Sebanyak 40 item atau buku ditemukan

Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia

Buku ini disusun dalam 8 bab, yang membahas di antaranya BAB 1; Pendahuluan, BAB 2; Pengertian, Peran dan Fungsi Media Pembelajaran, BAB 3; Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran, BAB 4 Pengembangan, Perencanaan, Pemilihan, Penggunaan dan Evaluasi Media Pembelajaran. BAB 5; Media Audio, Visual dan Audio Visual BAB 6; Multimedia, BAB 7; Penyusunan Rencana Pemanfaatan dan Produksi Media dalam

Komunikatif : berkomunikasi dengan anak usia dini membutuhkan strategi tersendiri, karena penting bagi mereka untuk juga mendengarkan orang lain, dan bukan hanya minta didengarkan saja. Untuk mencapai tujuan tadi maka guru yang terlibat ...

Modul Kurikulum dan Pembelajaran

Buku ini berisi tentang Kurikulum dan Pembelajaran di mana di dalamnya dilengkapi dengan kajian singkat Kurikulum 2013 dan perkembangan pembelajaran saa ini yakni Merdeka Belajar. Modul ini disusun dengan sistematis mulai dari pembahasan defenisi kurikulum, sejarah kurikulum, landasan dan prinsip pengembangan kurikulum, sejarah kurikulum di Indonesia mulai dari masa prakemerdekaan, pascakemerdekaan, hingga era reformasi, komponen-komponen kurikulum, organisasi pengembangan kurikulum, hingga model pengembangan kurikulum. Sedangkan pembahasan pembelajaran seperti hakekat belajar, mengajar dan pembelajaran serta peta konsep belajar. Di buku ini dibahas juga tentang Merdeka Belajar.

Buku ini berisi tentang Kurikulum dan Pembelajaran di mana di dalamnya dilengkapi dengan kajian singkat Kurikulum 2013 dan perkembangan pembelajaran saa ini yakni Merdeka Belajar.

Pengantar Ilmu Hukum

Perkembangan ilmu pengetahuan saat ini memaksa seluruh lapisan masyarakat harus terlibat demi memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara, sebagai satu tuntutannya adalah pengembangan pendidikan dan pengajaran bagi civitas akademika. Tuntutan ini ditandai dengan persiapan pembelajaran dan pengajaran harus disusun dengan baik dan bersungguh-sungguh, sehingga diharapkan menghasilkan proses pembelajaran yang efektif. Salah satu cara membatu mahasiswa dalam proses belajar mengajar dengan melihat proses dan bahan pembelajaran dalam buku ajar yang tersedia. Mata kuliah Pengantar Ilmu Hukum merupakan mata kuliah yang sangat penting di setiap Program Studi Hukum, karena mata kuliah ini dikelompok mata kuliah umum dasar dan bobot SKSnya juga maksimal, mata kuliah ini akan menyajikan dan mengantarkan mahasiswa pada semester awal mengenal dan memahami istilah-istilah hukum, pengertiannya, ciri dan karakteristik hukum itu sendiri sampai pada sifat hukum tersebut, pengantar ilmu hukum ini juga mengenalkan teori-teori dasar hukum, filsafat hukum, sejarah hukum dan kajian kajian yang mendasari ilmu hukum. Buku ajar ini akan digunakan oleh mahasiswa dalam proses belajar dan mengajar di Program Hukum, buku ini akan membantu mahasiswa dalam memahami dasar-dasar ilmu hukum, mendorong mahasiswa melaksanakan perkuliahnnya dengan baik dan dapat mencapai tujuan pendidikan ilmu hukum. Buku ini memang masih banyak kekurangan jika dibandingakan dengan karya dari penulis-penulis terdahulu, masih banyak kekurangan di sana-sininya sehingga memerlukan kritik dan saran dari pembaca.

Mata kuliah Pengantar Ilmu Hukum merupakan mata kuliah yang sangat penting di setiap Program Studi Hukum, karena mata kuliah ini dikelompok mata kuliah umum dasar dan bobot SKSnya juga maksimal, mata kuliah ini akan menyajikan dan ...

Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Al-Qur'an

Buku ini berisi tentang penilaian autentik berikut penjelasannya, pembelajaran Al-Qur'an berikut penjelasannya, penilaian autentik pada pembelajaran Al-Qur'an berikut penjelasanya dan disertai dengan format rekapitulasi nilai.

Buku ini berisi tentang penilaian autentik berikut penjelasannya, pembelajaran Al-Qur'an berikut penjelasannya, penilaian autentik pada pembelajaran Al-Qur'an berikut penjelasanya dan disertai dengan format rekapitulasi nilai.

Keterampilan Dasar Mengajar Guru

Persiapan materi yang bersifat teoritis penting artinya dalam mempersiapkan calon guru, namun latihan praktis tidak kalah pentingnya dari semua teori itu. Praktek Keterampilan Dasar Mengajar [KDM] di sekolah-sekolah merupakan media terbaik untuk melatih calon guru dalam mengajar dan melatih kemampuan mereka dalam menguasai keterampilan-keterampilan mengajar tersebut sebelum terjun ke lapangan pendidikan yang sesungguhnya dimana mereka sudah jauh dari bimbingan, arahan dan pantauan pembimbing. Berlatih mengajar di kelas dengan peserta didik 40 orang dan alokasi waktu 40 menit dalam satu pertemuan merupakan pekerjaan yang tidak mudah bagi seorang calon guru yang sedang berlatih [praktikan], perhatiannya sering tertuju pada peserta didik yang sedang belajar sehingga terabaikan tujuan utamanya bahwa dia sedang belajar mengajar. Bahkan jika praktikan mengalami kekeliruan mengajar akan berakibat langsung pada sekian banyak peserta didik. Untuk melengkapi kekurangan tersebut, dikembangkan pengajaran mikro [micro teaching] guna menunjang Praktek Keterampilan Dasar Mengajar [KDM], artinya sebelum calon guru dikirim ke sekolah- sekolah untuk mengikuti Praktek Keterampilan Dasar Mengajar [KDM] mereka terlebih dahulu dilatih melaksanakan pengajaran mikro [micro teaching]. Dalam pengajaran mikro, calon Keterampilan Dasar Mengajar Guru Penulis: Rabukit Damanik, M.Pd. Rakhmat Wahyudin Sagala, M.Hum. Tri Indah Rezeki, M.Hum. iv guru [praktikan] dilatih untuk menguasai sejumlah keterampilan, melakukan berbagai bentuk langkah dan kegiatan, yang dilanjutkan dengan diskusi tentang masalah-masalah yang dihadapi, dengan menggunakan rekaman video, dihadiri dosen pembimbing, dan saling bertukar peran antara praktikan. Bagaimana konsep pengajaran mikro, apa latar belakang historis dan teoritis yang mendasarinya, keterampilan mengajar apa saja yang dilatihkan dalam pengajaran mikro, apa saja macammacamnya dan apa manfaatnya

... kegiatan pembelajaran berulang-ulang, dan guru sudah kewalahan menanganinya, maka guru tersebut dengan penuh kebijaksanaan dapat meminta tolong atau bekerjasama dengan pimpinan sekolah, guru bimbingan [konselor], dan atau orang tua.

Manajemen Program Pendidikan Inklusif

Studi Analisis Raudhatul Athfal

Buku monograp ini merupakan hasil penelitian penulis di salah satu Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Formal yaitu Raudhatul Atfhal (RA) Terpadu An-Nahl yang berlokasi di Jakarta Barat. Buku ini bertujuan memberikan gambaran kepada lembaga-lembaga PAUD lainnya yang ingin melaksanakan program pendidikan inklusif, dengan harapan layanan pendidikan juga dapat dinikmati oleh anak-anak kebutuhan khusus yang selama ini termarginalkan.

Walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa sarana prasarana pendidikan memegang peranan penting dalam proses pembelajaran. Namun, RA Terpadu An-Nahl membuktikan ...

Manajemen Pendidikan Masa Kini

Dilengkapi Pengalaman Kepala Sekolah dan Hasil Observasi Mahasiswa

Buku ini membahas tentang manajemen pendidikan mulai dari defenisi, fungsi dan ruang lingkup manajemen pendidikan. Novelty dari buku ini pengalaman kepala sekolah dalam memimpin sekolah dan bagaimana cara kepala sekolah memimpin ditinjau dari observasi mahasiswa. Buku ini dilengkapi dengan foto-foto original yang dikumpulkan penulis.

Buku ini membahas tentang manajemen pendidikan mulai dari defenisi, fungsi dan ruang lingkup manajemen pendidikan.

Manajemen Peserta Didik

(Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan harus dimulai dengan meningkatkan kualitas peserta didik dan kualitas lulusan. Kedua hal tersebut dapat tercapai apabila sebuah lembaga pendidikan dapat melaksanakan pengelolaan (manajemen) dengan baik dan tepat. Oleh karena itu, buku ini hadir dengan berbagai pembahasan terkait manajemen peserta didik, diantaranya mencakup konsep, tujuan dan fungsi, prinsip dan pendekatan, serta ruang lingkup manajemen peserta didik, mulai dari perencanaan, penerimaan peserta didik, sampai dengan evaluasi pembelajaran, termasuk pengaturan mutasi peserta didik, serta bagaimana proses peningkatan kualitas lulusan dari sebuah lembaga pendidikan. Hadirnya buku ini, penulis berharap dapat memberikan pencerahan kepada pendidik, pelaku pendidikan, pengelola lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya, sehingga dapat menjalankan proses pengelolaan pendidikan dengan tepat sehingga pada akhirnya dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Oleh karena itu, buku ini hadir dengan berbagai pembahasan terkait manajemen peserta didik, diantaranya mencakup konsep, tujuan dan fungsi, prinsip dan pendekatan, serta ruang lingkup manajemen peserta didik, mulai dari perencanaan, ...

Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi

Sukses Menulis Skripsi & Tesis Mandiri

Buku ini cocok untuk peneliti pemula, khususnya mahasiswa sarjana (undergraduate) dan pascasarjana (postgraduate). Umumnya mahasiswa mengalami kendala dalam menulis proyek penelitian mereka yakni skripsi, tesis dan disertasi. Kendala tersebut terletak pada kemampuan untuk menginterpretasikan pengetahuan yang diperoleh selama pembelajaran metodologi penelitian ke dalam praktik penulisan proposal dan laporan penelitian. Buku ini menjawab kendala tersebut. Ciri khas buku ini, selain memberikan pengetahuan konseptual tentang penelitian, juga memaparkan teknik-teknik menyusun proposal dan laporan penelitian. Teknik-teknik yang diberikan cukup praktis, dimulai dari mengidentifikasi masalah dan merumuskan judul penelitian, membuat proposal sampai kepada penyusunan laporan penelitian. Buku ini juga dilengkapi dengan teknik-teknik mengolah dan menganalisis data dengan bantuan software statistik SPSS. Statistik yang disajikan adalah statistik deskriptif, parametrik dan nonparametrik, termasuk validitas dan reliabilitas instrumen, analisis regresi menggunakan variabel intervening (jalur/path analysis) dan variabel moderator (moderated regression). Teknik-teknik yang ada disetting sedemikian rupa agar dapat dipelajari secara mandiri tanpa bantuan dosen maupun instruktur.

Buku ini cocok untuk peneliti pemula, khususnya mahasiswa sarjana (undergraduate) dan pascasarjana (postgraduate).

Mendesain & Mengelola Blog untuk Media Pembelajaran

Keberhasilan seorang pendidik seperti dosen dalam proses transfer knowledge dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat untuk menyampaikan pengetahuan kepada sasaran pembelajaran yakni mahasiswa. Media pembelajaran di era teknologi informasi saat ini cukup berkembang, salah satunya adalah dengan menggunakan blog. Blog merupakan website siap pakai yang bersifat bebas biaya dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti pembelajaran di perguruan tinggi. Penggunaan blog yang berbasis internet sebagai media pembelajaran dapat mempengaruhi perilaku mahasiswa dalam belajar. Hal tersebut disebabkan internet mampu menyediakan berbagai atribut menarik sehingga dapat memotivasi mahasiswa dalam pembelajaran. Motivasi yang tinggi pada gilirannya akan pula mempengaruhi prestasi belajar mereka. Buku Mendesain Blog untuk Media Pembelajaran ini mampu menjawab tantangan tersebut. Di dalam buku ini para dosen akan sangat mudah untuk mendesain blog dengan tahapan-tahapan yang jelas dan sistematis. Diharapkan dengan buku ini para dosen akan lebih mampu berkreasi dalam pembelajaran sehingga menunjang kinerjanya sebagai seorang pendidik profesional.

Keberhasilan seorang pendidik seperti dosen dalam proses transfer knowledge dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah media pembelajaran.