Sebanyak 53 item atau buku ditemukan

Strategi Pembelajaran Fiqih Kontemporer

Proses pembelajaran dalam mencapai tujuan kegiatan pembelajaran yang telah ditentukan. Dalam mengajar Pembelajaran Fiqih, seorang pendidik perlu menggunakan strategi pembelajaran untuk memudahkan dalam menyampaikan suatu materi Pembelajaran Fiqih pada peserta didik, sehingga peserta didik dapat dengan mudah mencerna dan memahami suatu materi pembelajaran dengan baik.

Proses pembelajaran dalam mencapai tujuan kegiatan pembelajaran yang telah ditentukan.

PERBAIKAN MANAJEMEN USAHA DAN PENINGKATAN DAYA SAING KELOMPOK UKM RUMAH TAJUNG ANTIQ (RTA) PENGHASIL KAIN TENUN TAJUNG DAN BLONGSONG KHAS PALEMBANG DALAM MENGHADAPI ERA NEW NORMAL

Buku “Perbaikan Manajemen Usaha dan Peningkatan Daya Saing Kelompok UKM Rumah Tajung Antiq (RTA) Penghasil Kain Tenun Tajung dan Blongsong Khas Palembang dalam Menghadapi Era New Normal” adalah luaran dari Program Pemberdayaan Masyarakat Skema UKM Indonesia Bangkit Kementerian Riset dan Teknologi/Brin Tahun Anggaran 2020. Dibiayai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Kemeterian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi/Badan Riset dan Inovasi Nasional sesuai dengan Kontrak Program Pengabdian kepada Masyarakat Skema Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia Bangkit dan Penerapan Teknologi Tepat Guna kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2020 Nomor: 166/SP2H/PPM/DRPM/2020. Buku ini mendeskripsikan kegiatan pada Program UKM Indonesia Bangkit, dengan mitra UKM Rumah Tajung Antiq (RTA) yang berlokasi di Kelurahan Tuan Kentang, Kecamatan Jakabaring, Palembang. Berdasarkan permasalahan prioritas yang harus ditangani maka beberapa solusi Tim Pelaksana kepada mitra: 1. Meningkatkan kemampuan manajerial pelaku usaha/pemilik kelompok UKM RTA melalui pelatihan dan pendampingan dalam pengelolaan usaha mulai dari pengelolaan manajemen keuangan, manajemen produksi, dan manajemen pemasaran. 2. Meningkatkan manajemen usaha kelompok UKM RTA melalui pelatihan dan pendampingan pengelolaan SDM dan kewirausahaan agar menjadi sentra usaha yang berdaya saing. 3. Memperbaiki dan meningkatkan omset/penjualan produk-produk kain tenun UKM RTA melalui inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) yang mendukung Era Revolusi Industri 4.0, begitu juga pelatihan dan pendampingan pemanfaatan TTG tersebut. Adapun TTG yang diimplmentasikan yakni e-katalog RTA yang merupakan teknologi informasi berbasis database. Sistem e-katalog RTA merupakan kombinasi katalog dan e-commerce yang berbasis android dan website. Selain berfungsi sebagai katalog produk juga dapat melakukan transaksi penjualan secara online. Hasil dari kegiatan ini telah dapat: 1. Meningkatkan daya saing usaha mitra melalui kenaikan omset menjadi sebesar ±50%, 2. Besar penerapan IPTEK yang ditunjukkan melalui peningkatan penggunaan TTG yang ditransfer ke mitra minimal sebesar 80%, dan 3. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan manajemen usaha pada mitra minimal sebesar 80%.

Buku “Perbaikan Manajemen Usaha dan Peningkatan Daya Saing Kelompok UKM Rumah Tajung Antiq (RTA) Penghasil Kain Tenun Tajung dan Blongsong Khas Palembang dalam Menghadapi Era New Normal” adalah luaran dari Program Pemberdayaan ...

Bahasa Indonesia Akademik: Penulisan Laporan Ilmiah

Buku ini berjudul Bahasa Indonesia Akademik: Penulisan Laporan Ilmiah. Buku ini terdiri dari 10 bab yaitu: Bab 1 Konsep Dasar Bahasa Bab 2 Ejaan Dalam Karya Ilmiah Bab 3 Diksi Dalam Karya Ilmiah Bab 4 Penggunaan Kata dan Kalimat Bab 5 Penggunaan Huruf Bab 6 Penulisan Singkatan dan Akronim Bab 7 Penyusunan Paragraf Dalam Karya Ilmiah Bab 8 Pengembangan Paragraf Dalam Karya Ilmiah Bab 9 Abstrak dan Daftar Pustaka Bab 10 Penulisan Karya Ilmiah

Buku ini berjudul Bahasa Indonesia Akademik: Penulisan Laporan Ilmiah.

BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN LAINNYA

Bank dan lembaga keuangan lainnya memiliki peranan yang sangat penting dalam perekonomian suatu negara. Lembaga keuangan bank mendorong masyarakat untuk membuat simpanan atau tabungan dan kemudian tabungan yang dikumpulkan tersebut dipinjamkan kembali kepada individu-individu dan atau perusahaan-perusahaan yang membutuhkan. Bank menawarkan jasa-jasa bank lainnya untuk memudahkan dan melancarkan nasabah dalam setiap transaksi. Tujuan pemberian jasa-jasa bank lainnya adalah untuk mendukung dan memperlancar kegiatan menghimpun dana dan menyalurkan dana. Semakin lengkap jasa yang diberikan, maka semakin baik, dalam arti jika nasabah hendak melakukan suatu transaksi perbankan, cukup di satu bank saja. Demikian pula sebaliknya, jika jasa disuatu bank kurang lengkap, maka nasabah terpakasa untuk mencari bank lain yang menyediakan jasa yang mereka butuhkan. Di dalam buku ini dibahas mengenai materi yang mencakup konsep dasar mengenai bank dan lembaga keuangan secara lebih mendalam. Materi dalam buku ini disajikan secara singkat dan jelas agar pembaca baik itu mahasiwa, pengajar, maupun khalayak umum lebih mudah memahaminya. Buku ini tepat untuk dijadikan rujukan sebagai bahan ajar bagi mahasiswa yang berhubungan dengan mata kuliah manajemen keuangan

Bank dan lembaga keuangan lainnya memiliki peranan yang sangat penting dalam perekonomian suatu negara.

Belajar Bahasa Inggris dari Para Cendekiawan dan Profesional Sukses: Serangkaian Wawancara

Belajar Bahasa Inggris dari Para Cendekiawan dan Profesional Sukses: Serangkaian Wawancara PENULIS: Aziza Restu Febrianto Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-281-080-8 Terbit : Mei 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Buku ini disusun sebagai obat penasaran penulis: Bagaimana orang, tanpa memiliki latar belakang pendidikan atau pekerjaan dalam bidang Bahasa Inggris, linguistik atau komunikasi lainnya, mampu dengan lancar menguasai Bahasa Inggris, sehingga berhasil menempuh pendidikan dan karir yang cemerlang di luar negeri. Proses penyusunan buku ini melibatkan 10 pelajar S2 dan S3 Indonesia di luar negeri yang juga merupakan profesional sukses di bidangnya masing-masing. Penulis mewawancarai mereka satu persatu dan menuliskan cerita inspiratif mereka dalam buku ini. Dengan membacanya, pembaca akan mendapatkan tips dan strategi praktis menguasai Bahasa Inggris termasuk TOEFL dan IELTS berdasarkan pengalaman para responden. Selain pengalaman belajar yang dibagikan, responden juga memberikan usulan, gagasan, dan ide tentang pembelajaran Bahasa Inggris yang efektif di Indonesia. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Belajar Bahasa Inggris dari Para Cendekiawan dan Profesional Sukses: Serangkaian Wawancara PENULIS: Aziza Restu Febrianto Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-281-080-8 Terbit : Mei 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Buku ini disusun sebagai ...

Perilaku Konsumen di Era Digital

Beserta Studi Kasus

Sering terjadi, bahwa hasil observasi tidak dimanfaatkan dengan maksimal, sehingga masih ada kesenjangan antara apa yang diinginkan perusahaan dengan apa yang dibutuhkan oleh konsumen (Zyman, 2000). Sebuah survei online dilakukan oleh Kompas.com, yang menyatakan bahwa ada 5 tren konsumen terkait layanan digital sepanjang tahun 2015. Salah satunya, perkembangan teknologi digital yang terjadi saat ini memicu penduduk di seluruh dunia tanpa mengenal usia untuk saling terhubung satu dengan yang lain. Perkembangan ini memunculkan generasi baru yang diberi nama screenager. Screenager merupakan kelompok masyarakat yang memiliki beragam perangkat digital dan tidak pernah puas terhadap layanan digital tertentu. Masyarakat kelas menengah di Indonesia telah mencapai 74 juta orang dan jumlah ini akan semakin meningkat di tahun 2020 (Setiawan, 2016). Selain itu, 93% konsumen digital memiliki telepon genggam, yang 77% di antaranya sudah menggunakan ponsel pintar. Terkait hal itu, korelasinya adalah dengan meningkatnya jumlah pengguna teknologi dan layanan digital maka hal tersebut juga disertai perilaku konsumen yang menginginkan pengalaman digital yang lebih baik.

1.2.1 Konsumen Era Ekonomi Digital Pemikiran bahwa pemasar harus mempelajari dan mengenal konsumennya bukanlah hal baru. Memang pada hakikatnya, pemasar harus melihat dari sudut pandang konsumen. Konsumen pun bukanlah hanya satu mata ...

Pengembangan Model dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia

Metode yaitu cara yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki. Selain itu, juga didefanisikan sebagai cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan. Dalam pembelajaran bahasa indonesia metode diartikan sebagai sisitem perencanaan pembelajaran bahasa indonesia secara menyeluruh untuk memilih, mengorganisasikan, dan meyajikan materi pelajaran bahasa indonesia secara teratur. Metode bersifat prosedural artinya, penerapan pembelajaran bahasa Indonesia harus dikerjakan menurut langkah-langkah yang teratur, bertahap yakni mulai perencanaan pembelajaran, penyajian sampai dengan penilaian dan hasil belajar.

Metode yaitu cara yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki.

Sistem Informasi Bisnis

Pada bisnis dan organisasi bahwa peran teknologi dan sistem informasi sangatlah penting. Bahkan saat ini teknologi dan sistem informasi juga merupakan dua hal yang tidak dapat terpisahkan dalam dunia bisnis. Teknologi dan sistem informasi berperan sebagai alat bantu dalam pembuatan keputusan bisnis pada berbagai fungsi maupun peringkat manajerial. Manusia yang merupakan sebagai pengguna secara psikologi memiliki suatu perilaku tertentu yang melekat pada dirinya, sehingga aspek keperilakuan dalam konteks manusia sebagai pengguna teknologi informasi menjadi penting sebagai faktor penentu pada setiap orang yang menjalankan teknologi informasi. Buku ini membahas tentang : Bab 1 Tinjauan Umum Sistem Informasi Bisnis Bab 2 Struktur Sistem Informasi Bisnis Bab 3 Teknologi Informasi Dalam Bisnis Bab 4 Konsep Sistem Informasi dalam Bisnis Bab 5 Fundamental Sistem Informasi Bisnis Bab 6 Nilai Tambah Sistem Informasi Bisnis Bab 7 Workgroup Information System Bab 8 Membangun Workgroup Information System Bab 9 Enterprise Management Information System Bab 10 Arsitektur dan Komponen Enterprise Information System Bab 11 Implementasi Sistem Informasi Bisnis

Pada bisnis dan organisasi bahwa peran teknologi dan sistem informasi sangatlah penting. Bahkan saat ini teknologi dan sistem informasi juga merupakan dua hal yang tidak dapat terpisahkan dalam dunia bisnis.

Dasar-Dasar Analisis Laporan Keuangan

Buku dengan judul Dasar-dasar Analisis Laporan Keuangan merupakan buku pembelajaran, sumber refrensi dan pedoman belajar, buku ini mencakup tentang konsep dasar laporan keuangan; jenis dan komponen laporan keuangan; analisis laporan keuangan; analisis rasio; rasio likuiditas; rasio solvabilitas; rasio aktivitas; rasio profitabilitas; rasio keuangan bank; analisis sumber dan penggunaan modal kerja; analisis perkreditan; dan analisis laba kotor.

Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi: Edisi 4. BPFE. Sawir, A. (2009). Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. PT. Gramedia Pustaka Utama. Suwiknyo, D. (2016). Analisis Laporan Keuangan Perbankan Syariah.

Eksistensi BISNIS ISLAMI di era revolusi industri 4.0

Dalam beberapa dekade terakhir, bisnis Islami telah berkembang begitu pesat, bahkan telah berhasil menciptakan sejumlah peluang baru dan menarik perhatian sejumlah kalangan. Dimulai dari sektor Islamic Finance, sekarang bisnis Islami mulai bergeser ke sektor traveling, food, cosmetics, fashion, dan e-commerce. Tentu kondisi tersebut telah memantik optimisme bagi sejumlah kalangan terutama para pelaku usaha bisnis Islami, tak terkecuali para akademisi yang selama ini telah giat mengkampanyekan ekonomi dan bisnis syariah. Namun, di tengah optimisme tersebut muncul sebuah tantangan baru yang berasal dari perubahan zaman yang sedang beralih kepada penggunaan teknologi informasi sebagai primadona, termasuk di dalamnya pada sektor bisnis. Perubahan zaman tersebut dikenal dengan istilah Revolusi Industri 4.0. Konsep dari Revolusi Industri 4.0 didefiniskan sebagai perubahan yang revolusioner berbasiskan berbagai teknologi terkini. Revolusi ini ditandai dengan munculnya cyber-physical-system, Internet of Thing (IoT), Big Data, dan aneka layanan memanfaatkan teknologi informasi. Selain itu Revolusi Industri 4.0 dapat dikatakan sebagai perubahan revolusioner yang terjadi ketika Teknologi Informasi diterapkan pada semua Industri.

Dalam beberapa dekade terakhir, bisnis Islami telah berkembang begitu pesat, bahkan telah berhasil menciptakan sejumlah peluang baru dan menarik perhatian sejumlah kalangan.