Sebanyak 45 item atau buku ditemukan

Strategi Bisnis Pariwisata

Tujuan disusunnya buku ini adalah untuk memberikan nuansa baru ilmu pengetahuan, membantu para pembaca dari berbagai kalangan, akademisi maupun praktisi pendidikan dapat memahami seluk beluk Pariwisata yang dipengaruhi oleh peluang bisnis dan kewirausahaan, peluang pasar, perilaku konsumen, manajemen, strategi keunggulan bersaing dan faktor faktor lainnya. Buku ini berisi materi yang dapat digunakan baik oleh tenaga pengajar maupun mahasiswa, serta para pembaca umumnya untuk menambah wawasan berpikir dan ilmu yang berkenaan dengan Strategi Bisnis Pariwisata. Buku ini terdiri dari 11 Bab yang menguraikan tentang: Bab 1 Paradigma Pembangunan Pariwisata Bab 2 Pariwisata Kreatif Bab 3 Pariwisata Berkelanjutan Bab 4 Peluang Bisnis Pariwisata Bab 5 Peluang Pasar Pariwisata Bab 6 Wirausaha Di Bidang Pariwisata Bab 7 Wisata Halal Bab 8 Perilaku Konsumen Pariwisata (Consumer Behavior) Bab 9 Manajemen Event Bab 10 Bisnis MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exibition) Bab 11 Strategi Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Sektor Pariwisata

Buku ini berisi materi yang dapat digunakan baik oleh tenaga pengajar maupun mahasiswa, serta para pembaca umumnya untuk menambah wawasan berpikir dan ilmu yang berkenaan dengan Strategi Bisnis Pariwisata.

Konsep Dasar Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembangunan dan Pemberdayaan

Pemberdayaan masyarakat memiliki konsep dasar sebagai dasar dalam menjalankan pemberdayaan masyarakat. Istilah konsep merupakan generalisasi suatu gagasan atau gambaran mental yang dinyatakan sebagai simbol atau kata. Konsep dapat juga diasumsikan sebagai komponen dari pengetahuan yang dibangun dari berbagai macam karakteristik. Definisi konsep yaitu penyusun utama dalam filsafat pemikiran manusia dan pembentukan pengetahuan ilmiah. Istilah konsep berasal dari bahasa latin conceptum, yang artinya suatu yang telah dimengerti. Buku ini membahas tentang : Bab 1 Hakikat Pembangunan dan Pelaku Pembangunan Bab 2 Teori Pembangunan dan Strategi Pertumbuhan Bab 3 Paradigma Pembangunan dan Pemerataan Bab 4 Sumber Daya Pembangunan Bab 5 Pembangunan Berbasis Masyarakat Bab 6 Pembangunan Berbasis Kebudayaan, Kearifan lokal, dan Spiritual Bab 7 Konsep Dasar Pemberdayaan Masyarakat Bab 8 Pembangunan Berbasis Pemberdayaan Bab 9 Ruang Lingkup Pemberdayaan dan Partisipasi Masyarakat Bab 10 Tujuan dan Filosofis Pemberdayaan Masyarakat Bab 11 Komunikasi dan Pemberdayaan Masyarakat Bab 12 Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Bab 13 Model Luaran Pemberdayaan Masyarakat Bab 14 Partisipasi Masyarakat dalam Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Bab 15 Asset Based Community Driven Development (ABCD)

Pendidikan Formal yaitu berupa pendidikan pra sekolah seperti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), TK dan RA serta pendidikan keagamaan seperti Sekolah Minggu (SEKAMI) bagi yang beragama Katolik dan Daniah bagi yang beragama Islam 2.

Pendidikan Anti Korupsi: Berani Jujur

Korupsi telah menyusup di segala aspek kehidupan masyarakat sehingga hampir tidak ada ruang yang tidak terjamah korupsi. Korupsi tidak hanya merugikan keuangan dan perekonomian negara, tetapi juga telah melanggar hak-hak ekonomi dan sosial (economic and social rights) masyarakat secara luas yang akibatnya akan menggerus kemampuan dan kemapanan ekonomi suatu bangsa. Korupsi berkaitan dengan berbagai permasalahan, tidak hanya permasalahan hukum dan penegakannya, tetapi juga menyangkut masalah moral/sikap mental, masalah pola hidup serta budaya dan lingkungan sosial, masalah kebutuhan dan tuntutan ekonomi dan kesenjangan sosial, masalah struktur/ sistem ekonomi, masalah sistem budaya, masalah budaya politik, masalah mekanisme pembangunan dan lemahnya birokrasi (administrasi dan pengawasan) di bidang keuangan dan pelayanan publik. Buku ini membahas tentang: Bab 1 Pengertian, Ruang Lingkup, dan Sekilas Lintasan Sejarah Korupsi Bab 2 Jenis dan Bentuk Korupsi Bab 3 Dasar Hukum dan Lembaga Pemberantasan Korupsi Bab 4 Korupsi dalam Pandangan Islam Bab 5 Efek Krusial Perilaku Korupsi dan Langkah Serta Upaya Pencegahan Korupsi Bab 6 Otonomi Daerah dan Ancaman Korupsi serta Transparansi dan Good Governance Bab 7 Sistem Penegakan Hukum Terhadap Penyalahgunaan Kewenangan yang Dilakukan Penyelenggara Negara Bab 8 Hambatan dan Tantangan Pemberantasan Korupsi Bab 9 Membangun Kesadaran Perilaku Anti Korupsi Bab 10 Keluarga dan Sekolah Sebagai Pilar Pembudayaan Perilaku Anti Korupsi Bab 11 Pendidikan Agama Sebagai Proses Penguatan Mental Anti Korupsi

Korupsi telah menyusup di segala aspek kehidupan masyarakat sehingga hampir tidak ada ruang yang tidak terjamah korupsi.

Manajemen Inovasi

Dunia telah berubah, sedang berubah, dan akan terus berubah. Cara kita dalam melakukan bisnis hari ini tidak akan menjadi cara kita melakukannya di masa depan. Untuk itu, inovasi perlu dilakukan agar organisasi memiliki keunggulan kompetitif yang membuatnya lebih unggul daripada pesaingnya. Inovasi yang dilakukan perlu dikelola dengan baik agar memberikan hasil yang optimal. Di sinilah peran manajemen inovasi sangat diperlukan oleh organisasi. Buku ini terdiri dari 9 (sembilan) bab, yaitu: Bab 1 Konsep Inovasi dalam Organisasi Bisnis Bab 2 Inovasi pada Usaha Kecil Bab 3 Manajemen Inovasi di Organisasi Bab 4 Ruang Lingkup Manajemen Inovasi di Organisasi Bab 5 Karakteristik Organisasi yang Inovatif Bab 6 Tantangan Mengimplementasikan Inovasi Bab 7 Peluang Bisnis Berbasis Inovasi Bab 8 Inovasi pada Usaha Baru (Startup) Bab 9 Pengembangan Inovasi dalam Organisasi

Inovasi yang dilakukan perlu dikelola dengan baik agar memberikan hasil yang optimal. Di sinilah peran manajemen inovasi sangat diperlukan oleh organisasi.

Konsep E-Bisnis

Buku ini dirancang untuk menyoroti masalah utama yang memengaruhi bisnis yang telah mengadopsi internet sebagai alat perdagangan atau meningkatkan proses internal. Bisnis elektronik (e-business) adalah penggunaan internet untuk tujuan ini. Akibatnya, bisnis elektronik memiliki implikasi untuk berbagai masalah yang memengaruhi organisasi, termasuk adopsi teknologi, pilihan model bisnis, ekonomi, pemasaran, masalah hukum dan keamanan, manajemen dan strategi untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Buku ini menyoroti dan menjelaskan sifat dan karakteristik e-business dalam konteks masing-masing masalah utama ini. Struktur dan isi buku ini telah disusun untuk membantu mahasiswa sarjana dan pascasarjana yang baru mengenal subjek e-business memahami isu-isu utama baik dari perspektif teoritis dan praktis. Buku ini juga merupakan sumber panduan dan informasi yang berharga bagi praktisi yang mencari wawasan tentang e-business pada beberapa bab berikut ini : Bab 1 Konsep dan Definisi E-Business Bab 2 Komponen Dalam Model E-Bisnis Bab 3 Kontribusi Internet Pada E-Bisnis Bab 4 Aspek Legal Dalam E-Business Bab 5 Peranan Website dalam E-Business Bab 6 Model-Model E-Business Bab 7 Strategi Pemasaran Dalam E-Business Bab 8 Model-Model Transaksi Secara Online Bab 9 Kompetisi dalam E-Business Bab 10 Sistem Keamanan dalam E-Business Bab 11 Keuntungan Menggunakan E-Commerce Dalam Bisnis Bab 12 Customer Relationship Management (CRM) Bab 13 Supply Chain Management (SCM) Bab 14 Enterprise Resource Planning (ERP)

Apa yang membuat beberapa perusahaan sukses dalam era digital ekonomi? ... memahami bahwa rancangan bisnis saat ini tidak cukup untuk menghadapi tantangan ...

Dasar-Dasar Manajemen dan Bisnis

Bisnis bisa berjalan dengan baik karena di dalamnya ada sistem yang berjalan dengan baik. Umumnya sistem itu berhubungan dengan manajemen bisnis yang baik diikuti dengan inovasi yang terus dilakukan tanpa henti. Singkatnya manajemen bisnis harus ada dalam setiap usaha meski skalanya mikro sekali pun. Lebih detail buku ini membahas tentang : Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Bab 2 Manajemen, Manajer dan Kepemimpinan Bab 3 Perkembangan Konsep Manajemen Bab 4 Perencanaan Bab 5 Penetapan Tujuan Organisasi Bab 6 Pengambilan Keputusan Bab 7 Pengorganisasian Bab 8 Koordinasi dan Rentang Manajemen Bab 9 Pemotivasian dan Komunikasi dalam Organisasi: Suatu Tinjauan Literatur Bab 10 Standar Pengendalian dan Manajemen Modern Bab 11 Dasar-Dasar Bisnis Bab 12 Bisnis Internasional Bab 13 Peluang dan Tantangan Ekonomi Bisnis

Institusi pendukung yang lengkap, efektif, dan efisien berperan penting untuk memastikan stabilitas pengembangan perbankan syariah secara keseluruhan. Pada saat ini telah berdiri sejumlah lembaga yang berperan sebagai institusi ...

Pasar Uang dan Pasar Modal

Buku ini terdiri dari beberapa bahasan, mulai dari bahasan tentang pasar keuangan, dilanjutkan pembahasan tentang seluk beluk pasar uang, seluk beluk tentang pasar modal hingga manajemen portofolio dan teknik analisis penilaian investasi. Dengan bahasan yang cukup lengkap tersebut, kehadiran buku ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi bagi semua pihak yang memerlukannya. Secara lengkap buku ini membahas: Bab 1 Pasar Keuangan Bab 2 Pasar Uang Bab 3 Pasar Valuta Asing Bab 4 Pasar Perdana Bab 5 Pasar Modal Bab 6 Saham Bab 7 Obligasi Bab 8 Index Harga Saham Bab 9 Kebijakan Dividen Bab 10 Manajemen Portofolio

(Ramadhan, 2016) menjelaskan bahwa terdapat perbedaan antara pasar modal konvensional dan pasar modal syariah yang dapat dilihat pada instrimen dan mekanisme transaksinya. Perbedaan indeks saham islam dengan konvensional terletak pada ...

Model Pembelajaran Era Society 5.0

Puji dan syukur penulis panjatkan atas kehairat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya berupa ilmu pengetahuan, kesehatan dan petunjuk, sehingga penyusunan buku Model Pembelajaran Era Society 5.0 dapat terselesaikan dengan baik. Buku ini merupakan hasil kolaborasi dari para penulis yang berasal dari kalangan akademisi, praktisi, maupun professional dalam rumpun ilmu manajemen. Dalam buku ini mengangkat isu strategis berkaitan dengan Model Pembelajaran Era Society 5.0 yang terdiri dari 14 bab yang berisi tentang kupasan menarik tentang Model Pembelajaran Era Society 5.0.

Puji dan syukur penulis panjatkan atas kehairat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya berupa ilmu pengetahuan, kesehatan dan petunjuk, sehingga penyusunan buku Model Pembelajaran Era Society 5.0 dapat ...

Organisasi dan Manajemen

Buku ini diberi judul “Organisasi dan Manajemen” yang merupakan rangkuman dari berbagai referensi dan sumber bacaan. Dengan adanya buku ini, diharapkan bisa menjadi bahan acuan dan dapat memberikan gambaran terkait organisasi dan manajemen dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam melaksanakan suatu kegiatan atau aktivitas kerja. Dalam buku ini terdapat pengetahuan mengenai konsep organisasi dan manajemen serta penjelasan lebih lanjut lainnya yang bisa kita praktikkan dalam pekerjaan atau tugas kita. Buku ini membahas: Bab 1 Konsep Dasar Organisasi dan Manajemen Bab 2 Manajer Dalam Manajemen Bab 3 Teori Organisasi Bab 4 Struktur Organisasi Bab 5 Perilaku Organisasi Bab 6 Budaya Organisasi Bab 7 Konflik dalam Organisasi Bab 8 Perilaku Organisasi Dan Mengelola Stress Kerja Bab 9 Komunikasi dalam Organisasi Bab 10 Kepemimpinan dan Motivasi Bab 11 Kinerja Organisasi Bab 12 Pengembangan Organisasi

Buku ini membahas: Bab 1 Konsep Dasar Organisasi dan Manajemen Bab 2 Manajer Dalam Manajemen Bab 3 Teori Organisasi Bab 4 Struktur Organisasi Bab 5 Perilaku Organisasi Bab 6 Budaya Organisasi Bab 7 Konflik dalam Organisasi Bab 8 Perilaku ...

Manajemen Konflik

Manajemen konflik merupakan proses mengidentifikasi dan menangani konflik secara bijaksana, adil, dan efisien dengan tiga bentuk metode pengelolaan konflik yaitu stimulasi konflik, pengurangan/penekanan konflik dan penyelesaian konflik. Pengelolaan konflik membutuhkan keterampilan seperti berkomunikasi yang efektif, pemecahan masalah, dan bernegosiasi dengan fokus pada kepentingan organisasi. Konflik sebenarnya bisa menjadi suatu potensi yang baik (fungsional) yang bisa mendorong produktivitas apabila konflik tersebut dikelola dengan baik, namun konflik biasanya dianggap sebagai suatu yang negatif (difungsional) dan dapat mengganggu serta menurunkan produktivitas. Diuraikan dalam 14 sub tema sebagai berikut: Bab 1 Ruang Lingkup Manajemen Konflik Bab 2 Ciri-Ciri Konflik dan Penyebab Terjadinya Konflik Bab 3 Tahapan-Tahapan Perkembangan Kearah Terjadinya Konflik Bab 4 Jenis-Jenis Konflik Bab 5 Sumber – Sumber Konflik Bab 6 Aspek-aspek Manajemen Konflik Bab 7 Dampak Konflik Bab 8 Strategi Mengelola Konflik Bab 9 Strategi Mengatasi Konflik Bab 10 Manajemen Konflik Bab 11 Konflik Lini dan Staf Bab 12 Penanggulangan Konflik Lini Dan Staf Bab 13 Pendekatan Situasi Konflik Bab 14 Kasus Manajemen Konflik yang Terjadi Di Dalam Organisasi

Manajemen konflik merupakan proses mengidentifikasi dan menangani konflik secara bijaksana, adil, dan efisien dengan tiga bentuk metode pengelolaan konflik yaitu stimulasi konflik, pengurangan/penekanan konflik dan penyelesaian konflik.