan. Dalam buku ini, pengamatan dan refleksi ilmiah para dosen dan peneliti dari berbagai universitas dikategorikan dalam tiga gugus tema: • Anak Muda di Lorong Panjang Media Sosial • Anak Muda dan Media Komunikasi • Anak Muda dan Etika di Era Hibrida Media Buku ini memberikan manfaat bagi masyarakat sebagai masukan akademis dari bidang ilmu komunikasi bagi pengembangan generasi muda, khususnya dalam konteks perubahan sosial, dan dapat menjadi kajian penting bagi dosen, mahasiswa, peneliti, dan praktisi media.

dramaturgi dalam media sosial: Penggunaan Second Account di instagram pada Kalangan mahasiswa Forum studi islam (Fsi) universitas islam riau Marleni Rahayu1, Muh. Ar Imam Riauan2 1,2 Universitas Islam Riau Jalan Kaharudin Nasution, ...

KOMUNIKASI TERAPEUTIK BERNUANSA ISLAMI

Manusia adalah mahluk sosial yang selalu membutuhkan manusia lain dalam kehidupan sehari-hari. Untuk melangsungkan kehidupan, manusia akan selalu berhubungan dan berkomunikasi dengan sesamenya. Komunikasi memiliki peranan yang penting dalam kehidupan manusia, dimana fungsi komunikasi antara lain adalah untuk memupuk hubungan dan memperoleh kebahagiaan, melalui informasi yang disampaikan oleh orang yang terlibat dalam suatu proses komunikasi.

memiliki dan menjunjung tinggi nilai-nilai dan etika Islam dalam menyampaikan maupun menerima pesan, seperti ketika berpidato, berkhotbah, berceramah, menyiarkan berita, menulis, dan lain-lain. Pola penerapan yang berbeda pada tatanan ...

KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM DAKWAH KONTEKS INDONESIA

buku ini tidak hanya mengupas tentang komunikasi dakwah persuasif secara virtual di massa pandemi covid-19 saja tapi juga menyajikan komunikasi persuasif di era wali sanga. Pemilihan era wali sanga sebagai objek kajian pembanding dalam buku ini karena wali sanga hanya ada di Indonesia, sehingga harapannnya era wali sanga bisa mewakili kekhasan komunikasi dakwah di Indonesia. Sebelum mengupas tentang praktik pelaksanaan komunikasi dakwah persuasi di Indonesia yang di wakili dengan era wali sanga dan era virtual pada massa pandemi covid-19, buku ini terlebih dahulu mengurai konsep dasar terkait hakikat komunikasi persuasif berikut penerapan teoriteori komunikasi persuasif dalam konteks dakwah. Hal ini difungsikan agar pembaca memiliki konsep yang sama tentang komunikasi persuasif sehingga mudah dalam memahami uraian dibagian-bagian selanjutnya.

Sulthon (2003) menjelaskan bahwa dakwah meliputi tablig, penyiaran dan penerangan agama (Islam), dan semua usaha untuk merealisir ajaran Islam dalam segala aspek kehidupan manusia. Sedangkan AlWarisy (2009) menjelaskan bahwa, ...

Manajemen Portofolio dan Investasi

Portofolio investasi menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk menilai instrumen investasi yang investor miliki. Isinya berupa kumpulan saham, obligasi, reksa dana, dan instrumen keuangan lainnya. Sedangkan investasi pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, yakni penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Buku Manajemen Portofolio dan Investasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pilihan-pilihan investasi yang bisa dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kesejahteraan investor. Buku ini cukup berbeda dengan buku sejenis lainnya karena pembahasannya tidak terlalu teknis menjelaskan tentang pendekatan-pendekatan yang digunakan untuk analisis pilihan portofolio tetapi lebih mengedepankan kepada aspek pengenalan jenis-jenis investasi dan hal-hal penting yang perlu diperhatikan oleh investor terkait dengan setiap pilihan investasi yang ada. Disamping itu, buku ini juga membahas pilihan investasi online dan kekinian yang telah diminati investor lokal maupun internasional. Bahasan yang diuraikan dalam buku ini, antara lain: konsep dasar portofolio dan investasi, pasar modal syariah, pasar uang kontrak berjangka, surat berharga negara, pt kustodian sentral efek indonesia, biro administrasi efek, investasi valuta asing, investasi kripto , robo advisor, peer to peer lending dan investasi properti.

Buku Manajemen Portofolio dan Investasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pilihan-pilihan investasi yang bisa dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kesejahteraan investor.