Sebanyak 51 item atau buku ditemukan

E-Business: Implementasi, Strategi dan Inovasinya

Electronic business (e-Business) adalah penggunaan teknologi elektronik terutama dalam bentuk teknologi informasi (TI) untuk melakukan segala proses bisnis, termasuk di dalamnya adalah jual beli atau pertukaran produk, jasa dan informasi, membangkitkan permintaan melalui kegiatan marketing, melayani pelanggan, berkolaborasi dengan rekan bisnis dan kegiatan transaksi bisnis secara online. Buku ini terdiri dari 9 (sembilan) bab, yaitu : Bab 1 Konsep, Etika dan Implementasi E-Business Bab 2 Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada E-Business Bab 3 Manfaat E-Bisnis Bagi Konsumen Bab 4 Strategi E-Business Bab 5 Hubungan E-Business dan Social Commerce Bab 6 Inovasi Ambidexter Bab 7 Tax dalam E Business Bab 8 Evolusi E-Marketplace Bab 9 Evolusi E bussiness dalam Dunia Maya

Electronic business (e-Business) adalah penggunaan teknologi elektronik terutama dalam bentuk teknologi informasi (TI) untuk melakukan segala proses bisnis, termasuk di dalamnya adalah jual beli atau pertukaran produk, jasa dan informasi, ...

RISET OPERASI MANAJEMEN TRANSPORTASI

Bismillahi rohamni rahiim Assalamu alaikum waroh matulohi wabarakatuh Dengan puji syukur ke hadirat Allah SWT bahwasannya kita masih diberikan kesehatan selama ini. Penyusun menguraikan buku teori ini bermaksud untuk memudahkan para pembaca memahami permasalahan transportasi logistik memudahkan belajar pada arah topik yang dituju terutama dalam masalah sistem transportasi logistik. Penyusun dengan senang hati dapat menyelesaikan Buku Teori Riset Operasi Manajemen Transportasi ini walaupun banyak yang perlu diperbarui, terutama sesuai dengan situasi permasalahan sistem transportasi masa kini. Buku ini disusun berdasarkan materi selama satu semester. Secara substansi terdiri dari permasalahan transportasi dengan menggunakan metode matematis programa linier. Setiap buku terdiri dari teori-teori, kemudian diterapkan pada studi kasus transportasi logistik, lalu disertakan pula soal latihan responsi sehingga dapat dipahami dari berbagai sisi. Praktikum disusun pada buku praktikum terpisah dari buku ini. Subtansi dari buku teori riset operasi ini terdiri dari: (1) Sejarah dan isu permasalahan transportasi masa lalu, kini, dan masa depan. (2) Programa linier dengan grafis, (3) Programa linier dengan matematis (metode simpleks), (4) Metode big M, (5) Metode dua fase, (6) Metode dualitas (7) Analisis sensitivitas. (8) Model Transportasi (solusi awal): Dummy & Balance Problem, Linier Programming Method, Northwest Corner Method (NCM), dan Minimum/Least Cost Method (LCM). (9) Model Transportasi (solusi Perbaikan): Stepping Stone Method (SSM), dan Modified Distribution Method (MODI), (10) Model Penugasan (Assignment) : Metode Hungarian (11) Model Terminal Antara (Transhipment), (12) Model Jaringan: Shortest Route Method, Spanning Tree Method, Maximum Flow Problem, (13) Manajemen Proyek I : Perencanaan Proyek, (14) Manajemen Proyek II : konsep Crushing Method. Seluruh buku dapat berubah sesuai dengan situasi permasalahan transportasi masa kini terjadi. Buku ini tentu jauh dari kesempurnaaan. Penyusun menerima saran dan kritik. Akhirul Kalam, Wassalamualaikum Waromatulohi Wabarakatuh.

Ilmu riset operasi yaitu ilmu untuk melakukan penyelidikan terhadap operasional
suatu masalah dengan formulasi model gambar d. Ilmu riset operasi yaitu ilmu
yang mengkaji hanya pada masalah manajemen transportasi saja. e. Ilmu riset ...

DINAMIKA PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM

Buku ini merupakan bagian – ringkasan - dari beberapa disertasi bidang Psikologi Pendidikan Islam (PPI) yang ditulis di Program Doktor UMY. Hingga April 2020, Program Doktor PPI UMY sudah melahirkan 91 Doktor bidang PPI. Sudah banyak tema riset disertasi yang ditulis oleh mahasiswa PPI, baik yang menempuh studi dengan biaya sendiri, maupun melalui pro-gram beasiswa Kemenag 5000 Doktor. Sungguh baik jika semua hasil disertasi tersebut dipublikasikan dalam bentuk jurnal dalam dan luar negeri. Terlebih lagi bila dipublikasikan dalam bentuk ringkasan disertasi seperti dalam buku ini. Ke depan akan lebih baik lagi jika semua disertasi diterbitkan dalam bentuk penulisan utuh disertasi berwujud buku. Sejauh ini, sudah banyak tema riset yang ditulis yang jika diklasifikasikan diantarnya sebagai berikut: Pertama, terkait tema psikologi dalam bentuk prilaku, diantaranya tentang topik: Model pendidikan pranikah pengan-tin remaja; Hubungan sexual pranikah mahasiswi anak TKI; Prilaku kenakalan remaja; Kecurangan akademik (academic fraud) dan Motivasi belajar santri. Kedua, tema tentang metode pengajaran, diantaranya tentang topik: Psikologi dan metodologi pengajaran bahasa Arab; Fun card sebagai media pembelajaran; Model quantum learning. Ketiga, terkait tentang studi teks, seperti: Konseling spiritual Tunjuk Ajar Melayu; Nilai pendidikan karakter Serat Sasana Sunu. Keempat, tentang tema pendidikan, kecerdasan dan karakter, diantaranya tentang topik: Multiple intelligence; Pen-didikan karakter di pesantren Pabelan, Boarding school, SLB dan SDIT; Pendidikan Keluarga muslim minoritas; Pendidikan di kalangan masyarakat miskin; Pola asuh orangtua anak vi berprestasi; Pendidikan karakter dalam AIK; Haji berulangkali dan kematangan emosi; Parenting, dan lain-lain. Keempat, tema yang terkait kepemimpinan dan komunitas yakni tentang: Kepemimpinan kepala sekolah dan profesio-nalitas guru; Muslimah karir; Psikologi PKL; Kecemasan aparatur negara (bureaucratic anxiety); Kohesivitas muslim Pangestu; EQ dan SQ dosen; Pendidikan anak dalam keluarga muslim kontemporer; Pola asuh kiyai dan kemandirian santri; Model pendidikan entrepreneurship; Psikologi pensiun; Model kepemimpinan Unggah-ungguh Basa dan Basa Semu. Masih ada beberapa topik disertasi lainnya yang belum dituliskan di pengantar ini. Kelima, penulisan disertasi secara konseptual dalam Quran maupun Hadis, seperti: Pendidikan karakter dalam Islam; Konsep ‘ibadurrahman dalam Quran; Konsep syukur; Konsep akal sehat; Ruhiologi; Pengendalian emosi. Mengakhiri pengantar ini, ke depan menarik pula untuk dijadikan topik disertasi tentang warisan psikologi pendidikan ulama klasik serta kontekstualisasinya di zaman kini. Demikian pula kajian epistemologis ranah psikologi pendidikan Islam klasik dan kontemporer, serta integrasinya dengan wilayah Islamic studies kontemporer, selain juga riset lanjutan aplikatif psikologi pendidikan Islam seperti yang tertera diatas. Semoga buku kedua PPI UMY ini akan disusul dengan terbitan yang ketiga dan seterusnya.

Risalah Syaikh Masyhur Hasan Salman, Ad-Dakwah ilaa Allah baina alwahy wa-
al-Fikr), dalam AdzDzakhiiroh al-Islamiyyah, Vol. 6 no 9, edisi 41, 1429. 17 Yazid
Bin Abdul Qadir Jawwaz, Syarah Aqidah Ahlussunnah Wal Jamaah Jakarta: ...

Strategi Belajar Mengajar Biologi

Sebagaimana perkembangan ekologi pendidikan dan perubahan zaman selalu terdapat peluang dan ancaman yang menyertainya. Salah satu peluang bagi negara berkembang seperti Indonesia adalah pembenahan paradigma baru dalam pendidikan. Ancaman yang diprediksi bagi pendidikan kita saat ini adalah ketidaksiapan rancangan model pembelajaran dalam menyiapkan lulusan yang siap bersaing di dunia global, belum lagi bila dihubungkan dengan modal nasional berdasarkan hasil PISA (2018) bahwa kemampuan matematik, sains, dan literasi anak-anak Indonesia menempati urutan ke-72 dari 76 negara. Ketidaksiapan dunia pendidikan akan menjadi bencana apabila berlanjut dengan ketidakmampuan menghasilkan luaran dari kegiatan proses pendidikan yang tidak mampu menyelaraskan diri dengan ekologi belajar 4.0. Oleh karena itu, buku ini disusun untuk menyesuaikan dengan perubahan dan perkembangan tersebut. Buku ini dilengkapi dengan hasil perkembangan terbaru dalam pendidikan, seperti strategi mengembangkan kemampuan berpikir kritis, peningkaran kemampuan, dan keterampilan metakognisi siswa.

Sebagaimana perkembangan ekologi pendidikan dan perubahan zaman selalu terdapat peluang dan ancaman yang menyertainya.

Manajemen Keuangan Internasional

Issue mengenai globalisasi dewasa ini yang telah mendorong investasi perusahaan-perusahaan dari negara-negara maju ke negara-negara berkembang. Konsekueansinya, manajemen perusahaan membutuhkan pengelolaan dan pengoperasian yang efisien sehingga mampu bersaing di pasar internasional. Patut menjadi perhatian kita mengenai ekspansi para pengusaha arab (para raja dan pangeran) yang secara penomenal banyak mengaukuisisi perusahaan di Eropa dan Amerika. Khusus untuk pengelolaan keuangan, sangat memerlukan sistem manajemen keuangan internasional yang baik guna mendukung efisiensi manajemen perusahaan. Tentu keberadaan para sarjana yang menguasai manajemen keuangan syariah atau manajemen keuangan Islam akan menempati posisi yang khusus. Buku ini dibuat dalam konteks perbaikan pandangan itu. Diharapkan para mahasiswa manajemen keuangan syariah paham bahwa ada begitu banyak kemungkinan lapangan pekerjaaan. Berdasarkan fenomena itulah sangat diperlukan kemampuan tentang pengelolaan manajemen keuangan internasional. Buku ini memberikan pemahaman teoritis dan praktis tentang materi keuangan internasional dari sudut pandang manajemen yang berbeda dengan dari sudut pandang ekonomi keuangan internasional. Batas negara yang menjadi semakin tipis membuat manajemen keuangan internasional haruslah menjadi bekal penting bagi para mahasiswa. Wawasan yang luas akan manajemen keuangan akan membuat daya saing mahasiswa manajemen keuangan syariah meningkat. Tidak lagi pada bidang-bidang keuangan tradisional yang selama ini dipandang.

Khusus untuk pengelolaan keuangan, sangat memerlukan sistem manajemen keuangan internasional yang baik guna mendukung efisiensi manajemen perusahaan.

MANAJEMEN KEUANGAN (Memahami Kebijakan Dividen, Teori dan Praktiknya di Indonesia.)

Buku ini ditujukan untuk mengisi kekosongan literatur dibidang kebijakan Dividen sebagai 1 dari 3 bidang utama yang dipelajari dalam Ilmu Manajemen Keuangan, yaitu Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen. Buku ini sengaja penulis selesaikan dari pada dua buku yang lain, karena dirasakan kebutuhan yang lebih mendesak. Seperti yang sudah banyak diketahui, Buku keputusan keuangan yang lain sudah banyak ditulis oleh penulis lain. Berbeda dengan kebijakan dividen, hal ini juga dipengaruhi dengan perdebatan panjang didalam perkembangan teorinya. Buku ini ditulis dalam 3 bagian: Bagian pertama terdiri dari Teori –teori yang berkembang dalam upaya para ahli memahami bagaimana sebetulnya kebijakan dividen itu; Bagian kedua membahas bagaimana kebijakan dividen dilaksanakan di Indonesia, baik itu regulasi maupun kebijakan yang dijalankan para manajer keuangan di perusahaan-perusahaan; Bagian terakhir adalah bab tambahan yang menjelaskan bagaimana secara matematis analisa pada dua bagian buku ini dibangun. Sehingga para pembelajar bisa menggali lebih dalam, mencoba lebih banyak data dan pengamatan yang sektoral.

Buku ini ditujukan untuk mengisi kekosongan literatur dibidang kebijakan Dividen sebagai 1 dari 3 bidang utama yang dipelajari dalam Ilmu Manajemen Keuangan, yaitu Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen.

PARADIGMA MEMBANGUN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PANDUAN KULIAH DI PERGURUAN TINGGI

Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya, penulis akhirnya dapat merampungkan buku yang saat ini tersaji dihadapan pembaca budiman yang diberi judul Paradigma Membangun Pendidikan Kewarganegaraan sebagai panduan bagi mahasiswa di Perguruan Tinggi. Sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang mengatur bahwa Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu dari mata kuliah wajib yang dipelajari di semua jenjang pendidikan. Sebelum berlakunya aturan mengenai pemisahan antara Pancasila dan Kewarganegaraan maka kedua matakuliah wajib tersebut disatukan menjadi mata kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan atau dikenal dengan istilah PPKn. Barulah kemudian setelah keluarnya Undang-Undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang secara implisit diatur pada Pasal 25 UU No.12 Tahun 2012, bahwa matakuliah umum yang terkait dengan pendidikan kewarganegaraan dilaksanakan melalui mata kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan. Dalam kajiannya diuraikan bahwa tujuan mata kuliah Pancasila adalah pendidikan yang memberikan pemahaman dan penghayatan kepada mahasiswa mengenai ideologi bangsa Indonesia sedangkan mata kuliah Kewarganegaraan memiliki tujuan adalah mewujudkan warga negara yang sadar akan tanggung jawabnya sebagai warga negara, memiliki pemahaman politik dan kebangsaan,kepekaan mengembangkan jati diri dan moral dalam bingkai Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika. Dalam buku ini, menyiratkan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi mengemban misi sebagai pendidikan nilai kepribadian (moral), pendidikan yang didalamnya terdapat pembekalan mengenai pemahaman tentang hubungan antara warga negara dengan negara (civic education), pendidikan politik (politik education) yang didalamnya membahas tentang demokrasi, pemahaman tentang HAM dan Rule of Law. Adapun konsep Membangun yang dimaksud dalam judul buku ini adalah mengandung makna bahwa adanya sebuah kerangka pikir Indonesia merupakan negara yang besar yang didalam terbentang gugusan pulau pulau, kekayaan alam yang melimpah yang merupakan anugerah dari yang Maha Kuasa, jika tidak dijaga dengan baik maka potensi yang ada tersebut tidak berarti apa-apa bahkan dapat menimbulkan diintegrasi bangsa. Olehnya pemahaman tentang bela negara menjadi sebuah keniscayaan untuk diketahui, dari pemahaman bela negara tersebut terjabarkan dalam konsep Geopolitik Indonesia atau Wawasan Indonesia dan Geostrategi Indonesia atau Ketahanan Nasional yang kontennya tidak mengarahkan kepada sesuatu hal yang kesannya doktriner dan milteristik. Akhirnya penulis berharap, semoga buku yang diberi judul Paradigma Membangun Pendidikan Kewarganegaraan ini bermanfaat bagi mahasiswa serta pihak-pihak lain yang memiliki komitemen untuk mengembangkan pendidikan kewarganegaraan di Indonesia. Demi kesempurnaan isi atau materi yang ada dalam buku ini, penulis mengharapkan saran dan kritik yang bersifat konstruktif dari pembaca sangat diharapkan. Sekian.

Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya, penulis akhirnya dapat merampungkan buku yang saat ini tersaji dihadapan pembaca budiman yang diberi judul Paradigma Membangun Pendidikan Kewarganegaraan ...

TEORI MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DALAM SAINS

Pemahaman dasar-dasar teori model pembelajaran bagi masyarakat umum dalam tuntutan akademik dirasa masih tinggi. Dengan terbitnya buku teori model pembelajaran bahasa inggris dalam sains ini, dirasa akan sangat membantu para mahasiswa, guru serta calon Guru dalam memperoleh gambaran secara umum mengenai teori yang diguakan dalam melakasanakan proses pembelajaran, serta memperdalam dan memperkaya ilmu pengetahuan secara luas. Selain itu buku ini juga dapat menjadi buku pedoman bagi para mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen yang berkaitan dengan penelitian menggunakan model pembelajaran.

Dengan terbitnya buku teori model pembelajaran bahasa inggris dalam sains ini, dirasa akan sangat membantu para mahasiswa, guru serta calon Guru dalam memperoleh gambaran secara umum mengenai teori yang diguakan dalam melakasanakan proses ...

Teori Manajemen dan Bimbingan Konseling

Kajian untuk Mahasiswa Pendidikan dan Keguruan

Judul Buku: Teori Manajemen Bimbingan dan Konseling (Kajian untuk Mahasiswa Pendidikan dan Keguruan) Penulis: 1. Darmawan Harefa, S.Pd., M.Pd. 2. Kaminudin Telaumbanu, S.Pd., M.M. Penerbit: PM Publisher bekerja sama dengan Penerbit Embrio Percetakan: Digital Printing Jogja Tahun Terbit: 23 September 2020 ISBN: 9786236653210 Blurb: Pemahaman teori pembelajaran dalam dunia pendidikan khususnya bagi masyarakat umum dalam tuntutan akademik dirasa masih tinggi. Dengan terbitnya buku ini tentang Teori Manajemen Bimbingan dan Konseling Kajian untuk Mahasiswa Pendidikan dan Keguruan, akan sangat membantu penggiat Akademik untuk memperoleh gambaran secara umum mengenai teori yang digunakan dalam melakasanakan proses pembelajaran maupun penelitian, serta dapat memperdalam dan memperkaya ilmu pengetahuan secara luas. Selain itu buku ini juga dapat menjadi buku pedoman bagi mahasiswa dan guru untuk dijadikan sebagai bahan referensi belajar. Buku ini akan mengajak Anda untuk "berkenalan secara umum mengenai Teori Manajemen dalam Bimbingan Konseling serta kajian-kajian yang behubungan dengan manajemen bimbingan konseling" secara intensif dengan belajar bertindak secara praktis dalam dunia pendidikan. Sehingga memudahkan bagi akademisi untuk memperoleh bahan rujukan untuk dijadikan sebagai bahan dalam memperkaya wawasan dan ilmu pengetahuan. Buku ini ditulis pada umumnya, untuk memberikan gambaran realita dalam kemampuan belajar dan berpikir secara praktis melalui teori manajemen dalam bimbingan konseling serta aplikasinya dalam pembelajaran lewat kehidupan sehari-hari. Buku ini terbagi atas Lima Bab. Masing-masing isi dalam Bab mengandung berbagai teori secara umum perkembangan belajar berpikir dan bertindak secara praktis dalam perkembangan belajar kearah yang lebih baik dan sederhana.

Analisi sistem, rancangan sistem, dan manajemen member petunjuk dalam mengoperasionalkan pendekatan sistem merupakan tiga unsure pokok yang berusaha mengenal esensi keterpaduan berbagai unsur dalam memecahkan masalah yang sifatnya ...