Sebanyak 90 item atau buku ditemukan

Ikatan Filantropi yang Efektif Di Lembaga Zakat Perspektif Manajemen SDM

Judul : Ikatan Filantropi yang Efektif Di Lembaga Zakat Perspektif Manajemen SDM Penulis : Dr. H. Kuntarno Noor Aflah, MA. Ukuran : 15,5 cm x 23 cm Tebal : 152 Halaman No ISBN : 978-623-5314-93-8 Tahun Terbit : Juli 2022 Sinopsis Hubungan batiniyah antara amil satu dengan amil yang lainnya di lembaga zakat perlu terjalin dengan kuat dan efektif. Ikatan batin tersebut harus berlandaskan cinta kasih antar sesama, didorong oleh ego dan emosional yang kuat, didasari oleh kepercayaan, didukung oleh kerjasama, yang pada gilirannya berpotensi meningkatkan kinerja organisasi pengelola zakat. Seorang pimpinan di lembaga zakat harus memfasilitasi kegiatan berbagi pengetahuan di lembaga zakat. Amil didorong untuk saling berbagi ilmu tentang zis, melalui diskusi antar amil, kajian rutin, brain storming, ceramah dewan syariah dan training internal amil, diskusi untuk mendalami dan memahami regulasi zakat, belajar besama memahami akuntansi syariah, manajemen syariah, serta ekonomi syariah. Dengan begitu maka dapat menambah dan memperluas pengetahuan dan keahliannya sehingga amil semakin terampil serta kapasitasnya bertambah. Seorang manajer dapat menciptakan suasana silaturrahmi, koordinasi intensif para amil di bagiannya atau lintas bagian, meningkatkan dan menjaga minat belajar, saling terbuka bersedia memberikan data dan informasi yang diperlukan rekan kerja, mau berbagi pengalaman pribadinya sehingga tercipta suasana kerja yang dibangun berdasarkan nilai-nilai ibadah dan ketataan kepada Allah SWT. Jika hal demikian dilaksanakan dengan baik maka dapat terwujud efektivitas ikatan batiniyah sesama amil. Sehingga mereka tidak egois. Mereka memandang orang lain seperti dirinya sendiri, saling mencintai tanpa melihat jabatan atau posisinya, memiliki tujuan bersama untuk menegakkan syariat zakat, tidak mengharap imbalan atas apa yang diberikan. Dengan demikian aktivitas berbagi pengetahuan akan terus tercipta dengan lingkungan yang menyenangkan, bersahabat, tidak kaku, antar amil tercipta efektiktifitas hubungan batin. Buku ini merupakan hasil penelitian dalam rangka untuk mengembangkan ilmu pengetahuan serta praktik manajemen SDM, khususnya di lembaga zakat. Buku ini sangat tepat dijadikan rujukan bagi amil di lembaga zakat, pemerhati zakat, dosen, mahasiswa, dan masyarakat umum yang memiliki concern di bilang manajemen SDM dan pengelolaan dana zakat, infak, sedekah dan wakaf.

Menamatkan pendidikan dasar di SDN Kaliwungu 03 Kudus. Kemudian nyantri di Madrasah Qudsiyyah Kudus dari MI sd MA selama 10 tahun. Tamat MA tahun 1995. Melanjutkan studi sarjana dan magister di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (S1 ...

Sejarah Pendidikan Islam

Dalam sejarah perkembangannya, Islam terbukti telah memainkan peran penting dalam kebudayaan dan peradaban bangsa-bangsa di dunia. Khusus di bidang pendidikan dan pengajaran, tradisi dan kebudayaan Islam telah meletakkan visi dan misi, tujuan, kurikulum, kelembagaan, proses belajar mengajar, sarana dan prasarana, evaluasi, dan berbagai komponen pendidikan lainnya secara teratur dan terukur yang mentradisi. Berbagai nama kelembagaan pendidikan dan keagamaan seperti masjid, madrasah, dan majelis ilmu sudah ada sejak zaman Klasik Islam. Demikian pula dengan metode dan pendekatan belajar mengajar, seperti halaqah, munadzarah, dan mujadalah; termasuk pula istilah yang berkaitan dengan guru, seperti syekh, mursid, muallim, mudarris, dan ustadz; serta tradisi ilmiah seperti perjalanan menuntut ilmu, upaya penerjemahan, perpustakaan, menahkikkan, dan penerbitan buku merupakan warisan sejarah Islam sejak kehadiran pertamanya di Timur Tengah. Warisan sejarah Islam di bidang pendidikan ini bisa menjadi sumber inspirasi bagi perkembangan sistem pendidikan di Indonesia, baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang. Fakta-fakta sejarah Islam tentang pendidikan tersebut pada hakikatnya merupakan hasil ijtihad para pemikir dan ulama dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Buku Sejarah Pendidikan Islam ini hadir, antara lain untuk: (1) meningkatkan dan mengembangkan khazanah studi Islam di bidang Sejarah Pendidikan Islam; (2) membantu para mahasiswa, peneliti, dan pengajar memperoleh referensi akurat untuk tugas ilmiah dan akademik; dan (3) membangkitkan kesadaran masyarakat tentang perlunya mempelajari dan memahami sejarah untuk diambil pelajaran, hikmah, dan didikan yang terkandung di dalamnya. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #Kencana

Buku Sejarah Pendidikan Islam ini hadir, antara lain untuk: (1) meningkatkan dan mengembangkan khazanah studi Islam di bidang Sejarah Pendidikan Islam; (2) membantu para mahasiswa, peneliti, dan pengajar memperoleh referensi akurat untuk ...

EPISTEMOLOGI FIQIH NAWAZIL Metode Penyelesaian Problematika Kontemporer

EPISTEMOLOGI FIQIH NAWAZIL Metode Penyelesaian Problematika Kontemporer Penulis : Dr. Helmi Basri, Lc., MA. Editor: Dr. NURHADI, M.Sy., MH., M.Pd. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-294-898-3 Terbit : November 2020 www.guepedia.com Sinopsis : Pesatnya perkembangan zaman sebagai akibat dari berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan hal yang tidak dapat dibendung. Kemajuan tersebut berpengaruh besar dalam interaksi kehidupan umat manusia, bahkan hampir pada semua lini kehidupan, baik yang berhubungan dengan ibadah seperti shalat, zakat, haji dan lain sebagainya. Maupun yang terkait dengan muamalah seperti dalam transaksi ekonomi dan keuangan serta berbagai problematika hukum kontemporer yang disebabkan oleh kecanggihan teknologi tersebut. Perkembangan hukum yang terjadi tersebut menuntut adanya kecerdasan para fakar dan yurisprudensi Islam dalam menyikapi peristiwa apapun yang terjadi dalam setiap ruang dan waktu, dan solusi yang ditawarkan haruslah selalu mengacu kepada legalitas formal syariat Islam dengan memadu antara orisinalitas dengan modernitas. Artinya setiap nawazil yang terjadi harus memiliki ruang untuk disoroti secara syar`i tanpa mengabaikan hal yang bersifat prinsip dalam syariat itu sendiri.Oleh karenanya memiliki konsep utuh dalam fiqih nawazil merupakan tuntutan zaman dan kebutuhan masyarakat Islam saat ini mengingat kemajuan dan perkembangan zaman yang begitu pesat yang semuanya memiliki andil tersendiri dalammenghadirkan berbagai masalah baru dalam kehidupan. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

... mencuri, dan lain sebaginya yang berlandaskan kepada kepada ayat-ayat Al- Quran yang memang qath`i maka hukumnya adalah ... dan juga tidak ada pahala bagi mengerjakan, seperti makan dan minum, membaca majalah dan lain sebagainya.

Pengembangan Manajemen Sekolah Terintegrasi Berbasis Sistem Informasi

Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan. Selain itu pendidikan memegang peranan yang sangat penting di dalam meningkatkan sumber daya manusia yang handal. Rendahnya kualitas pendidikan menjadi penyebab dari krisisnya sumber daya manusia. Setiap manusia Indonesia berhak mendapatkannya dan diharapkan untuk selalu berkembang didalamnya, pendidikan tidak akan ada habisnya. Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan. Sehingga menjadi seorang yang terdidik itu sangat penting. Kita dididik menjadi orang yang berguna baik bagi Negara, Nusa dan Bangsa.

Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan.

Gerakan Dakwah Muhammadiyah dan Pemberdayaan Sosial Ekonomi

Buku karya bapak Dr. Anas Habibi Ritonga, MA. ini mengusung tema tentang dakwah yang dilakukan oleh Muhammadiyah dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat. Lebih dikhususkan lagi dengan menyoroti kebutuhan anak-anak yatim piatu. Kira-kira apa saja yang dibahas dalam buku setebal 200+ halaman ini? Selamat Membaca! #agreemediapublishing #bukuagree #penerbitmetro #penerbitlampung #penerbitjogja #penerbitbekasi #penerbitbuku #penerbitmajalah #disertasijadibuku #dosenmenulis

... Paryanto, Format Theologi, Gerakan Dakwah Muhammadiyah dan Transformasinya Untuk Reformasi Sosial 1912-1914, (Yogyakarta: Fakultas Da'wah Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga, 1999) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung, ...

PENDIDIKAN BERBASIS AL-QUR’AN

Pendidikan berbasis Al-Qur'an adalah sarana perekayasaan sosial bagi umat Islam yang berdasarkan Al-Qur'an dan Al-Sunnah untuk menuju kesempurnaan hidup manusia hingga mencapai Insan kamil, yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah (taqarrub) dan meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelak. Pencapaian kesempurnaan hidup melalui proses pendidikan itu juga merupakan tujuan dari Pendidikan Islam itu sendiri. Materi Pendidikan berbasis Al-Qur'an berisikan tentang berbagai macam ilmu pengetahuan sebagai sarana yang menghubungkan hamba dengan Tuhan-Nya, dengan itu ia mendekatkan diri secara kualitatif kepada-Nya, sehingga manusia dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelak. Namun yang menjadi prioritas materi yang terpenting dari pendidikan berbasis Al-Qur'an itu adalah bidang akhlak. Karena dengan memiliki akhlak yang mulia, semua orang bisa bertanggung jawab dalam hidupnya. Pendidikan berbasis Al-Qur'an tidak hanya ditafsirkan sebagai kegiatan atau cara untuk mengajar anak didik saja, namun lebih dari itu. Yang dimaksudkan dengan metode pendidikan adalah juga menjadikan guru (al-mu'allim) sebagai figur sentral untuk dapat dijadikan teladan bagi anak didiknya. Bahkan Imam Al-Ghazali mengemukakan bahwa metode pendidikan adalah sejenis pendidikan guru atau pelatihan guru (teacher education or trainning). Jadi, dapat dipahami bahwa metode pendidikan tidak hanya dipahami sebagai suatu cara dalam mengajar tetapi jauh dari itu yaitu usaha membina dan melatih guru sebagai figur sentral bagi anak didiknya agar menjadi teladan yang baik. Proses pengembangan pendidikan berbasis Al-Qur'an berdasarkan gambaran konsep hakikat manusia dalam Al-Qur'an yang meliputi aspek tujuan, kurikulum, metodologi, dan evaluasi pendidikan, pada dasarnya dipahami sebagai sebuah ikhtiar untuk mengembangkan seluruh wujud eksistensi manusia dalam arti nilai totalitas, struktur, kedudukan, dan peran serta potensi-potensi yang dimilikinya. Oleh karena itu, konsep manusia dalam Al-Qur'an menjadi muatan yang perlu diperhitungkan dalam mengembangkan teori dan praktek pendidikan. Dengan adanya keterlibatan pandangan dasar Al-Qur'an tentang hakikat manusia ini, pengembangan pendidikan diharapkan bisa menyeluruh sesuai dengan gambaran hakikat manusia yang sebenarnya.

Pendidikan berbasis Al-Qur'an adalah sarana perekayasaan sosial bagi umat Islam yang berdasarkan Al-Qur'an dan Al-Sunnah untuk menuju kesempurnaan hidup manusia hingga mencapai Insan kamil, yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah ...